Ketika Menjadi PNS


Beragam pendapat tentang profesi sebagai seorang PNS keluar masuk dalam telinga saya, bagi mereka yang bercita-cita menjadi pengusaha atau sekarang bekerja di perusahaan swasta, maka mereka mengatakan tentang PNS menurut sisi yang mereka dengar, dan sebaliknya bagi kawan2 saya yang bekerja sebagai PNS itu sendiri, maka pendapat mereka juga tak kalah beragam..

Ya.. PNS, beginilah, namun apapun isi tulisan ini, tujuannya bukan untuk cuci tangan atau membela diri atas semua kelalaian budaya kerja yang terjadi dimasa lalu, hanyalah isi hati dari saya sebagai jawaban dari apa yang mereka katakan
.. No hard feeling friends... MySpace

Assalamualaikum kawan2 apa kabar semuanya?well.. hidup sebagai PNS adalah hidup saya selama hampir 5 tahun belakangan ini, dan alhamdulillah saya menikmati, meski memang rumput tetangga selalu lebih hijau, ketika kawan saya yang bekerja di perusahaan asing mendapat gaji yang jauh lebih tinggi dan training ke luar negeri, ketika kawan saya membicarakan beragam rencana bisnis bonafid dengan perkiraan omzet 3-4 tahun kemudian sangat fantastis.. tapi ahhh... cukuplah ini dulu..

*mengerenyitkan kening sambil jari tetap terus ngetik*

Saya temukan rupanya pekerjaan sebagai PNS oleh banyak kawan saya yang telah baru saja lulus kuliah dan mendapat kerja di perusahaan multinasional-internasional tidak dipahami sebagai bentuk pengabdian pada negara secara nyata, ya.. saya juga g bs nyalahkan mereka, mereka punya hak untuk berpendapat seperti itu, apalagi jika didasarkan dengan budaya kerja PNS yang sering mendapat sorotan media massa..

MySpace
but here i am, a civil servant of Directorate General of Taxation, born to serve..

*serasa jalan di atas karpet merah diiringi gemuruh tepukan tangan dan jepretan kamera hahaha..*

berikut beragam pendapat mereka yang diutarakan kesaya dalam percakapan santai suatu suatu waktu ketika sedang ngobrol santai..

Kawan :'Son, aku dengar kau mau sekolah lagi kan?? wahh.. enak, abis itu naek pangkat dong, gaji kau naek dong!!!'
Saya :'iya..mulai tahun depan, mmhh.. gaji dan pangkat ngikut aja lah, bukan itu tujuan utama aku, yang penting bisa belajar, jadi pintar, bemanfaat kan jadinya'
Kesimpulan: dimata mereka, ketika PNS melanjutkan pendidikan, sebagian besar hanya ditujukan untuk mengejar kenaikan pangkat dan gaji, sedikit sekali mungkin dari mereka yang memberi kesempatan bagi pikiran mereka untuk mengatakan bahwa seorang PNS itu sama dengan orang kebanyakan juga, ia mau sekolah supaya menambah ilmu, wawasan, tehnical skill dan pergaulan dan jadinya bisa punya nilai tambah yang berguna.Jadi bukan semata demi pangkat dan jabatan, karena kalau direnungkan maka kedua hal itu adalah konsekuensi yang mengikuti untuk dinikmati kelak jadi bukan tujuan utamanya.

atau yang seperti ini.. MySpace

Kawan :'Wahh..son itu kawan kau sudah kredit rumah, motor bahkan ada juga yang mobil enak ya berarti kerja di Pajak, besar gajinya atau seserannya sonn??'
Saya :'(what do you mean by saying so!!!!).. ya udah rejeki masing2 lah itu wak! lagipula jangan sangka2 jelek aja terus, kau ni emang gak baca koran apa bahwa pajak tu sekarang sedang reformasi besar2an termasuk dalam hal SDM dan renumerasi jadi jangan tuduh yang bukan2, gak suka aku!!' MySpace
Kesimpulan : Bagi mereka, apapun instansinya, ketika seorang PNS hidup mapan dan berkecukupan, maka ada saja diantara mereka atau bahkan dikalangan PNS itu sendiri yang berpikir tentang perolehan seseran sebagai penghasilan tambahan, atau projek. namun sejatinya kenapa tidak berpikir bahwa PNS pun bisa memiliki usaha sampingan dengan omzet yang bs lebih besar dari gajinya.

