11.30.2009

Semangka, Kakao dan Hukum di Negeri ku


Buah Semangka dan Buah Kakao rupanya tidak lebih berharga dari pada uang kucuran 6T lebih dan atau dari nama baik dan penegakan harga diri sebuah institusi, buktinya, kasus tuduhan pencurian buah semangka dan buah kakao telah dengan mudah menyeret pelakunya kedalam sel tahanan, ketimbang kasus Bank Century dan perseteruan KPK-POLRI yang kian lama kian panjang dan membingungkan..

Assalamualaikum wr wb dan good day kawan2 sekalian hehhehe.. sekali waktu terlintas dalam pikiran saya dari dulu kasus KPK-POLRI makin lama bukannya makin jelas, tapi makin jelas bahwa ini tidak jelas (hahah ini kata dosen PPN saya dulu waktu jelaskan tentang materi PPN yang rumit buat saya), klaim sumpah bermunculan, saksi silih berganti duduk di persidangan, sementara ahhhh.. gigi taring sang macan yang seharusnya bisa lebih ganas, sama sekali belum terasa gigitan bahkan aumannya pun tidak bergema.

Cukup disitu??tidak!. Belakangan marak juga tuntutan untuk usut tuntas kasus bank century yang melibatkan dua pejabat negeri ini. saya khawatir mereka cuma pemain yang diminta melakukan itu sesuai dengan kemauan sang dalang yang sekarang belum tau siapa dan dimana. Uang 6T lebih yang bisa digunakan untuk kesejahteraan masyarakat lewat pembangunan yang membangun lahir dan batin, kini justru dikucurkan untuk penyelamatan Bank Century yang kata salah seorang Negarawan kita sejatinya adalah kasus kriminal.Perampokan Berdasi.Penipuan yang dirasionalisasi.

Sebuah Twilight Zone akhirnya muncul sebagai pembanding, kasus pencurian yang tidak disadari seorang Mbok Minah telah menjadi tamparan bahwa kenyataan Mbok Minah yang tidak memiliki kuasa dalam bentuk uang dan harta telah menjadikannya dengan mudah diseret ke Penjara, padahal ia pun tidak tahu bahwa ia sedang mencuri, yang ia tahu ia hanya mengambil sisa pengolahan kakao yang teronggok seperti tidak dimanfaatkan. Atau tentang pencurian Semangka yang telah membuat tertuduh pelakunya mendekam di Penjara selama berhari-hari.

Mbok Minah dan Tertuduh Pencuri Semangka itu memang bukan Anggodo atau Anggodo-Anggodo lain yang dengan uang dan kepentingan mereka bisa mengatur hukum di negeri ini dalam wujud uang demi memudahkan kepentingan mereka, sementara itu apalahh yang bisa diperbuat Mbok Minah dan Pencuri Semangka itu????Mereka tidak punya apa-apa yang bisa membuat aparat negara ini terjerat dalam perputaran kepentingan masing-masing. Dan akhirnya saya mengutip kata-kata Mafmud MD yang saya tujukan untuk aparat negara ini:'Jangan sekali-kali melawan kekuatan arus bawah' Mbok Minah hanyalah bagian kecil dari miliaran bagian kecil lainnnya yang jika bersatu dapat meruntuhkan hegemoni penguasa sekaliber Soeharto sekalipun..

Wassalamualaikum

Read more »

11.29.2009

Idealisme dan Sebuah Ironi


Mereka yang idealis telah hilang, atau mati terbuang.. seperti tragedi seorang loyalis yang tersingkirkan..

Soe Hok Gie dari Indonesia yang memilih mengasingkan diri dari hiruk-pikuk politik dan kemudian wafat dipelukan alam gunung semeru, Omar Torrijos (Panama) dan Jaime Roldos (Ekuador) yang nasionalis dan dicintai rakyat mereka telah wafat secara terhormat dalam suatu kecelakaan yang diduga sengaja dirancang oleh CIA dan mereka yang mengabdi pada kepentingan korporatokrasi USA.

Assalamualaikum Wr Wb dan apa kabar kawan-kawan sekalian??suatu hari saya chatting dengan seorang kawan mengenai suatu topik yang ujung2nya dia mengeluarkan pendapat yang dibilangnya bahwa saya terlalu idealis, berikut ini cuplikannya (untuk keselamatan pelaku id chattingnya saya samarkan jadi xxx):

xxxx: ahh idealis kali kau bro
me: hahahha
xxxx: kurasa tak cocok kau kerja dikantor itu
me: buka PT aja la aku PT Gonjang Ganjing, jadi dimana cocoknya?di utan?haha
xxxx:ya ...erikson orang pertama yang membuka perpustakaan dan sekolah dipedalaman papua, erikson orang yang pertama membuat rumah sakit apung dikalimantan.. hal yang menang dihati orang banyak bro :D
me: idealisme memang selalu dikesamping kan hehehhe begitulah
xxxx: erikson yang mati karena nekat berpetualang diragunan hihihi
me: hahahha nantik aku buat gini, apa ya.... *bingung hahahah
xxxx: erikson pemuda tampan tapi bersahaja yang membangun 15 sekolah gratis dan ribuan beasiswa buat pelajar negeri ini wuihh mantap tak ada yang mo jadi biasa2 aja bro..
--finished--

Ya.. kadang memang ada pikiran idealis yang berpijak pada suatu gambaran ideal yang seharusnya, dan banyak juga orang yang berpikir seperti itu, termasuk saya. pemikiran idealis meski tidak sempurna terus membayangi pikiran dan menggerakkan tangan dan mulut untuk bertindak, dimulai dengan berdiri melawan arus penguasa, biasanya mereka hanyalah bagian yang sedikit yang memegang kuasa, sehingga yang banyak adalah kaum minoritas yang melaksanakan, yang menjadi korban kebijakan. kemudian dilanjutkan dengan melakukan serangkaian tindakan yang diistilahkan kawan XXX itu dengan kata2 'yang menang di hati orang banyak'.

Tapi faktanya, yang berjalan dengan prinsip idealis ini kebanyakan akan terasingkan untuk kemudian dengan sendirinya mati secara karakter dan dianggap aneh serta tidak dilibatkan, untuk kemudian mereka menjadi orang-orang yang makin mengikuti kata hati mereka, mengikuti apa yang mereka yakini sebagai kebenaran dan berjuang dengan cara mereka sendiri.. tapi manakala akhirnya pun mereka harus mati maka mereka mati dengan catatan sejarah yang akan dicintai dunia atas perbuatan mereka melakukan suatu hal yang menang di hati orang banyak..

Mereka tidak minta dikenang tapi paling tidak jika kisah mereka kelak bisa mengilhami orang lain sesudah mereka maka itu adalah kabar gembira buat mereka.. karena perjuangan untuk mewujudkan tentang tatanan yang bagaimana seharusnya, tidak bisa berhenti atau dihentikan sampai gambar ideal itu menjadi nyata..

Wassalamualaikum

P.S:
----
#1.Gambar diambil dari http://www.multimediahelp.org/downloads/graphics/templates/thinker.jpg
#2.Terima kasih untuk seorang kawan atas nama Arif Notonegoro untuk Chatting sore pelepas penat dari kesibukan kantor.

Read more »

11.28.2009

Kesibukan Baru : Les Privat


Sebetulnya dari dulu kepengan dapat kegiatan tambahan yang beginian, tapi belum dapat pintu nya aja hehehe.. dan sekarang melalui informasi seorang kawan saya dapat tawaran menjadi pengajar les privat didaerah Bintaro Sektor 9, setiap hari lepas jam kerja sesudah jam Isya.. MySpace

Assalamualaikum Wr Wb and dear all apa kabar semua? semoga baik selalu, well.. dulu waktu masih jaman2 kuliah Prodip I tahun 2004 pengen nian bisa dapat uang tambahan dengan cara ngajar2 seperti itu, cuman banyak halangan, jadinya belum kesampean, nah sekarang ini pas bakal balik lagi kuliah Prodip III, baru dapat tawaran ngasih les anak SMA kelas III yang sebentar lagi mau UN dan Ujian seleksi PTN..

Kok mau sonn???emang g cukup duit gaji bulanan sampe mau kerja tambahan lagi?Ya.. namanya kuliah jadi tugas belajar jadinya gajinya dipotong buat bayar kuliahnya.. masak gratis..MySpace ya konsekuensinya potong gajihlah.. dan ini juga sebanding dengan beban kerjanya yang belum tentu full-time setiap hari dari jam 8 pagi sampe jam 5 sore kayak jam kantoran.. jadi gak ada salahnya juga kalo nyari-nyari tambahan sampingan buat jaga-jaga keperluan supaya tetap mengepul asap dapur *hah!! kayak yang sudah punya anak bini aja :P*

Tapi jauh dari itu semua tiga tujuan saya mau mengambil perkerjaan ini adalah karena pertama ini bisa dijadikan sarana buat memperluas silaturahim dan networking yaa kalo bahasa kerennya kali ya hehhee..MySpace kedua supaya otak ini tidak jadi bebal dan tumpul sekalian mengingat-ingat dan mempelajari kembali materinya.. MySpace dan ketiga supaya waktu kosong bisa terisi dengan baik yang berujung dengan pemanfaatan waktu yang maksimal.. MySpace

Mulai ngajarnya itu selepas Isya selama satu jam, dari jam misalnya 19.15-20.15 untuk satu mata pelajaran, besok nya gitu lagi selama empat hari dari Senin sampai Kamis, mata pelajarannya Bahasa Inggris dan Matematika.

Uhmmm.. i am not saying that i am smart and have a good mastery toward that two subjects, but i know i love them really.


Tentang Bahasa Inggris saya, biarpun TOEFL belum tembus 600 (terakhir masih 530 tahun lalu :P, InsyaALLAH terus ditingkatkan), saya suka Bahasa Inggris melebihi kesukaan saya tentang Properti dan Dunia Otomotif, dan dalam banyak kesempatan saya suka menulis in english, blogging in english dan ngigau in english *lebay ah.. hahaha :D* , dan untuk menjagakan skill itu, saya ikutan English-Speaking Club yaitu Toastmasters sampai sekarang.. kemudian pernah juga hampir 2 tahun kursus di LIA sampai terakhir tahun lalu..

Tentang Matematika, yaa.. ini memang yang agak berat karena Matematika anak SMA itu rumus, bukan logika seperi ujian Psikologi, tapi karena ada rumusnya itulah berarti bisa dipelajari terlebih dahulu MySpace, dan setelah itu tinggal di share-kan ke pelajarnya, Saya juga suka Matematika, terutama Matematika Dasar dan Matematika Logika, nah untuk menjagakan supaya ilmu Matematika dan skill-nya yang sudah saya dapatkan, untuk itulah saya menerima tawaran ini..

