7.31.2009

Pilihan yang Mereka Yakini



Malam di Jakarta yang tetap sibuk...

Kawan saya: 'son..kawani aku yokkk ke Tanah Kusir.. nemuin kawannya kawan aku, dia baru sekalinya ini ke negara kita..'
Saya : 'sebenarnya malam ini mau lembur, cuman malas.. ya udahlah mau aku, tapi antarkan aku ke Cilandak pulangnya ya, aku juga mau nemuin kawan aku, dia mau pulkam sekalian aku jadi nitip buku buat adek2 aku ke dia'
Kawan saya: 'ok.. nanti abis magrib langsung berangkat ya, tar pulangnya ke tempat kawan kau itu'

Assalamualaikum kawan2 apa kabar dan dear all??? semoga baik selalu ya amin.. semalam saya diajakin kawan saya buat nemuin kawannya (namanya Rashid) kawan dia (namanya Thalib dan Fatima) yang sedang berkunjung ke negara kita, Indonesia. kawan saya itu sendiri adalah seorang guru bahasa inggris di salah satu lembaga kursus bahasa inggris namanya English First selain juga mengajar di sekolah swasta di Jakarta, saya dan kawan saya langsung berangkat dari kantor lepas magrib, tujuan awalnya adalah ke daerah Permata Hijau dengan niat menjemput si Rashid dulu baru kemudian bertemu Thalib dan Fatima itu, namun berhubung Jakarta pada malam hari juga masih aja macet gak ketulungan, akhirnya gak jadi ke Permata Hijau tapi sepakat ketemuan langsung ke sebuah Cafe di daerah Simpruk setelah sebelumnya kami sholat Isya' dulu di Masjid Al-Azhar Kebayoran Baru.

Untuk bisa menemui mereka bertiga ini gak gampang, jadi susah karena rupanya si Rashid ini gak ingat nama Cafenya yang dia ingat cuma sebuah jalan di dekat Simpruk Mobil tapi gak ngasih tau apa belok kiri ato lempang aja lurus, alhasil jadilah saya dan kawan saya bertiga didalam mobil itu tersesat (bukannya tersesat, tapi karena gak hapal jalan ajaa.. hahhaha ngeles :))) padahal itu juga sudah nelpon2 Rashid itu buat nunjukkin jalannya ahh rupanya mungkin salah dengar atau gimana, lama juga baru bisa nyampai ke Cafe itu yang rupanya namanya The Light Cafe, itupun setelah ditelpon dan diminta supaya dia nungguin berdiri di depannya :P . dan lagi lagi sebenarnya rupanya saya sendiri pun sudah sering lewat depan Cafe ini namun karena gak terlalu memperhatikan jadinya gak tauuu.. hihihihihi...

Masuk Cafe, setelah saling berkenalan dan kemudian makan malam, dan bercerita2, si Rashid ini aslinya dari Puerto Rico (Sebuah negara kecil di Amerika Tengah) dan besar di Amerika Serikat, tepatnya di negara bagian Massachusets, dia sudah 3 tahun ini di Indonesia bekerja sebagai guru Bahasa Inggris di tempat yang saya sebutkan tadi itu, beberapa tahu setelah lulus dari jurusan Seni dan Desain Grafis di Pittsburg state university, Pensylvannia. dia bercerita tentang hobinya dengan dunia lukis dan sebagai seorang muslim dia membuat lukisan2 kaligrafi dalam desain grafisnya, nama aslinya sendiri Housy Rashid, sebelumnya bernama Housy Vega ketika dia belum menjadi muslim dan dia menjadi muslim ketika dia masih di Amerika.

saya kebetulan iseng2 nanya jadinya ke Rashid ini,tentang pilihannya menjadi seorang muslim apalagi di Amerika pula, apa enggak takut dijauhi sama mayoritas disana? dan tentang perjalanannya sampe akhirnya memutuskan menjadi muslim,pertanyaan ini saya ajukan ke dia bukan dalam artian saya seorang yang tidak toleran dengan agama dan kepercayaan lain, namun lebih pada kekhawatiran saya pada Rashid yang mungkin saja belum mengetahui bagaimana dunia sekarang ngeliat Islam yang gara2 perbuatan sekelompok orang menjadi seperti identik dengan kekerasan. akhirnya dia bercerita tentang pencariannya selama bertahun2 untuk menjadi seorang muslim, sampe akhirnya ia bertemu dengan seorang kawan bernama Hassan (mungkin kawannya kuliah dulu yang berasal dari Timur Tengah) yang membantunya memberi informasi yang cukup tentang agama Islam, saya juga nanyain ke dia apa pas di USA itu gak di apa2in sama orang sana, karena kayaknya kan kalo kita nonton TV rasa2nya mereka kayaknya udah macam kena Islamophobia dan dia menjawab ya kadang2 dia mendapat perlakuan demikian khususnya dalam pengurusan sesuatu terkait dengan keislamannya itu.

Adalah Thalib dan Fatima kawan Rashid yang kami temui juga semalam itu, mereka juga sama seperti Rashid adalah belum ada 10 tahun juga menjadi muslim, cuman cara bicara dan gaya bergaulnya sudah menunjukkan pemahaman yang baik tentang Islam, Thalib itu namanya Tommy sebelum dia menjadi muslim, ia berasal dari Amerika juga, tepatnya dari negara bagian Florida, dia mengambil kuliah Matematika di Shout Florida University dan sudah lulus dan sekarang bekerja sebagai guru di sana, ke Indonesia bersama dengan istrinya dalam rangka jalan2 aja, katanya selama di Indonesia sudah jalan ke Taman Mini, Ancol juga (kl saya gak salah dengar ya :P). ini kali pertamanya mereke ke Indonesia, sempat saya tanyakan bagaimana kesan mereka tentang Indonesia, ya jawabannya bahwa Indonesia adalah negara yang indah, orangnya ramah2 pula katanya begitu, hahaha... dalam hati saya bilang gini, ah yang betullah?? bukannya saya ini orang Indonesia juga, dan mungkin karena diliatnya gak sadis (baca: gak sadar disiplin) dan ramah (baca: rajin marah2) kali ya makanya dia jawabannya kayak gitu..., kepada Thalib saya juga ngobrol tentang hal yang sama yang saya obrolkan dengan Rashid.

Malam lepas malam, akhirnya sepakat pulang dan kami mengantarkan mereka pulang, dan setelah itu karenanya waktu yang da gak cukup lagi, akhirnya saya gak jadi ke Cilandak dan balik aja ke kantor lagi buat ngambil Revo Merah (niat awalnya begitu, eeee malah ketiduran di kantor, jadi lah pagi2 nitip minta dibawain baju ma kawan sekos saya yang baru mau berangkat :D), semalam saya tidur dengan membawa cerita dan pelajaran tentang keberanian Rashid, Thalib dan Istrinya untuk menjalankan apa yang mereka yakini benar meskipun itu benar2 menentang arus dilingkungan mereka dan lagi lagi, ini bukan dalam artian saya seorang yang tidak toleran dengan agama dan kepercayaan lain, namun lebih pada kekhawatiran saya pada mereka yang mungkin saja belum mengetahui bagaimana dunia sekarang ngeliat Islam yang gara2 perbuatan sekelompok orang menjadi seperti identik dengan kekerasan, ah tapi kayaknya mereka sudah tahu juga, namun karena memang masalah prinsip tidak bisa diganggu ganggu lagi, jadilah mereka tetap begitu dan semoga saja dunia bisa menghargai pilihan yang datang dari dalam dirinya sendiri

Wassalamualaikum

P.S:
-----
gambar diambil dari http://aisyzahra.files.wordpress.com/2008/11/pelabuhan.jpg

Read more »

7.29.2009

Buku dan 'Buku'


ilmu bisa didapat dengan membaca buku karangan para ahli, tapi 'ilmu' bisa didapat dengan terjun langsung mengarungi 'buku' kehidupan...

Assalamualaikum kawan2 apa kabar?? baikkah?semoga begitulah karena memang kesehatan itu adalah harta berharga yang patut dijaga dengan sebaik2nya, soalnya repot kalo sudah hilang, rugi jadinya, rugi materi dan energi belum lagi rugi2 lainnya yang timbul gara2 gak sehat itu tadi.. (ah udah ah.. pokoknya kawan2 jaga kesehatan ya..:P) gini kawan2 pernahkan membaca cerita yang tentang profesor yang bangga dengan gelar akademisnya dan seorang pemuda sederhana, keduanya terancam tenggelam di tengah lautan atau sungai (lupa saya juga:) ) namun berhubung si Professor gak bisa berenang jadilah akhirnya ia tenggelam membawa serta kebanggaannya (yang sebenarnya lebih mengarah ke kesombongan) sementara si pemuda selamat karena bisa berenang, suatu hal yang tak mampu dilakukan si professor...

tadi siang (29/7) sekitar jam 13.30 kl gak salah saya kembali ke klinik THT buat cek bisul yang agak bengkak (seorang kawan malah ketawa waktu saya ceritakan sakit saya ini, dia kira penyakit ini sudah punah sejak jaman jepang, rupanya masih ada juga yang kena) terpaksa kesana lagi karena lumayan bikin menyut2 sakitnya dan juga bikin saya gak bisa tidur menyamping ke kanan, karena adanya dikuping sebelah kanan... nah kesananya itu saya diantar kawan saya naek Vixion, kebetulan memamg sedang gak ada sibuk2 betul di kantor makanya bisa ajak kawan..

pas dalam perjalanan ke sana itu, saya bilangkan lokasi klinikinya, suatu tempat ke arah pasar Santa,dekatnya warung makan khas Bali dan dengan mudahnya dia melewati rute2 jalan yang akhirnya tembus persis hanya beberapa meter di dekat kliniknya, waktu saya tanyakan apakah dia sudah sering lewat jalur itu, dia jawab tidak, belum pernah sama sekali malah, dan setahu saya dia memang sering kayak gitu, meskipun kadang2 lewat jalan2 yang sempit dan gang2 lorong perumahan penduduk namun mungkin karena feeling yang kuat dalam menemukan arah dan membaca jalan serta menghapal rute yang baik, selalu saja akhirny sampai ke tujuan. bagi sebagian orang mungkin ini hal yang cukup biasa, namun bagi saya niii... hihihihi... saya termasuk orang kayaknya susah menghafal jalan, dan kebiasaan selalu lewat jalur yang sama kalo mau kesuatu tempat yang sama, gak pernah ngikutin prinsip 'Banyak Jalan Menuju Roma'.

kemampuan yang dimiliki kawan saya ini mungkin bisa saja dianggap gak penting2 amat, biasa aja atau hal2 yang standar2 aja bagi kebanyakan orang, namun ceritanya bakal lain kalo kondisinya kita sedang dalam keadaan tersesat atau kesasar di suatu jalan atau tempat, nah kalo orang2 yang gak punya feeling yang kuat dalam menemukan arah dan membaca jalan serta menghapal rute yang baik bisa repot jugaaa... jadilah saya sering ngalamin kejadian kayak begini ini, apa ya sebenarnya, mungkin ini yang kalo saya bilang sebagai ilmu yang gak didapat dari buku, namun didapatnya dari keberanian, jiwa petualang dan kesediaan buat mencoba turun kelapangan mempraktikkan. dan hal2 yang kayak gini yang bisa jadi sandaran kehidupan dengan istilah kemandirian ato apa lah...

