10.31.2009

Pindahan:Babak dan Lingkungan Baru


Siang tadi pindahan kos dari Kampung Melayu ke Jurangmangu, kenapa? karena di Jurangmangu dekat dengan Bintaro, katanya di Bintaro banyak artis cantik makanya deketin daerah situ.. hihihii.. enggak.. enggak gitu lah, alasannya adalah karena 2 bulan lagi sudah mau masuk kampus didaerah situ, yaa... biar dekat kampus, bisa fokus belajar (tsshhhiihhh rajin niii..) dan satu lagi ni yang penting ya biar hematthhh..

Assalamualaikum wr wb dan Dear all kawan apa kabar??

..ada jeda diam 3 menit bentar buat berdoa, berduka soalnya waktu ngetik ini sambil dengar berita pemakaman TKI yang meninggal dianiaya di Malaysia)....ya ni dari pagi saya sudah siap2kan barang2 buat pindahan kos.. MySpace

Buat angkut barang2 ini saya sudah janjian ma seoran sobat (Thanks to Anton) buat minta bantuin ngangkut (soalnya belum bs nyetir mobil jadikan kl nyewa mobil Box mahal, ya yang paling enak minta bantuan kawan hehehe) cuman setelah sampai diloksi pengambilan mobil, heheheh.. mobilnya rusak, g bisa masukin gigi (sok ngerti.. hahah itukan berdasarkan penjelasan kawan tadi) sekitar setengah jam jadinya blank.. mau gimana sementara hari sudah siang, akhirnya kepikiran sobat SMA yang sudah punya mobil yang tinggal di Cikarang,Alhamdulillah MySpace setelah ditelpon ybs bersedia membantu dan siap menjemput (Thanks to Albertha hehhehe)

Setelah sampai di kosan, barang2 semua langsung diturunkan dan saya dibantu juga oleh pak Wagimin asal Muntilan yang sudah jadi saudara dekat sejak kos di daerah yang sebelumnya lagi, di Mampang. kemudian pamit2an dengan ibu kos dan keluarganya, mobil jalan ke daerah tujuan kos yang baru di daerah Jurangmangu... MySpace (terharu, liat ibu kos yang mau nangis saat saya pamitan, dan tiba2 semuanya terasa begitu dekat, kelibat gambar2 kenangan setahun belakangan melintas cepat dalam pikiran saya, thanks juga buat Waknang,untuk semuanya selama jadi kawan sekos setahun ini,i owe you more than thanks)

Pindahan ke kos yang baru berarti kembali menyusun lagi barang2 di kamar kos, adaptasi dengan lingkungan dekat2nya, mengenali daerah2 sekitarnya dan juga adaptasi dan memahami secara emosi+pribadi terhadap orang2 yang bakal menjadi kawan dekat selama setahun kedepan, untungnya serumah dengan kawan sekosan yang dulu, yang tahun lalu dah duluan masuk kampus.. jadi adaptasinya gak terlalu lama-lama.

Pindahan ke kos yang baru berarti melanjutkan melengkapi puzzle kehidupan dari satu cerita ke cerita yang lain yang dalam hitungan puluhan kedepan nantinya menjadi suatu gambaran utuh suatu cerita, dan seberapa bagus cerita itu nantinya, tergantung banyak dari bagaimana certia selama menjalani masa2 pengisian puzzle-puzzle itu. yaa.. namanya manusia gak ada yang sempurna, pasti ada khilaf dan lupanya, namun pengalaman memberitahukan saya bahwa kejatuhan2 yang saya alami membangunkan sikap yang lebih matang dan luas, memahami dan memaklumi. MySpace

Jurangmangu-Slipi-Mampang-Kampung Melayu-Jurangmangu.. itu tuh rute perputaran daerah kos2an saya wkwkwkwkw

Wassalamualaikum

Read more »

10.30.2009

Rame Rame Naik Gaji


by Mr.x :'lu mau setuju ato kagak tetep aja gak ngaruh son, mereka yang punya kuasa, tetep aja naek2 juga.........' itu adalah komentar kawan yang namanya saya samarkan (demi keselamatan ybs wkwkwkwk MySpace ) waktu saya mengutarakan komentar saya tentang rencana naiknya gaji Presiden, Wakil Presiden, Para Menteri dan beberapa pejabat lainnya.

Assalamualaiukum kawan2 apa kabar?waktu dulu masih duduk jadi anak sekolahan kl biasanya dapat nilai bagus atau ranking biasanya dikasih hadiah ma orang tua kita kan, ya bisa jadi baju baru (saya ingat dulu pernah dibelikan baju gambat motor harley davidson waktu SMP pernah ranking) atau dikasih uang jajan buat makan sate atau bakso... hehe nahh kl gt kan enak kita minta nya karena ada modal yang bia dikasih tunjuk, nah sebaliknya kl baru aja masuk sekolah atau naek kelas ujug2 minta hadiah atau apa, kan gak enak nian ka.. yang ada malah bisa2 orang tua nya ada yang bilang :"apalah budak ini, belum apa2 sudah mintak hadiah, g tau apa susah cari duit"
MySpace

Nah sekarang kejadiannya sama dengan permintaan kenaikan gaji (pasti dikabulkan lah, yang bikin kebijakan dan pemikiran kan mereka, yang mutusin juga mereka hehehe) untuk Presiden, Wakil Presiden, Para Menteri dan beberapa pejabat lainnya, baru terpilih kann.. MySpace belum ada hasil kerjanya, memang beberapa mereka adalah wajah lama di periode yang lalu, cuman kl ditimbang2 apa benar kebijakan itu, rasanya malah melukai perasaan masyarakat saja, kasihan beras mahal, lapangan kerja sempit, keriminalitas dan ketidakpedulian tinggi, angkutan umum berjejal2an, macet dimana2.. ah abis rasanya jari ini kalau semua mau disebutkan.. beruntung DPR gak minta naek (lagi) gaji juga..

singkat kata mereka2 yang barusan mengisi pemerintahan ini kan juga masa kerjanya baru, belum keliatan hasilnya kok dah minta2 naek gaji ya, emang ada jaminan kl naek gaji bisa bagus kerjanya, emang kurang ya pak bu gaji yang kayak periode kemaren? terus kenapa baru sekarang dinaikin gajinya? gak saat jaman periode kampanya waktu minta dipilih dulu dibilang2nya?kecewa saya.. hiks..hiks.. mungkin benar kata kawan bahwa percuma siapapun yang naek terpilih, kita rakyat2 ini tetap akan berusaha sendiri tak bisa terlalu banyak mengharap, dan mungkin sekedar bertanya aja ni.. dimana kepedulian itu? menguap kemana kepekaan itu? MySpace silahkan dijawab sendiri pak bu..

sementara kl PNS atau UMR yang dinaekkan saya rasa cukup pantas (terutama PNS dengan golongan yang rendah yang masih kerepotan memenuhi kebutuhan sehari2, anak yang masih sekolah dll) MySpace dan selain itu juga hal ini bisa menaikkan daya beli sehingga pedagang2 dipasar bisa jadi lebih produktif dan para buruh juga lebih baik hidupnya. hehe.. maaf mungkin analisa ini bisa jadi salah, tapi dimata seorang yang masih awam seperti saya bisa saja masuk akal..

Wassalamualaikum

P.S:
----
Gambar diambil dari http://www.acehinstitute.org/images/uang_melayang_inflasi_by_halim.jpg

Read more »

10.29.2009

Terima Kasih Ayah


Tanpa mengecilkan arti ibu yang telah mengandung pemilik BSE ini selama 9 bulan *nyengir onta 5 menit* dan setelah mendapat ijin dari seluruh ibu sedunia akhirnya saya nulis postingan ini *jangan percaya, ini betul2 bohong :P* yaitu suatu postingan yang saya buatkan untuk saya sampaikan pada dunia bahwa saya memiliki seorang ayah yang mengajarkan saya banyak hal untuk bertahan hidup dengan cara bagaimana harusnya seorang laki-laki...juga sebagai salah satu bentuk keciillll wujud terima kasih saya.

Assalamualaikum kawan2 dan apa kabar semuanya?dari mana kita laki2 ini berasal.. haha. tu siapa itu yang bilang kita dari Mars, salah ituu.. g betol ah, yang benar kita ini berasal dari wanita, dari rahimnya dilahirin terus dirawat sampe besar gini dan akhirnya bisa ngeblog gini wkwkkwkwk.. (sengaja biar para wanita yang baca postingan ini terharu terus tumbuh rasa bangganya dan merasa dihargai dan akhirnya g jadi marah2 di BSE ini) Ok,cukup tentang ibu2, insyaALLAH nanti ada momennya buat posting tentang Ibu, ya bisa aja tiap hari sih, tapi biar lebih memorial mending 22 Desember nanti ya biar lebih memorial, pas hari Ibu.


