10.01.2009

Duka dari Ranah Minang


500 orang meninggal dunia, puluhan lainnya diperkirakan masih tertinggal direruntuhan bangunan yang roboh akibat gempa melanda ranah minang kabau kemaren sore dengan kekuaran 7,6 SR..(data dari TVOne malam ini).. MySpace

Assalamualaikum kawan2..apakabar? hari ini adalah awal Oktober,namun menyambut awalan bulan ini, duka kembali menyelimuti negeri ini, pada sore kemarin di penghujung September gempa bumi yang berpusat di laut dengan kedalaman 71 KM di pantai barat sumatera barat telah menimbulkan kerusakan hebat yang memakan korban jiwa dan materi yang tidak pernah diperkirakan sebelumnya, jumlah korban diperkirakan akan terus bertambah sampai proses evakuasi dinyatakan selesai.

bencana ini kembali terjadi, setelah sebulan lalu ia terjadi di Tasikmalaya. meski sudah banyak kalangan ilmuwan yang memperkirakan namun mungkin negara kita masih terlalu disibukkan dengan urusan politik dan pemerintahan sehingga peringatan ilmiah itu hanya tercatat sebagai laporan tanpa ada tindak lanjut lebih jauh apalagi tindakan penyelamatan lebih dini.

Di televisi berkali kali ditayangkan ragam adegan ketika ratusan penduduk dalam kepanikan mencoba berlari menyelamatkan diri, jalan raya menjadi tak beraturan, ketakutan akan serangan Tsunami membuat saudara2 kita di sana mencari tempat dataran tinggi untuk berlindung, hingga dalam hitungan menit yang tersisa adalah bangunan yang tadinya berdiri kokoh telah rata degan tanah, mobil mobil tertimpa runtuhan bangunan, bongkahan badan bangungan bergelimpangan tak beraturan dan mereka yang tak sempat menyelamatkan diri telah wafat tertimbun reruntuhan..

MySpace
saya memang tak tahu persis ketakutan yang mereka rasakan, mungkin seperti ketakutan saudara2 di NAD ketika dikejar gulungan Tsunami pada 26 Desember 2004, atau seperti ketakutan saudara2 kita di DIY saat gempa menimpa mereka 2007 lalu?cuman rasanya ketakutan saya ketika gempa kecil di Jakarta yang merupakan getaran yang muncul dr pusatnya di Tasikmalaya sebulan lalu, belum apa apa.. mungkin jika gempa dengan kekuatan yang sama seperti di Ranah Minang terjadi di Jakarta, maka Wajah NKRI akan berubah, gelap duka bermuram durja..



lalu apa ini??Hukumankah??Isyaratkahh??bencanakahh???peristiwa alamkah??atau pertanda kiamat???


rasa-rasanya peristiwa alam yang secara normal memang terjadi tidak seharusnya memakan korban demikian banyak, membawa kerugian materi yang tak sedikit pula. kenapa ya ini harus terjadi ditengah2 kehidupan kita, ketika kita sedang menjalankan aktifitas sehari2?mungkin inilah yang namanya teguran atas akumulasi perbuatan salah yang bila didiamkan akan membawa kerusakan yang lebih hebat sehingga ALLAH.SWT memperingatkan dengan caraNYA sendiri, sebuah cara yang bisa ditanggapi sebagai rahmat bagi mereka yang sabar namun bisa juga jadi sebuah cara yang dipandang bias sebagai aktifitas alam sehingga tak perlu dipikirkan dalam-dalam.

MySpace
semoga kita adalah termasuk golongan mereka yang menganggap ini sebagai rahmat teguran sehingga pelan2 tergerak memperbaiki diri dari hal yang kecil pelan pelan sehingga secara massif berujung pada perubahan yang membawa dampak perbaikan perilaku sosial, amin..