selain mengenai cerita itu tadi, ada juga tentang ilmu yang kalo saya pinjam istilah Ubak (baca: Bapak) saya sebagai Ilmu Kemasyarakatan, pada suatu malam di Bulan Juli 2004 saya dan beliau sedang dalam perjalanan dari Palembang ke Baturaja naek kereta Limex (nama kereta malam di Sumatera Selatan, g tw mungkin namanya sama juga kalo ditempat laen :P) beliau berkata begini:'ilmu2 yang kauu dapat dari sekolah itu penting, tapi ilmu tentang pergaulan, bersosialiasi dengan masyarkat sekitar tak ada itu kau diajarkan disekolah, tapi itu penting jadi kau harus belajar juga itu!!'. ada seorang kawan saya yang kalo saya katakan dengan istilah bahasa inggris kira2 dia itu punya 'common touch' yang baik (common touch itu kalo menurut saya adalah kemampuan seseorang untuk dapat bergaul dengan siapapun yang berbeda segi2 latar belakang dari dirinya, entah itu lebih tinggi atau lebih rendah) jadi kawan saya itu bisa mudah akrab dengan misalnya petugas sekuriti dikantor atau juga dengan petugas cleaning service jadinya setiap kali saya mendapati kawan saya ini bertemu dengan mereka dikantor bisa dengan mudah tercipta suasana yang akrab.

dalam kondisi yang terjadi sebagai bentuk dari naek turun kehidupan, kehadiran kawan2 tentu menjadi penting, cuman bagaimana bisa kayak gitu kalo misalnya saya nii.. gak ada temennya.. hahaha.. kan sedih jadinya, apalagi kalau ingat disini tu jadi anak kos, jauh dari keluarga.. ya kawan2 itulah keluarga, dan seperti halnya kata pepatah bahwa kalo Harimau mati meninggalkan belang, maka manusia mati meninggalkan nama, nama untuk dikenang, bukan karena hartanya, bukan karena jabatannya, tapi karena kesan2 baik yang ditinggalkan ke orang2 yang ditemuinya sepanjang hidupnya, yang dengan ilmu dan 'ilmu' nya telah membawa manfaat selama hidupnya...nahhh.. terus2 kau mau gimana sonnn???SAYA MAU JADI SEPERTI ITU :D

Wassalamualaikum

Read more »

7.28.2009

Pemain Aman dan Pengambil Resiko



Jakarta suatu pagi....

Assalamualaikum wr wb kawan2, apa kabar?? semoga baik dan sehat selalu ya?hehehe.. bakal terancam dua hari kosong nih BSE makanya cepat2 memuntahkan ide kedalam bentuk tulisan, o ya kebetulan ni.. sekalian mau ngabarin, postingan kali ini adalah postingan saya yang ke 100 persis (gak ada kembalian heheh :P ) di BSE hehehe :$ ..
*tepuk tangan sendiri*
saya kali ini menuliskan tentang sebuah hmmmm apa ya... namanya.. :x ya ini tentang sebuah hal yang dalam pepatah lama yang bilangkan begini 'tindakan lebih penting daripada sebuah kata-kata' sebagai manusia ya saya dan kawan2 sekalian sah2 saja buat bermimpi dan bercita-cita karena itu adalah cerminan apa yang kita inginkan, tapi apa yang kita lakukan adalah lebih menentukan dan mencerminkan apa yang kita dapatkan ;-)

dan ini memang kejadian kan, Negara kita bisa merdeka karena para pejuang kita mengambil tindakan untuk melawan kesewenangan penjajah (secara da mau dekat2 17 Agustus neh hehehe :P jadi dikait2kan dikit perumpamaanya) dan kawan2 sekalian yang telah berada sejauh ini dalam hidup kawan2 masing juga karena adanya suatu tindakan kan :) namun dalam suatu lingkungan tentu saja tidak semua orang bisa menjadi yang diharapkan buat bisa bertindak, beberapa mungkin hanya baru bisa mengutuk2 dari belakang, seperti teriakan lalat yang terperangkap dalam ember lalu mengutuk orang yang menjebak, emosi mungkin terkeluarkan namun tidak akan sampai ke yang dituju apalagi kalo teriaknya sendiri2, susah bagi si lalat buat lepas dari perangkap, coba kalo rame dengungan mereka bisa terdengar, bergema malah akhirnya dilepaskan oleh manusia yang mungkin gak sengaja menangkapnya.

nah kalo dibalikin lagi ke lingkungan sekitar kita, mungkin ada yang merasa tidak tenang dengan kebusukan2 yang sebenarnya seperti bom waktu yang siap meledak dan meluluhlantahkan perbaikan yang sedang dibangun,kemudian dengan sigap menginginkan perbaikan dan tindakan yang berarti namun sayangnya beberapa malah memilih diam mencari aman, meski mungkin tanpa mereka sadari. dan dimana pun kayaknya dua kelompok orang seperti ini memang selalu ada. yang memilih aman mungkin singkatnya berpikir begini :
'gua mahh terserah ajalahh..lu mau tereak2 toh itu para bos2 gak akan dengar juga, udahhh mending diam, yang penting gaji masukk..lagian gua juga gak ngerasain ketiban susahnyaa..'

akibatnya bagi mereka yang mau beneran pengen mengubah kondisi yang kurang baik ini seperti berjuang sendiri hanya ada dua kemungkinan, kemungkinan pertama adalah kalo nanti usaha2 nya dia itu malah tenggelam oleh lingkungan yang sudah tidak mau lagi berbenah, akibatnya dia malah jadi sistem, dia terasingkan dan dia dikucilkan sendiri. kemungkinan kedua adalah kalo jika usaha2nya membuahkan hasil maka orang banyak yang menikmati hasilnya termasuk para pemain aman itu tadi.. hahaha.. kalo begini terus kapan ya bisa benernya.. alasan keengganan bergerak memperbaiki itu sebenarnya adalah karena kita mungkin tidak terkena dampak secara langsung dari sebuah kebijakan, kayak yang saya buat diatas itu tadi ..lagian gua juga gak ngerasain ketiban susahnyaa..' jadinya gak terlalu peduli dan saling lempar body (eh badan :$ )tentang siapa yang mestinya bertanggung jawab..

dan jika memang saya harus memilih saya lebih memilih untuk menjadi mereka yang menginginkan perbaikan dan kemudian menyuarakannya, menunjukkannya dan menyampaikannya pada yang kira2 bisa memberi jawaban, hehehe... malu saya pada diri saya sendiri kalo gak bisa berbuat apa2, malu sama keluarga saya juga tentunya yang telah berjuang membiayai saya sekolah, kalo hasilnya saya cuman jadi orang yang cuma bisa diam gak mengharapkan dan menyuarakan perbaikan, alias pemain aman..kemana-mana ngikut... gak mauuuu.. apalagi ngikutnya ke arah kemundurann :P

Wassalamualaikum

Read more »

7.26.2009

Segumpal Kecil Kapas


Pada suatu siang saya sedang duduk diruang tunggu calon pasien disebuah klinik THT di daerah Jalan Ciranjang, dekat Pasar Santa, Jakarta Selatan. Didepan saya ada seorang anak kecil dan kedua orang tuanya, yang juga sedang menunggu antrian, si anak ini dengan girangnya ketawa ketiwi senang sekali kayaknya, sambil bulak balik halaman majalah yang ada diruang tunggu, sampe akhirnya si anak dan kedua orang tuanya dipanggil kedalam untuk dilakukan pemeriksaan...

Assalamualaikum kawan2 dan dear all :), ada sebuah pelajaran dari kejadian yang saya alami pada Rabu minggu lalu, yaitu sebaiknya kalo make cutton-bud (ituu kapasss.. yang dipake buat pembersih kuping) jangan dicolok2 kedalam kupingnya terlalu dalam dan sebaiknya jangan pake ukuran yang terlalu besar, pake yang sedang aja, karena yang terjadi pada saya adalah saya mau bersihin namun karena gara2 nyolokinnya kedaleman dan karena saking enak2nya kali ya..(&^*%^&$%^#% :P) pas mau dicabut kapasnya ketinggalan didalam kuping!!!! :( *cemas*

padahal pada saat yang sama daun kuping saya juga sedang sakit *cemas kuadrat*, bengkak yang karena gatal sering saya korek2 sendiri. saya masih berusaha buat ngeluarin sendiri kapas itu dengan mencongkelnya kedalam kuping saya, namun gak berhasil, dan tiap kali saya mandi atau pas kuping saya kemasukan air, airnya malah gak mau keluar semunaya karena kesumbat kapas itu.. akhirnya karena bengkak dan kapas itu saya mutuskan buat ke dokter spesialis Telinga Hidung Tenggorokan (THT), seperti yang dirujukkan dokter umum di klinik tempat saya kerja.

pergilah siang itu ke Jalan Ciranjang, dekat pasar Santa, naek Revo Merah, kebetulan memang sudah hapal jalannya dan celingak celinguk bentar sampai di tempatt... dan ketika sudah ndaftar dan menunggu antrian, ketemulah saya dengan anak kecil yang saya ceritakan sebagai pengantar diatas, terusss... setelah dapat giliran si anak dan kedua orang tuanya pun masuk, tapi belum ada hitungan belasan menit tiba2 dari ruangan itu kedengaran teriakkan histeris anak kecil itu tadi, dia teriakkan gini:

'Cukupppppppp........ gak mauuuuuuuuuuuu.... maaaaaaaaa...paaaaaaaaa... pulangggggggg ajaaaaa....sakitttttttttttt....gak mauuuuuuuuuu...ampunnnnnnnn'

makkk... itu anak itu didalam diapakan ya.. kok jadi sampe gitu, tadi senyam senyum aja masih, kalo kupingnya yang sakit, terus jangan2 disuntik yaa... ato kalo enggak
ada mesin2 kayak gerinda buat bersih2kan itu ya yang dimasukkan kedalam??? ahh.. janganlah.. mending2 yang biasa2 aja hihihihii



beberapa menit kemudian, nama saya dipanggil perawatnya buat masuk keruangan menemui Dokter, saya pun disambut ramah dan saya mulai ceritakan keluhan2 saya, sampe sudah 2 hari nya ini, kapas putih ketinggalan didalam kuping saya, namun malah dokternya bilang, 'lo kok mesti nunggu dua hari baru periksa mas, susah itu ngeluarinnya mas, jangan lama2 karena bisa2 infeksi atau radang jadi bisa muncul nanah' dan kemudian saya duduk di kursi khusus buat periksa kuping pasien, si dokter masukin alatnya kayak semacam senter bermata runcing (kalo susah bayanginnya jangan dibayangin :P) dan akhirnya ketahuan bahwa kapasnya sudah masuk nyumbat cukup dalam, sudah dekat ke gendang telinga, sampe akhirnya dokter nya bilang akan diambil saja dengan menggunakan alat berupa jarum panjang.. dan ketika dimasukkan ke dalam kuping saya..
aahhhh... sensasi gelinya luar biasa.. dan ketika kapasnya mulai dicabut, terasa betul waktu kapasnya melewati saluran telinga saya dan kapasnya ketika dikeluarkan sudah berubah warnanya menjadi kuninggg.. :(

ketika kapas sudah dikeluarkan, saat itulah saya benar2 merasakan bahwa saya sempat kehilangan kenikmatan pendengaran saya, dan suara2 sekitar saya tiba2 terdengar kembali jelas karena kapas penyumbat sudah diangkat. inilah rupanya, mendengar yang merupakan hal2 yang biasa kita lakukan dan kita miliki dalam keseharian kita rupannya adalah hal luar biasa yang baru sangat bisa kita rasakan manfaatnya ketika dia hilang.. dan yang juga penting adalah jangan gunakan asal Cuttob-bud buat bersihkan kuping, apalagi korek api jangannnn ya.. hehehehehe..

wassalamualaikum

Read more »

7.24.2009

Alhamdulillah, Lulus D3 Khusus.


gara2 pengumuman yang telat diumumin, gak sesuai dengan rencana yang dimuat di surat pengumuman dan sampe bela2in nunggu sampe jam 9 malam di kantor, kemaren jam 7 malam saya nelpon ke instansi yang nyelenggarain seleksi tes D3 khusus, dan nanya ke sana kok hasilnya belum diumumin juga, tapi yang ada malah saya malah dimarahin gara2nya nelpon gak sesuai jam kerja, namun saya balik marah kan mereka yang gak nepati janji, makanya saya berani nelpon malam2, namun daripada marah2 gak jelas juntrungannya udahlah saya tutuplah telpon itu...