Waktu saya masih kecil:

Saya sering bermain keluar masuk hutan yang ada bukit didepan rumah, nyebrang sungai pakai batang pisang, atau kegirangan waktu kebun keluarga saya dilanda banjir, karena bisa metik buah2an tanpa harus manjat, yaa... namanya anak2, mana ngerti takut yang ada asal sudah rame2 semua seru, semua enak, semua girang.. dan pas giliran sampai rumah Ibu dirumah sama nenek sibuk merepet marah disuruhnya aku mandi lagi, g bersih kata mereka mandi di sungai, tapi itupun dicubit dulu supaya jangan maen seperti itu lagi, tapi ayah saya hmmhhh.. malah diam, g ada komentar, tapi pernah sesekali beliau malah senyum antara senang dan bangga kelihatannya waktu kawan nya ngeliat saya nyebrang sungai dengan mengapung menggunakan ban dalam mobil yang sudah dipompa yang sudah gak dipakai lagi.. gak tau lah apa yang beliau pikirkan saat itu, tp belakangan saya merasa bahwa itu merupakan cerminan kebanggan beliau bahwa seorang anak lelakinya telah berani menantang bahaya dan resiko dan tanpa sadar telah menjalani pengalaman baru dan pergaulan yang menguatkan

Waktu dulu saya pernah pindah sekolah dasar sendirian tanpa ngasih tau siapapun di keluarga saya, gara2nya biar lebih banyak kawan kalo mau berangkat sekolah, setelah ketahuan di sekolah yang lama saya tidak pernah masuk lagi,Ibu saya marah bukan main, tapi ayah saya tetap diam, dan setelah semua nya reda, saya dipanggil dan diajak ngobrol, kenapa dan sejak kapan mulai sekolah di tempat yang baru dan besoknya saya diantarkan untuk daftar secara resmi ke sekolah baru itu, hmmhh.. saat itu mungkin terlihat bahwa beliau tidak terlalu peduli, tapi biar belum terlambat saya menyadari juga bahwa sebagai lelaki dalam memecahkan masalah maka harus terfokus pada solusi,tetap tenang dan tidak tersulut emosi, tidak terpaku pada yang telah lalu, karena yang lalu tidak bisa kembali lagi walau mau disesali setragis apapun.

Waktu remaja
hmmhh.. ini ni bagian yang paling berat diceritain..tapi hehehe.. jadi kalo kami semua sekeluarga sedang makan bersama, misalkan beliau lagi beli makanan yang enak dikit, ya katakan misalnya daging cincang atau ayam gulai, biasanya nanti kami anak2 dan ibu disuruh makan duluan nanti kalo kami semua sudah ngambil makanan, maka beliau baru ngambil, namun yang diambil justru bukan makanan istimewa itu, ia justru mengambil makanan 'tradisional dan lalap2an' lainnya sementara yang enak2 ditinggalkan buat kami, ataupun kalopun rupanya gak habis kami makan maka barulah beliau yang makan habiskan itu juga kalo saya ngintip2 pelirik2 tanda pengen lagi, biasanya saya dipanggil terus piringnya dibagi dua ma saya.. *ketahuan suka makan dari dulu*

Beliau jarang ceritakan alasannya kenapa begitu, ya saya kira karena emang beliau gak suka makanan yang dibawakan itu, yang tradisional2 aja cukuplah. Tapi rasa2nya ada alasan untuk itu, mungkin karena..dia lebih suka jika anak dan istrinya yang makan enak, dengan begitu ia pun sudah merasa kenyang batin.karena pernah sekali waktu saya diceritakan oleh ibu saya bahwa ayah saya sungkan jika sedang jalan keluar terus kemudian makan walau sekedar sate ayam sementara anak2nya belum tentu bisa merasakan makan enak. lebih baik dibungkus terus makan sama2, daripada makan sendirian tapi g ngasih bawa kerumah.

Hehehehe.. tp bagaimanapun setiap ayah didunia ini adalah manusia biasa (kecuali para nabi dan rasul yang menjadi ayah, karena para nabi itu bersifat maksum, atau terpelihara dari dosa) tidak bisa selamanya menjadi sempurna jadi pernah buat khilaf dan salah, atau apa saja yang dimata kita sebagai anak2 mereka terasa tidak berkenan, namun itu bukan alasan untuk menjadikan saya sebagai seorang anak untuk tidak berbakti pada kedua orang tua. seperti film Korea yang judulnya No Matter What You Are My Father tentang seorang ayah yang akan dihukum mati karea telah dituduh melakukan pembunuhan. Dan melalui postingan ini let me say from the bottom of my heart, Thanks Father, May ALLAH.SWT bless you always, amin..

Wassalamualaikum

P.S:
----
Gambar diambil dari http://2.bp.blogspot.com/_OhG8oDXU3QU/SoQ8Qg_tjdI/AAAAAAAAAk0/-Dd7_RlbF90/s400/father.jpg




Read more »

10.28.2009

Hari ini: 81 Tahun Lalu


Diskusi sambil emosian, bombastis mengatakan tentang berbagai kerusakan serta saling menyalahkan..
Ya.. saya sering gitu kadang kalo sudah ngobrol dengan kawan2 tentang kerusakan dan ketimpangan yang sering saya lihat di TV, baca dikoran atau kejadian didepan mata. dan akhirnya pada suatu malam saya ngobrol dengan seorang bapak bapak, istrinya adalah temen saya, dia hobi baca buku dan dengan berbekal pengetahuan dan pengalaman karirnya ia menceritakan berbagai hal yang telah ia lihat dan buktikan dari hal2 namun dengan berbagai fakta dan data yang akurat namun tersembunyi tak banyak yang tahu.

Assalamualaikum kawan2 dan apa kabar semuanya?semoga baik2 selalu dan bisa merasakan apa yang terjadi pada hari ini tanggal 28 Oktober 2009, tepatnya 81 tahun lalu.. ya, kala itu sebuah semangat kesatuan dan persatuan untuk mensejahterakan negeri ini membahana terulis dalam Sumpah Pemuda yang telah mengikis habis rasa bangga kedaerahan diantara sesama mereka, menuju satu kejayaan Indonesia Satu.

Tapi itu dulu 81 tahun lalu, coba lihat sekarang.. masih bisakah saya mengatakan bahwa saya (sebagai diantara sekian ratus juta pemuda Indonesia lainnya) amanah dalam meneruskan janji putra2 bangsa kala itu, dimana saya hidup disuatu jaman yang memperlihatkan kebanggan atas suatu suku dan meminggirkan suku yang lainnya, dimana saya melihat kepercayaan dan kecendrungan untuk mengkonsumsi produk2 luar negeri menjadi semakin meninggi serta lebih jauh dari itu adalah kenyataan bahwa kemampuan untuk menjadi bangsa yang mandiri terasa masih sangat jauh untuk diwujudkan diantara cengkaraman pengalihan hak pengelolaan sumber daya alam ke pihak asing, diantara perputaran dana pinjaman negara luar dengan berbagai modus kepentingan.

INILAH TEKS LENGKAP SUMPAH PEMUDA YANG DIIKRARKAN 81 TAHUN LALU:
---------------------------------------------------------------
PERTAMA.
KAMI POETERA DAN POETERI INDONESIA MENGAKOE BERTOEMPAH-DARAH JANG SATOE, TANAH INDONESIA.

KEDOEA.
KAMI POETERA DAN POETERI INDONESIA MENGAKOE BERBANGSA JANG SATOE, BANGSA INDONESIA.

KETIGA.
KAMI POETERA DAN POETERI INDONESIA MENDJOENDJOENG BAHASA PERSATUAN, BAHASA INDONESIA.


Tapi menurut saya itulah kenyataannya sekarang, saya berada didalam sebuah sistem yang terbentuk mulai dari tingkatan atas sampai kebawah, benarlah suatu pepatah (saya lupa siapa nama yang ngomong) bahwa jika ingin menguasai suatu komunitas maka kuasailah dulu kepala pemipinnya. hehehe mungkin sumber daya alam yang menjadi senjata kuat untuk melawan sudah habis dikangkangi asing, yaitu mereka yang sengaja mengobok negara berkembang untuk semakin memperkaya mereka sendiri melalui badan2 yang namanya bisa dengan mudah ditemukan di headline koran multinasional yang menunjukkan berita tentang suatu negara yang membutuhkan dana pinjaman.ya mereka adalah IMF dan World Bank, yang oleh suatu situs dianggap sebagai new world-ruler.

I don't tend to fight against any policy which is in favour of that two institution, as i often see it happened in my office, they come to offer some aids but at the last they master us and hold our things within them.what i prefer to be is being a youth whom has good consciousness to realize what he has to do, what he has to keep as principles and finally when it comes to play a role and to be a decision-maker, he knows which one is beneficial and adversing..

Iya.. setiap pemuda dimanapun dia berada, apapun latar belakangnya, pasti punya kelebihan dibidang masing-masing, dan setiap ketekunan dan kesabaran di masing2 hal itu akan menghasilkan hal terbaik yang bermanfaat dan tak masalah seberapapun besar cakupan lingkungannya. Dan karya terbaik kita merupakan hadiah yang bisa kita persembahkan bagi.

Mereka boleh jadi telah menguasai sumber daya alam, perekonomian dan bahkan kebijakan2 pemerintah. tapi mereka tidak boleh menguasai kita generasi muda, diantara serbuan fakta yang mengerdilkan bangsa kita, saya dan semua kita sebaiknya tidak menjadi malu atau menarik diri, karena akan ada masanya bahwa yang lama akan berganti, yang tua akan mati dan yang muda yang akan terus berkarya. Mempertahankan diri dari serangan bombardir yang pelan2 melunturkan semangat persatuan dan kesatuan kita bukanlah hal mudah, tapi BISA! seperti dulu ketika para pemuda 81 tahun lalu meletakkan persatuan atas nama Indonesia dibawah bentangan geografis tanah air yang terpisah2 jarak, semangat kebangsaan yang muncul atas nama Jong Jong kepulauan dan landasan keberagaman bahasa yang memperkaya budaya.

