9.30.2009

Tamu Tak Diundang


malam itu semua makanan di Jakarta ini terasa membosankan, kangen ma makanan buatan mamak di rumah, cuman apa mau dikata, da nyampe saya di Jakarta, jadinya makanlah apa yang ada, jangan nyari2 yang g ada hehehhe.. pergi saya akhirnya malam itu ke sebuah warung sate pinggir jalan (hahahahha.. ga mungkin tengah jalan karenanya) didepan persis terminal Kampung Melayu, Jakarta Timur..

Assalamualaikum kawan2, gmn kabar?da mulai kerasan lagi di Jakarta?? (*nanya2 basi :P*) btw pas pertama kali pindah ke daerah Kampung Melayu di Awal Nopember tahun lalu, yang dikhawatirkan banyak kawan saya adalah katanya disini itu banyak preman yang suka malak2in MySpace, rawan banjir dan rawan macet (ahhh kl ini dimana2nya Jakarta :P)..

cuman Alhamdulillah tu, belum pernah kejadian nemu2 yang begituan, malah nemunya laen lagi, ketemu tamu tak diundang pas makan sate dua malam kemaren itu, jadi pas saya duduk di warungnya (ceritanya makan ditempat, g dibungkus, malas buat kamar beserak nantiknya) dalam waktu yang ga lama kemudian datang seorang bapak2, da tua, rambutnya da putih, tinggi, dan penampilannya rapi, kayaknya sempat jadi idola para ibu ibu kala ia dan ibu ibu itu masih ABG hihihihihi... kami berdua duduknya bersebelahan.. dan karena itu niat saya cuma mau menyapa bapak ini, dia duduk sendiri sambil ngerokok, dan setelah itu saya dan beliau mulai terlibat percakapan, mulanya ringann.. namun ujung2nya semakin menjurus ke hal2 yang aneh..
MySpace

Adapun bapak ini orang nya tinggi, rambutnya putih, dan kalo sedang berbicara maka mata, hidung dan wajah2nya bapak itu (BI) terpaku menghadap penuh ke saya yang jadi lawan bicaranya..

ini percakapan saya dengan bapak itu:
Saya :'sendirian pak???.. makan sate juga???
BI :'hehehe iya, kamu suka minum teh kotak ya??? bahaya itu.. banyak zat pengawetnya'
Saya :'oohh ini, bukan teh pak, ini cincau kemasan, beli ini disitu (sambil nunjuk ke arah Indomart)'
BI :'iya.. padahal Badan POM da sering kasih peringatan ke pabrik tentang pengolahan makanan semacam itu, cuman mereka tak peduli kalo masyarkat sudah banyak yang sakit kanker gara2 minuman itu..'
(dari sini, saya cukup respect ke bapak ini, dia punya pemahaman yang cukup baik tentang yang beginian, disebutkannya pula nama racun2 zat pengawet itu, sehingga akhirnya saya alihkan topik obrolan)
Saya :'sendirian aja pak.. rumah dimana pak??'
BI :'(g jawab kenapa dia senidiran).. rumah saya banyak, ada tiga, di Tamansari, Bintaro sama Tebet,,hehehe... tapi istri saya satu.. kamu dimana, dekat2 sini juga??'
Saya :'iya.. dibelakang hotel itu pak, kos disana da setahun ini, tapi satu atau dua bulan lagi mau pindah ke Bintaro, da punya istri pak??, dah punya anak pak??'
(gara2 pertanyaan saya ini, Bapak itu mulai cerita yang aneh, sampai akhirnya saya curiga)
BI :'hmmhhhhh... jadi saya itu menikah dengan istri saya tahun 1971, saya dari dia belum punya anak, tapi ditahun 1964 saya kawin dengan seorang Dewi, dari dia saya punya anak dua, Dewi itu dari dia nikah dengan saya sampai sekarang umurnya selalu 18 tahun, hebat kan?? maaf agama kamu apa???'
Saya :'(terheran-heran)..saya muslim pak..bapak asalnya dari mana??agama bapak apa??'
BI :'saya campuran Jakarta-Bukit Tinggi.. nah di kitab suci kamu gak ada disebutkan tentang Dewi itu kan?..(sama sekali gak jawab agamanya apa)'
(dari sini, bapak itu semakin aneh, omongann2 semakin menjurus menjahat2kan agama saya, memfitnah Nabi Muhammad SAW, sampai melecehkan Al-qur'an dan menit lepas menit, yaa.. dan biarpun saya gak tinggi2 amat pemahaman agamanya, tapi saya gak suka kalo agama saya dihina2 seperti itu dan semakin ketahuan bahwa dia punya pemikiran yang aneh2..)
Saya :'(diamm... menatap bapak itu sambil seolah2 terpana dan membiarkan dia terus ngomong)'
BI :'nahh.. emang kamu yakin itu kitab suci kamu itu betulan, jangan2 banyak yang salah tafsir, apalagi penurunannya kan bertahap2 ya gak sekalian aja.. kalo saya akhirnya saya minta langsung dari Tuhan ALLAH, akhirnya saya dapat langsung di kasih kecil2 dua biji'
Saya :'(semakin gerah dengan omongan bapak itu, dan akhirnya berusaha mengakhiri pembicaraan dengan pura2 mengangkat telpon dan untung telponnya gak bunyi saat lagi pura-pura ngomong heheheh..) pak..maaf saya pulang duluan, ada janji!!!'
BI :'ehh sebentar..sebentar...buat gambaran kamu, kamu liatkan kalo orang Betawi nyebut nama ALLAH, pasti ngejek2, misalnya 'allahhhhh.. jelek lu.., alllahhh males lu...''
Saya :'ahhh.. mereka gak ngerti pak.. udahlah pak saya pergi dulu'
BI :'kamu ini malah bilang mereka gak ngerti!!'
Saya :'(buru2 mbayar sate dan segera pergi sambil tetap pura2 nelpon dan ketika sudah agak jauhan noleh belakang dan lega karena bapak itu gak ngikutin)'