Hehehehe (sambil cengengesan)... Assalamualaikum kawan2 sekalian apa kabar??? semoga tetap dalam baik dan sehat selalu ya, amin... sedikit cerita pengantar diatas itu adalah kejadian yang kemaren saya alami gara2 kesal dan gak sabar nungguin pengumuman ujian psikotes sebagai seleksi masuk lanjut kuliah yang saya ikutin sebulan lalu, pengumumannya telat sehari tapi gak ada pengumuman lebih dahulu..

saya akhirnya mulai coba banyak2in informasi, mulai dari kontak2 kawan2 yang sama2 lagi nunggu, sampe akhirnya juga kirim email nanya2 ke instansi yang berwenang buat ngumumin... dan akhirnya menjelang jam sholat jumat, pengumuman keluar... di situs yang disebutin di pengumumannya, setelah puluhan kali refresh itu situs, akhirnya muncul juga pengumumannya, dan satu persatu namanya saya sisir, dan alhamdulillah nama saya ada, saya dinyatakan LULUS dan DITERIMA untuk kembali kuliah di D3 Khusus spesialisasi Perpajakan, dan mulai belajar direncanakan tanggal 18 Januari 2010. (masih lamaaa yakkk :D) gak apa2 lama, yang penting jelas kapannya, daripada belum tau kapannya kan gak enak nunggunya hehehe..

begitu dengar kabar ini saya bahagia, sekaligus senang (sama aja ya kayaknya :P).. tak lupa juga saya sujud sukur di lantai kantor dekat meja kerja saya dan segera menghubungi keluarga untuk memberitahukan kabar gembira, kawan2 sekantor saya pun mengucapkan selamat dan saya ucapkan makasih banyak sama mereka, buat saya ini adalah karunia yang luar biasa, saya wajib bersukur atas ini, jawaban atas semua usaha dan doa yang telah saya jalani dalam hitungan bulan dan bahkan tahun :) (sumpah ini gak bohong :)), dan sekaligus membuktikan bahwa keberserahan dan tawakkal setelah berusaha adalah ketenangan yang tidak terkira, saya masih ingat pas dalam ujian yang sama tahun 2008 lalu saya begitu yakin dan sangat yakin bahwa saya pasti akan lulus, namun yang ada setelah dengan keyakinan itu terbentuk saya menjadi merasa terbebani dan merasa gelisah sepanjangan, hingga akhirnya tahun lalu saya belum lulus... dan dari situ mulai berkenalan dengan apa yang namanya itu keberserahan pada ALLAH.SWT, tawakkal itu. (btw, maaf ya kalo ada nada atau terkesan menggurui, sungguh gak ada niat demikian, hanya niat menceritakan :D)

setelah menerima pengumuman itu saya berusaha menguasai diri saya, gak baek katanya terlalu bahagia takutnya jumawa lupa dengan pelajaran masa lalu, akhirnya kebetulan sudah dekat2 mau sholat jumat saya turun kemasjid dan sambil celingak celinguk ke pelataran mesjid,dan melongok bentar ke gedung2 tinggi sekitar kantor, wahh.. kadang2 kalo sudah melihat keluar seperti ini, kehidupan dunia dengan segala peristiwanya dan tentunya warna-warninya, kadang membuat saya sempat lupa bahwa apapun yang terjadi dalam kehidupan saya, tentulah ada campur tangan ALLAH.SWT, terus udah ahhhh... daripada saya kebanyakan melamun langsung aja ke mesjid jumatan.

lepas sholat jumat, sambil jalan balik lagi ke kantor, mau ngambil kunci motor, niatnya mau ke dokter THT (ehhh ngapainn sonnn??? heheh baca di postingan berikutnya dong hehehe) saya terkenang kembali lintasan2 peristiwa yang sudah saya jalani dalam usaha saya untuk bisa melanjutkan kuliah di D3 khusus ini, begitu juga bayangan wajah2 orang tua saya, keluarga saya, serta kawan2 saya yang telah memahami dan tahu bagaimana keinginan saya untuk bisa diterima ,kembali terbayang, membuat saya yaa.. merasa benar2 patut bersyukur, dan saya merasa ini karena mereka juga yang baik saya ketahui maupun tidak telah mendoakan saya.. buat kawan2 yang mungkin sedang berjuang untuk bisa diterima atau belum diterima disuatu instansi, dan kebetulan baca postingan ini hehhe.. saya mau bilang supaya tetap semangat!!! tetap usaha, doa dan tawakkal hehhe... insyaALLAH ALLAH.SWT akan memberikan yang terbaik, amin... dan saya waktu dalam posisi seperti itu mendapati bahwa apapun yang terjadi pada saya sepanjang saya masih mau membuka diri, insyaALLAH kawan2 disekitarpun akan tetap menjadi kawan yang bisa diajak tertawa, bercerita dan lain2 yang kira2 bisa menghidupkan kembali semangat kita.. (saya betul merasa malu kl ingat saya yang dulu itu, apalagi waktu baca histori chatting dengan kawan2 saya ):D

mengenai doa.. dalam hati saya menyimpan harapan untuk bisa diterima, namun didalam doa yang saya panjatkan, diakhir doa saya selalu mengembalikan semuanya ke ALLAH.SWT agar memberikan yang terbaik buat saya dan keluarga, dan tiap2 tutur diakhir doa inilah yang membuat saya merasa lebih tenang dan merasa tidak terbebani dalam menjalani hari-hari saya, dan saya inginnya inilah yang menjadi tetap tertanam dalam diri saya seumur hidup saya, cukup lahhhh jadi orang yang ngotot, keliatan yakin dari luar, tapi gelisah didalam hehehhee.... gak mau, betul2 gak mau kalo seandainya setelah dikasih kelulusan ini saya balik lagi jadi kayak dulu, hal2 yang baik mau saya pertahankan, sebagai hmmhh... wujud sukur dan usaha perbaikan diri, amin.. hehhe..

seorang kawan berpesan ke saya, supaya tidak lupa bahwa diterimanya ini bukan berarti perjuangan sudah selesai, namun inilah jalan perjuangan yang baru, karena perjuangan yang juga harus dihadapi adalah nanti ketika menjalani masa2 perkuliahan, kepadanya saya ucapkan terima kasih banyak untuk telah mengingatkan saya, dan juga doanya kepada saya :), saya jadi kepikiran nih buat mulai nyari2 buku2 materi kuliah buat dibaca2, hehehe... dan lebih dari itu saya juga mulai berpikir lagi untuk menata kembali hidup saya, tindakan yang harus saya ambil untuk kuliah saya yang jalani sekarang juga rencana2 lainnya yang sebaiknnya saya jalankan demi kebaikan saya.

hmmhhh... Jumat ini, 24 Juli 2009, alhamdulillah saya menerima kabar menyenangkan, jawaban dari doa dan usaha panjang saya, dan juga hadiah terindah buat orang2 yang telah mendoakan saya, dan semoga hal2 baik yang telah saya dapati dalam usaha dan perjuangan saya selama ini tetap dapat saya pertahankan dan saya jaga selalu, amin.. dan buat orang tua, keluarga dan kawan2 saya hanya ALLAH.SWT yang dapat membalas kebaikan kalian..amin ya ALLAH amin.. :)

Wassalamualaikum

Read more »

7.23.2009

Ohh.. Rupanya Mereka Punker.


Assalamualaikum kawan2, apa kabarnya???saya ada satu pertanyaan??pertanyaannya gini:'pernah gak ngeliat segerombolan anak muda yang sering jalan2 rame2 atau ngamen di bis kota atau lampu merah yang pakaiannya nyentrik dan rambutnya berdiri keras dan tegak atau dicat serba warna warni?' mungkin beberapa sudah sering, atau ada juga yang belum tapi sebenarnya sudah tapi gak terlalu merhatikan, nahh.. saya termasuk kelompok yang inilahhh... jadi sejak beberapa bulan yang lalu itu, atau malah setahunan belakangan ini kayaknya yaa, saya sering merhatikan mereka ini...

mulai dari kalo lagi naek metromini sampe kalo misalkan lagi 'terjebak' di lampu merah, pada kesan awalnya saya melihat penampilan mereka cuma sebagai ekspresi kebebasan anak muda, itu aja, terus minggu lepas minggu, bulan lepas bulan saya masih sering mengamati dan mulai ingin tahu lebih tentang cara hidup mereka, apa yang mereka lakukan dan apa yang mereka pikirkan. apalagi kalo ngelihat penampilan mereka yang berbaju jaket penuh dengan tempelan logam dan emblem2 berslogan tentang kebebasan, humanist betul kayaknya.. serta penampilan mereka yang menurut saya (maaf)lusuh dan (maaf lagi) kumal, keringat dan daki menjadi kilap yang terpencar2 kalo mereka sedang ngamen di jalanan..

ahhh...macam dah yang paling bersih aja Erikson ini wkwkwkwkwk :P terus sekarang saya malah berpikir.. heiiiii mereka tu ngapainlah mau macam itu yaa???? ngapain mereka mau macam itu yaa??(tadi udah yaa?? :P) apakah ini hanyalah sebuah pelarian yang sebenarnya hanyalah euforia emosi jiwa muda yang katanya belum labil?? tssahhh euforiiaa gaya nian ahhh kata2nya :P sampe akhirnya saya menyempatkan diri baca2 artikel tentang siapa itu mereka, dengan cari di google pake keyword (maaf, kalo kurang berkenan :D) 'Anak Punk Jalanan', sampe akhirnya terbaca tutur pendapat mereka yang nyaman dengan cara hidup ini yang mengatakan bahwa buat mereka apa yang mereka pilih ini adalah sebuah gaya hidup Punk yang sebenarnya bukan hanya musik keras namun juga menjadi buat mereka semacam yaa... apa ya.. idealisme kl saya bilang.

kalo saya berpikirnya mungkin ada benarnya bahwa Punk ini dianggap sebagai jalan pelarian dari beberapa para penggandrungnya yang sepanjang saya liat kebanyakan naka muda hahahaha.. emang kau bukan anak muda son??? :P, karena sebagai jiwa muda, keinginan untuk memberontak itu kuat, terutama pemberontakan atas sistem2 yang dipandang salah dan membelenggu, Punk itu sendiri lahir sebagai bentuk kekecewaan masyarakat miskin Eropa atas kapitalisme orang2 kaya pada zaman itu, dan mengekspresikan kekecewaan mereka itu dalam bentuk musik yang berlirik tentang kebebasan dan kebersamaansampe akhirnya terusssss hidup sampe sekarang dan meskipun saya belum pernah baca liriknya secara teks langsung ya..

terang terus (perasaan kebalik ya :P)... saya bellum pernah nonton konser ini secara langsung, karena saya memang tidak terlalu menyukai musik2 keras, alasannya sederhana saja karena tujuan saya buat dengarin musik itu buat lupakan penat, nah sementara saya gak tahan dengar suara gedebag gedebug gimana bisa lepas penat.. hehehe.. cuman bagi mereka yang punker mungkin ada ketertarikan tersendiri yang tidak bisa dinikmati setiap orang, apalagi orang2 macam saya :D... kebanyakan anak2 muda yang berdandan ala Punker yang sering saya liat di jalanan itu, entah mereka benar2 Punker atau cuma sekedar penampakan luar saja, namun justru sekarang memainkan musik2 yang tidak terlalu keras, jadi tidak sejalan dengan dandanan mereka, dari sini kadang saya berkesimpulang.. mmhh.. mungkin apa yang mereka lakukan sekarang lebih menjadi sebuah cara bertahan hidup, meski tidak menjamin cukup karena pernah pada suatu hari saya melihat mereka kayak sedang mencari2 sesuatu di kotak sampah, bisa jadi yang mereka cari itu adalah makanan, dan jika memang benar begitu, bagaimana mereka bisa tahan terus2an seperti itu ya?