Wassalamualaikum dan Terima Kasih... Jayalah Selalu Indonesia Kita!!

P.S:
-----
Thanks To Bro Arif untuk Poto yang menggugah diambil dari pendakian Gunung Ciremai minggu lalu.(sayang belum bisa ikut)

Read more »

10.26.2009

Menantang Diri Sendiri


Saat saya melihat orang lain yang bisa survive dengan lingkungan baru mereka, maka saat itu saya bertanya pada diri saya sendiri bisakah saya seperti itu juga? kapan kah ada kesempatan bisa seperti itu? hmhhh.. biasanya kesempatan itu datang kalo ada undangan mendaki gunung, cuman sudah lama tak mendaki gunung membuat saya berpikir untuk menemukan cara lain, dan kebetulan pagi ini sebelum berangkat nanti siang ke Jakarta saya beranikan diri memisahkan diri dari rombongan untuk berjalan sendirian di Kota Kuala Lumpur sampai berhenti di Petronas, Menara Kembar.

Assalamualaikum kawan2.. iya, pagi ini saya jalan-jalan sendirian dari daerah Park Royal, Bukit Bintang ke KLCC, suatu tempat dimana menara kembar Petronas berdiri. sementara kawan2 yang laen sedang ke pasar mencari oleh2.. saya bukannya tak mau, tapi berhubung harus menahan budget, maka saya rasa, saya bisa pulang dengan selamat dan acara disini berjalan lancar rasa saya itu sudah lebih dr oleh2 buat keluarga dan kawan2 hehehhe (inilah yang disebut dengan nge-les tingkat tinggi hihihi)

Akhirnya saya memisahkan diri dr rombongan dan kemudian berbekal buku peta buat pengunjung saya mulai berjalan dan kemudian duduk sebentar membaca buku dan peta itu sampai akhirnya sudah cukup yakin maka saya naek monorail dulu ke stasiun Bukit Bintang, harganya RM 1,2 setara dengan Rp.4.000 (tapi enakan Busway di RI karena perpindahan antar stasiun kita gak perlu bayar) didalam monorail saya duduk yang dekat dengan jendela persis supaya dapat pemandangan yang enak, dan kebetulan masih pagi jadi belum terlalu panas, (Mungkin inilah monorail yang mau kita tirukan itu, cuman sampai sekarang pondasinya masih terbengkalai di sepanjang jalur di daerah Kuningan :( )

Keluar Stasiun Bukit Bintang saya turun ke bawah ke daerah yang kl dari situ itu sudah keliatan Petronas, sengaja dr stasiun situ saya jalan ke arah petronas nya, didaerah KLCC, Jalan Ampang. disini saya merasa kehidupan berlalu lintasnya tertib, mau nyebrang pun gak perlu waswas jadinya, satu hal yang perlu ditiru oleh negara kita untuk lebih baik lagi :) dan setelah nyebrang saya mulai buka peta dan tas hitam saya gendong di punggung untung gak pake kacamata hitam (tssssahhhh benar2 seperti seoarng pelancong, cuman kayaknya sama orang sini g terlalu diperhatikan soalnya sama mereka mukanya g jauh2 nian, tapi kl yang dari Eropa mungkin mereka baru percaya, tapii hahaha.. terserah lah daripd kesasar mending bawa peta saja)

Sepanjang jalan Ampang, mungkin karena jalan utama ya, trotoranya rapi bersih dan bagus, gedung2 perkantoran dengan nama2 mereka masing cocok dengan apa yang tertera di peta yang saya pegang, dan tiap kali ada bangunan yang mencolok bagus dikit maka saya sempat kan ambil poto disana (minta bantuan orang setempat tentunya hahahah.. secara sendirian) saat sedang berjalan ini saya malihat sekelompok turis dr Eropa kayaknya, mereka tak segan2 bertanya atau berhenti sebentar buat memastikan bahwa mereka sedang berada di rute yang benar dan setelah itu kembali meneruskan perjalanan..

ahh.. saya juga gitu, daripada kesasar mending jangan nanggung2, gak apa kayak pelanga pelongo dikit asal cepat dan selamat.. tapi Alhamdulillah, petunjuk jalannya jelas dan petanya juga OK, jadi tak ada bingung2 lagi.


Ok, setelah beberapa menit menusuri jalan akhirnya berhenti bentar saya di kedai beli yang segar2. ya.. Semangka, cuma bedanya disini sudah dipotong kayak rujak harganya 1RM satu plastik kecil, murahan dan gedean di Indonesia kayaknya hehehe.. sambil duduk saya makan semangka menikmati jalan2 utama di KL ini dan kendaraan yang berlalu lalang dan Petronas juga persis sudah dibelakang saya, dibalik gedung diseberang jalannya.

Setelah menyebrang jalan, saya akhirnya sampai juga di Petronas, sebenarnya tadi malam juga udah nyampai tapi kamerenya abis Batere, jadinya ya inilah Perfect Moment nya dan saya mulai memasuki wilayah Petronas, Gedung menara kembar dengan jembatan penyeimbang ditengah2nya, dengar cerita menara ini tidak lagi menjadi yang tertinggi di dunia setelah dikalahkan menara apa ya namanya di Timur Tengah kl ga salah, disini saya mengambil beberapa gambar dan ada turis baik dr Eropa yang menawarkan mau ngambilkan gambar saya (kasian kali dia ya.. liat saya moto menaranya sendiria hahaha) dan setelah itu saya juga dimintakan bantuan orang2 skitar buat ngambil poto, hahahaada salah seorang saya kira dari Philipine atau Thailand, gak taunya dr Bandung, Indonesia.

Setelah itu saya pulang lagi ke hotel dan dalam perjalanan dengan rute yang sama saat berangkat,menggunakan monorail dan satu kereta dengan sekelompok turis yang waktu saya tanya asalnya dr mana, dengan kompak mereka jawab:'Indiaaa..' (buset..mereka menarik perhatian sekelompok penumpang di stasiun), akhirnya setelah tak lama dr situ sampai dan saya melihat satu hal dr apa yang telah saya lakukan semalam, bahwa disini kehidupan belangssung lebih cepat dari Jakarta. Orang2 berlalu lalang gesit berjalan dengan urusan masing2. Mungkin saja Jepang jauh lebih cepat dr mereka??tentunya begitu saya yakin. dan ini bisa jadi bahan renungan bahwa diluar sana 'mereka' berlomba2 dengan waktu untuk urusan mereka masing2 dan jika terus tidak disadari oleh negara ini, maka bisa jadi semakin jauh 'mereka' meninggalkan kita..

Wassalamualaikum

Read more »

10.25.2009

Liputan dan Kenangan dari Negeri Tetangga.


Ada gugahan didalam hati saya bahwa kenangan di masa lalu bagaikan lepasan kilatan memori yang melesat liar bebas didepan mata imajinasi manakala saya memasuki suatu lingkungan dengan cerita baru disuatu belahan lain di bumi ALLAH ini, mengingatkan saya dengan orang2 yang pernah mengisi dan mewarnai hidup saya...

Assalamualaikum wr wb dan apa kabar2 kawan2 semua??semoga baik dan sehat selalu,amin hehe.. saya tahu ini memang sangat rentan untuk dibahas mengingat apa yang telah terjadi antara kita dan Malaysia dalam beberapa tahun ini, mengenai keterusikan kedaulatan kita oleh mereka, eksistensi kebudayaan kita yang mereka klaim hingga masalah2 kemanusiaan yang membuat kita bertanya2 apakah kita sudah sedemikian rendahnya dimata mereka sehingga mereka tidak segan lagi membantai TKI kita yang sudah susah hidupnya dinegara kita ini??


TENTANG LIPUTAN


Bagaimana yang saya rasa dengan mereka? benci? jelas..tapi ini tidak menjadikan saya melangkah mundur mewakili Toastmasters Indonesia yang diselenggarakan Toastmasters International yang tahun ini penyelenggaraanya ada di Genting Highland, Malaysia. karena apakah baik kita mengisolasi diri kita sendiri dengan keterbatasan yang kita miliki? dan mungkin justru dengan melakukan ini bisa menunjukkan bahwa Indonesia bukanlah negara yang demikian rendah namun jauh dibalik itu adalah negara yang kelak bisa menjadi negara maju dan memakmurkan penduduknya, Amin.

Ok, adapun kegiatan saya datang ke Malaysia ini adalah sebagai utusan Toastmasters Indonesia khususnya dari Divisi J, dan sebelum upacara pembukaan dimulai saya diminta menjadi pembawa bendere Indonesia, diantara tiga bendera yang ada yaitu Brunai Darussalam dan Malaysia. Well, saya terima tugas itu dan yaa hitung2 pengalaman dan nambah tanggung jawab di acara ini hehehe...

dan ketika acara dimulai.. dan waktu nama negara Indonesia dipanggil akhirnya saya masuk sambil bawa bendera Merah Putih dengan langkah tegap sperti petugas bendera di upacara senin di sekolah2 hehehe.. untuk kemudian melangkah maju didalam ruangan aula diiringi tepuk tangan membahana dari semua hadirin serta ditemani kilatan dan sorotan lampu kamera.. haha membuat saya merasa tidak menyesal menerima tugas ini wkwkwkwk.. setelah itu saya naek keatas panggung dan untuk selama 10 detik Merah Putih berkibar diforum itu lalu saya tegakkan kembali untuk kemudian duduk diantara hadirin..