Well..well... hehehe.. menghadapi tanggapan yang seperti itu, kadang saya berjuang antara marah dan sabar, saya harus sabar karena inilah konsekuensi yang muncul mungkin dari kelalaian budaya kerja dimasa lalu sehingga tertanam di benak banyak orang jika PNS bekerja lebih santai dan enteng daripada wirausaha atau karyawan swatsa, buat saya ini bisa saja benar bisa juga tidak. mungkin benar ada yang seperi ini (saya pun tidak mengingkari, karena saya pernah melihat sendiri) tapi jangan disamaratakan, karena saya dan kawan2 saya yang sesama bekerja di Ditjen Pajak adalah bersama berkarya dalam suatu unit yang memodernkan diri dalam proses reformasi di berbagai lini, dan tidak menutup kemungkinan pada masanya nanti reformasi ini akan menyentuh semua instansi pemerintah, apapun itu. dan kepada kalian tolong hargailah ini.. MySpace

Saya menikmati bekerja sebagai PNS, karena saya merasa jelas tujuan saya bekerja, yaitu dalam konteks kewarganegaraan adalah untuk memberikan yang terbaik bagi negara, karena PNS tugasnya adalah mengurus negara ini yang diwujudkan dalam bentuk pelayanan kepada masyarakat. Hahaha... bukan saya sok idealis, tapi bolehlah sekali-kali mengatakan unek2 terdalam dihati ini sebagai alat untuk memotivasi diri, dan jika semua orang bercita2 menjadi karyawan swasta atau wirausaha, maka siapakah yang akan mengurus negara ini?siapakah yang akan melayani masyarakat? jadi sebaiknya kita jalankan peran kita masing2, kawan2 yang bekerja bukan sebagai PNS pasti jg bs melakukan hal2 yang bermanfaat, atau bahkan kalian lebih aktif dan berpengalaman dengan terjun langsung ke lapangan sebagai bentuk Corporate Sosial Responsibility.

Wassalamualaikum

Comments

  1. Wah mas, saya baru akan merasakan menjadi seorang PNS tahun ni malahan. mendebarkan rasanya terjun di dunia yang baru. Tapi ini proses hidupku...
    Sukses mas ntar kuliah D3 Khususnya... Saya masih di STAN sampai November kayaknya...

    Oiya mas, dateng pesta blogger nggak???

    ReplyDelete
  2. apapun yg mereka katakan, sy akan selalu Bangga dengan apa yg telah menjadi pilihan saya, sepertimu. :)

    It's my way....

    "Berbuatlah sesuai porsinya"
    (Suryowiguno_14102009)

    ReplyDelete
  3. LanjutGan...!!

    Tetep bangga walau jengah terkadang menghampiri..

    ReplyDelete
  4. Poudly present our excelent services.. :P

    ReplyDelete
  5. Proudly present our excelent services.. :D

    ReplyDelete
  6. @Kanglurik: amin.. makasih ry.. wah g temu kita berarti, aku kan Januari mulai belajar, tp November udah mulai pindahan Jurangmangu, btw aku g ikut pesta blogger 2009 yang tanggal 24 ini di SPC gatoto soebroto, karena aku ada acara ke luar ry ke Malaysia.. jangan lupa diceritain di blog ya, heheh sekalian souvenir nya juga ya.. ;))

    ReplyDelete
  7. @Ichal: :D:D:D:D makasih chal atas koreksinya via gtalk dan senang mendengar ichal bangga atas pilihannya.. haha pak Suryowiguno diBSEkan ni hahah :))

    ReplyDelete
  8. @de'Ardi: makasih gannnn.. cendolnya jangan lupa gannnn 8-}

    ReplyDelete
  9. @togar: anda meminta kami meremote ya din hahaha :P

    ReplyDelete
  10. apa seseran...??

    ReplyDelete
  11. @Djonggara: itu istilah aja.. artinya ya sesuatu tambahan penghasilan diluar penghasilan rutin, bisa dari bisnis diluaran atau proyek yang dijalankan, namun konotasinya sudah mengarah ke hal2 yang tidak halal/diluar sistem dan peraturan yang berlaku.. jadinya seperti mengambil keuntungan dalam proses memudahkan administrasi dengan melangkahi tata cara yang sudah dibakukan.. hahahha.. :) kalo paraman dari aceh artinya tau kau boyy?