beberapa bulan lalu, saya juga pernah menyaksikan seorang dari kelompok mereka ditangkap Satpam sebuah Mall karena dituduh mencuri, saya jujur saja saat itu tidak tega melihatnya diseret dan kemudian digebuk pakai pakai pentungan, naluri saya bilang mungkin dia bukan pelakunya, namun cara penampilan mereka bisa jadi membuat petugas keamanan itu berani menangkapnya, karena itu saya juga hanya bisa diam tak berbuat apa2. cara mereka menjalani kehidupan sehari2, paling enggak dimata saya, sangat keras, jauh dari pola hidup sehat namun sejauh yang pernah saya dengar dan saya baca mereka paham apa itu artinya kebersamaan dan kemanusiaan, saling bantu membantu dan membenci kesewenang-wenangan.

seorang kawan saya, dia menyukai musik Punk ini, namun dari sisi penampilan dia tidak se-esktrim (istilah saya hehehe) seperti yang banyak saya liat di jalanan itu, dan ditengah2 kegandrungan kawan ini dengan musik2 keras, saya justru merasa tersindir sendiri ketika mendapati dirinya ini sangat taat pada peraturan lalu lintas, dan berjiwa sosial yang naluri saya bilang bagus, kawan saya ini tak mau melabrak lampu merah, selalu berhenti di belakang garis dan rela macet2an daripada mesti nentang arus melawan jalur :D, jadi kalau saya boleh secara umum mengatakan, mungkin ada benarnya jika Punker2 ini memiliki idealisme yang begitu kuat mereka pegang. Ada juga kawan saya juga, sama penyuka musik keras juga (gak taulah saya kl yang ini, dia ini juga Punk atau bukan :P), meskipun begitu dia tetap menjaga sholat dan sepanjang yang saya ketahui juga lumayan rajin puasa sunnah, senin kamis.. heheh.. kadang saya iseng mikir apa mereka ini Punk nanggung yaa :P, tapi ada juga kok Punk yang gak keras, Ipan(k) Gunawan misalnya hihihihi

akhir kata saya bisa bilang 'Ohh.. Rupanya Mereka Punker' dan semoga nilai2 perjuangan yang mereka bawa itu bisa disampaikan secara baik tanpa kekerasan dan kejahatan ke masyarakat, karena kalo salah dibungkusnya bisa2 resah yang nerimanya.. dikira apa isi dalamnya, jangan2 bom nih.. dan saya pkir bisa lebih baik juga kalo mereka menyisihkan waktunya dengan mandi atau berpakaian2 rapi2 dikit, macam kawan saya itu... hehhehe..

Wassalamualaikum

P.S:
-----
1.Maaf kalo ada salah2 tulis ya, terutama kalo ada Punker yang baca,ini hanya pengamatan saya saja
2.gambar saya ambil dari http://2.bp.blogspot.com/_Xqp_amEsri4/SY6d5DWxGvI/AAAAAAAAAxY/4emv4OPjoj0/s400/alvin-chipmunks-punk.jpg

Read more »

7.22.2009

Tahun Ajaran Baru, Buku Baru


Nggak, saya nggak balik lagi di jaman2 masih jadi anak sekolahan kok hehehe, kan da gak memenuhi sarat lagi kalo mau jadi anak sekolahan.. wkwkwkwkwk cuman kan sekarang ini lagi pada musim tahun ajaran baru, jadinya kepikiran buat ngasih hadiah buat adik dan ponakan-ponakan di rumah berupa buku-buku tulis buat sekolah mereka..

Assalamualaikum wr wb kawan2?ada yang disini masih punya adek atau saudara yang masih jadi anak sekolahan???ooo.. banyak rupanya.. sama saya juga, Juli ini, adek saya dan dua ponakan saya masuk lagi kesekolahan mereka, sekilas pas dengar kabar dari Ubak dan Umak (Bapak Ibu, red) saya sempat kilas balik ke jaman waktu masih pake seragam putih biru dulu, jadi sedikit kembali bisa merasakan rasa senang dihari pertama masuk sekolah setelah libur panjang, rasa senang ketemu lagi ma kawan2 sambil nanya2 kle diri sendiri entar bakal sekelas lagii gak yaa.... apalagi dulu sempat ada yang di taksir di kelas, jadi penasaraan lagi, bisa sekelas lagi gak yaaa...?????hehehhehe...

nnahhh.. belum lagi kalo misalkan berangkat ke sekolah di tahun ajaran yang baru itu sambil bawa tas yang sudah diisi dengan buku tulis baru yang disampul kertas rapi sama ada kertas plastiknya juga, yang kilaunya mengkilap2 kalo kena sinar matahari, wa.. semangat niann ahhh belajarnya, dari pengalaman merasakan itulah saya senang sekali bisa mengirimkan hadiah berupa buku tulis baru buat mereka, buku2 itu saya beli di toko buku TriMedia yang ada di Ambassador, dan ada hadiah kertas jadwal pelajarannya pula.. bakal lebih girang lagi mereka kan :D

ya biar mereka jadinya tambah semangat dalam sekolah dan belajar, dan mereka bisa merasakan bahwa mereka sedang dan terus diperhatikan oleh keluarga, dan ini akan membuat suasana yang senang dalam hati mereka, karena mmhhh.. dukungan yang berasal dari keluarga akan memberikan kekuatan, arah dan alasan tentang mengapa mereka masih harus berjalan dan belajar, tssahhhh.. serius nian Erikson ini......hehehehhe cuman beneran kok, penting nian itu untuk tetap terus menumbuhkan semangat dan rasa kekeluargaan kepada anak kecil, karena menurut pendapat saya, apa yang dilihat dan dirasakan seorang anak pada masa kecilnya akan sangat menentukan sikap dan pembawaannya manakala ia dewasa nantinya. lebih lebih kalo dalam perjalananya menuju dewasa ia tidak mengenal lingkungan yang mengajarkan hal2 yang baru, dipingit singkat ceritanya, ya bener enggaknya coba kita renungkan masing2 hehehhee...

ok kembali lagi ke masalah kiriman buku itu tadi, kebetulan ada kawan saya yang mau pulkam (baca: pulang kampung) nahh.. sekalian jadinya bukunya saya titipkan dia itu, praktis kok, yang dititipin juga senang2 aja, jadi gak perlu bayar jasa ekspedisi atau cemas sampe gak sampe gak ya??? saya dulu waktu masih jaman kelas SD pernah dikirimi buku cerita dalam bahasa inggris tentang cerita rakyat dari negeri gingseng, Korea Selatan, oleh paman saya yang waktu itu ada di Jakarta atau Bogor saya lupaa.. :P nah, girang nian rasanya buat bisa baca2, dan saya juga dulu sering bongkar2 lemari tua yang berisi berkas2 lama dan buku2 teks kuliah atau buku2 umum milik paman2 saya yang pernah sekolah, dari situ jika saya menemukan buku2 bacaan yang baru atau buku2 soal matematika atau tes2 IQ maka dengan rasa senang saya kerjakan, karena itu semenjak sudah bekerja ini saya lumayan sering ke toko buku khusus buat carikan buku2 cerita,bacaan yang sifatnya mendidik ahlak dan menambah pengetahuan atau pelajaran2 sekolah buat nanti dihadiahkan ke adik dan ponakan2 dirumah, pengen juga liat mereka bisa merasakan rasa senang yang dulu pernah saya rasakan, dan lebih jauh juga supaya semangat mereka tetap tumbuh sehat terpelihara.

saya juga merupakan tipe orang yang sejalan dengan pernyataan bahwa Ilmu Adalah Alat Pengabdian (ini adalah jargonnya Universitas Sriwijaya,Sumatera Selatan :D), oleh karena itulah saya selalu berkeinginan kuat biar bisa sekolah, meskipun disatu sisi saya sering kecewa dengan beberapa rekan yang berpikir bahwa itu adalah jalan alasan saya untuk bisa mendapat kenaikan pangkat atau kekuasaan :( cuman ya gak apalah itukan pikiran mereka, kalo masalah isi hati kita memang tidak banyak yang bisa tahu.. lalu semangat untuk bisa tetap bersekolah dengan prinsip bahwa 'Ilmu Adalah Alat Pengabdian' itulah yang mau saya teruskan tularkan ke saudara2 dan keponakan2 saya, supaya kedepannya yaaa.. ada makna dan manfaatnya juga kl dengan ilmu dan keahlian itu bisa jadi orang yang bermanfaat dalam hidup. Saya juga salut dengan orang2 yang memiliki banyak keahlian praktis yang memang keahlian/keterampilan itu bisa menjadi pegangan hidup, baik itu didapat dari bangku pendidikan atau dari pergaulan sehari2, seperti misalnya mulai dari betulkan motor/mobil ngadat sampe ke jahit menjahit.

O iya ya.. mumpung masih tahun ajaran baru nih, buat yang punya adik2 ato ponakan2 yang sedang memasuki tahun ajaran baru ini, bolehlahh dihadiahkan buku atau peralatan sekolah sebagai penyemangat atau tanda perhatian dari kita sebagai keluarga, apalagi kalo jauuuuhh dirantauuu hehehhe :)

Wassalamualaikum

Read more »

7.21.2009

Bom di Hotel Mariott & Ritz Carlton


Jakarta kembali diguncang bom, Indonesia kembali berduka...

Assalamualaikum kawan2 sekalian apa kabar??? hmmh.. bom yang terjadi ini ada disebuah lokasi di daerah Mega Kuningan, dekat daerah Mall Ambassador,sebuah rute yang setiap pagi saya lewati bilaman mau berangkat ke kantor, dan pagi itu Jumat, tanggal 17 Juli 2009 seperti biasa saya motoran ke kantor, lewat daerah Kuningan, dan suasana masih lengang sepiii.. ya.. secara masih jam 6.30 pagi kan..

sampe akhirnya begitu tiba dikantor, dan kemudian sekitar jam 9an saat sedang duduk2 ngerjain tugas kantor, kawan2 banyak bertanya2..'ehh beneran ada bom ya di Marriot kuningan???' saya jawab 'wah gak tau, masa sih, tadi pagi lewat aman2 aja, coba cek ke internet deh!!!' ternyata bener bahwa telah ada ledakan bom di Hotel Mariott & Ritz Carlton, Kuningan. dan memakan korban jiwa 9 orang. dan beneran pas besoknya lewat lagi, tikungan dari jalan Casablanca mau ke dalam mega kuningan tempat Hotel Mariott & Ritz Carlton, sudah ditutup, ada pengalihan arus.

seingat saya gedung itu, apalagi gedung sekelas itu yang katanya simbol kemakmuran negara AS, dijaga super ketat, malah kita sebagai WNI sendiri mungkin pemeriksaannya ribet untuk dapat ijin masuknya, nah ibunya teman saya punya pendapat lain, bisa saja pelakunya WNA, karena biasanya soalnya karakternya orang indonesia suka mengagung2kan WNA jadinya mungkin pemerisaan terhadap WNA ga terlalu ketat, akhirnya lolos sementara kalo yang mau masuk itu WNI pasti susah karena pemeriksaanya super ketat makanya mustahil masukin bom ke dalam hotel sekaliber itu.

lain lagi teman saya dia punya pendapat lain, dia bilang gini :
'Kalo gw sih udah yakin, bahkan sejak dulu, ada pihak yang gak mau Indonesia ini damai, karena Indonesia punya potensi jadi negara terkuat di dunia. Kalo ada gelagat Indonesia mau bersatu dan kondusif, pihak2 itu segera bertindak lagi. Kedengarannya kayak teori konspirasi, tapi gw percaya itu. Gw cuma bisa prihatin karena orang2 yang seharusnya menyadari malah sibuk rebutan kekuasaan... Indonesia sedang menuju apa yang gw sebut Jerusalem dari Timur...Selama para pemimpin dan aparatnya masih gak mau bersatu, makin mudahlah negara kita dipermainkan...'