Beberapa hari yang lalu pun saya sudah datang berkenalan dengan pelajar ybs dan keluarganya, mereka berasal dari Aceh-Padang, ramah dan pengertian, dalam artian bahwa mereka tidak membebani saya dengan tuntutan dan keharusan memberikan hasil dalam bentuk kenaikan angka yang signifikan dan fantastik MySpace, melainkan meminta saya menjalankan peran sebagai fasilitator anak mereka dalam belajar yang membantu mengingatkan konsep2 materi dan membantu memahami dengan mengerjakan contoh soal-soal ujian yang ada.

Nah.. begitu itulah cerita tentang kegiatan tambahan saya mulai bulan Desember sampai Maret 2010 nanti, dengan segala alasan dan latar belakang serta manfaatnya menurut saya, btw jika ada kawan2 yang mau memberi saran tentang bagaimana menjadi guru privat yang baik atau sekedar mau sharing pengalaman silahkann, karena tentunya itu kan sangat membantu saya, terima kasih banyak ya... MySpace berikutnya tinggal Bismillah, Usaha dan Tawakkal pada ALLAH.SWT,amin...semoga diberi kemudahan dan kekuatan :)

Wassalamualaikum

P.S:
----
Gambar diambil dari http://www.nwbca.org/public/nwbca/images/pl_opportunity.jpg

Read more »

11.27.2009

Dari Sebuah Cucian Motor


Cengkareng di sore hari menjelang magrib...

Si Revo kayaknya sudah 2 bulan gak mandi yang benar-benar mandi, akhirnya kelihatan dekil dan bulukan, tanah lumpur di sana-sini.. ya maklumlah musim hujan gini kan *mencari alasan :P* jadinya pas pulang dari silaturahim Idul Adha ke rumah Keluarga di daerah Cengkareng, saya sempat-sempatkan ke cuci steam motor, itu tuu yang kl dicuci di semprot bersih pakai air deras kencang supaya tanahnya yang nyangkut dimesin2 dan bodi nya lepas.. dan ketika sedang menunggu ini saya ngobrol dengan seseorang, kemudian the story goes..

Assalamualaikum wr wb.. pa kabar kawan2?? ini saya sharingkan sedikit cerita inspiratif, yang sebenarnya lebih suka saya artikan sebagai masukan dan teguran yang diberikan kepada saya melalui cara yang tidak langsung dan tidak terduga *tangan besilang didepan dada membelakangi panggung dengan nada bicara misterius ala deddy cobuzier*.. sambil menunggu Revo dimanja2kan, saya duduk bengong kosong melompong kalau bulan bisa ngomong *kok malah nyanyi???* tak lama kemudian seorang rider datang, motornya diparkirin dalam posisi siap cuci lalu ia duduk disamping saya..

*jangan bayangkan ia rider dengan pakaian lapangan lengkap dengan jaket kulit, sarung tangan, sepatu dan kaus kaki.. tapi ia cuma pakai kaos singlet celana pendek, sendal jepit dan topi santai.. karena ia adalah penduduk setempat dekat situ rupanya wkwkwkkw*

Tiba-tiba dia buka obrolan tentang keluhannya mengenai jalanan yang becek yang bikin motor kotor dan beresiko bahaya. saya berbalas obrolan dengan membenarkannya dan memberi contoh juga tentang kasus serupa yang pernah saya lewati, kemudian kami kenalan, rupanya namanya adalah Erwin Pulungan, orang Tapanuli Selatan yang sudah belasan tahun merantau di Jakarta dan sekarang menikah dengan dua anak, kemudian saya perkenalkan diri saya nama Erikson Wijaya, asal dari Baturaja, status belum berkeluarga. *gak ada yang nanya tu sonn hahhaha*.

berikutnya yang terjadi hanyalah dialog, antara saya dan ia.. berikut petikannya:
Erwin:'Jadi tinggal dimana?? dah lama di Jakarta???'
Erikson:'Bintaro, sudah sejak 2004, da bekeluarga bang???'
Erwin:'sudah, anak saya sudah dua, yang pertama kelas 1 SD, kalo kamu pasti belum ya kelihatan masih muka-muka bujangannya, y gak??'
Erikson:*bangga.. seumur2 baru dikit yang bilang saya muda, biasanya dikira tuirr :P*
Erikson:'iya belum, ya masih gini-gini aja lah bang.. hehe tau aja bang, abang udah berapa umur???masih 30an kalo boleh aku tebak'
Erwin:'saya..bulan depan genap 40, hahaha masa iya??bukannya 17??'*tawa bangga :D*
Erikson:*ikut ngakak*'jadi apa rahasianya bisa kayak gitu bang???'
Erwin:'yaa gak ada..susah senang ya dibawa ketawa aja, jangan dikasih liat ma orang, namanya orang idup pasti ada aja masalahnya, g mungkin g ada, jadi kl pas lagi di ngumpul ma kawan2 misalnya, ya udah, tinggalin dl masalahnya'
Erikson:'jadi apa guna kawan bang?'
Erwin:*ngisap rokok kemudian dikeluarin lagi*'yaaa...kan gak semua kawan bisa diajak cerita kl kita lagi ada masalah, kl semua mau diajakin jadi kawan cerita, ada juga nanti yang malah gak suka, mereka udah susah, kita tambah2in juga.. ya yang ada malah nanti g enak..'
Erikson:'hahhahahah betul..betul..betul itu bang, eh bang ngomong2 kapan terakhir pulang kampung??'
Erwin:'kampung mana duluu??istri kampungnya di Jawa Timur, sering lah pulang kesana, kl aku terakhir pulang Idul Fitri kemaren, itupun setelah 8 tahun yang lalu terakhir pulang..'
Erikson:'lama bang 8 tahun lalu, emang disana masih kenal ma kita???'
Erwin:'ya kl yang seangkatan2 sama aku masih kenal lahh, yang dibawah2 nya sudah gak lagi'
Erikson:'iya lah.. berarti dari dulu sudah sering jauh ma orang2 terdekat ya bang?'
Erwin:'wuuhhhh iya, dr sejak menikah sampe sekarang berhubung jauh dr keluarga, kalo ada apa2 ya bedua aja ma istri, misalnya mulai dari waktu istri melahirkan ya saya yang nungguin, nganterin, banyak deh pokoknya..'
Erikson:*diem tetap dengerin abang ini berkisah..*
Erwin:'ya itulah bedanya kl sudah menikah, mulai benar2 terasa hidup itu seperti yang ditempa, jadinya kita kuat dan matang'
Erikson:*teringat nasihat bapak beberapa bulan lalu* 'jadi kalo nunggu matang baru mau nikah ya gak akan nikah2 ya bang??hahhahaa..'
Erwin:'hahhaa...makanya jangan lama2 kamuu.. karena biasanya kita laki2 dr Sumatra ni umur 30an baru kawin.. kalo bisa cepat ngapain lambat2, nantik salah2 pergaulan repot juga kan, terpengaruh jadinya...'
Erikson:'y lahh.. gak enak juga luntang lantung gak jelas kayak gini... :D, eh bang, da selesai motor aku.. nah Ok lah kl gt, makasih banyak bang erwin,aku langsung pulang aja ya..mari bang..'
Erwin:'o ya ya ya.. yok ummm sama-sama' *sambil rokok tetap di mulut dan melambaikan tangan dan salaman ma saya yang sudah mau pulang*

Begitulah cerita itu diatas, cerita sambil nunggu steaming motor, hal yang saya tangkap dari percakapan saya dan ia, adalah mengenai kemandirian yang dibentuk seiring tempaan waktu atas liku kehidupan yang dijalani, mengenai kemampuan untuk menjadi manusia yang tidak dikuasai masalah namun menguasai masalah dan sebagai bujangan kl bisa cepat nikahhh ya disegerakan takutnya salah pergaulan..

Wassalamualaikum

P.S:
----
Gambar diambil dari:
http://api.ning.com/files/nkgsPBVAE4fs4kON58n*H2Sh6sV6oJrmjZbZN1fmqchdMJDQXp9TCDLEDuVHXo0AyIdvCYeHdQ4v390ryHAfVkxg6Y*c1-wz/hope1.jpg

Read more »

11.26.2009

Idul Adha dan Kambing Kurban


Jumat tanggal 27 besok saya dan kawan2 muslim lainnya akan merayakan Idul Adha.. dan seperti biasanya, saya ikut bantu motong-motong daging dimasjid kantor saya nyari makan, empat tahun berturut-turut sejak tahun 2006 sampe sekarang, 2009.

Assalamualaikum wr wb..pagi kawan2, iya.. besok lebaran haji ya a.k.a Idul Adha, cuma agak beda sudah dua tahun ini, saya gak kurban, beberapa tahun kemaren pernah kurban kambing.. ya bukan yang tipe-tipe bandot atau kakek buyutnya kambing yang kira-kira sudah hidup di 3 generasi kambing, tapi yang kemaren saya pernah beli buat kurban itu yang masih muda..(paling enggak memenuhi sarat buat dikurbankan) soalnya makin tua makin mahal.. jadi yang semampu kantong saja.

Agak sedih juga g bs kurban? tapi mau bagaimana lagi, insyaALLAH nanti tahun depan bisa kurban lah, amin hehehe.. tapi paling enggak.. biarpun sudah dua tahun ini gak kurban, bisa rutin bantu-bantu motong daging kurban di kantor pun itu sudah cukup senang (meskipun ga bisa dibandingkan dengan pahala berkurban tentunya) senang soalnya ada kegiatan daripada tidur di kos, dan bisa temu kawan-kawan, meski tangan bau amis, baju kena noda darah atau the like tapi pengalamannya tidak bisa tergantikan.
karena mau pintar harus berani kotor.. kata iklan gitu ya??hehhee..

Setiap kali menjelang acara kurban, mata saya selalu tertuju pada sederetan hewan kurban yang siap di sembelih, ada sapi besar dengan punduk yang tinggi dan perut yang gendut, tetap mengunyah lapar meski ajal sudah didepan..hmmmmhhhhhhh.. who cares, even the cow feels in the air, it is about to meet its destiny, life to be slaughtered. ada juga kambing-kambing yang masih lincah mengembik-ngembik, mungkin kalo dalam bahasa kambingnya itu berupa teriakan senang mau dikurbankan ya.. hehehe... atau bisa jadi juga teriakan penyemangat sesama mereka agar tak gentar mati karena dikurbankan.. mantap.. :D

Biasanya habis bantu-bantu potong itu, panitia dikasih sekedar daging alakadarnya buat dibawa pulang tentunya setelah yang berhak menerima mendapatkan bagian mereka, saya biasanya bawa pulang daging-daging nya itu kemudian diberikan ke tetangga-tetangga kos-kosan, bisa ibu kos, bisa kenalan dll. Sayangnya keluarga saya jauh di Baturaja sana, jika saja dekat disini tentunya saya berikan buat mereka, dan saya?? heheh terima matangnya saja kalau dikasih.. hehehhe

Wassalamualaikum

P.S:
-----
#1.Selamat Idul Adha 1430H, dan buat yang berkurban semoga ALLAH.SWT menerima kurbannya,amin serta buat yang belum mampu berkurban jangan sedih jangan khawatir, insyaALLAH akan ada saatnya lagi :)
#2.Ini bisa jadi kali terakhirnya saya bantuin motong2 dikantor ini, soalnya dua tahun depan bakal jadi mahasiswa tugas belajar dan insyaALLAH lepas itu belum tentu ditempatkan dikantor yang sama, i'll never know..
#3.gambar di ambil dari http://www.swaberita.com/wp-content/uploads/2008/11/swa11.JPG

Read more »

11.24.2009

Seyuman Badut Sapi


Hadapi dengan senyuman
Semua yang terjadi
Biar terjadi .
Hadapi dengan tenang jiwa
Semua... Kan baik baik saja


Senja itu... di koridor menuju pintu keluar.. Badut Sapi berdiri melambaikan tangan mengucapkan perpisahan ke kami semua, ahhhh tanggung nii.. poto dulu bentar sama itu badut jadinya heheheh setelah ditolak badut pas dipintu masuk paginya tadi hahaha..