nahh.. begitulah kira2.. kejadian makan sate yang berakhir dengan ketemu bapak itu, namanya Ilham. dan semoga kejadian ini gak terulang lagi, lagipula kenapa bisa bisanya bapak itu ketemunya ma saya ya.. mungkin diliatnya karena saya brewokan gini ya.. atauuu dia lagi mau cari pengikut baru buat nyaingin teroris yang kemaren diberondong plisi ('o' nya dihilangkan sengaja)????? sebenarnya saya sudah ketemu yang kayak beginian, dulu waktu kecil pernah juga ada yang sengaja datang kerumah, cuman karena tak direspon akhirnya dia pergi, terus pas dulu kos rame2 ma kawan di Jakarta Selatan pernah juga bahkan dulu pelakunya dengan cara kekerasan dan ancaman segala, karena dia juga rupanya tinggal disitu,akhirnya kami semua pindah dari situ.. MySpace

yang saya tahu itu kenapa kitab suci Al-qur'an itu diturunkannya pelan dan bertahap adalah supaya Nabi Muhammad SAW itu pelan dan bertahap juga mengajarkannya sehingga pemahaman dan penerapann yang diperoleh itu kuat apalagi periode itu memang sedang memperkuat pemahaman tentang Islam ke pemeluk2nya yang sama sekali baru mengenal tentang Islam dan juga supaya menjadi sabar.. ( friends, i am not sermonizing ok? just telling what i know :D)

sebenarnya yang kayak begini ini yang bikin resah dan gerah, cobalah kalo misalnya tidak ada praktik hasut atau memojokkan agama tertentu, itu adalah salah satu faktor pendukung buat terciptanya kehidupan yang damai dan rukun, dan dalam agama saya, Islam, juga dilarang buat menghina agama lain2, takutnya nanti malah mereka menghina balik dengan hal-hal yang mereka gak mengerti. dan mengenai apa yang bapak itu lakukan kayaknya adalah semacam usaha untuk menyebarkan pemahanan dan pengalamannya, namun saya sudah cukup dengan agama saya, dasarnya sudah ada dan semoga tetap bs terjaga selalu, amin. Jika bapak itu tetap melakukan hal itu dengan cara yang sama yang ia lakukan kesaya khawatirnya menimbulkan keresahan pada orang2 dan ya gak aman2 hidup ini. MySpace

Wassalamualaikum

P.S:
-----
gambar diambil dari http://cityguide.kapanlagi.com/images/solo/13030003.jpg

Read more »

9.29.2009

Geng dan Masalah Identitas


Untuk mereka yang mengikatkan diri dalam suatu komunitas yang sering disebut geng atau kelompok, apa yang kalian pikirkan tentang orang2 diluar kalian? apa yang membuat kalian cenderung mengekslusifkan diri? kamudian.. apa kalian sudah benar2 mampu hidup sendiri tanpe butuh bantuan orang diluar geng atau komunitas kalian??

Assalamualaikum Wr Wb and dear all friends.. manusia itu ya kita ini... adalah mahluk yang butuh kawan bicara, butuh didengarkan sekaligus mendengarkan, maunya hidup berkelompok karena memang membutuhkan satu sama lain, yang sebenarnya terjadi karena setiap manusia itu baik dari sisi materi atau non-materi punya kelebihan dan kekurangan masing2,makanya jadinya saling melengkapi..
MySpace

Dulu.. duluuuu nian pas jaman2 SMA, di sekolah saya itu ada banyak kelompok, saya juga ikutan bikin, tepatnya pas kelas 3 SMA, jadi saya dan beberapa kawan SMA yang sama2 dari IPA itu buat kelompok belajar (itu juga setelah dipaksa oleh guru fisika legendaris super killer namanya Pak Cik Manto, apa kabarnya ya beliau sekarang??) ya tujuan nya supaya bisa sama2 membantu kawan2 dalam hal pelajaran, anggotanya juga dari kawan2 sesama IPA juga.. awal2nya ide ini, dianggap ekslusif oleh kawan2 yang lain.. hahahaha.. dianggap kerajinan, dianggap ekslusif dll, tapi akhirnya banyak juga yang gabung dan kenang2annya masih ada sampai sekarang, asal ketemu kawan2 pasti masih diceritakan, nama kelompoknya itu BICAK singkatannya dari (Bijak Arif Cerdas dan Kreatif)..
MySpace

namun itu cerita lama, keberadaan geng belajar dulu itu udahan begitu lulus SMA, karena begitu lepas SMA, kami yang dulu2 sama rajin datang ke BICAK itu sama2 sudah melepaskan gelar sebagai anggota kelompok itu, jadinya sama ke semua kawan, gak ada tetap melekat dengan rombongan yang itu ituuuuuuuu saja, maunya jalan ma yang itu ituuuu saja, sekarang semua nya membaur, ke semua kita bergaul mau itu dulunya sekelas atau enggak, sejurusan atau enggak, sekelompok atau bukan.. well, kembali tentang cerita geng tadi, pada saat yang sama, di sekolah saya juga ada rombongan kawan2 yang memang sudah sangat kompak, selalu bersama, rajin ngumpul2 sejak jaman SMA, dan bahkan karena kompaknya mereka yaa.. sampe sekarang.. sampe umur2an segini..
MySpace

saya sendiri secara pribadi melihat apa yang mereka lakukan sebagai bentuk usaha untuk menjaga kebersamaan disesama mereka, yang sudah mereka pelihara sejak dulu, sejak jaman duduk dengan seragam putih abu abu, apalagi kalo kita kembalikan ke definisi mahluk bernama manusia itu sendiri secara sosial ya begitu itu.