saya merasa yaa.. 'terganggu' dalam kapasitas sebagai seorang manusia biasa, karena jelas ledakan bom ini memakan korban jiwa yang tidak bisa dibenarkan secara manusiawi membunuh seorang yang tidak ada salah, bahkan yang salah pun bukan hak kita untuk mengambil nyawanya, tapi sejauh yang saya pahami itu sudah menjadi urusan ALLAH.SWT.

saya juga merasa terganggu dalam kapasitas sebagai serang warga negara Indonesia, karena kejadian ini semakin membuat negara ini menjadi 'pusat perhatian' dalam pergaulan internasional, dimana nanti akibatnya bisa dipastikan bahwa kemanapun kita pergi dengan membawa status sebagai WNI, selalu akan dicap sebagai orang yang berasal dari negara teroris. jadi apa yang bisa kita katakan jika nanti mereka menatap kita dengan sinis dan kurang menghargai kita sebagai seorang WNI?

saya juga merasa kecewa terhadap peristiwa ini dalam kapasitas sebagai seorang muslim, karena sudah lelah saya mendapati bahwa setiap peristiwa bom dimanapun didunia ini akan selalu dikaitkan dengan Islam, peristiwa ledakan bom bisa menjadikan setiap orang menjadi tidak menghormati ajaran islam yang sebenarnya mengajarkan untuk saling menghormati, menghargai serta mengajarkan perdamaian kepada setiap pemeluknya, bagi mereka yang belum kenal baik, Islam identik dengan bom atau kekerasan :( , dan apapun yang terjadi semoga ALLAH.SWT selalu menjaga saya dan keluarga saya dalam Islam, amin.

saya juga sebagai pemuda yang sedikit memperhatikan persepakbolaan Indonesia, juga kecewa, karena ini menjadikan gagalnya pertandingan akbar yang bakal terjadi antara Indonesian All Star dengan Manchester United, dengan alasan keamanan MU memutuskan gak dulu tandingnya, dari pada entar jadi korban pula, apalagi mereka tadinya bakal nginap di Ritz Carlton juga. dan jelas ini menjadikan setiap yang sudah dan akan mau beli tiket kecewa, pertandingan yang gaungnya sudah tersiar sejak dua bulan lalu, tiba2 batal dalam hitungan hari. tadinya pertandingan ini bakal menjadi pertandingan kedua setelah tahun 1974 Indonesia pernah menahan imbang 0-0 MU, namun gara2 ledakan bom ini,entah kapan lagi kesempatan itu bisa datang.. :(

Well, negara kita ini kan baru saja selesai milih2 capres dan cawapres, jadinya banyak juga mengait2kan ledakan ini sebagai suatu gangguan politik untuk menggoyang pemerintahan, dan tapi juga dari hasil pengecekan terakhir dair kepolisian sedikit terungkap bahwa ini ada kaitannya dengan jaringan terror dalam lingkup yang lebih luas... disebut2 Nurdin M.Top, yang sampai sekarang belum jelas dimana, terlibat. namun apapun yang menjadi latar belakang kejadian ini, peristiwa ini telah meninggalkan duka dan lekuk mata menahan tangis dari para keluarga yang ditinggal korban, semoga keluarga yang ditinggalkan tetap sabar dan pemerintah segera tanggap menangani kasus ini, agar pelaku dapat segera ditangkap dan diadili, dan cukup saja ledakan bom yang sering terjadi ini, cukup saja sampai disini.. jangan buat lagi banyak korban...

Wassalamualaikum

Read more »

7.20.2009

Buitenzorg (Bogor) Punya Cerita


Ada suara hiruk pikuk penumpang kereta yang timbul tenggelam beradu kencang dengan dentuman musik dari pedagang kaset bajakan di tepian jalur kereta api di sebuah stasin di Jakarta, Stasiun Tebet.Panas.Terik. sampai kemudian dalam hitungan belasan menit setelah menunggu akhirnya kereta ekonomi AC jurusan Batavia-Boitenzorg (Baca: Jakarta-Bogor hahahaha) tiba juga..

Assalamualaikum kawan.. apa kabar?ngapain aja libur 3 harinya?ada yang jalan2?kalo ada samalah kita... jadi kemaren itu pas hari minggu saya janjian dengan dua orang kawan waktu jaman SMA dulu buat janjian ketemuan sekalian jalan2 ke Bogor, hahaha.. dekat amat ya jalan2nya.. :P, tepatnya ke Kebun Raya Bogor (Bogor Botanical Garden), dan buat saya terus terang KRB ini adalah salah satu tempat tujuan saya kalo mau jalan2, enak aja buat ngeliat2 yang hijau2, pohon2 hijau yang tinggi besar, lapangan hijau yang luas dan kadang2 juga gak rame2 amat jadi lumayan enak buat santai2an, cuman emang kadang2 yaaa.. banyak oknum2 yang salah menggunakan ketenangan yang ada di kebun raya ini, sampe muncul istilah 'cerita dibawah pohon rindang' atau 'pohon berbuah orang'...

* sambil bertanya menggerutu:'kenapa mereka berani2nya ya?tar kalo kualat gimannnaahhh :P *

sepanjang perjalanan dalam kereta (perjalanan kurang lebih 1jam, tadinya mau naek motor aja sekalian cuman karena kaminya disana tar bertiga, gak enak saya, kalo entar yang dua naek motor terus yang satu jalan kaki atau ngangkot, apalagi tragisnya rupanya saya yang ngangkot terus motor saya dipake ma mereka, wkwkwkwkwk, gak mauuuuuuuuuu :D) saya gak kebagian tempat duduk, berdiri jadinya, sukurnya kereta ekonomi AC ini gak padat2 betul, masih lega juga,dapat didalam gerbong 6, taunya dari dipintu keluar nya itu ada tulisan 6A/6B, untung saya bawa buku, jadinya sambil berdiri saya sempatkan baca buku..

sampe kira2 3/4 perjalanan bukunya saya masukin lagi kedalam tas, dan mata saya mulai ngeliat2 ke sekeliling, dan tiba2 ingat bahwa kawan saya sudah naek kereta yang sama dari stasiun yang laen barusan tadi itu, dia naeknya dari stasiun Pasar Minggu, pas ditelepon rupanya kami cuma beda gerbong, dan aku bilang ke dia. 'aku digerbong 6, kau dimana???' dia jawab 'ya sudah, aku ke gerbong kau, diam2lah kau disitu!!' tak lama dia telepon lagi 'sonn?? aku dah digerbong 6 ni, tak ada kauu.. yakin kau ada di gerbong 6?? coba liat lagi nomor gerbongnya tetulis di atas pintung antar gerbong!!' saya jawab:'ehh.. salah aku rupanya, gerbong 2 kalo gituu..' hehehehe.. jadi tau sekarang cara liat kode gerbong kereta, karena kan biasanya tertulisnya itu di badan luar kereta, tadi pas mau naek gak sempat liat.. maen masuk ajaaa.. :P

Well, akhirnya ketemu juga ma kawan saya itu, setelah sapa2, kemudian dia mulai cerita banyak tentang kegiatan sehari2nya, mulai dari beberapa tes pekerjaan yang sedang ia ikuti sampe rencananya untuk pulang ke Baturaja, kalo memang belum ada panggilan tes lagi, dia bercerita begitu lancar tampak sama sekali tak terganggu dengan orang2 di kiri kanan dan juga oleh gerakan liuk liku kereta dalam lintasannya, sampe akhirnya kami berdua ketawa ngakak waktu akhirnya saya ceritakan kedia bahwa bukan muka atau fisik yang menentukan rejeki kita,tapi memang ALLAH.SWT yang mengatur semuanya, orang yang tampangnya pas2an bisa saja rejekinya selangit.. hahaaiii... karena dulu itu dia pernah cerita kesaya begini 'sonnn... kenapa yaa.. mukaku sama dengan nasibku???' saya tanya balik kedia 'maksud kau apaa???' dia bilang:'iyaa... Jahat.. mukaku dan nasibku sama2 jahat..' saya:'wahhhh... gak bisa gitulahh... jangan pikir macam itu, ada2 aja kau!! :D'

menit lepas menit, kemudian terdengar suara pemberitahuan bahwa kereta yang kami tumpangi akan segera memasuki tujuan akhir, stasiun Bogor, saya dan kawan saya bersiap, untuk kemudian lompat keluar meninggalkan kereta dan keluar dari stasiun. dan lepas itu, rupanya kawan saya yang akan menjemput kami sedang dalam perjalanan dan terjebak macet, sambil mengutuk (baca: merajuk) saya bilang ke diri saya sendiri;'ahh... asal berusuran dengan dia ini, selalu macam ini, telaatt ajaa...' sampe akhirnya saya baru tahu bahwa kawan saya ini sudah pindah alamat ke Ciawi, yang memang lebih jauh dari tempat nya yang dulu, kawan saya yang menjemput ini biasa saya panggil saudara, kenapa begitu?? karena itu nama saya dan nama dia sama2 Wijaya belakangnya...wkwkwkw.. dulu waktu kelas 3 SMA, sering dikata2in oleh kawan2 sekelas dan guru2 juga :D, dan jadilah sampe sekarang terbiasa memanggil saudara...

kami berdua menunggu di Taman Topi, gak jauh dari stasiun, ditaman itu, tidak terlalu rame, entah kenapa, padahal hari libur, secara minggu, pas di taman itu saya ngeliat ada seorang ibu yang sedang makan siang dengan seorang anak laki2nya yang mungkin usianya tak jauh beda dengan saya, tapi maaf sang anak itu sakit secara mentalnya, kedewasaan fisiknya tidak seiring sejalan dengan kedewasaan yang tercermin lewat wajahnya, namun sang ibu itu tetap sabar menemani anaknya itu makan siang, dan tak juga ia malu dengan orang2 sekitarnya.. ahh.. itulah Ibu, saya kehabisan kata2 untuk melanjutkannya...

saya dan kawan saya makan siang disana juga dan gak lama setelah saudara datang, kami bertiga Dzuhur dulu sebentar dan lanjut lagi jalan2nya, nahh.. emang beda ya.. di Bogor, airnya pas mau wudhu sholat.. dingin segar nian ahhh.. sejuk dan menyejukkan kalo bahasa iklannya wkwkwkwkkwkw.. :) bikin gak kerasa capek dan gerah keringat.. lepas sholat, saya dan kawan saya, diajak oleh saudara ke suatu tempat kuliner yang enak di Bogor, yaitu MP(Maccaroni Panggang), setelah liat menunya, sepakat mana2 yang mau dipesan, akhirnya sembari nunggu, kami bertiga bercerita tentang banyak hal, saudara saya bercerita tetang dirinya yang gagal tes Blue Bird sampai tahap kedua,tentang masih banyaknya praktik KKN dalam penerimaan karyawan dalam instansi baik pemerintah maupun swasta, terutama di tingkat2 daerah, dan kini dia sedang menunggu banyak panggilan psikotes, dan kebetulan si Buyung (baca: laptop saya) saya ajak, akhirnya saya kasih dia file softcopy soal2 psikotes, karena saya lupa bawakan dia yang bukunya, lupaa.. padahal malam2nya dia sudah sms :(

Maccaroni Panggang nya datang, minumnya juga datang, kami bertiga makan bersama, wahh.. MP nya betulan enak.. ya secara baru sekalinya ini saya kan.. jadilah tau sendiri lah.. dan pesan minumnya pun sengaja kami milih yang laen2an biar bisa saling cicip2an, wkwkwkwkwkw..:P, setelah makan dan minta harganya, rupanya uang didompet saya kurang, dan disitu cuma nerima uang tunai, gak mau pake kartu kredit.. emang kau punya kartu kredit sonn?? enggak punya akuu.. tapi temenku punyaa... :D akhirnya daripada kami terancam bisa datang gak bisa pulang, kami bertiga sepakat ngumpulkan uang kami dan setelah cukup uangnya dikasihkan, dan akhirnya.. terpaksa kami bertiga jadi pengelana mencari ATM terdekat buat bayar ongkos ke Kebun Raya Bogor, yang rupannya jauhhhh niannn.. mana sedang ada acara konser musik pula kan di Lapangan Sempur namanya, jadi semakin terasalah.. Panas dan Padat, sampe akhirnya nemu juga ATM terdekat, ngambil uang secukupnya, dan nerusin ke KRB nya naek andong pak kusir yang beruntung hehehhehe... dan turun di Pintu Dua, begitu sampai sana, suasananya cukup ramailah, kami bertiga pun masuk dan belum lagi ada sepuluh langkah kami masuk kedalam kebunnya,sudah ada lima kali kami ambil poto..hahahahaha..