    ReplyDelete
  12. tombol 'like this' nya mana ya?

    ReplyDelete
  13. @mulato: dihidung pemilik BSE mas wkwkwkkw :))

    ReplyDelete
  14. percayalah , pemilik BSE ini bener2 seorang PNS yang teladan :P :P


    *sambil lirik daftar lasisonline* :D

    ReplyDelete
  15. Saya bangga jadi PNS. Saya jadi PNS untuk mengabdi pada negara ini.

    ReplyDelete
  16. Abdi Negara bos..aku disampingmu, malah kmaren aku lapor pak RW, buat ngurus surat pengantar Kartu Kuning pencari kerja buat istriku...ada kejadian lucu, aku ditanya,,kerja di mana "aku jawab di kantor pajak" dengan yakinnya pak RW wak kalo di kantor pajak istrinya nggak usah kerja lah khan udah cukup....well (be positive)

    aku jawab "amiinnnnn Pak" ,imelandi@gmail.com

    ReplyDelete
  17. Maaf mas erikson, itu judul tulisan ndak ada hubungannya sama mas erikson yang lagi mandi, akan lebih baik bila gambar diatas diganti dengan gambar mas erikson lagi makan.

    Terimakasih.

    ReplyDelete
  18. @Djonggara: sama2 jong... sebetulnya ada yang lagi makan sambil mandi, itu lebih baek kayaknya, lebih mengakomodir kepentingan banyak pihak hahaha.. btw, terima kasih sarannya, biasa kita menampilkan yang bertentangan agar pembaca yang kritis bisa mencari hubungan sebab akibatnya, misalnya ada Mie Aceh maka ada Mutia :D

    ReplyDelete
  19. @irrr: dan kawan2 juga boleh percaya bahwa oknum PNS bernama irrr adalah layak diberi penghargaan setara adi makayasa di militer heheh. semangat gannn!!!! ;;)

    ReplyDelete
  20. @The Rock: sama aku dan kita juga begitu dan semoga bisa dimengerti oleh masyarakat :P

    ReplyDelete
  21. @Imelandi: wahh wahhh sampe dicandain gitu ya.. hahah itu kejadiannya di daerah apa di Jakarta mas? kl didaerah mungkin sih, kl di Jakarta kayaknya hmmhhh.. bapaknya gak tau kali ya kalo apa2 disini serba mahal hehehe ;)

    ReplyDelete
  22. Pertama! Apa hubungannya antara PNS dan Erikson berenang????
    Kedua! Mbencekno kon iku Son...mentang2 aku bukan PNS(Pegawai Negeri Sipil) Asli aku gak di TAg di FB untuk postingan ini.
    Ketiga!! Aku kan juga PNS (Pegawai Negeri SADHANA)..kakakakakss....

    ReplyDelete
  23. @AD: hahahhaha biar pembacanya jadi mikir, bahwa ada PNS yang hobi berenang.. g lahh kebetulan aja itu.. ini nanti ada yang mau aku tag dengan melibatkan AD.. ada PNS elite tentunya :)

    ReplyDelete
  24. "well.. hidup sebagai PNS adalah hidup saya selama hampir 5 tahun belakangan ini"

    5 tahun ye? TMT kapan bung erik? perasaan TMT CPNS kito februari 2006

    ReplyDelete
  25. @uwo: haha itu kan resminya wooo.. tp kan itungan sejak jaman2 magang dulu kan dari 2005 dulu, anggap aja itu kawachandra dimuka sebelum jadi PNS betulan ;;)

    ReplyDelete
  26. Son son..salut lah,coba kalian semua rasakan nikmatnya derita TPT hiks hiks T.T alee_thea

    ReplyDelete
  27. :)) he he...good...good....good J

    ReplyDelete
  28. saya rasa postingan anda yang ini, dan yang lain juga tentunya akan asyik di'diskusikan' di Politikana.com

    salam.

    :D

    ReplyDelete

Post a Comment

Jangan ragu untuk komentar.. :) Dan untuk menjaga komentar spam, mohon isi dulu kode verifikasi nya.. Trims.

Popular posts from this blog

Musim Kemarau Panjang

Teka Teki Silang (TTS)

Satu Lilin Dua Cerita