Namun jika dengan hidup mengelompokkan diri malah semakin dipandang oleh orang kebanyakan sebagai kelompok yang ekslusif, dan jauh dari jangkauan keakraban dan kehidupan sosial dengan mereka yang diluar kelompok tersebut, apakah itu benar? dan lambat laun jika mereka yang memlihara kehidupan berkelompok ini tetap berbangga bangga hidup dalam komunitas mereka, tanpa mereka sadari yang terjadi sebenarnya adalah mereka sedang mengurung diri mereka dari lalu lintas informasi yang demikian gesit berputar melintas diluar sana, dikomunitas yang lebih besar dimana orang2 dari berbagai latar belakang, asal daerah, strata sosial bertemu dan bercakap tentang kemajuan zaman serta akses informasi.

Well.. ummmhh.. sekarang kalo sudut pandangnya dibalik, maksud saya gini, kita posisikan diri kita sebagai bagian yang melihat kelompok tersebut, apa yang kita rasakan?? tentu saja, macam2, bisa jadi nyantai aja, baik2 aja.. ini biasanya karena kelompok tersebut adalah kelompok yang egaliter, kehidupan sosialnya bagus, berbaur dan mau bergaul dengan siapapun diluar kmonuitas mereka, tetapi bisa jadi juga muncul perasaan kecewa dan berujung tidak simpati, ini terjadi karena biasanya kelompok tersebut bersikap atau bertindak yang membuat mereka dianggap ekslusif, istimewa dan spesial..jauh dari jangkauan kebersamaan dalam kehidupan sosial pergaulan orang banyak.
MySpace

hmmhhh.. sekarang gini, kl kita bertanya, ngapain sih kok bikin kelompok2 segala?? ada yang bakal nyantai jawab, ya tujuannya mau belajar bareng kawan2 yang laen lah.. seperti jawaban saya waktu bikin kelompok belajar dulu, namun ada juga yang bakal jawab dengan jawaban yang ngambang yang sebenarnya mereka sendiri tak yakin, tapi buat saya intinya alasan mereka adalah masalah identitas dan pencarian pengakuan orang banyak tentang mereka, setelah itu, sudah.. ilang lepas kemakan waktu.. sementara mereka sudah dicap ekslusif dan enggan berbaur dengan orang2 sekitar, sementara mereka sendiri merasa sudah mendapat penolakan untuk bisa menjadi bagian kehidupan sosial pergaulan diluar komunitas mereka.

hidup berkelompok bukan lah suatu masalah sebetulnya, asalkan kelompok itu adalah kelompok yang memiliki tujuan dan bermanfaat bagi orang lain, sehingga orang lain pun tidak merasa enggan mendekat atau ingin tau lebih banyak, karena mereka yakin pasti bakal diterima, apapun yang mereka bawa, bagaimanapun latar belakang mereka. yang jadi masalah adalah jika kelompok itu membuat setiap anggotanya kehilangan pergaulan dengan dunia luar dan sifatnya terlalu mengikat yang berakibat orang lain diluar sana berpandangan bahwa kelompok itu enggan bergaul dan tak mau diajak bergaul. dan intinya hidup adalah pilihan, dan sebaik2nya pilihan itu adalah pilihan yang terbaik yang dapat membawa manfaat bagi siapapun yang terlibat dan orang2 sekitar yang terlibat dalam pilihan itu.

hahahhaha... Erikson (sok) bijak nian ahhh ... MySpace

Wassalamualaikum

P.S:
----
Gambar diambil dari http://images.google.co.id/imgres?imgurl=http://fachrezakbar.files.wordpress.com/2008/10/wallpaper_geng01.jpg&imgrefurl=http://fachrezakbar.wordpress.com/upin-dan-ipin/&usg=__06uhL2QWVxVIk7aCfVW5WUpt3TA=&h=768&w=1024&sz=418&hl=id&start=25&tbnid=VtSGKcC86jb7dM:&tbnh=113&tbnw=150&prev=/images%3Fq%3Dgeng%26gbv%3D2%26ndsp%3D20%26hl%3Did%26sa%3DN%26start%3D20

Read more »

9.27.2009

Simpati Dalam Tatapan Mata


Hari ini sudah malam, meski sedang flu berat, berhubung sudah tidur lama alias hibernasi pas pagi tadi, jadinya dah gak terlalu ngantuk, well.. BSEan lah saya jadinya MySpace kali ini saya mau nulis tentang pengalaman saya waktu saya pernah memarahi orang dan dimarahi orang.. hehehe..

Assalamualaikum, ketika dulu OSPEK kuliah, nahh.. secara OSPEK pasti tugasnya sangat banyak, bahkan kayaknya diluar batas kewajaran, sampai bergadang dan waktu tidur sangat minim, alhasil ketika pembekalan materi pas jam OSPEK, jangan salahkan kami kl kami-kami malah tidur.. MySpace wwaktu saya mengalami hal ini maka kejadiannya adalah..

Maka kejadiannya adalahh...begitu hari terakhir OSPEK saya dapati nilai terakhir buku tugas OSPEK saya dapat nilai dengan nilai yang mengecewakan tidak sesuai dengan waktu tidur saya yang terbuang, pikiran dan energi saya yang terkuras, alhasil, saya marah dengan petugas penilai, namun kala itu saya belum cukup sabar untuk sampaikan kekecewaan saya secara lebih dewasa, jadinya saya marah dalam bentuk tulisan yang isinya adalah bahasa kasar yang penuh umpatan, dan kemudian apa yang terjadi??? saya marah diserang balik dan nyaris disidang. MySpace hingga ketika saya dan penilainya dipertemukan, si penilainya menatap mata saya dengan seperti menantang, sementara saya tertunduk sambil menyampaikan ucapan maaf saya, semata2 saya lakukan untuk kebaikan saya sendiri, akhirnya diam mengalah..

Ganti scene babak cerita...