Didalam KRB, setelah sholat ashar dimusholla dekat gedung konservasi, kami ke daerah dekat Istana Bogor dan duduk santai ditepi kolam sambil ngeliat gedung istana yang berdiri anggun sebagai simbol sejarah petinggi bangsa yang pernah dan lagi memimpin Indonesia, cuman sayang tombak pagar besi pembatas, bapak2 penjaga berseragam seram seolah menjadi pemisah keakraban yang seharusnya terjalin antara sang pemimpin dan yang dipimpin, seingat saya istana itu hanya dibuka setahun sekali, tepatnya waktu kota Bogor ini ulang tahun beberapa bulan lalu, selebihnya kita semua hanya bisa menatapnya dari balik pagar besi, seolah menjadi orang lain di negeri sendiri.. :(

ahhh.. jangan sampai istana ini menjadi penjara bastille yang dirobohkan masyarakat perancis yang sudah muak dengan raja louis XVI yang memerintah seenaknya,tapi semoga saja istana ini bisa menjadi 'ruang kelas belajar' bagi generasi muda Indonesia untuk memahami sejarah perjuangan pendahulunya..

tssahhh...serius nian Erikson ni... ok, balik lagi kemasalah duduk santai di tepi kolam tadi, saya minta ke kawan saya jangan lupa ambil poto2nya itu.. sayang sekali momennya jarang2 gini kan, di sekeliling saya banyak juga orang2 yang dengan santai tertawa gembira bersama keluarga dan anak2nya, dan terlintas dalam pikiran saya.. ini yang saya inginkan sebnenar2nya, kegembiraan bersama anak, istri dan keluarga cumannn ya itu sampe sekaranga saya nya belum kawin2 ya mana bisa..hahahaha :) setelah puas duduk ketawa2 sama kawan2, kami ke taman utama KRB yang diatasnya ada Cafe Dedaunan, tamannya luas, hijau dan bagus, enak buat duduk2 santai, jangan kan duduk, malahan banyak juga yang berbaring diatas rerumputannya, sayapun naek ke atas sebentar beli minuman buat nemani kami duduk2 santai.

sembari duduk, beberapa turis asing lewat, sambil berbicara dalam bahasa mereka, dan saya ingat dulu saya sering SKSD (baca: sok kenal sok dekat) karena cuma mau dapet kesempatan biar bisa ngobrol bahasa inggris dengan orang inggris langsung, meskipun sekali dua kali malah sialll karena rupanya turisnya itu orang Perancis yang gak bisa bahasa inggris hihihihihi :P, dari puncak taman ada pemandangan yang begitu indah, sebuah pemandangan yang berupa dataran tebing hijau dengan seolah2 dibatasi oleh dinding2 alami berupa pohon2 besar, yang tinggi antar pohon seperti membentuk garis tak beraturan tapi sangat enak diliat karena alami itu tadi, dibawahnya ada kolam buatan yang kalau dari jauh banyak terisi oleh titik hijau bulat yang sebenarnya adalah daun victoria (katanya ini adalah daun terbesar didunia) yang berasal dari sungai amazon, Amerika Selatan. sementara orang2 yang berlari2 di dataran itu semakin menambah warna taman tersebut. selalu begini sejak dulu itu, karena memang sudah lebih dari tiga kali saya datang kemari..

akhirnya berhubung sudah sore, mana mau hujan juga, kami bertiga sepakat pulang, saudara mengantar kami sampai ke stasiun bogor, dan alhamdulillah kereta ekonomi AC sudah bersiap berangkat jadinya tak perlu berlama2 menunggu, jam 17.52 kereta bergerak meninggalkan bogor, dan kami berangkat. dan (lagi) saya tak dapat bangku kosong, cuman satu dan jadinya gantian dengan kawan saya, secara dia sudah ngantuk akhirnya saya kasihkan bangkunya ke dia itu...

rupanya begitu kereta mulai berhenti antar stasiun, sama sekali tidak ada pemberitahuan ini stasiun apa dan diluar pun gelap, untung penumpang yang berdiri disebelah saya membantu saya bahwa kalo saya mau turun distasiun Tebet, itu masih lama, nanti kalo sudah di Kalibata, Cawang, Tanjung Barat baru nanti Tebet, kawan saya turun di Pasar Minggu. didalam kereta semua wajah kebanyakan adalah wajah2 yang lelah setelah seharian mungkin sibuk wara wiri dan kini waktunya kembali pulang.. setelah kereta memasuki stasiun pasar minggu, kawan saya turun dan tak lama kemudian saya juga turun di stasiun tebet dan tak lupa ucapkan makasih ke penumpang yang tadi ngasih tau saya.. dan alhamdulillah sampai juga dikos disambut dengan berita kemenangan Valentino Rossi di motogp.. hahahah.. apa coba..

Wassalamualaikum

Read more »

7.17.2009

Kamu Merah Saya Biru Mereka kuning


Eittssss.... ini bukan tentang kamu, saya dan kalian yang sedang menjadi tim sukses capres.. perwakilan warna2 ini murni semata2 buat ilustrasi tanpa ada niat tersembunyi untuk mengingat2 musim kampanye.. betul ini.. saya tak bohong :))
Assalamualaikum.. kawan2, apakabar??? pernah gak mengalami debat kusir yang berujungnya kemenangan sesaat dan kebanggaan semu, atau yaa... diam tertunduk malu serasa baru saja nerima aib seumur hidup dan marah karena pendapatnya tidak diterima, dan malah lebih marah lagi kalo penolakannya secara blak2an dan jadinya tiba2 bad mood.. hahahaha :)

.. saya pernah.. sumpahh bener2 pernah, sering malah :P. jadi pada suatu siang, ada kejadian dikantor saya melihat sesuatu yang indah.. sesuatu yang buat saya jarang2 saya mengagumi hal itu, jadi kebayang kan kalo tiba2 ngeliatnya.. waaaa.. senang iya, garuk2 kepala iya, nyengir iya, banyak lah pokoknya....

dan hingga saya minta ke kawan saya, buat melihatnya juga, dan saya 200% yakin bahwa si kawan saya akan setuju juga,atau seenggakny2 kalo dia gak terlalu setuju dia bakal senyum diam biasa aja untuk menghormati rasa senang saya, namun rupanya pas saya kasih tunjuk dan minta dia komentar dia bilang dengan keras begini 'ahhhhh... mana ada bagus2nya tuuu... ada2 aja si Erikson ni!!!!!'; nahh.. kalo orang dengan pengalaman dan pemahaman yang stabil tak masalah dengan hal2 kayak beginian, terus saya ini masalahnya.. mmhhh... * malu2 mengatakan * belum seperti itu, alhasil saya langsung kesal dengan kawan saya itu, saya cuma merajuk dalam diam.. maunya kan.. ya hargailah perasaan kawan yang sedang senang, akhirnya memang gak dipaksakan buat sama, jadinya ya sudahhhh... apa hak saya buat marah ke dia, itu memang pendapat dia.. dengan mood yang langsung berbalik jatuh saya berusaha untuk menjalani sisa hari yang ada.. (tssahhhhh bahasanya. DILARANG KERAS MENDRAMATISIR, SON!!!) :D

tiba2 saya ingat pas dalam persiapan suatu acara meeting seorang kawan pernah mengucapkan ke saya begini, 'son.. we cannot make all people be the same!!' itu gara2nya saya sedang geram dengan seorang kawan yang gak menepati janji padahal da berkali2 diingatkan, ahh.. betul juga rupanya, kadang2 memang tidak mudah membuat banyak kepala disekitar kita bisa melihat sesuatu dengan cara dan sisi yang sama, saya juga gak mau mereka ujung2nya berkomentar 'ahh... yang penting lo bahagia,son!!!' karena itu buat saya menandakan bahwa mereka memandang saya sebagai seorang yang ngotot dan memaksakan pendapat, akhirnya bisa jadi orang hanya setuju didepan namun berpaling di belakang.. :(* menyesallll akuuu menyesalll *)

biru dan merah buat saya jelas adalah warna2 yang berbeda, namun gimana yaa... kalo ada yang ngotot bahwa itu warna2nya 22nya adalah hitammm yaa... saya gak bisa maksa lahh.. apalagi kalo ternyata yang ngeliat itu adalah orang yang buta warna.. ya jelas aja buat dia itu warnanya hitam semua, terus ngapain saya marah yaa??? ngapain saya kesal yaa???? mmhh... kadang2 saya suka marah sama diri saya sendiri kalo ingat kebodohan2 saya.. semoga saya bisa belajar dari sini.. amin...

Wassalamualaikum

Read more »

7.16.2009

Beranak dalam Amlop????


ini bukan tentang dukun Ponari... apalagi tentang ilmu gaib.. juga bukan tentang kutu yang telurnya menetas dalam amplop.. tapi ini tentang saya yang gak teliti, alias kadang2 suka gradak gruduk.. meringis miris...
Assalamualaikum.. jadi saya kan pas kapan hari itu sedang dalam butuh duitttt.. butuh nian pokoknya dan karena rupanya BLT gak kesian ma saya y udah.. akhirnya terpaksa saya minjem dulu duittt ke kawan saya jumlahnya 100.000 tuuu.. pas nian kan ma jumlah BLT nya.. wkwkkwkwk.. nah sama kawan saya duitnya ditaruhh dalam amplop coklat, dia bilang ke saya 'itu udah aku taruhh di laci meja kau, pake amplop coklat ya..' saya bilang 'alhamduilillah.. makasii yaaa'...

nah.. secara duit di dompet masih ada kann.. akhrinya duit yang dikasih (baca: dipinjemin) temen saya itu saya tahan dulu, entar aja dipake nya.. kl dah butuhh betul, sementara ni pake yang didompet dulu lahh.. sampe akhirnya pas besoknya persediaan menipis mulai ngambil yang ada di amplop itu, terus pas saya ambil uangnya saya kagettt... karena jumlahnya lebih banyak dari yang saya minta ke kawan saya itu, kawan saya rupanya berniat baek membantu saya dan baru saya sadari dua hari setelahnyaa.. setelah duit didalam dompet itu saya tarikin semuanya.. nahh.. pas saya hubungi kawan saya dia bilang ;'gak apa2 nyantai aja gannn'... dan alhamdulillah pas beberapa hari kemudian saya ada rejeki jadinya uang yang teman saya yang dia kasih pinjam ke saya itu saya balikin segera, saya juga dengan rasa senang mendatanginya sambil ngucapkan makasih banyak..

* parah kronis akut, masa baru nyadarinya dua hari kemudian, gak malu kau son?pas ketemu dia gak ngucapi makasih :( *

nahh tadi jam 5 pagi tadi kok saya merasa agak2 terganggu ya.. ada apa ini ya.. terus tiba2 kepikiran buat buka lagi amplop yang kemaren dikasih ma kawan saya itu yang akhirnya saya bawa balik ke kos buat disimpan di dalam lemari, dibawah baju. nah pas saya masukin tangan saya lebih dalam lagi, lagi dan lagi.. waaaa.... rupa2nya, duit bantuan dari kawan saya itu lebih banyak dari yang semula saya hitung, dengan kata lain masih ada yang masih harus saya kembalikan... dan tragisnya jumlahnya itu dua kali dari yang saya balikin beberapa hari yang lalu, hiks.. kebayang dalam pikiran saya, kawan saya gak enak mau bilang ke saya tentang jumlahnya dan masih bisa senyum nerima kembalian dari saya yang masih kurang dari yang sebenarnya dia kasihkan..

