4.29.2009

Turut Serta Berbicara Politik :)


Assalamualaikum dan selamat siang saudara2.. Erikson Wijaya, seorang blogger pendatang baru di dunia maya ini, kini telah memperlebar sayap dengan menerbitkan tulisan2 yang berbau politik, apa yang melandasinya melakukan ini semua?aji mumpungkah?atau panggilan nuraninya sebagai generasi muda bangsa Indonesia, saudara2 jangan kemana-mana,karena semua akan dikupas secara tajam dalam BSE ini, setajam silet, bersama saya Feni Rose yang akan menemani anda kurang lebih 2 jam kedepan... jangan kemana2..

wkwkwkw..ide pengantar seperti itu muncul secara mendadak, nge-pop-up gitu, ketika saya sedang iseng2 mencari ide mau bikin postingan tentang apa, akhirnya kepikiran juga buat nulis yang bau2 politik, sejujurnya saya ini kurang telalu paham tentang politik, gak terlalu suka berpolitik (versi narsisnya: saya ini terlalu lugu untuk maen politik :P), tapi kalo ditanya oleh orang bule :'Mr Erikson, what politics means to you?' saya punya jawaban sendiri yang inspirasi pemahamanya didapet dari nonton dvd dan baca buku2 sejarah (wahhh.. jauh amat nyimpanngnya, heheh, kan da
dibilang saya ini gak paham2 amat tentang politik)

politik itu sejujurnya bagi saya, ibaratnya kalo kita masukkin keyword ke google dengan kata Politik, maka yang keluar itu adalah serentetan kata2 seperti:kekuasaan, jabatan, cari muka, saling memanfaatkan, adu kepentingan, harta, dsb. tu gak ada benernya kan... ya saya gak mau nyalahin tokoh2 politik kita yang mungkin karena adab mereka berpolitik membuat saya dan mungkin yang laen kebentuk pikirannya bahwa politik identik dengan hal2 itu... daripada saya sibuk nyalahin mereka mendingan saya mikir sebaiknya ini itunya gimana ya.. hehehe, nah.. tapi kalau idealnya sih, politik itu menurut saya adalah sarana, atau aspek yang yang harus dipenuhi buat mencapai cita2 negara.. jadi kalo statusnya sudah ditetapkan sebagai sarana, berarti mestinya yang ngurus2 politik itu harus bekerja sama buat mencapai cita2 negara, yang juga cita2 bersama. hmm.. orientasinya bukan lagi kekuasaan, jabatan atau saling memanfaatkan.

sebagai sarana, berarti dalam hidup berpolitik itu semuanya harus bersatu, untuk mempercepat perwujudan cita2 tadi itu, cuman sebagai penonton kehidupan poltik (maklum penonton selalu lebih hebat dari pemaen) kelihatanya banyakan sekarang, pemaen2 politik lebih banyak aksi saling salah menyalahkan, sindir2an, merasa paling pantas buat jadi yang terdepan, dll. asal sama kepentingannya ayo gabung, asal besebrangan sudah pergi jauh, ini politik bung!!!sebenarnya secara tidak langsung,hal2 seperti ini memberi contoh pendidikan poltik yang kurang baik bagi rakyat, seni berpolitik jadi di lewatkan, berpolitik menjadi tidak anggun dan tidak santun. (aii.. serius nian sonnn :P)akhirnya tidak ada kegiatan saling dukung, saling bersatu, akhirnya lagi rakyat yang jadi bingung, ada yang bener bingung, ada yang cuek, ada yang sibuk ambil dan cari kesempatan ada juga yang jadinya benci dan merasa dizalimi.

son..son... katanya inspirasinya dapet dari DVD ama baca buku?mana DVD nya??mana bukunya???