Assalamualaikum wr wb, halo kawan2.. pagi ini dingin, tapi habis dingin datanglah hangat (kedengarannya maksa gak ya? hhehee) dan kemudian mengembanglah senyum.. senyum yang seleber senyuman badut sapi seperti di poto diatas..wkwkwkw..

well..well..well, ngomongin soal senyuman badut sapi, kalau diliat lagi semakin diliat liat, itu badut sapi mukanya lucu juga ya.. (tapi g recomended buat liat sapi yang aslinya :P) senyumnya lebar, badanya gendut lucu, tangannya melambai ramah, kupingnya lebar,juga badannyapun golak golek kekiri kekanan..makanya orang jadi terhibur dan jadilah poto-poto bersama sibadut sapi itu..

Tapi beberapa waktu lalu saya pernah melihat dua orang ibu-ibu yang sedang duduk kelelahan, wajah mereka berpeluh,rambut disekitar dahi mereka basah karena keringat, sedang berjalan ditengah panas terik. tapi badan mereka terlihat lucu, karena mereka memakai kostum badut kelinci, hanya saja kostum bagian kepalanya sedang mereka lepas sehingga terlihatlah 'nyawa badut yang sebenarnya'.

Namun semua kelelahan mereka tidak terlihat sama sekali karena tertutup wajah badut yang lucu dan menggemaskan,dann.. jika saja yang ditampilkan badut sapi dan badut kelinci itu adalah wajah asli manusia yang ada didalamnya yang sedang kelelahan, maka semua orang akan enggan buat poto bersama mereka..


Saya jadi kembali sadar tentang satu hal bahwa apa yang ditampilkan lewat senyuman dan keceriaan dalam keseharian kehidupan kita belumlah tentu mewakili keadaan dalam diri dan hati kita yang mungkin bertentangan. Namun, senyuman dan keceriaan yang kita tunjukkan dalam keseharian hidup bisa selalu menjadi daya tarik tersendiri yang membuat orang-orang sekitar kita tetap merasa nyaman dan aman. Sehingga, kita tidak kehilangan kesempatan dan momen-momen yang indah dalam kesehari-harian karena dari situ mana tahu akhirnya kita menemukan cara untuk tetap terus melangkah dan bertahan.

Wassalamualaikum

P.S:
------
Terpikir juga bisa jadi orang yang pakai kostum badut sapi itu sedang kelelahan disore hari... semoga rejeki kalian lancar .. amin... :)

Read more »

11.23.2009

Cerita Nyata dari Dunia Fantasi


Rela berdesak-desakan dalam antrian yang maha panjang demi mengejar sensasi rasa diputar-putar di angkasa hahahaha*seolah2 lagi di shoot kamera di antrian panjang sambil pegang mike*...
Mau berpanas-panasan sambil ketawa lepas menunggu agar bisa merasa seolah dibantingkan dari ketinggian belasan meter?? hahahhaha *membayangkan lagi liputan langsung sambil di belakangnya kelihatan kejadian banting-bantingannya*

Assalamualaikum wr wb, dear friends.. dimanakah ini sebenarnya???? PEMIRSA.. selamat datang di.. "Taman Impian Jaya Ancol" *sambil nyanyikan jinglenya Ancol* hehhehehe *cowok kok lebay ya??? hihihi* jadi kemaren ada kawan satu kampung datang..akibatnya terjadilah kumpul-kumpul gak pake kebo di Dufan..

Yahh.. kumpul-kumpul ini bukan yang seperti biasanya karena sudah masuk akhir bulan jadinya Edi Siprihatin pun ikut (baca: Edisi Prihatin) hihihi.. tapi tidak mengurangi nilai keceriaan dan kepuasan bersama.. berawal dari keberangkatan bersama setelah ketemuan dari Halte Busway POLDA, terus menelusuri koridor sampe transit di Harmoni dan Sentral Senen, akhirnya Busway melaju langsung ke pemberhentian terakhir, Halte Ancol.


Dengan mengandalkan diskon 50% akhir tahun, kami masuk, disambut dengan badut yang gak tau kenapa gak mau saya ajak poto.. padahal tadi ada cewek mau dia poto (ahh.. cowok ni badutnya pasti wkwkwkkw...atau dia salah liat dikiranya saya gajah beledug yang kesasar hahahha)

Berikutnya kami masuk ke Kawasan Asia.. naek wahana pertama yaitu Kora-Kora, setelah ngantri berlama-lama namun terasa sebentar karena setiap menitnya cuma diisi ketawa dan kelakar.. berpantun-pantun saling canda sesama kami ajalahh.. dan giliran kami masukk ke wahananya.. empat bujang (kami,red) duduk berjejer, dan ayunan wahananya mulai terasa.. kekiri kekanan..kekanan..kekiri.. lama-lama semakin tinggi.. dan akhirnya persis sepert kejadian ketika Ujung Titanic tenggelam di Samudra Atlantik tahun 1900an *tu kan lebay lagi..hahaha* diiringi teriakan histeris para penumpang, tapi saya tetap cool seperti Jack yang menenangkan Rose saat detik-detik kapal megah itu akan tenggelam..hihihihi :D



Kemudian wahana kedua adalah kicir-kicir.. lamaaaaaa nian ngantrinya, bisa habis lebih dua cangkir teh hangat dan dua piring indomie spesial juga baru sampai.. berkelok2 pula antriannya mirip labirin tak berujung.. kemudian kami masuk, tas di lepas dibawah, dan kacamata saya (yang lebih dari tiga kali patah dan satu kali pecah ini) saya lepas demi keamanan, saat mulai terangkat.. dan sedikit-demi-sedikit berputar diangkasa.. awalnya saya membayangkan seperti naek kereta gantung tapi rupanya lebih mirip uji kelayakan terbang seorang pilot sebelum berdinas.. wkwkwkwkwk.. lempar sana tertahan, diungkit kabawah lalu dijungkal lagi.. berakhir dalam kepeningan.. kemudian yang terdengar adalah

Ya.. terima kasihhhh permainan kita sudah selesai..buat yang tadi meletakkan tas nya dibawah silahkan ditinggalkan, ikhlas dari anda bagi kami.. daripada kami mencopet atau menjambret.. sekali lagi terima kasih.. selamat menikmati wahana yang lainnya..


Plak!!Plak!!!bangunn.. ahh inilah efek pening tadi.. akhirnya saya ambil tas saya dan mencoba wahana yang lain..

wahana yang kemudian menjatuhkan marwah saya dihadapan para ibu-ibu dan wanita, wahana yang membuat saya merasa kehilangan maskulinitas seorang laki-laki wkwkkwkwkw... itulah dia Wahana Ombang-Ambing, diputarnya seperi naik ayunan, tapi lebih ekstrim lagi naik turun.. isi perut saya pun naik turun lah.. dan ujung2nya menuntut berdesak2an untuk minta dikeluarkan.. diiringi gejala pusing dan keringat dingin.. huhuhuhuhu... *berlari sambil menenteng botol air mineral ke tempat semak yang agak sepi karena mau M.U.N.T.A.H*

Selebihnya adalah babak-babak menenangkan diri, dengan minum air hangat *dapet minta dengan mbak2 yang jualan kopi susu, mintanya pun dengan melas pakai efek muka pucat dan akting megang perut bilang masuk angin mau muntah* sementara yang lain sibuk dengan wahana-wahana yang lainnya, dan kemudian mari kita ambil gambar kita-kita bersama-sama untuk kenangan ke Dufan kita.. heheheh...

Malam pasti sudah datang, cahaya Matahari pasti kan terselimut bulan dalam remang.. mari kita pulang sayang... *huuuu... sok romantis!!!* akhirnya kami semua pulang ahh.. sudah malam, maklum secara ketiban tanggung jawab nge-tag poto maka harus balik buat login fb supaya bisa do tagging :)

Wassalamualaikum

P.S:
-----
Buat Dede, Selamat Pulang ke Palembang.. (hahaha bahasanya aneh gak ya??"Selamat Pulang") semoga hasil trainingnya bermanfaat di kantor dan keceriaan di Dufan memberi kesegaran dan kenangan tersendiri, terima kasih banyak. :)

Read more »

11.21.2009

Demi Mereka : Jalan Itu Masih Panjang


Setiap orang pasti punya cita-cita, dalam bidang masing-masing tentunya, misal kalo penjual Baso ya cita-citanya mungkin mau supaya bisa buka cabang yang lebih banyak, terus kl pemain bola tingkat kelurahan ya mungkin pengen jadi Tim Nasional lahh.. ya kan??wkwkwkkwkwk

Assalamualaikum kawan2..apa kabar?semoga baik selalu lahhh amin.. well.. well.. ngomongin tentang cita-cita, setiap orang pasti punya, mau bukti?? coba tanyain sama anak TK, kalo ditanya cita-citanya jawab nya pasti seputaran:Batman, Robin, Superman dll hahahaha... tapi itu kan dulu pas jamannya superhero dar luar negeri itu masih rajin nongkrong di TV serial anak-anak. Seiring jalan pasti kl sekarang ditanyain jawabannya kisaran:dokter, polisi atau pilot..

Berikut adalah dialog kosong antara dua tokoh bernama EriksonBego dengan EriksonLagiGaBego disebuah ruangan kosong saat kekosongan jiwanya melanglangbuana dalam imajinasi yang kosong karena kosong adalah isi, dan isi adalah kosong...*serasa nonton film kera sakti* wkwkwkkwkwkwkwk..