Pada suatu hari, di bawah langit terik Jakarta, diatas alas aspal hitam Jalanan MT Haryono, saya sedang berada di bus kota P-46 Jurusan UKI-Grogol, ketika tiba2 salah seorang penumpang menyapa saya, menanyakan asal daerah saya, dan dr mana saya, serta kerja dimana.. dan saya jawab bahwa saya berasal dr Sumatera Selatan, tadi barusan dr Pengadegan dan kerja di Ditjen Pajak, nahh.. pas dia dengar saya kerja dimana, baru keningnya agak sedikit berkrenyit, mulutnya antara senyum manis dan senyum kecut, namun saya tetap stay cool dan sopan secara saya lebih muda sebaiknya begitu.. dan kemudian tiba2 dia menghujani saya dengan beberapa pertanyaan yang sebenarnya adalah kritik atas instansi saya.. saya marah (secara naluriah saya tentu berusaha tempat saya kerja ini) namun sebisanya saya tahan, sampai.. akhirnya saya hanya menanggapi dengan menggangguk-ngangguk, agar dia mengerti bahwa saya sedang mendengarkan..
MySpace

masa sekarang..

coba ketika saya dihadapkan dengan penilai OSPEK itu saya melayangkan mata saya beradu pandang menantang matanya yang menunggu ditangggapi, mungkin terang2an saya akan dimusuhi oleh banyak panitia OSPEK yang kebanyakan adalah kakak tingkat saya, atau jika saja saya melemparkan pandangan saya ke penghuni bus kota P-46 dengan sorot mata benci dan nanar mungkin saya akan malah berdebat yang berujung dengan pertengkaran di siang hari itu. sukur dalam dua kejadian itu, emosi saya masih bisa terkendali lewat mata saya, dan memang benar kemarahan yang tidak pada tempatnya atau belum waktunya hanya akan berakhir dengan rasa malu. Mata ini.. adalah cerminan jiwa, paling tidak enak diabaikan lawan bicara yang tidak memberikan pandangannya ketika kita sedang berbicara padanya, juga tidak enak pula ketika kita sedang memarahi adik kita, sebagaimana seorang Ayah sedang memarahi anaknya, namun si anak atau si adik tadi justru menatap balik yang bisa diartikan sebagai rasa tidak senang atau bentuk perlawanan.
MySpace

cuman kalo mata sudah 5 watt,, yaa.. berarti sudah ngatuk wkwkwkwk.. it means that the time to sleep has come.. terima kasih kawan2.. MySpace

Wassalamualaikum

P.S:
----
Gambar diambil dari http://farm4.static.flickr.com/3282/2313757724_431313160c.jpg


Read more »

9.25.2009

Baturaja, Sampai Ketemu Lagi


Tomorrow, i will be heading for Jakarta, and may be a very long time before i return here.. MySpace
ya besok saya balik berangkat lagi Jakarta dan biasa bakal naek mobil kawan lagi alias Edisi Hemat Arus Balik 2009 hihihihhi...

Assalamualaikum kawan2 and dear all waktu postingan ini dibuat saya lagi dimalam terakhir di Baturaja, duduk diruang tamu, sambil ngeliat si Buyung diantara desing kendaraan malam yang melaju didepan rumah.. (ah gak penting nian ahhh MySpace ) karena besok kl g ada halangan bakal balik ke Jakarta buat kerja (baca: nyari makan) dan bisa jadi sangat lama lagi buat balik ke Baturaja lagi, Idul Adha atau Tahun Baru biasanya gak balik, liburnya dikit soalnya.. kecuali kl emang ada hal yang sangat penting diluar rencana..

dua hari ini terserang flu, pilek, batuk ma pusing2, tapi itu gak ngurangi semangat buat berBSE hehehe.. MySpace , waktu dulu sudah lama gak balik mudik, sering terbayang wajah orang tua, saudara2 dan ponakan2, wajah wajah yang dalam arti setiap tatapan mereka penuh dengan pengharapan kepada saya untuk terus maju berusaha, wajah wajah yang dalam setiap nafas mereka adalah doa bagi keselamatan saya di Jakarta, sebuah kota besar yang berwujud kadang kadang kayak twilight zone, hehehe.. maklum secara saya sendiri jauh dari perawatan dan perhatian mereka..

dan sekarang sudah seminggu lebih 2 hari saya bersama mereka kembali, begitu pertama kali datang dan sampai, setelah merapi rapikan diri,saya langsung pasangkan komputer yang saya beli di Jakarta buat adik dan ponakan saya, harapannya supaya mereka terbiasa dan pelan2 mulai membiasakan diri mempelajari gimana itu Ms. word dulu seenggak-enggaknya, awal awal biasalah mereka akan falling in love dulu dengan gamehouse kayak semacam feedingfrenzy, scrabble, war etc
namun lepas itu mereka bakal bosan dan mengembalikan fungsinya komputer itu buat sarana belajar, paling sesekali aja nge-game, standarlah, kayak awal awal dl saya dekat dengan internet, lama2 bosan juga.. MySpace

adik saya juga pas kebetulan saya pulang, sibuyung juga dah bisa konek internet, jadinya saya ajarkan adik saya caranya buat email dan gimana cara kirim dan terima email itu, di sekolahnya diajarkan hal2 semacam ini, cuman minim sarana ptaktik, jadinya saya pikir baeknya diajarkan saja, selama ini kl saya mau cerita panjang lebar biasanya saya buatkan surat tulis pakai pena, cuman nanti ini da saya ajarkan ini saya dan dia bisa saling cerita pake email, paling dia kewarnet terdekat rumah.. sekalian dia biar melek IT juga.. dan semoga nanti waktu dia kuliah di kota besar dah bisa paham tentang internet paling enggak untuk keahlian keahlian dasarnya saja..
MySpace

hmmhh.. tentang umak saya (ibu, red) , meski beliau bukan umak kandung saya, adalah kawan saya bercerita, saya bisa cerita banyak kepada beliau tentang cerita2 saya sebagai pemuda atau cerita kerjaan kantor, biasanya beliau menjawab dengan memberi respon yang menunjukkan bahwa beliau sedang serius mendengarkan dan sesekali ia menjawab dengan memberi sudut pandang yang sederhana, sesedehana pendidikannya yang tidak sampai SMA, namun sarat makna tentang hidup yang sementara jadi gak usah rakus dan tamak dunia, berusaha saja sebisanya, selebihnya bersukur sajalah.. gitu kata beliau, well.. saya jadi mikir, kenapa banyak orang yang pendidikannya yang sangat tinggi justru tidak terpikirkan tentang hal hal yang seperti ini, apa mungkin karena banyaknya cita cita dan keinginan yang harus dipenuhi???jadinya atas nama tuntutan hidup, mereka (ahh jangan jangan saya MySpace) melakukan banyak cara yang tanpa disadarinya telah mengutamakan keAKUannya?? ahh.. yang penting saya ngikut kata Umak sajalahhh...
MySpace