Namun, saya merasa bahwa kebanggan sebagai tuan rumah telah membuat Malaysia merasa brhak dengan membawakan bendera yang ukurannya lebih besar diantara Indonesia dan Brunai (saya baru nyadar ketika pembawa benderanya menegakkan benderanya) dan setelah ia naek kepanggung maka semua hadirin diminta berdiri dan menyanyikan lagu kebangsaan negara nya, (heiii... what is it going on here? is it Malaysian having this event or including Indonesia and Brunai?if it is, is it so important to sing its anthem that all persons inside have to stand up??? no i cannot put up with that thing, i decide to go out!!!)

untuk pertama kalinya saya merasa bahwa ada yang salah dengan acara ini, namun telat untuk mengkoreksinya, dan paling tidak buat saya, mereka tidak sebaiknya berlaku seperti itu dengan mengerti kan arti kecil negara lain yang kata mereka, mereka anggap negara sekampung dengan memajangkan bendere mereka besar2 lalu mensisipkan agenda menyanyikan lagu kebangsaan mereka.. mungkin mereka sebaiknya merenungkan ulang tentang ini..

Acara yang digelar ini berlangsung selama tiga hari, dimana hari pertama adalah upacara pembukaan yang dilanjutkan dengan perlombaan Speech Contest dan Evaluation Contest, dan saya tidak ikut serta dalam kontes itu, sebagai delegasi dan ketua kelompok yang ada di lingkungan kantor, maka atas itulah saya datang sampai akhirnya menjelang beberapa minggu sebelum berangkat saya diminta menyampaikan histori atau catatan kegiatan selama di Toastmasters ini selama satu tahun belakang untuk diseleksi menjadi Toastmasters Of The Year 2008-2009 dari Division J Sebagian Indonesia.


Ok, setelah tengah hari dari upacara pembukaan maka acara dilanjutkan dengan lomba Humorous Speech Contest, suatu kontes tentang pidato mengenai cerita lucu yang didasarkan pada cerita lucu, dan hahaha... mereka memang2 benar2 membawakan cerita2 yang lucu, membuat ketawa dan hahaha yang paling penting adalah memberikan inspirasi tentang ide2 blogging saya wwkkwkwkw... setelah lepas petang, maka acara dilanjutkan dengan acara makan malam bersama atau Galla Dinner, Quiz dan Award Presentation. hahah..

Galla Dinner ini, saya kan jarang2 makai sumpit karena yang disediakan adalah sumpit untuk makanan pertama maka terpaksalah saya pakai,namun rupanya it is not as easy as that susah niann nangkap makanannya, dan kawan yang merupakan orang Malaysia-India yang duduk didepan saya tersenyum dan memberikan tawaran bantuan untuk memberikan sendok, dan saya bilang saya sudah bilang sama pelayannya tapi belum diantar2.. hahaha.. kesal2 saya ambil ajalah pakai tangan, sayang tapi tak lama setelah itu sendok garpunya datang.. :D

While having the Galla Dinner, ada semacam quiz yang dipandu pembawa acaranya, siapa yang mau duluan dab bisa jawab dapat hadiah buku..nahhh kapan lagi kannn makanya waktu ada kesempatan maka saya segera maju dan menjawab, waktu semalam itu pertanyaannya yang kesaya adalah 'how old is Toastmasters Internatial now?' dan saya jawab 85!!!! dan Buku Berjudul Speaking With Impact jadi milik saya...

Satu kata untuk itu Alhamdulillah :D karena saat berdiri didepan panggung itu maka saya sempat memperkenal kan diri saya dan Nama Negara Saya Indonesia, Lovely, Thank You!!! kemudian adalah award presentation for Toastmasters of the Year masing2 Divisi yang meliputi Indonesia, Malaysia dan Brunai Darussalam. di Indonesia itu ada dua Divisi yaitu Divisi I dan J, J meliputi sebagian wilayah Jakarta, Bali dan Surabaya ( CMIIW :D) dan saya terdaftar di Division J..

dan saat Hall of Fame untuk Division J, MC menyebutkan:
The Division J Toastmasters of The Year for 2008-2009 goes to Erikson Wijayaaa...


Wahh.. is it for real? saya nanya kediri saya sendiri,apalagi seorang kenalan juga menceritakan bahwa yang masuk nominasi dari Division J itu banyak, tapi mungkin adalah rejeki saya hehehe... ya Alhamdulillah akhirnya saya maju menerima plakat penghargaan dan sekali lagi berhadapan dengan kilatan dan sorotan lampu kamera...


TENTANG KENANGAN:


Saat pertama kali sampai, orang2 yang saya lihat adalah China, India, China, India, Cina lagi dan India lagi.. ya itulah Malaysia, dan setiap kali melihat wanita2 atau para ibu yang berwajah India, maka saya teringat almarhumah Ibu saya yang meninggal 8 tahun lalu, dan setiap kali melihat pria India yang sudah berumur maka saya teringat dengan kakek saya itu mengapa suatu kali kesempatan ketika saya bertemu dengan salah satu dari mereka, saya berpoto dengan mereka.. Norak?? wkwkkwkw iya sih.. cuman sekali2nya ini, jadi tak apalah haahahah...


Pagi ini, saya tiba di KL, tepatnya didaerah kementrian agama di Jalan apa saya lupa.. (tapi ini potonya ada) lalu kemudian meneruskan perjalanan sebentar ke daerah Bukit Bintang depan plaza Sungei Langi, saat dalam perjalanan dijalanan utamanya ( ya..seperti Sudirman atau Thamrin di Jakarta) maka saya terpikir tentang Kakak Perempuan saya yang 10 tahun lalu bekerja disini, mungkin salah satu jalanan yang sedang saya lalui ini dulunya pernah ia singgahi, atau mungkinn akrab dengan langkah kakinya, setiap kali mobilnya berhenti di lampu merah, maka saya menatap area2 disekitar situ berusaha mengingat dan merekamnya dalam ingatan saya agar dapat suatu waktu bisa saya putar kembali,hehehe...

Disini sepanjang yang saya lihat maka jalanan tertata rapi, taman kota tampak nian diperhatikan pemeliharaanya, dan kendaraanya pun nyaman, monorail, metromini, dll. dan muda-mudi sini tampak benar sudah memahami apa itu mode dan perkembangan jaman, semuanya disini terlihat lengkap tersedia, apapun itu. Kuala Lumpur dan Baturaja memang jauh, saya terkenang orang tua dan saudara2 saya, disini seperti nya tak jauh dengan Jakarta, apapun mudah, tergantung mau dibawa kemudahan itu, kemudahan untuk menjadi rusak atau kemudahan untuk mengembangkan diri, maka itulah pilihan kita.. saya berpikir tentang mereka tiap kali saya ingin berbuat apapun yang dunia katakan sebagai 'nikmatin idup;, frankly speaking, i just wanna make this advancement with them, but i keep on praying let it be happenned gradually to them, InsyaALLAH amin..

KESEIMPULAN:
Bepergian jauh (wahh sumpah kangen niann sama ndaki-ndaki gunung, brooo ariff ajak2 aku yaa.. kl mau adventure lagiii!!! sori belum bs ikut!!!) membuat saya terbuka pikiran saya bahwa apapun yang telah terjadi dimasa lampau maka hidup harus terus berjalan, adakalanya saya mengalami kekecewaan, namun itu bukan alasan untuk berhenti mengejar cita2, karena diluar sana kehidupan akan terus berjalan, karena disitu ALLAH.SWT telah memberikan jalan rejeki dan kemudahan, dan mana tahu disana ada rejeki saya, sehingga intinya semua ini adalah pilihan dan pada akhirnya apapun pilihan yang kau ambil maka saya yakinkan bahwa pilihan itu akan membantu saya mewujudkan cita2 saya, amin..

Wassalamualaikum

Read more »

10.24.2009

Kekonyolan Sebuah Cinta


Tulisan ini terinspirasi dari Note seorang kawan di kantor yang ia share di fb saya beberapa hari yang lalu, intinya tentang Sikap Umar Bin Khattab menghadapi kecerewetan istrinya, dan saya terkejut ketika seorang Umar Bin Khattab yang terkenal tegas dan sangar justru diam ketika dihujani keluhan dan omelan sang istrinya sampai akhirnya istrinya lelah 'berbicara' lalu beliau menasihati dengan canda tawa sehingga suasana keharmonisan tetap terjaga...

*hahahha.. inilah kalo Bujangan, feeling buat pengen segera 'cari kawan' kembali bergejolak ketika membaca cerita suka cita hidup berumah tangga*

Assalamualaikum kawan2 and dear all, apa kabar??? sebenarnya sudah lama mau nulis tentang postingan ini, cuman belum ketemu triggernya ya... ketahan teruslah, sampai akhirnya ngebaca note kawan saya itu, dan belum lagi disinii... hikss... akhwat2nya cantik2, membuat naluri lelaki saya melalui mata ini melompat2 pengen dipuaskan dan menuntut dilepaskan melesat seperti anak panah dari busurnya, dan semoga seorang wanita yang sampai sekarang telah menjadi pilihan saya untuk dinikahi kelak bisa memaklumi, dan satu kalimat saya untuknya adalah :'banyak wanita cantik di dunia ini, yang lebih cantik dirimu banyak, yang lebih kaya darimu juga banyak namun tak ada yang bisa lebih menenangkan hatiku selain dirimu dan dengan ini semoga kau bisa menghargai usaha ku untuk menempatkanmu dan mengingatkanmu selalu dihatiku setelah ALLAH.SWT, amin karena aku yakin kaupun setuju bahwa dengan cinta kita padaNYA akan membuat kita semakin saling mencintai :) '


hehehehe... before it is getting more serious and puts us into boredom
, sekarang saya mau menuliskan tentang pengamatan saya dari apa yang selalu saya lihat dari kisah dua orang yang saya cintai dalam kehidupan sekarang ini, tentunya yang saya amati bukan sekian banyak orang, bukan satu RT, ya paling dari baca2 cerita2 atau liat2 di internet atau kisah di keluarga saya sendiri hehehe..