EriksonBego:" kalo kau bilang, mudahkah meraih cita-cita itu??"
EriksonLagiGaBego:"MUDAH SEPANJANG DIIRINGI DOA DAN USAHA YANG PENUH SEMANGAT JUANG YANG TINGGI TIADA HENTI *sambil mulut terkatup serius, alis merapat dan tangan menunjuk keatas penuh semangat* satu faktor ini yang menjadi motor penggerak supaya tetap jalan otak nya, supaya tetap bergiat kaki dan tangannya serta supaya tak berhenti berdoa hati dan mulutnya"

EriksonBego:"Lalu apa yang memuci ehhhh memicu SEMANGAT itu supaya tetap OK??"
EriksonLagiGaBego:"Ya bener, SEMANGAT itu harus dijaga, nah pemicunya sendiri itu ada banyak, beda-beda setiap orang, cuman kalo yang kuat itu menurut aku adalah karena adanya orang-orang yang mencintai kita, mereka menanti kita selalu dan memberikan dukungan terbaiknya untuk kita lewat pengharapan mereka yang kadang bukan berupa kata-kata tapi senyuman dan pengorbanan, meski kadang mereka terlupakan"

EriksonBego:"lupa???Maksudnya???"
EriksonLagiGaBego:"ahh ini aja kau ni gak ngerti, bengakk nian ah!!!maksud aku gini, kadang yaa.. aku ni suka lupa bahwa pengorbanan mereka, pengharapan mereka dan doa mereka buat aku ni sudah begitu banyaknya, tapi aku anggap itu biasa, sampai akhirnya aku sadar sendiri bahwa semuanya itu sungguh luar biasa, kalo boleh aku kutip ungkapan yang aku tak tahu siapa yang punya, kira2 gini: bagi dunia mungkin mereka hanya seseorang, tapi bagi seseorang seperti saya, mereka adalah dunia ku"
*diam duduk tertunduk*

EriksonBego:"jadi kenapa kadang kita ni gak ada SEMANGAT buat berjuang lagi?"
EriksonLagiGaBego:"Ya mana tau aku, jangan pakai istilah Kita, karena kalau kau tanya aku, aku cuma bisa kasih pendapat aku, bukan pendapat orang banyak, badanku kan cuman satu..menurut ku kadang aku hilang semangat itu, karena aku lagi tersesat, didalam sebuah hutan yang aku kira dunia baru tapi rupanya cuma bayang semu jadi HARUS BISA KELUAR LAGI AKU SAMBIL MEMBAWA PELAJARAN BARU , Berikutnya mungkin bisa jadi karena aku lupa dengan janji ALLAH.SWT bahwa kalo ujian yang diberikanNYA untuk kita tentu tidak akan melebihi kemampuan kita.. LAGIPULA SAAT AKU TERPURUK AKU PUNYA TANGAN DAN HATI UNTUK BERDOA PADANYA"

Nah begitulah kira-kira dialog kosong itu, berakhir tidak dalam kekosongan tapi kembali dengan kesadaran yang mengisi jiwa yang kosong untuk kemudian meneruskan kembali perjalanan yang masih panjang dan tidak mempedulikan kembali persimpangan dengan semua godaanya.. JALAN TERUS...

Wassalamualaikum

P.S:
------
Untuk Keluargaku di Baturaja dan Palembang dan untuk dirinya yang sedang belajar mencintaiku...

Dengan mengadahkan tangan untuk selalu berdoa kepadaNYA..
Dengan menyadari arti hidup ku bagi kalian..
Dengan meyakini kan adanya hari esok yang lebih baik..

Ku temukan alasan untuk bertahan...

Read more »

11.20.2009

Ayah: Dunia Seorang Lelaki


Ayah itu adalah laki-laki yang telah menikah dan kemudian dari istrinya melahirkan soerang anak.. seperti dua orang yang pernah saya temui yaitu seorang tukang ojeg bernama Jaja dan Petugas Keamanan namanya lupa siapa ya...*memejamkan mata berusaha keras mengingat tapi sia-sia* MySpace gak tau kenapa kepikiran nulis ini, mungkin sebagai pembelajaran atau gambaran buat saya yang masih bujangan ini jika nanti menikah bahwa kehidupan seorang pria berstatus ayah itu punya cerita sendiri namun sama yaitu tentang rasa sayang terhadap anak..

Assalamualaikum dan good day kawan-kawan..ini dua buah cerita nyata dari dua orang yang berlainan, sebuah cerita yang sejujurnya saya katakan,tanpa niat mendramatisir keadaan, telah mengingatkan saya tentang apa yang menjadi kekuatan seseorang untuk tetap bertahan dalam hidupnya, yaitu orang-orang yang kita cintai, dan bagi seorang ayah maka anak-anak adalah dorongan terkuat mereka..

Buat Para Wanita: postingan ini bukan untuk menonjolkan gender atau mengesampingkan pengorbanan dan perjuangan mereka sebagai seorang Ibu, betulan ini cuma masalah penghargaan saya terhadap dua orang yang saya temui itu, dan usaha saya menjaga hikmah yang telah didapat.. Dan seperti yang disabdakan Nabi Muhammad SAW saya tetap ingat bahwa Surga ada dibawah telapak kaki kalian.. MySpace


Suatu Siang di kantor..Jam Istirahat..

beberapa bulan lalu saya saat saya mau turun makan siang di kantor, saya malas lagi naek keatas, soalnya gak enak makan sambil ngeliat komputer kerja, jadinya makan di TKP aja ya gannn.. (serasa buka kaskus) begitu sedang makan, disamping saya duduk seorang satpam yang kemudian saya ajak ngobrol, rupanya sudah 10 tahun beliau kerja sebagai petugas keamanan di kantor saya, lebih lama ya.. saya sendiri baru 4 tahun hehehe... sampai akhirnya dia tanya saya apakah sudah berkeluarga, dengan pasti saya jawab:'saya minum duaaa!!!' hahaha ya enggaklahh, saya jawab, Belum. akhrnya gantian dia yang cerita bahwa dia sudah punya anak 1 cewek sekarang sekolah SMP, nah pas yang ceritakan tentang anak inilah suasana cerita jadi agak dalam... dia sampaikan bahwa untuk keluarganya dia bekerja, terutama bagi anaknya.. baginya, ia katakan bahwa anak adalah harta satu-satunya yang dia miliki.. dan dia berharap banyak hidup anaknya bisa lebih baik dari dirinya.. Saya cuma mendengar dan mengaminkan dalam hati.. MySpace

Semalam di Gerbang Kantor..
Saya berniat menjemput kawan saya, yang baru datang dari Palembang, sambil menelepon buat janjian TKP ketemuannya.. MySpace saya duduk dipinggir jalan, gabung bareng dengan serombongan abang-abang ojek yang menunggu penumpang dimalam hari. Duduklah saya disamping abang ojek namanya Jaja, pas lagi duduk kemudian kenalan dan makan kacang bareng.. tapi gak ada yang seger-seger ya gannn (serasa kaskusan lagi..).. dia tanya kesaya, sudah berapa lama kerja jadi PNS dan beliau menyampaikan rasa sukurnya buat saya untuk rezeki ini, dan giliran beliau gantian cerita, sudah lebih dari 10 tahun kerja ojeg terutama setelah krisis moneter, alasannya karena ini yang resiko nya paling aman, meskipun kadang2 juga nerima kerja sampingan yang bisa bikin kepala jadi kaki atau kaki jadi kepala sehingga bisa menjamin kehidupan keluarganya, terutama anak-anaknya menurut dia yang masih sekolah..

Nah begitulah kira-kira, rupanya istilah darah-daging itu yang mengikat batin ayah bagi anak-anak mereka yang terwujud dalam bentuk pengorbanan demi darah-daging mereka.. dan saya yakin bagi mereka kelak melihat anak-anak mereka hidup layak atau lebih baik dari mereka adalah suatu kebahagiaan luar biasa sebagai bentuk kepuasan dari usaha dulu.. Dan masih menyiksa batin mereka jika anak-anak mereka belum menjadi demikian, antara gelisah dan khawatir tentunya.. antara rasa bersalah dan ketidak mampuan mengatakan apa-apa...

Wassalamualaikum

Read more »

11.18.2009

Mau Bisa Nyetir Mobil


Saat terjebak di kemacetan lalu lintas Gatot Soebroto pada suatu siang tahun lalu dibulan September, saya sedang ngobrol-ngobrol iseng dengan seorang kawan sekaligus seorang atasan saya, sampai akhirnya salah satu pernyataan beliau yang saya ingat betul adalah bahwa:'apapun itu bentuknya yang namanya ketergantungan ya gak akan bagus akibatnya'.. dan tiba2 saya teringat kembali gambaran saat-saat itu..

Assalamualaikum Wr Wb dan apa kabar semua?iya nih... mendadak tiba2 saya terpikir (sebenarnya dah dari dulu sering terpikir, tapi baru sekalinya ini berani menuliskannya, maklum saya susah mengungkapkan perasaan.. halah ini lah kebohongan tingkat tinggi!!plakplakplak!! hehehe..) tentang salah satu hal (dari pada sekian banyak hal tentunya :P) yang belum mampu saya lakukan yaitu: Nyetir Mobil..

Ya saya jujur mengakui sendiri bahwa saya Mau Bisa Nyetir Mobil karena saya merasa bahwa dalam kehidupan sehari-hari meskipun gak setiap hari, dihadapkan pada suatu keadaan dimana seharusnya saya bisa berpartisipasi lebih jauh lagi jika saya bisa nyetir mobil, yaa... misalnya kalo ada acara kantor suruh antar ini antar itu, kan enak kalo bisa nyetir sendiri, masa yang nyetir mobil atasan saya.. wkwkwkkwkwk; atau misalnya juga kalo ada kawan datang dari luar daerah kan enak bisa jemput dan sukur2 bisa ajak jalan-jalan keliling Jakarta.. atau misalnya nanti jika keluarga besar saya dari Baturaja datang, kan bisa saya ajak jalan keliling kemana. Dan yang paling saya dambakan adalah jika kelak sudah punya anak istri, maka saya bisa membahagiakan mereka dengan berakhir pekan bersama ke suatu tempat dengan menyetir mobil sendiri..

Cuma yang jadi kendala saya adalah saya belum punya mobil sendiri, haruskah ini menjadi suatu kendala?mmhhh bisa iya bisa tidak, menjadi iya jika saya harus punya dulu baru bisa (ini berat saya tulis karena ini adalah kritikan seorang kawan terhadap saya, namun demi kebaikan saya maka saya tulis sebagai bentuk perlawanan terhadap ego) namun tidak jika, dengan belum memilikipun kita bisa memanfaatkan momen-momen untuk belajar nyetir mobil, itu mengapa saya salut dengan beberapa kawan yang sudah mahir meski bahkan mereka belum memiliki mobil sendiri, saya mau seperti itu, hanya saja tidak tahu dari mana harus memulai dan apa yang harus dilakukan.. salah-salah nanti mobil orang saya rusakkan.. mengganti saya bisa, membeli saya gak mampu...

Why do i want it badly???adalah karena saya tidak mau terus-terusan merepotkan orang lain, bukan saya egois atau menjauh dari kehidupan sosial, bukan pula karena saya tidak mau menjalankan pepatah:'bahwa hidup saling melengkapi' dengan meminta bantuan orang lain atau kawan2 dekat saya terus menerus. Tapi ini semua atas nama kemandirian saya sendiri dan kesempatan yang bisa terbuka lebih lebar dengan kemampuan yang jika saya miliki sendiri. yaitu kesempatan lebih untuk membahagiakan orang tua, keluarga, dan kawan juga kesempatan lebih untuk menambah keahlian diri pribadi sehingga lebih bermanfaat dan berdaya guna pada suatu waktu kesempatan yang membutuhkan.