Jakarta, aku balik nih.. ketemu lagi kita.. jangan kau mahal2 sembakonya ya.. jangan kau macet2 jalannya ya.. jangan kau panas2kan udaranya ya.. dan jangan kau sombong2 menyambut kedatanganku ya... 'Jakarta besok kan kembali ku ketuk pintu gerbangmu.. ditempatmu aku berjuang mengejar cita citaku', well.. marilah kita tutup postingan ini dengan mendoakan supaya Erikson Wijaya Bin Asli Aziz Bin Abdul Aziz (alm) Bin Muhammad Qori (alm) Bin H.Sjahdan (alm) selamat sampai tujuan dalam perjalanan ke Jakarta, amin..

Wassalamualaikum

P.S:
---------
gambar diambil dari http://www.tanah123.com/wp-content/uploads/2008/11/thamrin_jakarta.jpg

Read more »

9.24.2009

Foto Keluarga


terakhir kali orang tua, saudara dan seluruh keluarga saya berfoto bersama adalah tahun 2005 akhir, tepat sekitar 4 tahun lalu, di studio foto tak jauh dari rumah, dan sekarang momen itu berlangsung lagi, kemaren tepatnya pada sore hari di studio yang sama.. (sayangnya sampai postingan ini diketik, photonya masih lama jadinya, baru akan jadi tanggal 2 nanti, lagi banyak order lebaran kata petugasnya..) MySpace

Assalamualaikum kawan2 sudah terasa sekarang H-1, H-2, H-3, H-4 lebaran sudah lewat, kembali menjalani hari hari penuh perjuangan kembali kedepannya, dan yang penting meski sudah lewat semoga nilai nilai konsistensi yang didapat selama Ramadhan tetap dapat melekat kuat. sejak berencana pulang saya sudah kepikiran buat ngadakan poto bersama semua keluarga mulai dari bapak sampai ke keponakan yang paling kecil, dan alhamdulillah kesampean juga..

buat keluarga saya, untuk bisa punya momen atau bukti poto secara bersama sama ini bukanlah perkara mudah, semua pada enggan, pada gak mau, malas lah, gak ada gunanya lah, atau sia sia lah, dan semacamnya yang kira kira selalu jadi alasan buat tak datang ke studio buat sekali jepret jepret poto.. sampai akhirnya karena saya terdorong buat semakin menumbuhkan rasa yang lebih dalam disesama kami, makanya mungkin ini bisa jadi salah satu jalan ke arah sana, sebagaiman setiap keluarga dimanapun didunia ini pasti ingin seperti itu..
MySpace

Tak ada yang khusus dijadikan alasan buat poto bareng ini, gak ada yang diwisuda, gak ada yang kawinan, gak ada yang lahiran juga, cuma lagi pas lebaran aja, semua kumpul, keluarga saya gak banyak, lima bersaudara (satu masih bayi), dua kakak sudah menikah dan satu adek saya, empat keponakan, dua saudara ipar dan yaa... ayah ibu saya..pas poto agak beda dari pas tahun 2005 lalu, waktu poto saya wisuda dulu itu, karena dulu ada di sanggul2kan segala buat yang wanita2nya.. tapi kali ini enggak, lebih natural, rias2nya dirumah aja sendiri sendiri, gak ada sanggul2an, semua seragamnya putih..
MySpace

well.. ummhhh... here is the thing on doing this, Photo itu adalah gambar, hahahha.. semua juga tau kl itu, maksud saya gini, ketika nanti tahun lepas tahun sudah berlalu, hal yang bisa mengembalikan ingatan kita sekeluarga adalah poto itu, poto yang diam namun menyimpan kenangan ditiap siapapun yang ada didalamnya, ponakan saya sekarang ada yang masih bayi, anak-anak, manakala mereka remaja atau dewasa kelak, mereka bisa melihat photo kakek neneknya.. begitu juga saya, bisa melihat seperti apa wajah saya ketika masih lajang dulu (jika saatnya nanti saya berkeluarga tentunya) hehehhe..

Wassalamualaikum

Read more »

9.23.2009

Tentang Cahaya Bintang


Waktu malam gelap, hanya ada satu benda langit yang mampu bersinar, yaitu bintang gemintang, karena cahaya bulan sejatinya adalah cahaya matahari yang terhalang. cahaya bintang itu kelap kelip kadang redup kadang terang berusaha untuk tetap memberikan sinarnya yang tetap indah yang hanya bisa kita lihat digelapnya langit malam. MasyaALLAH besar nian kuasanya, Maha Pandai dia yang memberikan pelajaran lewat ciptaan ciptaanya..
MySpace

Assalamualaikum dan dear all friends.. tadi pagi saya membaca note seorang kawan di fb tentang istimewanya bintang bintang yang dilangit.. okehh... bintang bintang itu dilangit ya cuma benda kecil, ibarat Motor Revo Saya ditengah jalanan padat kendaraaan tronton, puso, truk, bis di daerah Tanjung Priuk.. hahaha.. lebih ekstrim lagi sebenarnya.. coba aja bandingkan ukuran bintang dengan bulan, atau bandingkan ukuran bintang dengan matahari, the star will be nothing to them.. MySpace tapi coba lihat pada saat malam hari, entah itu lagi musim kemarau atau musim hujan juga, yang namanya bintang bintang itu tetap bersinar, dengan cahaya yang apa adanya, terus menerus dari sejak awal dia tercipta sampai akhirnya cahaya itu meredup dan bintang itupun mati. cahaya nya tak besar tapi bisa terlihat dari bumi, cahayanya juga tak seterang cahaya bulan, tapi itu adalah cahayanya sendiri, bukan pantulan atau sokongan cahaya dari benda langit lainnya.