Dalam cerita kehidupan sehari2 seorang laki2 yang menceburkan diri mereka dengan mencintai seorang wanita maka hidup mereka seperti seolah2 antara dua pola yang rutin terjadi yaitu: dibutuhkan dan dimarahi..

Ketika dalam suatu pernikahan seorang laki2 mengucapkan Ijab Qabul pernikahan, maka disitu terjadi pengambilalihan tanggung jawab penjagaan seorang wanita dari orang tuanya ke suaminya. dan dengan ini maka sang suami menjadi Laki2 yang sangat dibutuhkan sang istri sebagai tempat berteduh, berlindung, berbagi, bercerita dll. dan sebaliknya sang suami pun merasa bahagia karena akhirnya ada yang mencintainya, merawat anak2 kelak, mengatur uang belanja, menjagakan harta dan hasil kerja kerasnya, kawan berbagi+bercerita setelah seharian penat bekerja dan lain lain. namun semanis inikah???? hahahhaha.... tentu tidak?? dan why is it so????? well, let us check it out..

mmhhh... coba kalau kita balik sedikit ke bagaimana Bunda Hawa diciptakan yaitu dari tulang rusuk kiri Ayah kita semua kan, yaitu Nabi Adam,AS. dan tulang rusuk itu tentu tau semuanya bahwa itu bukanlah tulang yang lurus, bengkok yang ada. akan patah jika terpaksa diluruskan atau tetap bengkok dan mengganggu jika didiamkan..


lalu kenapa???? salah??? terus mau diapakan???


hehehe...secara saya belum nikah dan daripada memberikan jawaban2 yang idealis dan teoritis namun sulit secara kenyataan, maka ijinkan saya memberikan jawaban dalam bentuk kejadian yang pernah saya lihat dan yang pernah saya baca.. hehehe... ok, dalam kehidupan pernikahan yang saya lihat.. setelah hitungan bulan menjelang tahun telah berlalu maka disitu muncul keadaan dimana beragam tuntutan mulai muncul dan kepenatan bisa terjadi, wajar... namanya juga manusia, namun luar biasa jika cinta itu tetap tertahankan sampai akhir usia dan menjelang tutup usia, hehehe.. dan dari kejadian yang pernah saya lihat, biasanya seiring waktu berjalan maka seorang ibu biasanya menjadi cerewet dan penuh aturan yang ingin mereka terapkan untuk anak dan suami mereka..

hahahah... biasanya suaminya menurut saja, modusnya menyenangkan hati sang istri, namun semakin sering diturutkan rupanya tuntutan semakin banyak dan ingin segera dipenuhi, well.. maksud saya tuntutan ini bukan uang atau harta tapi berupa sikap atau perilaku hidup. dan adakalanya sang suami menjadi bosan, dan akhirnya menanggapi dengan diam, dan kemudian yang terjadi adalah sang istri merasa tidak lagi diperhatikan dan tidak lagi dibutuhkan dan akhirnya menangis... lalu sang suami mendekati dan berjanji tidak akan lagi mengulangi... ok setelah beberapa bulan keadaan kembali normal, namun setelah itu tuntutan muncul lagi, suami bosan lagi dan istri menangis lagi, lalu suami minta maaf lagi, lalu baikan lagi dan begitu seterusnya.. sampai hahaha... sang suami bisa jadi mengalah dan akhirnya menjadi pendengar yang baik bagi omelan istrinya..

Namun benarkah demikian? bagaimana sikap sebaiknya yang harus diambil??? sementara saya tidak bisa menjawab karena saya tidak berpengalaman, kan belum nikahhh... tapi mungkin ada baiknya mencontoh sikap yang diambil Khalifah Umar Bin Khattab dengan memilih diam mendengarkan semuanya sambil memaklumi bahwa sesekali sang istri butuh untuk menumpahkan semua uneg2nya dan suami pun baiknya diam sambil memahami dan memikirkan semua kebaikan dan keunggulan sang istri yang sangat berharga dalam kehidupannya, dan ketika keadaan telah kembali normal maka saat itulah kedewasaan dan ketenagan seorang laki2 berperan dengan mendekati sang istri lalu menasihatinya dengan cara yang santai dibawa bercanda agar tidak menyinggung perasaanya..hehehhe..

Wassalamualaikum

Read more »

10.23.2009

Genting dan Beberapa Paradoks


Kota ini mungkin sedikit mirip mirip dengan wilayah Puncak di Bandung, atau Batu di Malang.. tapi disini, di Genting Highland yang menyatakan diri sebagai City of Entertainment lebih komplelks dan beragam dari sekedar suhu udara yang dingin dan jalan liku yang terus menanjak... MySpace

Assalamualaikum, pagi ini saya update blog lagi ahhh .. (dapat percikan Wifi dari toko sebelah yang masih tutup, hahahha.. gak peduli didepan sini orang lalu lalang) dan ketika menyadari waktu pagi ini terbangun di hari Jumat, saya berpikir adakah disini Masjid untuk sholat Jumat, saya khawatir disini tidak ada.. MySpace ya meskipun Malaysia juga adalah negara Islam, namun sekarang saya ada di Genting, suatu wilayah yang sarat dengan dunia Hiburan... hahaha jadi kemaren sore waktu keluar mau cari Surau/Musholla dikasih tunjuk oleh pelayan di hotel sini, bahwa dari lobi utama keluar dikit, ambil kanan terus naek katas kearah tangga..

cuman bukannya Musholla yang ketemu tapi malah sebuah tempat Casino Group berkumpul ...namun Alhamdulillah secara Bahasa saya tidak terlalu mengalami kesulitan karena bahasa Melayu biar sedikit juga ada mirip dengan Bahasa Baturaja, hanya beda logat.

Di sebelah hotel tempat saya tinggal ada sebuah gedung besar yang rupanya adalah sebuah Casino, dan ternyata memang Pemerintah sini melegalisasi perjudian diwilayah ini.. dan menurut pengakuan sopir Taksi yang kemaren mengantar kami, banyak juga orang2 dari negara tetangga yang datang kemari buat Judi, mungkin kah ini seperti Las Vegas di USA?ahh belum tau saya.. MySpace

cuman rasa2nya suatu pertanyaan terus berputar di kepala saya adalah mengapa dilegalkan?keuntungan apa yang didapat?ini muncul seperti paradok buat saya ketika sebagian orang di suatu tempat nun jauh disana berjuang mencari makan, namun ternyata disini ada suatu tempat dimana orang2 kaya menghamburkan uangnya untuk kesenangan pribadi atas nama Judi.. Well saya juga ga ada hal buat langsung menyatakan bahwa mereka tidak tau apa bahwa ada yang membutuhkan mereka diluar sana, namun rasanya tidak salah jika saya penasaran ingin tau apa yang mendorong mereka berbuat seperti itu..


(bagi yang tahu alasan legalisasinya, silahkan komen kemari ya.. hehehhe)


Ok, enough about this.. sekarang ada suatu hal lagi yang saya ingin sampaikan selama hampir satu hari saya disini bahwa saya belum pernah liat orang yang berludah atau membuang sampah sembarangan, dan saya memaklumi waktu saya liat di pengumuman hotel ada peringatan 'No Spitting' MySpace dann ini membuat saya berpikir bahwa mayoritas orang2 sni mematuhi peraturan yang telah dibuat, sehingga banyak hal yang menjadi teratur, dari hal kecil mulai dari ludah meludah, sampah dan satu lagi yang membuat saya takjub yaitu pemeliharaan mereka atas hutan alam, jadi sepanjang perjalanan dari terminal ke Genting Highland yang saya lihat sebagian besar adalah hutan hijau lebat, bukit bebatuan terjal dengan vegetasi yang alami.. dan wilayah ini dilindungi undang2.. denda dan hukuman menanti jika dilanggar..

Suatu hal yang patut dicontoh oleh negara kita.. semoga... hehhe.. inilah Genting, kota dengan banyak paradoks, tapi apapun yang saya lihat, kenyatannya adalah bahwa suatu harapan tetap ada untuk Indonesia menjadi baik kembali, dan harapan itu ada ditangan kita semua, dan semoga pemerintahan kita yang baru menyadari hal ini.. amin.. MySpace

Wassalamualaikum

Read more »

10.22.2009

BSE Goes to Malaysia


Waktu postingan ini diketik saya sedang di Cafe Starbuck di hotel The First World di Genting Highland, Malaysia. hehehe baru nyadar bahwa telkomselflash g bisa konek2 dari sini, mau sms ke keluarga di Baturaja dan kawan2 di Jakarta mahal rupanya, ya udah akhirnya dengan kedok minum di Starbuck (ditraktir, red) akhirnya dapat motif buat lama2 nikmatin Wifi gratis ngupdate Blog hari ini...