Semoga bisa terwujud.. dan semoga kelak bisa saya buat postingan dimana saya baru saja pulang dari jalan-jalan bersama keluarga dimana saya yang mengendarainya, amin..

Jakarta, saat hujan baru saja reda...menyisakan basah di jalanan trotoar Gatot Soebroto kala itu..

Wassalamualaikum

Read more »

11.17.2009

Memimpin Diri Sendiri


Buku Leadership Gold saya karangan John Maxwell yang dibeli di KL Int' Airport lalu basah kena rembesan hujan yang masuk kedalam kamar kos pas hujan deras kemaren tapi Alhamdulillah tapi gak sampai bergenang menganak sungai.. *sambil mengepalkan tangan berjanji akhir pekan ini mau naik atap buat bersihkan saluran air yang tersumbat sampah dedaunan pohon tetangga sekaligus mau bilang ke tetangga yang tersayang itu* MySpace

Assalamualaikum kawan2 apa kabar? gak kerembesan air juga seperti saya kan? haha jangan lah.. soalnya bisa nelangsa seharian kl mikirkan barang2 yang kita sayang-sayang misalnya kalo saya buku-buku kena air, ya itui bukunya jadi ngembang.. mekar sana sini, untung gak berbunga-bunga dan berdaun-daun serta berakar-akar, salah satu buku saya yang mengalami nasib serupa itu adalah Leadership Gold, padahal baru 1/3 dibaca.. hahaha tapi ya sudah terlanjur.. palingan tinggal dijemur biar kering lagi..

Hikss..Hikss.. kenapa ya kl buku-buku yang dapat dari Luar Negeri, kayaknya ada Bad Endingnya, dulu buku Dreams from My Father nya Obama yang dibelikan kawan waktu dia kuliah di USA hilang di kereta, nah sekarang ini bukunya beli di KL kejadiannya gini.. hahahaha.. cuman akibat aja ni kali, sebagai buah kecerobohan saya..*menghujat diri sendiri sambil berjanji gak mau lagi asal taruhkan buku*


Saat saya tiba di kos, saya dapati seisi kamar saya basah (untungnya beberapa sudah dibantu saudara dikeluarkan dijemur di depan waktu saya masih di kantor) termasuk karpet2 merah yang jadi alas lantai (hahahaha ini bukan red carpet dari ajang Grammy Award ya...MySpace ) jadinya rasa malas, rasa kesal dll nyampur jadi es cendol (red, nyampur-jadi-satu) :P, bingung mau gimana.. tapi Alhamdulillah saya cepat menyadari bahwa kalo dibiarkan seperti ini malah lebih buruk akibatnya, bisa jadi penyakit.. bau dan merembet kemana2 basahnya, ya secara air kan meresap nya lamat2 sampai juga..

Jadi langsung saya ganti kostum dari kostum kantoran rapi cool, masculin dan menebarkana aroma-jantan-karena-aku-tampan (huuu...banyak yang gak rela rupanya mengakui Erikson tampan.. ya gak apalah paling iri tanda tak mampu.. *huuu..kembali disorakin* :P) menjadi kostum tukang, pakai celana bola pendek, baju kucel seadanya.. kemudian barang2 yang didalam kamar saya pindahkan keluar.. dan karpet nya saya angkat (tapi yang beratnya itu karena mesti angkat lemari dan meja TV yang menindih karpetnya, terus pas ngangkat meja TV baru liat bahwa koleksi DVD nya kena basah juga..*kisah pilu*)

ahhh.. Djiiii.. Saaaamm.. Soeeee.. akhirnya semua karpet merahnya terangkat dan dibawa keluar buat dijemurr... meninggalkan bau debu basah dan becek-becek hitam lantai.. akhirnya untuk menghilangkannya mau dipel aja, tapi berhubung dikos gak ada alat pel dan kl pakai kain basahan takutnya malah tambah becek yaa tunggukan saja sampai kering dikit biar bisa dilap pakai lap basah dan sekaligus dibersihkan.. Ok lah.. mana sudah malam juga, akhirnya ditinggal tidur saja... pagi2 bangun sudah agak kering baru saya lap dengan kain.. dan begitu lantainya agak kering..bersih lagi lah kamar saya, cuman barang2 nya belum dimasukin lagi, soalnya dah keburu mau berangkat kekantor, daripada telat beradu dengan anak-anak sekolah ya.. mending lebih awal.. (kl anak sekolah yang bikin macet, g tega kesal kita jadinya, soalnya mereka generasi bangsa, dan tiap liat mereka, saya ingat keponakan-keponakan dirumah hehehe..) MySpace

Hmmhh... buat saya, memberi tindakan cepat atas ruangan kamar saya itu lebih baik, ketimbang membiarkannya berlarut, dan mengutuk serta menyesali keadaan karena hanya akan menambah kegalauan dan tidak akan pernah merubah keadaan.. Lebih dari itu juga, dengan melakukan itu semua, saya membiasakan diri saya untuk menjadi bertanggung jawab atas hal-hal kecil yang terjadi dalam hidup saya, meski gak ada yang lihat atau sama sekali tidak memberi keuntungan apa-apa bagi saya DAN orang2 yang mengenal saya, yang ada hanya bagi saya.. yaitu membantu membentuk saya menjadi manusia yang mau bertindak dan bertanggung jawab atas masalah2 yang saya hadapi, dari skala yang terkecil dan berhenti menyesali keadaan, ya seperti yang saya baca di buku Leadership Gold itu.. dan sebagaimana seorang Jusuf Kalla contohkan buat pemuda-pemudi Indonesia..

Wassalamualaikum

Read more »

11.15.2009

Gantian Enaknya Dong!!


Pria itu memakai topi hitam, berkaus abu2 bertuliskan Manchester United warna merah di belakangnya, bercelana pendek santai, berkaca mata, kerenn?? oo jelas lah!! .. hahahaha tapi ngos2an gara2 rupanya Pria ini sedang mendorong motor revo merah nya yang (lagi lagi) pecah ban.. dan perkenalkan Pria itu bernama Erikson Wijaya *huu... disorakin massa..*

Assalamualaikum kawan2, capek nian ahh.. baru semalam di tambal ban itu, besok malamnya da kempet lagi, terpaksa saya dorong lah dari rumah kontrakan ke tambal ban terdekat... ada sekitaran 50 meter lebih mendorong2, akhirnya sampai juga, di sebuah tambal ban di daerah Bintaro sektor 3, dan disitu duduk seorang tua yang menjadi kawan ngobrol saya sambil menunggukan tukang tambal ban, membetulkan ban saya (yang rupanya, ban dalamnya belah, ban luarnya juga da ketusuk paku kecil halus, jadi mau berapa kali ganti ban pun bakal robek juga..jadinya gantilah ban dalam baru dan pakunya dicabut!!)

Yang mau saya kasih bagi cerita disini adalah hasol obrolan saya dengan pak tua yang itu tadi, diawali dengan keluhan saya karena kecapekan mendorong-dorong, yang saya lontarkan sambil melompat duduk ke atas bale-bale disamping beliau, lalu tiba-tiba beliau menanggapi dengan santai sambil menghisap rokok dan matanya tetap memandanng kedepan ke lalu lintar motor yang lalu lalang dijalan, beliau berkata begini..


Yahhh.. jangan mengeluh dong.. kan biasanya kalo motornya lagi bener, kamu yang dienakin, kemana-mana gampang, lancar lempang, gak pake dorong2an kan.. nah kalo lagi kayak begini ya sekali2nya doang kan, jadi jangan dibawa susah.. ingat aja enak2 nya..


sambil nahan2 tawa nyengir2 kuda saya mengiyakan ucapan bapak itu tapi sebetulnya saya berpkir bahwa omongan bapak ini ada benarnya dan begitu juga dengan kehidupan saya sehari-hari (i use the word of 'Saya' on purpose to evade myself from teaching others) kadang2 saya marah dengan lingkungan sekitar saya karena tidak berjalan atau memenuhi apa yang saya inginkan,kesiapapun itu. Sampai akhirnya dalam diam yang saya ingatkan adalah semua kebaikan yang telah mereka perbuat terhadap saya, yang merupakan hal yang tidak bisa saya lupakan.

Ok lah.. terima kasih pak atas celetukan bergunanya buat saya, terima kasih buat siapapun untuk semua kebaikan yang telah kalian berikan untuk saya, maafkan jika ego ini menutupi semua putih itu, dan 'Bang, jadi makasih banyak atas tambal ban saya yah, semoga agak lama lagi kena bocornya, sukur2 gak kena lagi bang :D'.

Pria itu kemudian berlalu, melaju mengendarai motornya bergabung bersama pengendara lain beradu sibuk dengan padatnya arus lalu lintas jalanan, hingga akhirnya menghilang di kelokan jalan membawa pengalaman yang berharga dari pak tua..

Wassalamualaikum

Read more »

11.14.2009

Bukan Sebuah Kebetulan


Di sebuah sudut gedung di Bilangan Jalan Gatot Soebroto, suatu malam dan diluar hujan..

sambil duduk di kursi saya melihat ke luar, harapannya berhubung sudah cukup malam, jalanan cukup lancar..hahaha tapi ini salah rupanya.. secara Jakarta, yang ada cuma deretan kendaraan seperti semut yang berjalan padat merayap diantara guyuran hujan yang memantulkan cahaya lampu temaram Jakarta dari aspal jalanan...

Assalamualaikum kawan2 dan Dear all..apa kabar semua?semenjak saya pindah kewarganegaraan (plakk!!!! hahahha... maksudnya pindah kos2an) ke Bintaro atau Jurangmaut atau Jurangmangu pulang kantor saya selalu malam..diatas jam 8, lebih baek dikantor dulu nge-lembur atau nge-blog atau browsing-browsing atau malah jalan-jalan dulu janjian ma kawan dimanalah..yang dekat daerah Gatot Soebroto sini sambil nunggukan kemacetan kembali ke kandangnya sehingga saya bisa leluasa menjadi raja jalanan membelah keheningan malam jakarta tsssihhh kata-katanya gak nahan lahh *membayangkan saya memakai seragam serba hitam cool duduk diatas motor balap dengan posisi motor siap melaju*

tersebutlah dikantor saya, seorang kawan yang sudah duluan kerja semenjak tahun 1999, beliau ini bisa dibilang cinta matinya KRL Sudirman-PD.Ranji, ibarat kl naek Garuda sudah layak dapat Frequent Flyer Garuda lahhh wkwkwkkwkwk, sehingga dengan berbagai alasan selalu saja nolak kalo saya ajak pulang bareng naek motor, sampe akhirnya pas semalam ybs mau balik tp mukanya kuyu, capek mungkin ngebayangin macet diluar sana, jadilah saya tawarin balik bareng..

Saya:'masss... ikut Erikson aja yookk baleknya... macet2 gini soalnya!! *semangat beranjak dr tempat duduk*
Kawan:*sambil terus jalan gak ngeliat ke saya* 'emang kamu ada helmm aku juga gak tau ne mau naek apa...'
Saya:'ada mas.. tapi nantik setengah jam lagi baleknya, nunggu dah gak terlalu macet lagi'
Kawan:'mmhh iya deh..' *melepas tas lalu duduk di kursi kosong sebelah saya*

Setengah Jam kemudian..