well..well..well.. MySpace dalam kehidupan sehari hari, apa yang telah dilakukan oleh bintang bintang itu dilangit mencerminkan sebuah ketekunan, konsistensi (apa ya bahasa non-istilah nya?) dan keikhlasan dalam berbuat, serta keteguhan dalam mengatasi hambatan untuk tetap terus berjalan dan berdoa.. sehari-harinya saya temukan diri saya berada dalam lingkungan dengan orang-orang yang dipandang lebih dalam banyak hal daripada saya, seperti materi, pangkat, harta, kemapanan keluarga dll. walau sekali dua saya tertunduk melihat kedalam diri saya dan secara manusiawi pikiran saya terbang jauh membanding-bandingkan saya dengan mereka, mereka yang beberapa juga masih bukanlah orang jauh secara silsilah keluarga.. namun apakah tepat jika kemudian saya diam tertunduk, mati meredup seperti bintang yang kehilangan cahayanya???

bintang dilangit itu bersinar diantara terang cahaya bulan, tapi bintang tidak pernah malu lalu menjauh dan menutup diri karena merasa cahayanya tak akan pernah sampai kebumi, dan dia juga tidak pernah merasa mundur karena dominasi cahaya bulan.. meski penghuni bumi kebanyakan hanya akan mengatakan bahwa malam ini terang karena bulan..

Bulan memang terang, tapi sayang terang bulan itu bukan karena bulan itu yang mampu menghasilkan cahaya, melainkan ia hanya menghalangi matahari untuk bersinar, lalu ia ambil sinarnya ia pantulkan bayang bayangnya, sehingga jadilah ia terpandang di tiap sepanjang malam.. sementara bintang, meski cahayanya ibarat titik di langit namun ia lebih terhormat karena memancarkan dari apa yang telah ia ciptakan sendiri, meski bisa jadi tak terlalu dihargai karena mungkin tak terlalu berarti bagi bumi, tapi coba bayangkan ketika malam hanyalah dominasi cahaya bulan yang kadang hanya berupa sabit atau sebagian, tanpa kelap kelip cahaya bintang, tentu saja malam akan terasa lain... nelayan akan kebingungan untuk berlabuh dan tidak akan pernah ada ilmu falak atau perbintangan.

heheheh ..apapun saya sekarang dan siapapun yang dalam lingkar kehidupan saya sekarang, mungkin mereka hanya melihat dan menilai dari apa yang lihat, mungkin juga mereka hanya memutuskan dari apa yang mereka dengar, mungkin dibumi ini, orang2 hanya akan mengatakan bahwa cahaya bintang itu kecil, kadang redup kadang terang selalu seperti kekurangan, dan paling juga ia mati setelah beberapa waktu, namun ALLAH.SWT telah menciptakan bintang dengan kemampuan yang istimewa untuk dapat menghasilkan cahaya sendiri, dan dengan itu bintang telah sebisanya tetap menyinarkannya sebanyak dan baik yang ia miliki..

Wassalamualaikum

Read more »

9.22.2009

Kawan Lama Cerita Baru


Assalamualaikum and dear all.. kawan lama itu mmm... yaa mereka ya biasa... sama seperti kawan kawan yang sekarang.. cuman bedanya mereka itu dekat dengan saya waktu dulu, sebelum berangkat ke Jakarta sampai akhirnya menjalani petualangan sendiri sendiri di tanah perantauan beberapa atau berkarya di kampung halaman sendiri juga ada.. jarang nian ketemu mereka, hanya pada kesempatan libur lebaran seperti ini bisa ketemu.. berarti sampai sekarang sudah.. 5 tahun ya, dah tua juga saya rupanya..
MySpace

Setiap dari mereka punya cerita petualangan dan perjuangan sendiri-sendiri dalam jalur mereka yang akhirnya menjadikan mereka memiliki cara pandang dan berpikir yang baru, baru itu berarti berbeda dengan yang dulu, dulu ketika masih sering ketemu.. karena sekarang setiap setiap mereka ada cerita sendiri..

nah cerita itulah yang kl ketemu sekarang pas libur ini selalu saya tunggu-tunggukan, dan bukan asal cerita juga, tentunya yang sekiranya bisa menjadi pembuka wawasan, penguat perjuangan dan penumbuh kesabaran.
MySpace

ada cerita tentang kawan yang sekarang di Palembang, semasa dulu dia selalu mengeluhkan tentang cita cita nya yang tak kunjung sampai untuk menjadi penyiar radio atau pembawa acara dan sejenisnya, sampai akhirnya meski berat perjuangannya berhasil juga ia menjaga semangatnya, dan ketika ketemu, dia bisa menceritakan tentang hikmah perjuangan dan nikmatnya menikmati buah kesabaran...bahwa sekarang dia sudah menjadi seorang penyiar radio swasta di Palembang dan juga memiliki banyak pengalaman di bidang komunikasi massa.. hahhaa.. dia tau betul bahwa saya tipikal orang yang berapi-api jika berbicara didepan publik, dia memberikan saya masukan bagaimana sebaiknya buat saya agar lebih baik lagi jika dalam kondisi tersebut.
MySpace

ada juga cerita tentang seorang kawan yang sekarang masih kuliah di sebuah Institut di Bandung, jurusan yang dia ambil sangat menjanjikan untuk bisa bekerja nantinya di sebuah perusahaan dengan gaji yang tinggi dan fasilitas mewah, namun ketika ia menceritakan pilihan lapangan kerja yang ia inginkan kelak, justru yang lebih menariknya adalah PLN atau Dept ESDM, karena baginya kedua institusi ini bisa menjadi jalan untuknya mengabdikan ilmu bagi kemaslahatan masyarakat dan bila kelak saatnya tiba ia bisa menjadi pengambil kebijakan yang berkompeten sehingga tepat guna dan tepat sasaran, semoga niat baiknya tetap dapat terjaga, amin.. :)
MySpace

well, saya secara pribadi senang mendengarkan pendapat dan pandangan mereka, karena sejalan dengan pikiran saya, saya lebih cenderung berpikir untuk bisa berdiri berusaha dengan tetap sabar mewujudkan cita cita menjadi orang yang bermanfaat dan berkompeten dibidangnya, dalam hal ini yang saya geluti adalah dunia perpajakan. dan bila kelak saya menjadi pemimpin di bidang saya geluti yang saya inginkan hanyalah menjadi pemimpin yang paham tentang kebijakan yang diambilnya.
MySpace