*tertunduk malu :P*

akhirnya segera saya hubungi kawan saya, gak diangkat, saya makin cemas, di sms, gak dibalas, semakin menjadi cemas...(ya lahhh.. nelpon jam2 orang tidur..mana diangkat, parahhh!!!!) dan pas tadi pagi dikantor akhirnya ketemuuu.... saya ceritakan semua, ketidaktelitian saya dan dimulai dengan rasa gelisah terus kejadian masukin jari kedalam amplop sampe akhirnya nemuin jumlah yang lebih banyak lagi.. dan dia bilang.. 'udahlah tak apa, manusia tempatnya lupa.. jangan kau pikirkan itu..' akupun ucapkan kedia 'makasih banyak ya.. :D boyyyyy!!!!'

Wassalamualaikum

Read more »

7.15.2009

Tanya tentang Zakat dan Sedekah ya..


Dalam memoar tentang dirinya sendiri, Barrack Hussein Obama, menuliskan sebuah dialog antara dia dan ayah tirinya,yang dimulai ketika dirinya mendapati ayah tirinya memperhatikan kebiasaannya memberikan uang kepada setiap peminta2 yang ia lihat dijalanan atau disekitar rumahnya, ketika ia tinggal di Jakarta,hingga akhirnya ayah tirinya berkata padanya,kurang lebih gini: 'Barry, berapa banyak uang yang kamu punya tentu tidak akan cukup untuk diberikan ke semua peminta2 yang kamu temui dijalanan, lebih baik kau berikan saja secukupnya jangan berlebihan dan dengan begitu kau bisa memastikan bahwa hidupmu juga tidak akan berakhir tragis dijalanan'

Asssalamualaikum.. kawan2.. well, dulu waktu sering2 keliling kemana-mana didaerah Jakarta ini dengan ngangkot dari satu bus ke bus lain, atau jalan dari satu halte ke halte lain, saya sering sekali melihat para peminta2 (mungkin mereka adalah yang tidak terlalu disambut ramah kedatangannya oleh Metropolitan Jakarta), di bis2 kota, mereka datang silih berganti dengan beragam apapun cara ya... yang memang tidak pernah dipinta untuk dipamerkan/ditunjukkan/dibunyikan dan setelah dengan sukarela mereka lakukan kemudian mereka akan mengedarkan amplop ke seluruh penumpang2 ada, atau ada juga yang tanpa modal apa2, hanya datang dengan muka lesu dan mata meminta iba, menengadahkan tangan kemudian berjalan meminta, begitu juga di jembatan penyebrangan, di trotoar jalanan dan lain lain dan lain lain banyak juga.

di perempatan lampu merah juga ada, kan kalo lagi naek motor, dan stop di lampu merah, saya sering liat anak2 kecil malah, mengamen atau membawa kemoceng terus dilap2in di kaca mobil atau krenceng2nya dimaenin sambil nyanyi alakadarnya, sedih liatnya apalagi dengan muka kumal dan baju lusuh serta rambut kusut mereka. biasanya kalo ada uang receh Rp.100an, Rp.50an atau Rp.500an saya kasih ke mereka, nah kalo lagi gak ada ya gak kasih jadinya.. cuman saya sering ngasih lebih kalo ada yang sering sapu2 jalanan di jembatan penyebranngan didaerah Gatot Soebroto, secara sebenarnya mereka kerja meski tanpa ada yang suruh, cuman kalo jalan yang saya lewati jadinya bersih enak juga...

kadang2 saya merasa agak pelit dalam hal2 ngasih2 yang terlalu banyak jumlahnya ke mereka, banyak alasannya; seringnya karena banyak yang bilang dan sering saya juga liat banyak seolah2 meminta2 ini menjadi pekerjaan sehari2 yang tidak terlalu membutuhkan pengorbanan, kecuali mengorbankan rasa malu, jadi kalo dikasih nanti yang dikasih semakin enggan bergerak, gak mau usaha lagi. terus juga beberapa dari peminta2 itu ada yang usianya masih gagah2nya untuk melakukan pekerjaan fisik dan kalopun dikasih nanti justru dipakai uangnya buat hal2 yang gak perlu2 amat. dan yang lebih penting lagi buat saya tar kalo dikasih tapi saya nya gak rela dan ikhlas ato cuma demi gengsi jadi niatnya bukan karena ALLAH.SWT malahan sia2 dong saya ngasihnya.. ya udahlahh.. jadinya setiap kali ngeliat 'mereka' dijalanan saya selalu ngeliat ke kondisi saya dulu, apa saya sedang dalam kondisi yang benar2 punya uang dan punya rasa rela untuk memberi kalo iya langsung dikasih, kalo ternyata belum.. biasanya saya lewatkan.

Sebagai seorang muslim saya diajarkan bahwa Zakat dan Sedekah diutamakan diberikan ke yang terdekat dari saya dulu, nahh.. sekalian nih.. saya mau tanya ke kawan2 sekalian yang sekiranya paham tentang bagaimana sih urutan2nya dalam artian orang terdekat kita itu tadi, keluarga?? terus kalo yang diutamakan itu ortu? bukannya ortu kita itu emang udah jadi kewajiban kita sebagai anak?jadi bukan zakat dong??terus jadi zakatnya kemana dong??

*dasar Eriksonnn.. giliran dah gini aja repot kau sonn..sonnn... makanya banyak2lah baca buku agama, biar kalo ada hal2 bingung kayak gini bisa coba pecahkan diri sendiri, gak sibukkan orang lain..hehehhee (maluuu...aku malluuuu... maluuuu)*

Wassalamualaikum

Read more »

7.14.2009

Tentang Mereka


Assalamualaikum kawan2... :) 'Tinggi nian ahhh gedungnya, 27 lantai makkk... ' beberapa hari lagi dikantor saya bakal ada peresmian gedung baru, gedung nya persis disebelah gedung yang sekarang tempat saya kerja (baca: blogging :P), gedungnya sebenarnya sudah lama mulai dibangun, seingat saya sejak akhir 2004, tersendat setahun, baru lanjut lagi akhir 2005, terus sampai akhrnya beberapa hari lagi diresmikan..

Gedungnya pun tinggi, keliatan kalo dari arah Bundaran Semanggi, Jakarta, bisalahhh di pajangin bagus berderet dengan bangunan gedung pusat salah satu bank di Indonesia, dulu sebelum dibangun gedung itu, daerah sebelah kantor saya itu adalah lahan kosong strategis yang memang layak2 dimanfaatkan, strategis dan mudah dijangkau darimana2 (paling enggak pendapat saya yang baru itungan 4 tahun di Jakarta :P), kebayang gimana ramenya kalau nanti semua pekerja sesuai dengan kantornya dipindahkan ke bangunan gedung baru itu, bakalan rame sangat, area parkir boleh tambah luass... fasilitas gedung silahkan tambah OK, cuman kalo jmlah kantin gak ditambah.. repotttt betull ahh.. kebayang antrian panjang, belum2 lagi oknum2 yang pandai selap selip kiri kanan potong antrian.. jadi gak tambah selera makan, dan yang lebih menakutkan kalo terjadi monopoli dari produsennya.. :P

yaa. smeoga aja enggaklahh... hehehehehehe..

semenjak tahun lalu, kalo pening liat monitor komputer, saya biasanya liat2 ke lokasi proyek pengerjaan gedung ini, yang saya liat selalu sama, para pekerja proyek yang lalu lalang kiri kanan, bawa material, panggul alat2 berat dan dorong2 gerobak isi bahan2. setiap pagi2 kalo mau sarapan di warung2 dekat lokasi proyek, menjelang jam pagi, bunyi sirine kuat nyaring melengking jadi tanda bahwa jam kerja proyek dimulai dan asal menjelang istirahat siang, waktu saya turun ke bawah mau sholat, sering juga dengar sirine tanda jam istirahat, atau semacam tanda ganti shift juga kayaknya, karena malahan kalo saya sering malam2 pulang kantor, sering liat para pekerjanya masih sibuk berjibaku dengan pekerjaannya masing, semuanya dari kejauhan wajahnya tampak lesu, namun masih sempat juga melemparkan senyum ke sesama mereka, senyum yang bisa saya liat dari balik kaca tempat saya istirahat (baca: melarikan diri sesaat :P).

saat yang paling membahagiakan bagi para pekerja proyek itu mungkin adalah ketika akhir pekan, saat saya sering kali ke kantor pas hari libur, sekelompok dari mereka keliatan sedang akan meninggalkan area proyek untuk ke suatu tempat entah keluarga, teman atau pacar mereka atau tempat lain dimana meski mereka pergi sendirian mereka tetap bisa mencari hiburan dan lari dari peralatan proyek dan material bangunan. beberapa dari mereka mungkin seusia tak jauh2 nian dengan saya, bisa diliatla itu dari cara berpakaian dan gaya rambutnya yang 'anak muda banget' ya kayak2 saya lah...wkwkwkwkkwkw.. :D :D

jumlah mereka mungkin ratusan atau ribuan, saya tak tauu.... suatu jumlah yang dibutuhkan banyak untuk bisa menyelesaikan pembangunan gedung tinggi 27 lantai di tepi salah satu jalan protokol di Jakarta, dan sebentar lagi hasil karya mereka ini akan diresmikan, ribuan orang bakal menggunakan dan menikmatinya, nama2 kalian, para pekerja pembangunan gedung itu sangat mungkin bisa sama sekali tidak punya alasan untuk diingat, nama2 kalian tidak akan disebut mungkin, bahkan 1% dari kalian saja mungkinkah disebut untuk kemudian diundang dalam acara peresmian gedung???? untuk kemudian dihadiahi atas totalitas pekerjaannya dalam menyelesaikan gedung ini.

bisa jadi ya.. mereka para pekerja yang dipekerjakan dalam proyek ini hanya akan senyum2 bangga sebentar, kalo2 suatu hari mereka lewat jalan ini dan melihat bangunan gedung yang pernah jadi proyek mereka kini telah berdiri tegak menantang langit ibukota, saya ni.. lewat postingan ini mengucapkan terima kasih banyak (saya mikir: emang siapa saya ya???heuheueh EGP lah!!)
pada smua pekerja proyek pembangunan gedung baru kantor tempat saya kerja yang dengan totalitas kerja akhirnya menyelesaikan gedung ini yang tampak kokoh, rapi, elegan dan apa yaa... modern kali yaa....

kalian bisa jadi sama seperti air yang dalam sebuah laporan proyek pekerjaan bangunan tidak pernah ditulis sebagai salah stau bahan meterial seperti pasir atau semen, namun tanpa air semen atau pasir tak akan bisa menyatu.. namun air terima saja waktu ia dicampur2 dengan macam2 bahan sampe akhirnya jadilah bangunan bagus, gak pernah mengeksusifkan diri dengan tampil berlabel 'air istimewa untuk campuran bahan material', 'air penting, gak ada air gak jadi' dan lain lain. nahh.. nama kalian mungkin gak akan disebut satu2, cuman disetiap sisi bangunan yang akan diresmikan ini ada sisa jejak rekam hasil karya dan kerja keras kalian dibidang masing2.. hehehehehe... yang meninggalkan cerita bahagia dan bangga kali ya... sama bangga waktu Ubak saya(Ayah,red) cerita bahwa beliau sudah menambah beberapa bagian rumah di atas kemampuannya sendiri, memodifikasi dan bernuansa artistik hehehhe..atau waktu beliau menceritakan dengan bangga bahwa rumah yang keluarga yang kami tempati dibangun langsung dimana kakek saya juga menjadi salah satu yang mengerjakannya :D

Wassalamualaikum

Read more »

7.13.2009

Pemuda Pelupa Kronis


Eriksonnn... aku ketinggalan dompet aku, tolong kau ambilkan ya.. kau kan mau pulang, nanti aku berhenti bentar di depan SMP Pembangunan Jaya, daerah Bintaro sektor 5 sana lagi dikit..nahhhh.... itu kejadian waktu temen saya minta tolong buat ambilkan dompet dia yang ketinggalan di kos kawan, tempat dimana kami malam sebelumnya menginap, dia sendiri waktu itu sudah berada dalam taksi mau pulang pas nyadar bahwa dompet ketinggalan, jadinay argo taksi jalan, sambil nungguin saya yang ngambilin dompet dia...