Akhirnya saya dan kawan ini keluar kantor, Gatot Soebroto lengang kosong, Sudirman standar lahhh, lepas dari Bundaran Senayan ahhhh kecewa.. padat merayap bung!!! tapi ya sudahlah jalani saja karena memang kayaknya banyak orang mikirnya sama ma saya buat ngulur2 waktu pulang, akibatnya ya jam 11 malam serasa masih jam 8 nya standar..hiks..hiks..hiks... dan begitu seterusnya sampai ke daerah Arteri Pondok Indah, Tanah Kusir sampai tiba2 di Jln Organon sebelum Bintaro, tiba2 saya berfantasi liar (saking liarnya serasa limbung kekiri kekanan atas dan bawah) *plakk!! gak lahhh... kanan kiri aja kok wkwkkwkwkw* rupanya fantasi bukan sembarang fantasi.. ini betulan limbung, karena ban motor saya pecah.. ya pecah diantara kemacetan lalu lintas, rintikan hujan.. dan kegagalan debut saya membonceng kawan ini..wkwkkwkwkwk *sekalinya ini padahal*

Ya.. jadinya siRevo saya pindahin ke pinggir dulu, terus nanya ke Satpam dimana tambal ban terdekat, terus katanya ada itu namanya Bang Napi, buka 24 Jam Tambal Ban, 50 meter jauhnya dari TKP saya... ya..padahal sudah hampir jam 12 malam, rekor neh balek kantor jam segini :D, tapi alhamdulillah waktu kejadian ternyata kawan itu tetap mau nunggukan nemani sampai selesai, alhamdulillah waktu dorong didepan nya itu lampu nya hijau terus jadi gak ganggu rider laen yang lagi melaju karena saya yang makan bahu jalan, dan tiba baru nyadar di dompet cuma ada duit Rp.4000 *tampang muka cemas* dan sementara itu ATM terdekat gak tau juga dimana *semakin cemas* dan Alhamdulillah kawan saya itu mau minjemin duit buat nambal ban *akhirnya nyengir kuda*..

Kemudian sampai di tambal ban, disambut kami dengan semangat, gak peduli lagi abang itu kawan nya maen catur ditinggalkan, gak peduli lagi dia kainnya da kedodoran, hahaha gak peduli lagi dia dengan hujan yang penting order jalann gannn... sementara saya menunggu sambil cerita-cerita dengan kawan itu, sampai akhirnya menyadari bahwa inilah hikmahnya naek motor dengan dia ini, segala nya memang sudah diatur ALLAH.SWT hehehe.. dan tentang kejadian ini, adalah sebuah cerita pada suatu malam di Jakarta, diantara kemacetan, guyuran hujan dan ukiran kenangan.

Wassalamualaikum

P.S:
----
Gambar diambil dari http://www.kabarindonesia.com/foto.php%3Fjd%3DTahun%2BBaru%2Bdi%2BIbukota%2BJakarta%26pil%3D20090101095158&usg=__ASZTeoIDhx5iysBby1X0bRwBt5w=&h=1195&w=896&sz=87&hl=en&start=10&tbnid=fzxPhoxSq9sWMM:&tbnh=150&tbnw=112&prev=/images%3Fq%3Dkemacetan%2Bjakarta%26gbv%3D2%26hl%3Den%26sa%3DG

Read more »

11.13.2009

Antara Blogger dan Junker


Jika ingin dihargai maka hargailah terlebih dahulu orang lain pepatah ini sering kita dengar kan di waktu sejak dulu ya sampai sekarang.. ia berlaku untuk diterapkan kehidupan sehari-hari.. termasuklah blogging. Salah satu tanda saling hormat-menghormati di dunia blogging itu, dari yang pernah saya baca adalah tindakan mengomentari postingan sesama blogger, isi komentar kita akan menunjukkan siapa kita, membuat kita menjadi terbedakan apakah beneran blogger atau cuman junker..

Assalamualaikum dan good day all :D eh, kalau misalnya kita lagi blogwalking sering kan kita liat didaftar komentar atas postingan di blog itu berupa hal-hal yang lucu juga sebetulnya sih kalo saya bilang, misalnya nih; pertamax dulu ahhhh, like this gannn, atau sekedar nice post nehh dan malah yang lebih parah cuma backlink atau promosi...?????

Sebetulnya tidak masalah tapi kalau komentar nya itu mungkin yang nerima komentar bakal bergumam :'ni blog aku ni blog spam apa ya?kenapa komentarnya gini gini semua, gak ada sangkut dengan isi postingan ya' jadi mungkin enaknya ya bolehlah dikasih komen seperti itu tapi ditambahlah dibawahnya komentar lagi yang ada sangkut paut nya dengan isi postingan.. jadi yang komentar pertamanya tadi itu jadi cuma seperti pembuka atau seru2an atau kalo sama sekali gak perlu ya gak usah ditulis tapi langsung aja ditulis ke komentar yang isinya bersinggungan dengan postingan yang dikomentari..

Atau biasanya gini, seseorang itu jadi enggan atau bingung berkomentar karena justru tujuannya malah cuma mau bertanya tentang hal2 yang ada di postingan itu, nah kl gitu kejadiannya ya langsung aja bertanya, tulis aja pertanyaanya di kolom komentar, beres kan? tapi untuk bisa seperti ini maka ada baiknya kita baca dulu semua isi postingannya kalaupun panjang ya sekilas2 aja jadi saat mau komentar dalam bentuk apapun itu, masihlah ada nyangkut2nya dengan isi postingan, dan akhirnya komentarpun menjadi komentar yang bermutu,meski cuma 1 sampai 2 baris saja misalnya.

Kenapa begitu? karena komentar itu menunjukkan siapa kita dalam dunia blogger, apakah kita blogger ataukah junker, dan secara tidak langsung juga memberi kesan apa sebenarnya tujuan kita blogging, untuk berbagi tips/informasi ataukah untuk cari tenar dan seru-seruan saja. serta lebih penting lagi kalau kita sudah memberikan komentar yang tergolong junk comments maka jangan terlalu berharap untuk menerima komentar balik yang bermutu.

Wassalamualaikum

P.S:
----
gambar diambil dari http://www.vectorstock.com/royalty-free-vector/19496-floral-city-rainbow-plane dan terima kasih banyak untuk si oom di situs http://www.o-om.com/2009/10/bagaimana-cara-memberi-komentar-yang.html

Read more »

11.12.2009

4 Tahun untuk 3 Esensi Singkat


We don't know what we have, until we lose it.. Jrheng jenggg..... keren kann?? hehehhehe sebenarnya mau nulis postingan ini tu nanti kalo udah in the last days di kantor ini, cuman biarin aja, di posting sekarang sebagai pengingat bahwa masa kerja saya dikantor sudah bentar lagi, jadinya dengan menyadari ini bisa menjadi pemicu semangat buat bisa memberikan yang terbaik.. terbaik kupersembahkan untukmu yang terbaik...*ah malah nyanyi wkwkwkwk* biarin aja the last days nanti postingannya dibuat kayak semacam kilas balik atau napak tilas... (sape yang nanya sonnn???)

Assalamualaikum Wr Wb dan Pagi semua kawan2?diantara pertanyaan akankah saya masih bisa menikmati kembali bonus IPK akhir tahun ini... diantara kerinduan yang tertahan dalam niat mudik mau ketemu keluarga di Baturaja... diantara bayangan puncak mahameru yang eksotis yang bermain menari2 di benak saya.. saya merenungi kembali masa yang terbentang semenjak April 2006 hingga sekarang dikantor ini. sambil bertanya, mengapa saya terdampar di sini, bagaimana saya menjalani hari2 didalamnya serta tentang mimpi yang tersembunyi.. *diam duduk menunduk*

tentang cerita terdamparnya saya..

i cannot believe that i have to deal with things that i have no any knowledge about. saat pertama kali penempatan dibagikan saya kebagiannya dikantor ini, kantor yang berurusan dengan dunia Teknologi Informasi, bingung, panik dan speechless waktu itu, karena jujur saja saya g ngerti2 nian tentang komputer apalagi IT secara khusus, apa itu OS, Hub, IP, RAM, Hardisk,SQL dll. karena memang saya tidak terlalu tertarik, kenapa? mungkin karena sejak dulu nyaris gak pernah berurusan dengan yang beginian sampai akhirnya saya ceritakan ini kepada seorang kawan yang akhirnya dia jawab begini :'Erikson.. gini aja.. kalo skarang kau ditempat kan di sana, itu karena ALLAH.SWT tahu bahwa kau mampu untuk disana..makanya kau harus yakin dengan pertolongaNya dan yakin juga jadinya bahwa kau bisa..; hahaha sampai sekarang saya ingat pesan kawan itu.. (namanya Broto, sekarang dia penempatan di Bandung) ibarat kutipan di Novel 5 CM kira saya waktu itu bilang ke diri saya sendiri begini :"Gue nggak mau nyerah… karena gue nggak bisa nyerah…!"

tentang hari-hari didalamnya..

di kantor ini, berbagai sapaan penyampaian masalah mulai dari yang paling sopan sampai ke yang "sangat sopan" hehehehe adalah makanan sehari2.. bosan son??ya bosan juga kadangan kalo lagi jenuh, cuman yaa dibikin enak aja.. untung saya punya blog BSE ini jadinya ada tempat melarikan diri sejenak wakakaka.. dan untungnya juga banyak dari user2 pelapor itu jadi kawan saya..(sebut saja si Galih, Arif, Saadi, Deni, Hudaya, Shanti dll lah) tapi sedihnya ada juga yang kadang2 kalo saya lagi g bisa nahan emosi, user yang lapor dengan bawaan emosi dan tuntutan tinggi saya balas dengan nada yang tak kalah sama, hanya untuk memberitahukan bahwa saya tidak mau diperlakukan seperti itu, tapi tiba2 dalam keadaan seperti ini saya terdiam dan kemudian yang teringat dalam pikiran saya adalah pendapat beberapa orang kawan yang kalau saya paraprase kan sendiri adalah bahwa kerja di kantor saya sekarang ini adalah tempat menempa kesabaran dan menahan diri dari emosi marah. jadi ingat juga Sabda Baginda Rasulullah SAW yang menyebutkan bahwa orang yang kuat adalah orang yang bisa menahan amarahnya.

tentang mimpi yang tersembunyi..

di Jakarta, ritme kehidupan bergerak cepat, menelikung jaman dan menggilas siapapun yang terbuai dalam lambat. semuanya seolah2 menjadi rutin dan kadang2 membosankan.. tapi diantara semua itu, tersirat fakta yang membuka wawasan saya tentang mengapa saya ada di kota ini, apa yang bisa saya raih lebih lagi. Ya.... itu tentang pendidikan, di Jakarta lalu lintas informasi melesat tak kenal ruang dan waktu, termasuk informasi dan cerita2 yang mengilmahi semangat dan kemauan saya, saya yakin juga siapapun dia yang memiliki keinginan itu sekecil apapun pasti bisa merasakannya, yang menjadi kian tinggi untuk terus belajar dan bersekolah. Apalagi di kantor saya, setiap hari saya menemui orang2 yang telah merasakan tingkat pendidikan yang lebih tinggi baik itu dari Luar Negeri maupun Dalam Negeri, baik itu beasiswa ataupun dana mandiri. Saya berkeinginan juga untuk seperti itu, meski saya tahu itu masih lama untuk saya raih, karena banyak tahapan yang harus terus saya jalani, yang penting saya telah menanamkannya didalam alam bawah sadar dan alam sadar saya, serta as said in Novel 5 CM bahwa "Manusia yang nggak percaya sama Tuhan? Sama saja dengan manusia yang nggak punya mimpi? …cuma seonggok daging yang punya nama." itulah menurut saya setidaknya..hmmhhh..