Assalamualaikum wr wb dan apa kabar kawan?well, sekitar tahun 1997 saya ke Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, Palembang Sumatera Selatan mengantar kepergian kakak perempuan saya yang diterima kerja di Malaysia, waktu mengantar sampai ke ruang antar terakhir saya duduk dipundak ayah saya, diangkatnya saya tinggi untuk memberi saya penglihatan perpisahan untuk kakak perempuan saya itu yang akan segera naek ke dalam pesawat mengantarnya ke Malaysia... dan sekarang cerita itu bergulir ke saya.. satu kata untuk itu kemudian adalah, Alhamdulillah..

Sesuai rencana sekitar 6 bulan lalu, akhirnya terlaksana juga, (beruntung bisa dengan waktu 6 bulan itu karena ada waktu buat nabung dan mempersiapkan banyak hal lainnya hehehe..) tadi pagi dari Jakarta pesawat Air Asia bertolak ke Malaysia pukul 6.15 pagi, well.. itu artinya jam 4 pagi harus sudah berangkat ke Bandara dari kos2an.. dan lebih awal lagi harus bangun.. and i got it done :D

ketika memasuki pesawat, saya baru menyadari bahwa saya tidak sempat makan pagi dan sukur salah seorang kawan bawa persediaan nasi uduk (hahahha.. dari sini kekonyolan saya dimulai :P) dan saya makanlah.. dan begitu setelah makan, kami semua langsung masuk ke boarding pass dan beberapa menit menunggu, akhirnya pesawat datang dann saya merasa ada sesuatu yang aneh di perut saya... dan baru ingat bahwa ini adalah cerita lanjutan tentang sarapan nasi uduk pedas tadi pagi sebelum berangkat..

Dan, untuk pertama kalinya saya... BAB di dalam pesawat, diantara rasa takut dan keinginnan kuat menyamankan diri selama 2-3 jam dalam perjalanan di pesawat, akhirnya yaa.. saya ketoilet dan ketika peristiwa berlangsung.. tiba2 pesawat goyang.. dan saya takut dan sambil membayangkan jika sesuatu yang tak diharapkan terjadi pada pesawat ini, saya harus siap jika media dikejutkan dengan berita ditemukannya seorang pemuda didalam pesawat tanpa celana.. hiks..hiks..



mmhh.. jangan sampe lah kejadian hehhee... masih banyak yang menunggukan saya soalnya.. dan saya belum kawin juga wkkwkwwkkwkwk..


Sampai akhirnya, saya keluar dari toilet pesawat dan begitu kembali lagi ketempat duduk ternyata sudah mau akan landing, dan it is a great time to have a sit so close the window that i can see a beatiful panorama outside there... dannn menjelang landing, all i can see is palm plantation
planted orderly
dan begitu landing.. mmhhh untuk pertama kalinya saya merasa jauh dari tanah air dan mungkin ini saatnya melihat dan merasakan bagaimana tanah air saya Indonesia dari luar sini.. Cerita pun dimulai..

Begitu turun dari tangga pesawat, semua penumpang masuk melalui pintu kedatangan (atau Melayunya, Ketibaan) dan langsung masuk ke bagian imigrasi untuk cek boardingpass dan paspor, kami semua mengantri namun ternyata areal antrinya dua baris semenrara petugasnya satu, akhirnya dengan 'sopan' semua pemegang foreigner passport, termasuk Indonesia diminta berdiri antri dalam satu barisan, well.. ok wakk.. tapi jangan lah kasar2 kayak gitu.. bisa diingatkan baek2.. lagipula areal antrinya yang gak jelas dan saat giliran saya yang datang dipanggil, dengan langkah PD, kepala berdiri tegak dan matar yang yakin nanar menatap tajam saya ucapkan :'Good Morning' sambil menyerahkan semua dokumen dan ketika dicek cocok sambil senyum serasa penuh wibawa saya ucapkan 'Thank You' lalu berjalan meninggalkan petugas imigrasi setempat...

Nah.. kan gak mungkin saya bisa survive dengan rupiah selama di sini,akhirnya say tukar ke RM di bank atau money changer di Bandaranya, dan saya serahkan Rp.500.000 dengan RM, dan guess what? i just got it back for RM 161.000,00- gilaa... serendah inikah mata uang negara saya dihargai.. hiks... :( :( (untuk pertama kalinya saya merasa bahwa negara saya sedikit under quality among others, dan saya sedih untuk hal ini, namun bagaimanapun inilah kenyataanya..sometimes i don't see it as i see others, i need to be realistic)... dari Bandara saya dan kawan2 naek Bus ke terminal pelepasan untuk melanjutkan langsung ke Genting dengan naek Taksi..

hahahahha.. di Taksi saya temukan bahwa nama sopirnya adalah Zainal Abidin Bin Gimin, dan pas saya tanya apakah ayah pak sopir ini adalah orang Jawa? iya jawab Iya.. dan keluarganya telah pindah dari Jawa sejak sekitar tahun 1920an ke Malaysia kala itu sampai akhirnta beranak pinak di negeri ini.. perjalanan terus berlanjut diiringi beragam cerita dan panorama, medan yang meliuk2 terjal sampai akhirnya tiba di sebuah kota diatas gunung, yang terkenal dengan nama Genting Highland, ya disinilah itu..

inilah cerita pertama saya di hari pertama ini dan semoga besok bisa update terus untuk menjadi catatan hidup dikala pertama kalinya ini saya ke mari dan pertama kalinya pula ngeblog dari Luar negeri, dan BSE goes Asia.. dan dimanapun saya berada Indonesia, aku cinta padamu, kau Tanah Airku.. serta buat kawan2 terima kasih untuk tetap telah membaca BSE dan silahkan komentarnya ya, akan saya balas begitu saya online kembali

Wassalamualaikum

Read more »

10.21.2009

Jadilah Tuli Maka Majulah.


Kala itu sekitar pertengahan tahun 2006, saya yang masih baru di kantor,kemudian saya diajak ikut rapat yang dipimpin oleh seorang atasan saya. Begitu rapat sudah selesai, menjelang penutupan rapat, beliau menunjukkan slide tentang cerita seekor katak kecil yang mengikuti perlombaan melompati suatu menara hingga ke puncak, diantara sekian banyak pesaingnya yang telah berjatuhan, ia terus dilemahkan semangatnya oleh katak2 dibawah dengan mengatakan kata2 yang tidak mendukung, menertawakan juga meremehkan. Namun sampai akhirnya sang katak sampai kepuncak, semua terperanjat dan bertanya, how come can it be? Rupanya sang katak itu tuli sehingga sama sekali tidak pernah dapat mendengarkan teriakkan atau omong kosong pelemah semangat para katak lain dari bawah menara. MySpace

Assalamualaikum kawan2? apa kabar?? Hope the very best to you all... hehehehe... well gini friends.. setiap orang punya hobi atau kegemaran masing, saya juga.. hobi saya adalah menulis, dan menurut saya ini adalah keturunan dari kedua orang tua saya, Ibu saya sangat rajin dan teliti menulis catatan belanja dan laporan keuangan rumah sementara ayah saya menyambi kerja dengan menjadi seorang wartawan sekaligus penulis lepas di salah satu media massa di Sumatera Selatan.

Ok, frankly speaking.. kalau sekarang saya punya blog yaa... mungkin bisa dibilang ini adalah salah satu media untuk menumpahkan hasrat saya untuk menulis, well.. meski kadang isinya hanya hal2 yang ringan, renyah tapi bukan semata melulu tentang curhatan pribadi,atau kegiatan rutin saya yang di-blog-kan i promise, you wil get more.., karena saya senang mengamati kejadian yang ada disekitar saya, mengenang kejadian yang saya alami di masa lampau, bermain methapora dengannya, menganalogikannya sampai akhirnya menuju suatu kesimpulan yang sedikit berfilosofi tanpa meninggalkan kesadaran bahwa saya bukanlah manusia sempurna yang tanpa cela dalam sehari2nya sehingga saya mencoba menjauhkan diri dari kesan menggurui, well it is about sharing and you can pick me up if you wanna discuss it more :)

Keseharian bergumul dengan blogging membuat saya dengan puas membahasakan pikiran saya kedalam bentuk yang lebih mudah dipahami dan ditanggapi (hahaha.. dalam blogging tanggapan dalam bentuk komentar adalah harta berharga yang didamba authornya :P) MySpace sehingga banyak hal yang saya paksa saya bekerja dalam hal ini, yaitu pertama otak saya, yaitu bagaimana saya berpikir bahwa suatu peristiwa ini memiliki nilai pelajaran yang bisa dijadikan ide tulisan, kemudian otak saya juga saya minta bekerja untuk mengubah sinyal2 pemahaman itu kedalam bentuk huruf yang akhirnya terangkai menjadi kalimat, paragrap dan siap posting. setelah itu apakah cukup sampai disini?? No..!!! tulisan kita itu perlu diterbitkan di dalam blog kita dan blog itu sendiri perlu dirawat, perawatan yang baik adalah perawatan yang mencerminkan bahwa kita sebagai author senantiasa menjenguknya, mengupdatenya dengan postingan2 yang baru dan tak terlalu jauh jarak tanggalnya dengan tanggal postingan terakhir..