Tak elok rasanya menuduhkan tuduhan keji pada mereka yang kita anggap sebagai pelaku perbuatan buruk yang membuat bangsa ini ditimpa bencana, karena penuduh bisa jadi tak lebih baik dari pada yang dituduh. Juga tak sepatutnya kita merasa diri paling benar dan paling baik kelakuannya karena hanya ALLAH.SWT yang tau siapa kita, yang telah dengan Maha Pemurah menutupi aib-aib kita.. MySpace

seorang tetangga kos saya, bernama Habib, dia asli Padang, berkata bahwa ini adalah gempa terburuk yang pernah ada di Ranah Mingang, kawan saya yang lain yang asli Padang juga bersukur keluarga selamat meski rumah telah rata dengan tanah. salut juga pada pemerintah yang dengan tanggap menjadikan bantuan mengalir deras ke Padang, pasokan BBM dan sembako cukup menjamin untuk beberapa hari kemudian, sukurlah. semoga tidak ada lagi gempa susulan atau Tsunami,amin..

dibawah reruntuhan bangunan yang roboh disana, mungkin masih banyak yang bertarung dengan maut mencari bantuan dengan berteriak merintih berharap ada yang mendengar, semoga jikalau mereka akhirnya wafat semoga mereka Syahidkan ya ALLAH, amin.. dan balikkan hati kami untuk menjadi hati yang peka akan petunjukMu dan jadikan kami hamba-hambaMu yang selalu Engkau jauhkan dari kesombonganm karuniai kami dengan sikap tawakkal, tawadu' dan qannah padaMu,amin.. jadikan kami hamba-hambaMu yang selalu dalam bimbignganMu untuk dapat memperbaiki diri kami,amin..
MySpace

Wassalamualaikum

14 komentar:

  • AN says:
    1 October 2009 at 23:08

    ikut prihatin

  • Erikson says:
    2 October 2009 at 05:54

    @AN:ok bro.. makasih :) semoga para keluarga korban diberi ketabahan, amin..

  • Fly^Pucino says:
    2 October 2009 at 07:54

    Dan Tiap-tiap yang bernafas akan mati... Dukaku untuk tanah minang. Semoga semua cepat kembali tegar dan meneruskan hidup dengan semangat. Amin...

  • Erikson says:
    2 October 2009 at 09:06

    @AD: amin..

  • saadi says:
    2 October 2009 at 10:43

    INNA LILLAHI WA INNA ILAIHI ROJIUN....

    Apa saja musibah yang menimpa kamu adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri. (asy-Syuura: 30) Apa saja bencana yang menimpamu maka dari (kesalahan) dirimu sendiri. an-Nisaa: 79)

  • Erikson Wijaya Bin Asli Aziz says:
    2 October 2009 at 10:49

    Dan jika Kami hendak membinasakan suatu negeri, maka Kami perintahkan kepada orang-orang yang hidup mewah di negeri itu (supaya menaati Allah) tetapi mereka melakukan kedurhakaan dalam negeri itu, maka sudah sepantasnya berlaku terhadapnya perkataan (ketentuan Kami), kemudian Kami hancurkan negeri itu sehancur-hancurnya. QS:17.16


    ternyata semua sudah tertulis di alqur'an
    gempa terjadi jam 17.16
    keterangan ada di alqur'an surat 17.16

  • online online says:
    2 October 2009 at 13:34

    semua berduka semua mari berdoa

  • mel says:
    2 October 2009 at 13:35

    Mel ampe nangis nangis kalo liat korban2 di TV ama orang tua yang nyari anaknya,,,sedih,,,

  • Erikson Wijaya Bin Asli Aziz says:
    2 October 2009 at 14:56

    @online: amin.. ya ALLAH...

  • Erikson Wijaya Bin Asli Aziz says:
    2 October 2009 at 14:56

    @mel:keluarga mel ada g disana?

  • clingakclinguk says:
    2 October 2009 at 20:10

    tentu kita semua berduka atas musibah yang dialami oleh saudara2 kita di padang dan sekitarnya itu, tapi kita tak boleh larut dalam kesedihan, mari kita semangati mereka, kita dukung mereka agar mereka bangkit kembali
    jangan hanya menangis, karena semua sudah terjadi, saatnya berbuat sesuatu

  • Erikson says:
    3 October 2009 at 14:18

    @CC:siappp.. setuju dengan mas CC, mari kita sebisanya membantu dengan yang kita bisa lakukan

  • Okit Jr says:
    5 October 2009 at 16:47

    tiap baca kabar tentang minang...
    langsung bikin nangis darah lagi....

    ---ampe ga bisa ngomong apa apa...

  • syazwarya_diary says:
    12 October 2009 at 12:10

    aku juga turut sedih dan berduka untuk semua saudara-saudara di Padang. Secara daku juga orang Padang (tapi udah blasteran sama Jawa). Dan para korban gempa diberikan kesabaran...

Post a Comment

Jangan ragu untuk komentar.. :) Dan untuk menjaga komentar spam, mohon isi dulu kode verifikasi nya.. Trims.