Wassalamualaikum

Read more »

9.21.2009

The Soul of Lebaran 1430H


Saya baik kabarnya... mmhh... enggak enggak... tapi saya baik sekali kabarnya MySpace apalagi pas lebaran kemaren, maksudnya hari pertama kemaren sudah berkunjung ke beberapa rumah keluarga dan kawan kawan, rencananya hari ini juga.. sekalian ada rencana hari ini mau poto bersama satu keluarga ke studio..

Assalamualaikum kawan kawan apa kabar??ya ya ya.. saya harap semuanya baik selalu dan menikmati lebaran kali ini, tapi hehehe saya dah gak mau lagi kayak dulu2 menjadikan lebaran sebagai moment of revenge jadinya makan nya biasa aja, gak banyak2 amat.. atau biarpun banyak tapi gak bernafsu nian.. (wkwkkwkwk mulai begonya kumat...) begitu kemaren pagi terbangun, langsung terdengar gema takbir dari masjid ujung rumah, akhirnya setelah mempersiapkan segala sesuatunya, termasuk baju teluk belanga yang baru, saya dan beberapa keluarga saya pergi ke masjid buat melaksanakan sholat Idul Fitri, sengaja perginya pagi supaya dapat tempat, gak kayak tahun lalu, gara2 rada siang dikit duduknya jadinya di pelataran luar..

sholat Ied yang setahun sekali ini pun berlangsung khidmat dan petugasnya masih didominasi tokoh2 lama yang menjadi sesepuh di masjid ini, cuma yang beda khatibnya, kayaknya didatangkan dari luar, soalnya baru liat..hahahhaa atau saya aja yang kePDan, kan da jarang nian sholat situ soalnya.. dan isi khotbahnya menurut saya bagus, mungkin karena memang khatibnya itu sarat pengalaman dan sudah berumur jadi cara penyampaiannya pun seperti orang tua kepada anaknya.. dari sekian banyak isi ceramahnya well, i am not that smart to digest all the matters conveyed namun, satu yang saya ingat itu adalah ketika di akhir penutup khotbahnya beliau menutupnya dengan pernyataan bahwa :'Doa dapat mengubah takdir dan Sedekah dapat menolak bala''

MySpace hihihih.. dalam kehidupan sehari hari saya apa saya tau takdir saya yang ditetapin ALLAH.SWT itu gimana?? ya jelas gak tau dan gak akan pernah tau.. tau dan nyadarnya itu ya nanti kl udah dijalani, cuman sebagai manusia saya juga punya cita cita pengennya hidup saya dan keluarga saya nanti itu gimana.. meski juga saya tak tau apakah yang saya inginkan itu adalah kelak nantinya menjadi takdir saya atau bukan.. jadinya ya itu gunanya doa.. dan doa juga adalah bagian dari usaha.. insyaALLAH kl saya doa dan usahanya sungguh-sungguh bisa terkabulkan, amin..

tentang sedekah ni.. yang namanya bala' ya, ga tau tau kita, ga tau juga kapan datangnya.. kayak pada akhir tahun lalu waktu motor saya keserempet taxi, mana ada pikiran ada intuisi saya bakal punya kejadian semacam itu, yang ada niatnya pagi pagi mau olah raga muter muter monas, tapi apa mau dikata, di Tugu Tani saya di serempet mobil Taxi Express.. dan saat jatuh alhamdulillah gak ada kendaraan lain dibelakang saya, jikalau ada mungkin cerita saya bakal lain :) dan ini juga saya bukannya mau bilang kl saya rajin sedekah, namun mungkin saya dulu pernah melakukannya hingga ALLAH.SWT menyelamatkan dari bala' yang lebih jauh lagi..
MySpace

OK...ok..ok... setelah sholat Ied, maka saya dan seluruh keluarga saling memohon maaf satu sama lain, lahir dan bathin, makan ketupat dann.. ngobrol2 sebentar, sampai akhirnya saya mau ziarah ke Makam Alm Ibu dan Alm Nenek saya ditemani Ayah saya, setelah itu berkunjung ke rumah keluarga dekat situ sampai akhirnya pulang lagi kerumah.. secara dekat jalan kaki pastinya.. sekalian nostalgia.. kapan lagi kann???
MySpace

setelah dari pagi sampai sekitar jam 11 saya dirumah, akhirnya setelah itu saya pergi berkunjung ke rumah seorang kawan sekalian mau kenalan juga sama keluarga dia yang memang sudah banyak mengetahui tentang keluarga saya, ceritanya dulu nenek saya dan nenek nya berteman, mereka berdua waktu itu masih sama sama jaman2nya PKI.. (cerita keluarga sih gitu..) pada awalnya. niatnya cuma kerumahnya kenalan cukup dirumah saja, namun saat saya datang mereka rupanya sedang mau berangkat keliling ke rumah keluarga, dan dari pada saya sendirian dirumahnya dan jadinya gak ngapa2in akhirnya saya juga diajak, dikasih ijin bawa motor sekalian sama dia..
MySpace