dan jika kita berbicara masalah ini maka saya memasuki wilayah konsistensi atau ketekunan atau kesabaran. bagaimana saya mengalahkan rasa malas dan mengontrol diri agar tidak kebablasan sehingga tidak habis ide atau juga mengontrol diri agar blog yang saya miliki tidak menjadi seolah mati suri..


kemudian yang tak kalah penting adalah menghargai tulisan saya itu, hahahhaa... it is not a matter of money broo.. MySpace it is just about the action you need to make your writing be worth reading.. yaitu dengan promosi, hahaha.. ya gak juga sih jadi kayak sales yang door-to-door tapi manfaatkan jaringan pertemanan yang ada, gunakan media cyber society buat mempublish alamatnya, seperti di facebook yang bisa menampilkan field website di main displayed profile per accountnya dan secara iseng bisalah saya sisipkan di dalam pembicaraan dengan kawan sejawat, khususnya jika dengan suatu tema yang saya buat kebetulan sang kawan punya ketertarikan.

dan mengenai promosi atau memperkenalkan ini sebenarnya sudah ada metode melalui internet, system back link dari google juga bisa, namun selain itu bisa juga kita lakukan sendiri dengan membagi2kan link kepada kawan2 dekat untuk setiap posting yang saya buat.

dan friends.. melakukan ini ternyata tidak mudah, it takes your bravery and consistency, hahaha.. i am used to being considered strange at first and as the time pass me by, my hardwork had been paying off at the end dan dalam melakukan ini tidak perlu malu, kenapa harus malu untuk satu hal yang positif dan hasil kreativitas kita sendiri? MySpace kenapa mesti malu jika ditertawakan atas hasil karya yang terbentuk karena ketekunan atau konsistensi dan kesabaran?hehehe

Saya bertanya kepada diri saya sendiri (hahahah bukan ngomong sendiri, terus yang ada rekaman suaranya seperti di sinitrun2 di TV yaa..), ngapain ya tujuan saya bikin blog BSE ini?ya tak lain tak bukan buat catatan hidup saja, dan sambil menikmatinya maka pelan2 saya sedang mengasah sifat tekun dan sabar saya untuk mempertahankan kebiasaan baik ini. dan tanpa saya sadari saya sedang mempertajam writing skill saya juga, MySpace and i am so sure of this saying by Alva Edison that genius is 1% talent and 99% hard work. jadi why do i need to hear deeply their discouraging words?because it is no need.. and i will not go back even just one single step, because all their destructive words are really in vain to me

Hahaha..jika ingat semua destructive words yang pernah saya dengar dan baik langsung atau tidak tertuju pada BSE maka saya hanya tersenyum, dan bertanya mengapa mereka mengatakan itu??ahh.. bukan urusan saya lah itu.. hahaha..karena urusan saya adalah bagaimana saya menjadi blogger yang aktif dan bertanggung jawab dan sebenarnya saya justru ingin mengucapkan terima kasih kepada mereka karena mereka telah mengingatkan saya pada cerita katak tuli yang telah berhasil mencapai puncak menara. MySpace Dengan demikian... buat saya dan blog saya ini serta kepada kawan2 blogger dimanapun berada... satu kalimat 'Jadilah Tuli Maka Majulah :D'

Wassalamualaikum

Read more »

10.20.2009

Wajah Baru NKRI-ku


Hari ini RI-1 dan RI-2 dilantik di gedung MPR/DPR Senayan (sini deket siniii, dekat kantor saya) dan mungkin besok menteri-menteri para pembantu presiden bakal diumumkan.. Selamat kepada bapak-bapak dan ibu-ibu sekalian untuk kesempatan kembali menjadi/menjadi pengemban tanggung jawab 220juta lebih rakyat Indonesia.. MySpace

Assalamualaikum wr wb and dear all kawan.. sebenarnya saya ragu untuk judul yang saya ambilkan buat postingan kali ini, apakah benar pemerintahan yang baru ini (meski beberapa diisi oleh wajah lama) bisa memberikan kebaikan yang lebih baik bagi negara ini untuk paling tidak 5 tahun kedepan, atauuu mampu menanamkan benih kebijakan yang manfaatnya bisa terasa >5tahun kedepan kemudiannya.

Meski tidak bisa dipungkiri bahwa banyak anggapan,kepentingan,kasus atau kejadian lampau lainnya yang menjadikan sebagian orang bertanya2 termasuk saya why that position goes to him/her'


Nahh sekarang yang dibutuhkan kita ini apa?saya sebagai satu dari sekian ratus juta penduduk NKRI ini mengatakan bahwa secara pribadi yang saya butuhkan sebagai warga negara adalah: kehidupan yang sejahtera (gak mestilah kaya, yang penting cukup dan ada), kehidupan yang adil dan aman (gak mestilah diiringi bodyguard berpangkat atau perlakuan istimewa, yang penting samaratakan saja keamanan dan keadilan itu untuk semua) dan kehidupan yang rapi (mudah kan semua urusan pemenuhan hak dan kewajiban bagi semua), mungkin jika saya bapak2 dan ibu2 pejabat itu membaca ini, mereka bingung?? ini maksudnyaaa apaa??? yaa.. silahkan diterjemahkan sendiri ya..

Pesimisme masyarakat terhadap pemerintah bisa membuahkan sikap tak acuh pada apapun yang pemerintah katakan, karena masyarakat sendiri merasa tidak pernah diacuhkan oleh pemerintah, sesuai kan?? sebandingkan?? dan awalnya memang harus pemerintah dulu yang mendengar baru mereka akan didengar, bukan mereka itu menjadi sesuatu itu karena rakyat, hehehe..

Ok.. gitulah kiranya mengenai keinginan saya yang tersimpul dalam uraian kata dari apa yang dirasa, didengar dan dilihat selama ini.

Well, Now we'are back to inauguration that held today. Negara ini negara demokrasi, namun sejauh apakah demokrasi dinegara ini sudah berjalan?ukurannya apa ya??? namun saat tadi pagi saya baca detik.com, seorang ahli mengatakan bahwa rasa saling menghormati dan mendukung dari sesama pribadi yang pernah menjadi pejabat dinegeri ini adalah sedikit dari salah satu ukuran. Mengenai rasa saling menghormati disini bentuk nyatanya adalah simpelnya terkait dengan pelantikan itu mungkinn menghadiri acara pelantikan itu ya.. Semua mantan presiden di NKRI ini dengar kabar diundang ke Senayan, namun apakah mereka akan datang? MySpace kedatangan mereka buat saya adalah bentuk dukungan mereka terhadap usaha untuk memperbaiki NKRI ini.

Namun sudah menjadi tradisi bahwa beberapa mantan presiden dinegeri ini tidak/enggan untuk datang, mungkin diantara mereka masih menyimpan luka lama terhadap lawan politik mereka itu ketika mereka dikalahkan atau diturunkan dalam keadaan yang emosional dan terguncang.Jika ditanya mengapa bisa begitu?? jawabannya banyak.. dan inilah mungkin konsekuensi politik, dimana dalam usaha pencapaian sesuatu tidak ada istilah kawan atau lawan yang abadi, namun kepentingan yang abadi. MySpace Tapi.. dalam kondisi yang sekarang ini, ketika pemenang telah ditentukan, dan ia pun akan dilantik, mungkin buat beberapa mereka yang dikalahkan, adalah berat untuk menerima dan mengakuinya, namun bagaimanapun sampai kapan akan terus seperti ini.

Mungkin yang terbaik adalah dengan memaafkan yang telah lalu, dan ketika memaafkan atau meminta maaf memang tidak akan pernah mengubah masa lalu namun paling tidak bisa menjanjikan masa depan yang lebih baik demi kesejahteraan bersama NKRI ini,amin.
MySpace

Wassalamualaikum

P.S:
----
Selamat untuk SBY-Boediono sebagai Presiden dan Wapres terpilih 2009-2014
Salam hormat bangga dan kagum saya untuk JK atas kelapangan dan keikhlasanya saat melepas jabatan sebagai Wapres NKRI 2004-2009
Buat Bu Mega...semoga bisa seperti Pak JK juga...

Read more »

10.19.2009

Garang Jika di Alam Cyber


Sekilas dia itu kaku, pendiam dan lugu, gak ada tanda2 karakter yang menonjol seperti orang yang suka bicara, jauh lagi dengan kecenderungan untuk menjadi show off, bahkan ia pemalu, pendiam dan hemat dalam berbicara, Tapi jika ia sudah menemukan dunianya dalam forum2 didunia maya, maka ia hehehe.. berubah menjadi garang dan lincah... kenapa bisa begitu?? gak tau lah.. tapi yang pasti saya amati biasanya memang gitu, orang2 cenderung jadi diluar kebiasaan mereka jika sudah memasuki alam maya.. MySpace

Assalamualaikum wr wb kawan2 dan pagi semua MySpace hmmhh kawan2 pernah chatting??mmhh maksudnya saya bukan nonton film komedi Chatting yang ada di TPI yang dimainkan si Bedu hehehe.. tapi ya chatting beneran paka apapun media nya, bisa YM, GTalk, Skype, dll. saya pernah dan kebetulan kawan chat nya adalah orang yang saya kenal, meski gak akrab2 betul.


Cuman sebaliknya dia gak tau saya, lagipula dia merasa tidak ada yang mengenali dia, dia pakai nama palsu/samaran. cuman sayangnya saya tau bahwa nama samaran itu adalah dia.