Assalamualaikum..nahhhh selanjutnya ni.. bener suatu hal yang.. merugikan kawan saya, karena begitu dompet teman saya itu saya ambilkan dengan niat hati menghampiri untuk memberikannya pada kawan saya itu, kan saya naek motor, maunya tar dihampirin bentar.. namun entah napa.. saya lupa, bukannya menghampiri bentar... ini malah terus naek motor terusssssss ajaaaa tanpa sadar sudah masuk daerah Tanah Kusir, secara HP didalam tas, jadi gak tau kl kawan tadi telpon, sampe akhirnya saya diingatkan ama ALLAH.SWT, supaya ngasih itu dompet.. hihihhi.. ban motor saya gembos, dan terpaksa ditambal bentar di daerah Jl.Bendi, nahh.. baru inget pas buka HP, sudah belasan kali rupanya kawan saya coba tlp, makkk.... saya langsung ingat dan kaget, apalagi tau bahwa dia nunggu dalam taksi yang argonya mungkin bisa ajaa jalann terussss... :(

akhirnya, saya telpon balik dia dan minta maaf yang sebesar2nya atas perhatian dan kerja samanya diucapkan terima kasih (lo??????) hahahah enggak, maksud saya, langsung minta maaf dan bilang bahwa saya sudah jauh lewat dari daerah Bintaro, dan minta dia terus aja naek Taksi ke Jl.Bendi, tar stop bentar didekat tambal ban, disitu bisa saya kasih balik dompet dia, beberapa menit kemudian taksi yang ditumpanginya sampai, segera dompetnya saya kasih, dia pun saya maklumi kalo mukanya cemberut, merengut kusut.. (maaffff ya kawannnn... :()

gak tau ya.. sudah sering saya ngalami hal2 bodoh gara2 masalah kelupaan kayak gini, entah apa2 isi kepala ni.. kok jadi begini.. jangan2 saya sudah p***n (gak mauuu ;P)
ada gak ya yang tau cara ngatasinya?? bantuinn yaa... seringnya itu yang kelupaan itu adalah barang2 yang sering nempel ato dibawa2 dibadan, kayak misalnya dompet, HP, topi, tas2 jinjing, kunci motor, tas2, helm juga :(

ngomongin tentang helm juga, kemaren ada kejadian di kos, sampe akhirnya dimarah ibu kos, gara2 kaget kok helm motor ku gak ada ya, dah yakin2 pasti dibawa, ya iyalah, kan saya pagi2nya itu baru balik dr Bintaro ke Kampung Melayu, nahhh gak mungkin dong kalo gak pake helm dari jalan sejauh itu, dicari2 dikamar, dilemari depan gak ada, apa dicuri orang ya????? terus pas ingat2 lagi, baru ingat bahwa sebelum sampe kos tadi pagi mampir bentar ke warung beli susu, terus langsung minum ditempat nah buka helm tu kan, helmnya saya taruh di atas lemari es di warung itu.. udah dari situ gak dibawa lagiii... langsung aja pulang.. sampe akhirnya sorean mau pergi lagi, baru nyadar helmnya masih ketinggalan diwarung, untung ibu2 penjaganya cantikk.. *ehh baek maksudnya*.. jadi helmnya masih disimpenin sampe akhirnya saya ambil lagi :P

gara2 masalah lupa ini juga ni kemaren gagal istirahat siang2, niatnya abis dari jemput temen mau di kos aja istirahatt.. cuma pas nyampe, baru ingat HP ketinggalan di kos kawan, jadinya mau gak mau mesti balik lagi ke kos tadi sekalian nganter dia lagi pulang kan buat ngambil HP saya yang ketinggalan itu.. hahahaha, kawan saya senang2 aja, secara pulang jadi ada yang nganterin..
*Erikson parahhh!!!! kok bisa keterusan lupanya ya*

moga aja tar kalo da punya anak istri gak lupa bahwa punya anak istri.. dan moga aja tar kl da punya keluarga gak lupa masih punya orang tua, kakak2 ,adek2 dan sodara2 serta teman2... dan yang penting kapanpun aja, moga aja gak pernah lupa bahwa saya masih punya ALLAH.SWT, amin. :D hehehehe

*duduk santai sambil tersenyum simpul gigi pepsodent :D*

Wassalamualaikum

Read more »

7.11.2009

Koleksi Oleh-Oleh


Assalamualaikum kawan2.. apa kabar?? tadi pagi (11 Juli) saya mencatat prestasi besar, yaitu berhasil bersihkan kamar kos secara besar2an :D maklum selama ini kalo bersih2kan kamar selalu dikit, secukupnya, makanya itu tadi pas sekali2nya dibersihkan betul2, banyak nian debu2 dan barang2 yang gak lagi berguna dan akhirnya jadi sampah yang harus dibuang supaya isi kamar jadi keliatan lebih luas dan tertata lebih rapi..(halahhhh.. gaya kauu sonnn!!!! :P)

nah pas bersih2 itu, satu2 persatu saya banyak menemukan barang2 pemberian kawan2 saya satu persatu, dan banyakan barang2 ini adalah oleh2 pemberian mereka yang sengaja dibelikan jauh2 (hehehehe... tapi ada juga kok yang saya minta mereka bawakan buat saya), makanya itu pas begitu diliat2 wahh.. banyak juga ya, jadinya supaya barang2 pemberian itu tetap terjaga akhirnya saya kumpulin semua satu2 dikoleksi sekalian biar jadi pengingat.. barang2 itu ada yang datang dari dalam negeri ada juga yang luar negeri, ini ni barang2nya:

Buku Memoarnya Obama yang berjudul Dreams From My Father, ini dibelikan seorang kawan yang baru saja selesai pendidikan S3 di Georgia State University, USA. bukunya bahasa Inggris namun sayangnya hilang dicopet di kereta api April lalu, jadinya untuk supaya tetap ada saya beli sendiri namun yang edisi bahasa indonesia, maklum kalo edisi bahasa inggrisnya mahal, bisa hampir 4 kali lipatnya.

ada juga maenan kunci yang gambar menara di Dubai, kalo yang ini dibelikan oleh kawan SMA saya yang tahun lalu dapat pelatihan dari kantor dimana dia kerja, maenan kunci ukuran kotak kecil ada gambar Menara Dubai itu didalamnya, yang katanya sih sekarang jadi salah satu menara tinggi dunia ya..

pas beberapa bulan lalu, atasan saya dikantor baru balik dari tugas ke Australia, beliau ngasih ke kami2 oleh2 maenan kunci juga.. sama kayak diatas, cuman ini juga lucu, maenan kuncinya lambang Kanguru, salah satu binatang khas negara benua itu, warnanya kuning genteng, dan saya jadikan meanan kunci si revo merah saya, sampe akhirnya pada suatu hari..heheheh.. maenan kuncinya rusak, cuman sayang kan daripada dibuang tetap saja disimpan..

kemudian ada juga saya dikasih buku dari seorang kawan yang baru kelar kuliah master di Hitotsubashi University, Jepang, sejak ia masih di sana saya memang minta dibawakan buku tentang sejarah singkat negara itu, nah.. pas kemaren bukunya datang saya langsung dikasih.. bukunya telat datangnya, kira hampir setahun dia sampai sini, bukunya baru datang, makanya pas tiba2 dia chatting ke saya, saya bingung;
Haris :assalaamu'alaikum
Haris :Lagi sibuk?kalau nggak sibuk, bisa ke tempatkudi lantai 14
Erikson :waalaikumussalam gak salah mas?
Haris :nggak
Erikson :salah ketik kali mas..
Haris :aku mau kasih buku yang dulu pernah aku bilang
Erikson :mauuuuuuu
Haris :ya kesini ya
Erikson :aku keatas ya mas...
Haris : ok

Sent at 1:36 PM on Friday

masih dari Jepang juga, dua minggu yang lalu ada temannya teman satu kos saya, dia menginap ditempat kami, liburan dari kampusnya di Surabaya. dan pas pagi2 ngobrol dengan dia, dia cerita bahwa kalo gak salah sekitar beberapa bulan lalu dia baru balik dari Jepang, sebagai wakil dari akademi tempat dia sekolah, dan pas kebetulan masih ada oleh2 yang masih dibawa, dia kasih kesaya sebuah sumpit warna biru yang dibelinya pas masih di sana.

pas bulan kemaren juga ketemu kawan yang baru balik dari beberapa negera Eropa daratan, ceritanya dia jadi wakil provinsi Lampung untuk festival kesenian Indonesia di Den Haag, dia ngasih saya oleh maenan kunci juga hehehehe, bentuknya adalah menara Eiffel mini warna perak..

nahhh... kurang lebih itulahhh oleh2 dari luar negeri yang pernah dibawakan kawan2 buat saya. saya simpan jadikan koleksi kenang2an dan penambah semangat dan motivasi untuk tetap belajar dan berdoa supaya bisa dapat kesempatan kayak mereka juga hehehe, yang buku2 saya baca buat tambah2 informasi (ya iyalah.. masa dipajang aja :P)

Dari beberapa pemberian yang pernah saya terima dari kawan2 saya, ada suatu pemberian yang sampai sekarang punya kenangan kuat buat saya, banyak ceritanya :) .. yaitu sebuah Kopiah khas dari salah satu provinsi di negara kita, Indonesia. yang sampai sekarang masih sering saya pakai buat sholat atau kalo ada acara2 keagamaan di kantor atau dimana gitu kann.. Kopiah ini adalah pemberian kawan baik saya, ya sudah saya anggap seperti saudara sendiri.

(tu sonnnn.. dikasihnya kau kopiah.. disuruhnya kau rajin2 sholat.. jangan kau malas2 sholat ya..!!! hehehe..)

mungkin banyak juga kawan2 yang lainnya sudah ngasih hadiah2 ke saya yang rupanya tak sempat saya tuliskan disini, ya maaf2 ya, kadang2 terserang lupa tingkat kronis jadinya gak mampu mengingat2 semuanya.. :) dan mungkin ada juga kawan2 yang gak pernah kasih saya pemberian apapun secara fisik, tapi sadar atau enggak mungkin mereka pernah ngasih saya pemberian yang tak kalah berharga yaituu.. pelajaran hidup, tentang kekuatan, tentang kesabaran dan bukan hanya tentang menjadi seorang pria tapi juga tentang mengatasi tantangan, halangan dan rintangan.. (hahahaha.. mirip2 iklan rokok niannn ahhh :P)

rupanya ada hikmahnya juga beres2 kamar secara besar2an tadi pagi itu,bisa jadi mengingat2kan kembali barang2 pemberian kawan2 saya yang tadinya agak terserak sekarang malah di susun rapi. dan itu gambar2nya yang saya sertakan di atas itu, bukan gambar2 sebenarnya tapi ya saya cari yang kira2 mirip dari internet, google. karena si buyung (laptop saya, red) lagi dipake oleh seorang kawan yang sedang diburu kerjaan dari kantor. jadinya daripada hari ini tunda postingannya mending seadanya saja.. hehehehe...

Wassalamualaikum

Read more »