(ini pengalaman pertama saya naek motor bareng dia, itupun setelah kepepet keadaanya da gak ada lagi kendaraan, dan saya yakin dianya juga berat hati dan risih karena malu apa kata orang dan pikir orang nantinya, akhirnya dia mau juga.. buat dia yang saya pahami kalo belum ada ikatan dia pasti gak mau pergi beduaan apa lagi diliat orang waaaaa... bisa dirajuk sehari semalam saya..cuman untunglah.. gak gitu gitu nian, kl g saya yang bakal malu diliatin ma keluarganya hihihihi)

Niat saya kenalan ma keluarganya gak banyak, cuman mau kasih liat niat baik saya dan keseriusan saya terhadapnya, sehingga memudahkan bila kelak berjodoh dan siap dinikahkan, amin.. saya ingin mengenal lebih jauh keluarganya, mengagumi kelebihan mereka dan memaklumi kekurangan mereka, sebagaimana saya juga menginginkan ia kelak berlaku begitu terhadap keluarga saya..hehhehe.. karena bila kelak kita berjodoh maka 'kau lah tulang rusukku'.
MySpace

Wassalamualaikum

Read more »

9.19.2009

Datang dan Pergi


Saya suka kalo sudah tiba waktunya untuk berjalan-jalan keliling daerah asal saya, tujuannya buat ngeliat-liat tempat, jalan atau orang-orang yang dulu sering saya temui, yang sekarang sekarang ini sudah pasti jadi sangat jarang ditemui...
MySpace

Assalamualaikum kawan2..waktu kemaren malam saya tarawih di masjid dekat rumah saya, bareng adek dan dua ponakan saya, saya seperti mengenang waktu saya masih sering nian ke masjid itu, misalnya kalo mau Jumatan atau Tarawihan atau kalo misalnya lagi ada acara keagamaan yang ngundang anak2 setempat, cuman yaa dulu begitulah, datang ke masjid itu tujuan awalnya buat sholat, tapi kl dah ketemu komplotan cilik hahaha.. mari kita nyalakan petasan, mari kita maen perosotan... hehehehe

waktu masuk ke masjid itu, saya ngeliat orang-orang yang dari dulu sampe sekarang masih sehat bugar menjadi petugas jumat atau imam sholat diusia mereka yang diatas 50an mungkin, ada wajah wajah lama yang bahkan sangat lama nian, yaitu seorang yang kl Jumatan, beliau selalu jadi petugas, sehari-harinya beliau ini adalah pedagang bubur selendang mayang (kl ditempat saya nyebutnya bubur sumsum) yang sudah menekuni usahanya ini sejak saya belum lahir.. dan kenapa saya bisa tauuu??? ya itu cerita kakak perempuan saya yang dari kecil sering beli bubur dia..
MySpace

namun ada juga wajah wajah yang hilang, mereka sudah berpulang ke Rahmatullah waktu saya sedang gak di sini, biasanya Ubak saya ngasih kabar lewat telepon misalnya Nenek A atau Uwak B meninggal tadi siang, mereka mereka biasanya adalah penghuni lini terdepan kalo sholat, hehehehe.. dan sudah ada formasi tetapnya juga...
MySpace dan saya seperti biasalahh.. menghuni baris baris belakang, depan itu dapatnya kl masih nyisa dan bisa nyempil di ujung kiri atau kanan..

Dulu masjid ini terasa sangat besar, saya sempat ngaji disini dulu.. cuman kenapa sekarang menjadi terasa tak sebesar dulu ya? apa badan saya yang nambah besar (hahhaa.. berlebihan nian, emang sekarang da sebesar Godzilla hahaha), Gedung kelas sekolah SMP saya juga gitu, pernah suatu kali saya datang dan iseng iseng masuk keruang kelas saya kelas 3 SMP dulu, kenapa terasa menjadi lebih kecil?atapnya menjadi terasa lebih rendah?Bangunan Bangunan itu sebenarnya tak banyak berubah, hanya berubah penampilan sedikit aja, dari sisi ukuran, it is not changing, indeed.

Kota Baturaja ini juga, dl rasanya cukup besar buat saya kelilingi, namun sekarang gak lebih dari waktu 2 jam buat mengelilingi habis jalanan utama kota ini, meskipun sekarang sudah kena virus macet juga.. (jalanan kecil gak sebanding dengan jumlah kendaraan),mungkin benar bahwa satu-satunya yang gak berubah adalah perubahan itu sendiri hihihiihi.. dia selalu ngikut dalam pergerkan perputaran waktu, termasuk disini, dikeluarga saya, sudah banyak anggota keluarga baru, yang kl saya hitung dari kakek saya, berarti mereka yang merupakan keponakan keponakan saya ini adalah generasi keempat, satu dibawah saya. hahaha.. ini sebuah peringatan bahwa saya sudah cukup tua... MySpace

Tentang ruangan masjid dan gedung kelas yang semakin kecil, saya belum bisa paham kenapa, apa ini sebagai dampak dari perubahan, dimana ketika seorang lama meninggalkan sesuatu, maka ia akan melihat sesuatu itu lagi kelak dengan cara yang baru?baru kenapa ya?apa karena di Jakarta semua ruangan itu adalah besar?? entah juga ya, bingung, hehehhee... tulisan ini terinspirasi gara gara tadi pas nyerahkan Zakat Fitrah, petugas amilnya gak lagi ngenali saya, sampai akhirnya saya kenalkan diri saya dan menyebutkan nama ayah saya... baru dia ingat sambil ngomong :'ooo.. kau ini yang lama gak aku liat itu ya... ooo itulah.. kemana aja kau??'

Perubahan, ada yang terkaget kaget mendapatinya, segala sesuatunya sudah banyak yang berubah,ada pula yang biasa saja karena memang mereka tidak pernah mengikat diri mereka secara berlebihan dalam suatu masa, karena masa memang tidak abadi. yang abadi adalah perubahan, dan buat saya lebih baik memaksakan diri walau berat sebagai bagian yang siap menjadi terlibat dalam perubahan daripada terbangun dan tersentak mendapati semuanya sudah berubah.. MySpace

Wassalamualaikum

Read more »