Dalam rentang waktu hampir 4 tahun ini (jadi salut ma kawan yang sudah lebih dari 4 tahun itu masa kerjanya :D) banyaklah kejadian yang saya lewati di kantor ini, dan disisa waktu yang ada ini.. saya hanya bisa berjanji pada diri saya sendiri bahwa saya gak bisa nyerah untuk memberikan pengabdian dan pelayanan yang terbaik saya, saya memang pernah menenggelamkan diri dalam kebosanan dan kejenuhan, tapi saya tidak mau meninggalkan kantor ini dengan kenangan buruk dan penyesalan, saya ingin seperti sunset policy yang pada masa akhirnya telah membuahkan kemajuan yang baik bagi kantor ini khususnya dan NKRI umumnya, amin.. terima kasih

Wassalamualaikum

Read more »

11.11.2009

Kita adalah Aktor/ Aktris


Sadarkah kita bahwa kita ini sebenarnya adalah aktor atau aktris? dan dengan itu maka our lives are the best TV channel (hahaha iklan mode on) Iya, kenapa kita bisa jadi aktris atau aktor? karena kan kita hidup ini menjalankan peran, misalnya seperti saya yang menjalankan peran dengan nama Erikson Wijaya sebagai seorang hamba ALLAH.SWT, soeorang anak, seorang kakak, seorang adik, seorang blogger, seorang pegawai negeri, seorang saudara, seorang teman dll.

Assalamualaikum kawan2 and apa kabar semuanya? itu saya jangan dianggap narsis atau pengen show-off ya hehehe dari pada saya pakai contoh yang bukan dari saya, kl salah2 sebut perannya nantik kena marah kan gak enak. sama kayak kalo baca undangan nikahan kan ada tuh tulisan dibawahnya (mohon maaf kalau ada kesalahan dalam penulisan gelar dan nama *ngeles tingkat akut nehhh....)

Now, we are back to the roles we are undergoing within them. Kalau dipikir setiap peranan yang kita pegang itu, telah menjadikan kita sebagai aktor atau aktris dengan tanggung jawab masing-masing, satu peran bisa lebih berat namun yang lain bisa jadi lebih ringan. dan semua peran yang kita jalankan itu bisa semakin jauh lebih berat jika terjadi campur-campur, ya ibaratnya mana enak makan gado2 rasa nasi goreng atau makan rendang rasa gudeg wakakakkakaka......

Tapi namanya aktor pendatang baru (baca: masih belum dewasa atau stabil emosi sebagai manusia) kan saya ini,(gak mau men-generalisir mendingan saya aja jadi contohnya lagi hihihih) kadang dalam perjalanan menuju menjadi aktor handal (baca: manusia dewasa)(tssihhh agak berat nehh.. sibuk2 benarkan posisi duduk jadinya, mata serius memandang dan telinga tajam mendengar.. hahaha gak lah, dibawa nyantai aja baca nya :P) suka beradu dengan emosi negatif seperti kemarahan, kepanikan, rasa iri dan hati yang kurang bersyukur sehingga menyebabkan kesulitan dalam menjalani suatu peran menyebabkan gangguan saat menjalani peran yang lain. akibatnya ya seperti efek domino, rubuh satu rubuh semua... dan mesti rangkai ulang dari awal lagi.

Celakanya adalah ternyata dalam peran yang dijalani itu gimana kalo rupanya saya adalah aktor utamanya, wahh.. bisa hancur dan kecewa berkeping2 hati penggemar saya nanti *huuuu...disorakin yang baca..* haha.. mungkin itulah pentingnya kemampuan untuk bisa menempatkan diri sesuai dengan peran masing..(lagi2 ini adalah kalimat yang saya paling suka untuk saya tulis sekaligus juga paling berat hati, karena menuliskannya mudah tapi menerapkannya sulit), menempatkan diri dalam artian menanggalkan polemik yang mendera -(untuk kemudian diatasi)- saat menjalani suatu peran agar tidak berimbas pada peran lain yang harus kita mainkan sehingga orang2 yang menunggukan peran yang kita mainkan itu tidak kecewa.

Dan pada akhirnya nanti, layaknya aktor dan aktris dunia di Hollywood maka akan ada acara penghargaan tahunan dan akan disebutkan mereka yang menang sebagai penghargaan atas totalitas peran yang dijalankan, namun ada juga yang masih harus banyak belajar dan bersabar dalam menjalani perannya. Kita nanti juga begitu kan? Entah nanti didunia akan kita lihat juga hasil dari peran yang kita jalankan, apakah itu telah membuat kita lapang atau malah menyesali karena ketidakmampuan memainkannya dengan baik dimasa lalu, dan yang lebih pasti lagi adalah nanti di Akhirat akan kita dapati nilai kita yang sebenarnya dari sang pembuat skenario kehidupan yaitu ALLAH.SWT.

Wassalamualaikum

Read more »

11.10.2009

Tribute To The Heroes


Hari ini 10 November, NKRI sepakat menjadikannya sebagai Hari Pahlawan, untuk mengenang atau napak tilas dalam alam pikiran tentang perjuangan para pahlawan itu untuk menjadikan NKRI seperti NKRI yang sekarang kita huni ini.. Karena dulu, kala itu Penjajahan fisik dan eksploitasi negeri ini telah membuat bangsa ini diperbudak dengan tidak manusiawi oleh kaum imperialis. Semua penderitaan ini telah membangunkan panggilan jiwa para pahlawan untuk bangkit berdiri melawan, bermodalkan niat suci untuk menjadikan manusia bangsa ini menjadi merdeka dan mandiri, meski darah dan nyawa taruhannya. Dan Alhamdulillah kita terbebaskan imperialisme itu, Namun apakah ini sepenuhnya sudah selesai??

Assalamualaikum wr wb.. and dear all.. Apa yang terlintas dalam pikiran kita jika hari ini kita sadar bahwa ini adalah hari pahlawan?..Saya yakin tentunya banyak diantara kita yang bertanya..(ini hari pahlawan, agar kita memperingati jasa2 perjuangan mereka yang telah memberikan kedaulatan bagi negara ini, tapi apakah benar2 kita sekarang sudah merdeka???)

Well, secara administrasi memang dunia telah mencatat kita sebagai negara yang merdeka dari penjajahan Belanda dan Jepang, tapi jika kita coba selami lagi cita2 luhur para pejuang yang darahnya telah tercecer di medan perjuangan pada masa itu, tentu yang mereka inginkan bukanlah kemerdekaan yang hanya diatas kertas, tp lebih nyata lagi yaitu kemerdekaan yang benar2 memerdekakan segenap penduduk negara ini dari rasa takut, rasa kekukarangan, ketidakadilan dan diskriminasi-diskriminasi.

Jika saja patung Jenderal Sudirman yang ada di Jalan yang sama dengan namanya dapat melihat sendiri,bahwa ketimpangan sosial,kesemrawutan tata tertib di jalan itu masih menjadi warna keseharian ibu kota, mungkin beliau akan sedih, namun sayang itu hanyalah patung..


Lalu kalo ditanyakan mengapa ini masih terjadi? mengapa hal atau problema sosial kehidupan masyarakat negara ini masih saja terus terjadi? yang semakin menjauhkan penduduknya dari kemerdekaan yang hakiki.. siapakah yang boleh disalahkan? Saling salah menyalahkan memang bisa sekejap menjadi luapan emosi kekecewaan namun itu tidak memberi solusi nyata dalam kerangka perbaikan yang berkelanjutan. Adalah lebih baik jika pembenahannya dimulai dari kesadaran individu-individu dulu, terutama individu yang memainkan peranan penting bagi kesejahteraan orang banyak. Tapi bukan berarti kita yang tanggung jawabnya tidak atau belum sebesar itu tidak ada peranan yang bisa kita mainkan.

Mencintai apa yang dikerjakan, Mengerjakan apa yang dicintai tentunya akan menghasilkan karya yang luar biasa. yang dalam jangka panjang akan membawa manfaat bagi siapapun penggunanya. dengan kata lain, there is none coming in vain if done heartfully.. Dan jika saja setiap orang dalam peranannya masing2 entah itu dalam lingkup keluarga atau masyarakat benar2 memberikan dedikasi terbaik mereka, maka kedepan keberhasilan individu itu akan menjadi keberhasilan bersama yang memperbaiki keadaan, melepaskan diri dari penjajahan era modern baik dari sisi politik, ekonomi, budaya, sosial dll. dan mencapai apa yang didamba para pahlawan kita yaitu: kemerdekaan yang memerdekakan secara hakiki penduduk negeri.

Tapi lagi-lagi ini adalah tentang harapan, akan percuma jika hanya membara di dada, patriotik di bibir saja, yang terpenting adalah tindakan nyata untuk mewujudkannya dalam bentuk kerja keras dan konsistensi..