Lama-lama saya perhatikan kok si kawan ini lebih 'rame' kl di chatting ya, sementara setiap hari ketemu, gayanya biasa, malah kesannya cool dan pendiam.. hahaha.. aneh juga ini, dunianya laen daripada yang laen. mungkin memang hobi dia saya pikir waktu itu, bulan lepas bulan kemudian muncullah facebook dari sini pengamatan saya menguat kesimpulannya, karena semakin banyak orang2 yang kelakuannya sama kayak si kawan saya yang tadi itu, buktinya kalo lagi pasang status di facebook kawan2 yang gak diduga2 dtg ngasih komen (makasih juga ni hehehe) dan kalo saya balas, masih dibalasin juga sama mereka, nahh balasan2nya itu biasanya dengan kata2 yang aneh, lucu ga keliatan dari kepribadian masing2, g nyangka kalo mereka bisa bermain2 seperti itu..(hehehe..sepertinya saya juga gitu)

Saya bertanya pada diri sendiri?kenapa bisa begitu ya?apa orang2 merasa lebih aman ya kalo mereka muncul dengan identitas samaran, atau nama2 yang aneh yang tidak bertemu langsung dengan kawan bicaranya. tapi kalo aman, aman dari apa atau dari siapa??heheh... jangan2 aman dari kejaran kalo suatu kali mengutarakan hal2 butuh dipertanggungjawabkan mungkin ya.. lalu lari dan hilang jejak. MySpace hehehehe.. kemudian seharusnya gimana ya yang enaknya? hmmhh... mungkin gini, kalo didunia maya itu mau kita pakai nama apapun itu hak kita, begitu juga mau posting apapun atau menulis apapun itu juga hak kita. Tapiiii... biar kata ini dunia maya, maka dalam hal dengan dunia nyata ada dua persamaan, yaitu tidak dibenarkan melanggar hak orang lain. Dan harus berani bertanggung jawab untuk apa yang dibuat, jadi dengan begitu status kita dengan identitas yang samaran itu juga punya kesan yang baik juga dimata yang lain. MySpace

Yaa... kalau begitu saya sebaiknya mulai komitmen untuk menuliskan hal yang dapat dipertanggungjawabkan dan tidak mengusik orang lain, kalau pun sedikit menyinggung atau nyebut merk mungkin sebaiknya ijin dulu mungkin hehhe.. takut ybs kurang berkenan. Apalagi jika tujuannya baik, insyaALLAH akhirnya juga baik gak ada gontok2an didunia maya apalagi kebawa di dunia nyata..jangannlahhh... hahaha dan untuk kawan saya yang diceritakan diatas sekarang akhirnya dia tau bahwa orang2 sudah banyak mengenal id samaran dia, akibatnya.. hehehehe.. bisa ditebak sendiri. MySpace

Wassalamualaikum

P.S:
-----
Gambar diambil dari http://qanita.files.wordpress.com/2009/03/internet.jpg

Read more »

10.18.2009

Dari TMII: Acara Halal Bihalal


Sekarang saya baru paham kenapa dulu nenek saya sangat suka sekali menyimpan guci2 kuno antik (bukan yang guci cina yang banyak motif2 naga nya, tapi dari tanah liat yang seadanya dicat dan diplitur saja) rupanya itu adalah kebiasaan dari dulu di Baturaja, Ya..Baturaja adalah bagian kecil dari NKRI ini, yang dengan kehadirannya telah menjadi salah satu unsur Bhineka dan diharapkan bisa selalu menjagakan ke-Tunggal Ika-an negeri ini..

Adalah Ikatan Alumni SMA 1 Baturaja Sejabodetabek yang pada hari ini mengadakan acara Halal Bihalal di TMII Anjungan Sumatera Selatan. Merasa Diundang, Sayapun menghadirkan diri... (ini paragrap satu dan kedua ini nyambung gak ya??? hehehehe..)

Assalamualaikum wr wb kawan2, apa kabar???Hari ini saya ke Taman Mini dengan HTM Rp.15000 buat pengendara Motor (penting son????) sesuai dengan undangan dari FB sejak pekan lalu, acaranya Halal Bihalal dan Temu Kangen Alumni SMA N 1 Baturaja yang sekarang berdomisili di Jabodetabek untuk semua angkatan, saya yang tadinya merasa tua diantara adik2 kelas kini boleh sedikir berbangga karena menjadi salah satu angkatan termuda yang menghadiri acara ini, bayangkan coba jika diname tag para hadirin tertulis nama dan angkatan, maka angka yang tertera disitu adalah '70,'73,'77,'79,'82,'84,'90,'91,'93,'98, dan saya 2004 serta ada juga satu yang angkatan 2005. MySpace

MySpace
serasa muda...serasa lugu...serasa enerjik menjadi PHB (Pemuda Harapan Bangsa) hahahaha..


Setibanya disana, setelah pake acara kesasar keliling Taman Mini nyari anjungan TKP dl tentunya, saya parkir di bawah rumah anjungannya (well... rumah adat Sumatera Selatan itu adalah Rumah Panggung, kata nenek saya kenapa dibuat seperti itu, karena dulu di Baturaja binatang buas, jadi untuk berlindung dibuat designnya seperti itu) lalu naek ke atas buat registrasi dan begitu masuk ke anjungannya, suasana dengan nilai kedaerahan kental nian terasa, alam pikiran saya seperti tertarik mundur seperti saya masuk kerumah saya sendiri diBaturaja sana, dimana design nya, perabotannya, warna dominan catnya, kasurnya, tangganya mengingatkan saya dengan pemandangan yang sangat akrab dengan era 90an waktu saya masih kecil dan nenek saya masih ada diantara kami (FYI, i have never met my grandfather, he passed away long before i was born)... MySpace

Menit lepas menit sambil menunggukan kedatangan yang laen, saya keliling ke penjuru ruangan sampai ke halaman depan belakang samping kiri kanan buat poto2, minta bantuan ke beberapa orang buat ambilkan poto saya,MySpace dan begitu terus sampai beberapa kawan satu angkatan berdatangan..setelah yang datang cukup banyak, akhirnya acara dibuka oleh sesepuh dengan menceritakan awal muasal terbntuknya IKA SMA 1 Baturaja ini, kegiatan yang telah dijalankan, penggunaan anggaran serta keanggotaan, diantara banyak yang hadir banyak yang saya lihat sudah menjadi berhasil dalam karirnya, entah itu Wirausaha, Swatsa, PNS (beberapa jadi atasan saya meski beda unit :D), ABRI, atau Ibu Rumah Tangga (Jadi Ibu Rumah Tangga itu tak mudah kata mamak saya, karena itu ini juga adalah profesi :D).. Ada satu yang kini sebentar lagi akan sidang doktoral di Den Haag Belanda dari pembiayaan pemerintah Mesir. Dulu katanya rajin membaca buku sampe akhirnya dapat beasiswa..

Lepas Pembukaan, dilanjutkan dengan Halal Bihalal ke semua hadirin keliling ke semuanya.. dan setelah itu dilanjutkan dengan acara santai sambil makan2 makanan khas Sumatera Selatan, MySpace dan mau tau acara santainya apa??? hehehhe.. buat yang asli Baturaje (iya logat aslinya dibaca dengan 'e' nya melayu) pasti akrab dengan permaenan muda-mudi Baturaja era 80-90an yaitu "Ningku'an" yaitu permainan lempar selendang atau kandok bahasa Baturajanya, Selendang ini dilempar terus menerus ke semua diiringi musik yang ceria dan jika musik berhenti tepat di seseorang yang sedang memegang selendang, maka orang itulah yang menjadi korban, hukumannya disuruh maju kedepan diminta ambil kertas pertanyaan yang aneh2.. seperti misalnya 'apa kenakalan kamu yang paling kamu ingat semasa sekolah??' atau 'Siapa nama guru yang paling kamu takuti SMA dl??' atau pertanyaan lain khas muda-mudi remaja ABG..

hahahha.. tapi berhubung yang datang adalah mereka yang telah melewati masa2 ABG, maka semuanya hanya bisa menjawab berdasarkan kenangan, dan yang saya ketahui permainan ini memang sudah jarang karena mungkin sudah tergilas jaman dan perkembangan mode dsb. Mereka yang datang melakukannya sambil tertawa gembira bernostalgia mengingat era remaja mereka.. saya???hahaha kala itu masih bocah ingusan.. ikut menang aja makan gratis kalo ada acara yang beginian..hahhaha.. MySpace

Setelah itu adalah sesi menyanyi-nyanyi lagu daerah, orkes digelar.. MySpace ahhh serasa mudik nehhh... suasana2 seperti ini, khas Baturaja nian..hahahha... buat mereka yang berbakat nyanyi dan masih hapal dan ingat lagu Daerah Baturaja maka silahkan tampil kedepan dan ada kawan saya yang maju untuk bernyanyi dan saya sibuk mengabadikan momen jarang ini..hehhhe...

Tak terasa hari sudah siang... saatnya pulang sayapun berpamitan setelah bertukar nomor HP ke kawan2 yang lainnya. rencananya acara ini akan diadakan setiap tahun H+3 di Baturaja dan beberapa waktu kemudian di Jakarta. dan kepengurusan yang baru juga akan dibentuk untuk regenarasi. Musik khas Baturaja (Melayu) tetap berputar mengiringi saya yang pulang meninggalkan anjungan Sumatera Selatan TMII. Lumayanlah hari ini untuk warna yang baru, cerita baru dan penglihatan2 yang baru pula.

Wassalamualaikum

Read more »