Wassalamualaikum

Read more »

11.09.2009

Untuk Kenangan: Rekaman Cerita Outbond


Saya melihat dan mengingat dengan detil setiap kejadian yang saya anggap menarik dan enak dikenang saat kantor saya mengadakan kegiatan Outbond hari Sabtu lalu, didaerah Bogor, Jawa Barat. Supaya nanti saya bisa mengingatnya kembali saat saya nanti tidak lagi menjadi salah satu bagian di kantor ini. MySpace

Assalamualaikum kawan2 dan apa kabarnya semua?? (khususnya buat kawan2 sekantor saya, maka postingan ini saya buatkan untuk kalian semua hehehehe..) gimana rasanya outbond kemaren?? buat kawan2 yang laen mungkin yang sudah pernah merasakan outbond taulahhh gimana rasanya kan,ya capek ya seru, seingat saya, saya pernah juga dulu ikutan acara kayak gini outbond tp itu duluuu.. 2006 dulu, dan sebetulnya waktu kecil juga sering outbond..haha keren kan? (boleh disebut outbond gak ya kalo misalkan berkelahi sampai bergulat ma kawan gara2 rebutan layangan wkwkwkwkwk)

Dalam Outbond kemaren semuanya berangkat naek bis, kecuali beberapa karena sudah tahu rute atau kepentingan lain mungkin,jadinya lebih memilih naek mobil sendiri,saya juga mau sebetulnya naek kendaraan sendiri tapi laen rasanya sensasinya itu kl dalam acara yang rombongan gini tapi berangkatnya sendiri, lagipula g ada alasan buat berangkat sendiri.. karena semua akomodasi ditanggung penuh dari kantor.

semuanya ada tiga bis, isinya berdasarkan lantai hunian masing2, jadinya pas naek bus, ketemunya sama 4L (Lo Lagi Lo Lagi MySpace), tapi untungnya orang2 di lantai saya, rame, seru dan suka becanda jadinya g bosan didalam bis itu. ah tapi dasar sayanya yang malasan, di bis malah ketiduran, sudah mau sampai baru bangun.. hahaha... menjelang sampai di lokasi, areal masuknya adalah sebuah komplek perumahan asri dan rapi, wkwkwkkw kirain di daerah taman2nya perumahan ini TKP nya, mana ada lapangan golf nya juga, kira saya mau sekalian maen golf kita, gak taunya beberapa menit lepas dr situ.... "WELCOME TO THE JUNGLE".

bus rombongan kami persis seperti masuk ke wilayah twilight zone dimana batas antara dua hal yang kontras sangat berdekatan, tapi semakin kedalam suasana alaminya makin kentara, aliran deras sungai tertutupi rimbun pohon bambu yang bergemerisik ketiup angin, jalanan sempit yang hanya bisa dilalui dua kendaraan kecil, pemudi-pemudi yang belum tersentuh gaya metroplolitan, anak kecil tanpa baju-celana berdiri didepan rumah mereka terpana melihat rombongan bis kami... MySpace

Setelah menyebabkan kemacetan yang cukup parah dengan membuat motor dan mobil penduduk setempat terpaksa menghindar dengan berbagai cara, hahaha.. ada yang miring kesamping, ada yang tiba2 masuk ke halte mendadak (areal tanah kosong yang diterobos paksa :P) akhirnya sampai juga kami ke TKP, begitu sampai kami langsung turun disambut masuk ke daerah reservasi buatan yang rindang dan nuansanya cukup natural. semua peralatan dilepas lalu disimpan di ruangan, kemudian semuanya berkumpul di lapangan utama, sekitar 130 orang, lalu acarapun dimulaii dengan pembukaan resmi dari TIP-1 (istilah saya buat nyebut atasanya para atasann di tempat saya hehehe.. MySpace)



MySpace
dannnnnnnnnnn acara outbond pun dimulaiii!!!!


untuk game awalnya setelah game2 pemanasan, 130 orang semua kami dibagi menjadi 12 kelompok, masing2 punya nama, hahahaha kl kata Shakespeare what is it in a name? jadinya kelompoknya saya pun asal jadi saja nama kelompoknya bernama Kelompok Petir!! kenapa Petir? karena kode berkumpulnya gambar Petir, setelah sepakat buat Yel-Yel, semua maju satu2, dikasih tunjuk lah ceritanya.. malu ah awalnya.. hahahaha gak PD takut jelek Yel-Yelnya nantik malah disorakin pula kan.. tapi dari pada disorakin gara-gara gak mau maju, lagi lebih malu wkwkwkkwkwk.. lama juga rupanya nonton yel-yel 12 kelompok ini, sudah panas gak kerasa lapangannya.. (hahahaa ingat jaman2 sering dijemur waktu di SMA ikut Paskibra Sekolah MySpace)



Game dilanjutkan dengan kompetisi antar kelompok, pertama yaitu mengurutkan peserta kelompok dari yang umurnya paling muda, paling senior masa kerja, ukuran sepatu paling kecil, dan yang paling merasa ganteng.. (MySpace secara tidak sadar kl yang ini saya menempatkan diri di urutan pertama *lariiiiiiii...takut dilempar soalnya* hahahha), kompetisi berikutnya adalah adu kecepatan transfer barang antar anggota tim dengan cara2 yang sudah ditentukan panitia, tapi sayang karena terlalu semangat jadinya pas simulasi, barang yang ditransfer sudah pecah duluan oleh kami gara-gara jatuh, di diskualifikasi la jadinya.. tak apa2 sekalian ada alasan istirahat.. Nonton aja ach..



kemudian ada jeda coffee break.. (dari dulu bingung saya kenapa nama nya Coffee break ya, kl diindonesiakan berarti kopi hancur, atau kopi istirahat ni..kl di Malaysia sana yang suka maen terjemah langsung pakai mungkin istilahnya Kopi Hancur kali wkwkkwkww)

Masih seputaran kompetisi antar kelompok kemudian adalah permainan lego (lupa nama aslinya) yaitu kelompok dimodalin puzzle buat bikin bangunan yang sama persis diminta oleh panitia tapi setiap kelompok dibagi jadi 3 tim, 1 tim buat yang ngeliat ke contoh model yang disediakan panitia, satunya lagi yang nerima informasi dr tim yang pertama ke tim yang ngebangun, dan yang terakhir ya yang ngebangunnya.. mungkin persamaannya kayak aliran perintah dari atasannya atasan ke atasan ybs sampai ke petugas yang diberi tanggung jawab, mungkin gitu.. makanya kl ada yang hilang informasinya, ya hasil akhirnya gak akan sesuai harapan. Game berikutnya itu adalah game adu konsentrasi, satu kelompok pegangan ke pundak kawan didepannya dan lompat serentak sesuai instruksi, dan kalau dibilang OPPOSITE berarti lompatnya ke arah yang berlawanan, tapi dah siang mana panas juga akhirnya saya maju kedepan saat semuanya diminta mundur kebelakang.. hehehehe..


Game kompetisi terakhir adalah bikin Jembatan, dengan modal kartu bridge, sedotan, selotip dan gunting, nantik hasilnya akan diuji test drive pakai mobil tamiya. hahaha kirain kelompok saya da yang paling bagus hasilnya gak taunya.. pas liat ke kelompok yang laen, malah lebih teratur pola warnanya, rapi enak diliat, nahhh punya kelompok saya, warna warni, ada merah wajik, merah jambu sama King atau Queen wkwkwkkwkwkkwk..


Terakhir game nya adalah bukan lagi game kompetisi antar kelompok, tapi semua peserta diikutkan, yaitu gamenya bawa lilin dari satu tempat ke tempat yang laen, setiap yang membawa dibagi menjadi dua petugas, satunya yang melindungi lilin dan yang satunya menghalau serangan yang memadamkan lilin, serangannya adalah bom plastik isi air, secara maenan air ya saya lebih milih menghalau serangan air saja, lebih seru wkwwkwkwk.. sampai kacamata saya lepas biar lebih sigap.. setelah itu rata2 semua yang ikut jadi basah.. (nyesal gak bawa celana ganti, cuma bawa baju jadinya pas sepanjang jalan pulang, pake celana dan kampes basah yang kering dibadan) kampes tu apa sonn??haahhahah artikan sendiri...

Begitu selesai game semuanya, akhirnya masuk jam sholat, makan siang dan acara santai, acara santainya nya ya nyanyi2 dan pembagian penghargaan,untuk kelompok terbaik dan ya jadi selama di TIP tahun 2009 ini ada polling untuk kriteria Pegawai Paling Ramah, Paling OK Penampilan, Paling Rajin Marah-Marah, Paling Jaim, Paling lucu, Paling Favorit, Teladan I dan Teladan II. Tentang Nyanyi?? wkwkwkwkwk.. semua punya bakat terpendam rupanya, ada yang jiwa mudanya tak tenggelam usia, ada juga yang berbakat lipsing.. selama seling jeda antar penyanyi itu ada disiapkan makanan-makanan ringan dan minuman hangat.


Dan acara ini semakin semarak karena dipandu dua pembawa acara swadaya kantor sendiri yang dengan bakat mereka membuat sesi ini semakin ramai, mereka adalah Rere (Seksi Bimbingan Sistem )dan Waknang (Seksi Pemuda Tampan).

MySpace
Inilah daftar Hasilnya...

Pegawai Teladan I : Dendy Ariza Mulawarman (absennya berihhh pureeeeee!! :D)

Pegawai Teladan II: Hendra Juanda (bersih juga absennya ini.. saluttt :D)
Pegawai Terramah : Danang Antonius Dwi Putranto (ya nih bener kasi yang ramah :D)

Pegawai Terrapih : Galih Anindita Nandhiwardana (rapi terus neh memang kerennn :D)

Pegawai Terlucu : Yudhi Setiawan a.k.a Togog (pandai menirukan gaya Susno Duadji :D)

Pegawai Favorit : Fajar Setoso a.k.a Jepunkxx (hahah icon nya TIP neh :D)

Pegawai Terjaim : Ario Untoro (hahaha.. nantik kalo ke lasis jangan jaim ya mas :D)

Pegawai Suka Marah : Harold (untung kemaren pas dipanggil gak marah :D)

Pegawai Terimut : Yulian Tri Darmawan (selamat anda layak menyandangnya wkwkkwkw :D)


Acara nya meriah, yang maju kebagian hadiah, pertanyaannya pun aneh2, ada misalnya berapakah jumlah pegawai wanita di TIP (hahaha tau aja disini kayak sekolahan STM wkkwkwk) atau misalnya DL yang paling berkesan itu kemana, dsb dsb.. tapi saya kaget waktu tiba2 Waknang meminta saya maju, ha??? masuk nominasi apa? terganteng iya kali *lariii...*, terwangi juga enggak salah *kaburrrrr..* hahaha rupa2nya saya diminta maju setelah disebutkan bahwa kantor ini akan kehilangan saya, lantaran saya melanjutkan pendidikan D-III Khusus STAN mulai Januari nanti, hmmhh ini benar2 diluar dugaan saya, bahwa mereka masih sempat terpikirkan hal ini, suatu hal yang membuat saya jadi terharu dan sekaligus berterima kasih atas kesempatannya hehhee..


setelah ngemeng2 sebentar tentang kesan dan pesan, saya dikasih hadiah kenang2an dan ternyata pas dibuka isinya, Alhamdulillah Handphone... pas nian ah, soalnya mau nambah kartu sementara mau beli HP, uang belum punya.. jadinya untung dapat hadiah ini.. sehingga saya bisa pakai nomor XL juga buat leih murah kalau hubungi keluarga di Baturaja.. hehehe.. MySpace

Ya.. begitulah kira2, acara Outbond 2009 DTIP kemaren, semoga bermanfaat bagi kita semua, membawa kesegaran dalam lingkungan kerja, mempererat hubungan silaturahim antara sesama kita, serta menjadi kenangan dalam bentuk gambar dan cerita, karena kelak belasan tahun kemuidan, A Picture speaks more than words :D wkwkwkkwk... dan buat kantor TIP ini semoga semakin maju memberikan yang terbaik bagi seluruh unit DJP diseluruh Indonesia..

Wassalamualaikum

P.S:
----
Ini adalah poto2 oleh photograper Dwi Putranto (Pegawai Subbag TU Dit TIP), terima kasih atas pengorbanan dan perijinannya :D



Read more »