jadi, kemaren sempat baca buku karangannya Donald K Emerson, judulnya 'Indonesia Beyond Soeharto' disitu diceritakan tentang perseteruan dua jenderal besar yang dikarenakan kecendrungan politik, namun kenyatannya sekarang mereka malah bersatu karena politik, pada saat itu negara kita baru lahir dari rahim reformasi 1998, cita2 reformasi untuk merombak total pemerintahan, menyebabkan kedua jenderal ini sempat lenyap sejenak dari gaung kehidupan politik negara kita, namun dikarenakan sekarang mereka punya kepentingan yang sama, akhirnya bergabung lagi.. jadi ingat kata kawan bapak saya dulu, yang saat itu saya sempat nguping obrolan mereka, dibilangnya bahwa dalam politik gak ada kawan ataupun musuh abadi.

waktu sekolah dulu, nilai PPKn di raport saya gak pernah merah, jadi saya taulahh.. bahwa cita2 negara kita ini salah satunya adalah mewujudkan kehidupan masyarakat yang sejahtera dan terpenuhi kebutuhan dasarnya (sandang, pangan dan papannya) nah.. jadinya cita2 inilah yang harus diperjuangkan/menjadi tujuan dalam perjalanan kendaraan2 politik, entah itu warnanya merah, biru atau kuning untuk bisa dicapai dan diwujudkan, karena mereka juga ada karena rakyat dan bakal gak ada juga kalo rakyat da merasa dikecewakan, begitukan? mungkin rakyat2 itu (termasuk saya dan kita) adalah hal2 yang paling dicari simpati dalam situasi tertentu, namun melihat dari pengalaman yang sudah2 bisa jadi juga dilupakan begitu situasi itu berlalu. yang seperti inilah yang bisa membuat rakyat marah dan kecewa yang bisa jadi juga memunculkan kemarahannya lewat aksi pemberontakan atau peralihan ke tokoh2 baru
yang bisa membawa harapan.

Dulu, pejuang2 kebanggaan bangsa kita seperti Jenderal Sudirman misalnya telah berhasil mengusir para penjajah tak tau malu itu dengan semangat tangguh dan niat suci tak terperi. Perjuangan, kegigihan dan anti-menyerah mereka adalah aset besar yang tak terlihat yang mesti baek2 kita jaga supaya tetap tertanam di dalam dada kita, dan semestinya juga tetap tertanam di dada mereka pemaen2 politik negara supaya mereka dan kita tetap terjaga dalam usaha mencapai cita2 negara, memang sih.. perjuangan yang tak kalah besar juga adalah perjuangan melawan ego, melepas rasa gengsi dan membuang rasa iri+bibit2 permusuhan supaya tetap kita bisa berjalan bergandengan tangan karena kepentingan bersama.



kemaren sempat nonton film perjuangannya Ernesto Ghuevara,mahasiswa kedokteran yang banting stir ke politik,saya baru jadi paham bahwa kenapa ia menjadi begitu terkenal dan menjadi lambang personifikasi perlawanan atas penjajahan, itu dikarenakan prinsip dia yang menjiwai kehidupannya bahwa ia punya alasan dalam kehidupan dia. yaitu untuk berjuang untuk membantu bangsa2 didunia melepaskan diri dari penjajahan dalam bentuk apapun, ketika ditanya asal, dia tidak pernah menjawab berasal dari Kuba, namun ia berkata ia berasal dari Philipina, Bolivia, Guetamala ataupun negara2 yang saat itu sedang dalam pergolakan untuk membebaskan diri dari penjajah dan agar rakyat2 bisa hidup makmur lepas dari penderitaan. sama persis seperti Soe Hok Gie pemikirannya hanya saja Gie berjuang lewat dunia jurnalistik dan pendidikan.



jadi kalo politik berarti sebuah usaha penghalalan segala cara, menabrak nilai2 kehidupan, maka saya berusaha menjauhkan diri dan menarik diri dari politik, namun jika politik adalah suatu upaya mewujudkan cita2 bangsa, maka saya adalah pemuda yang dalam bidang saya akan berjuang sebisa saya, dengan nilai2 kehidupan yang akan sebisa mungkin saya sertakan didalamnya. amin.

Wassalamualaikum

Read more »

4.27.2009

Shawsank Redemption


assalamualaikum...mmh..kawan2 mungkin pernah kebayang gak, terkurung dalam penjara (bahasa sopannya: direhabilitasi) selama kurang lebih 20 tahun karena kesalahan yang tidak kita lakukan, tentu saja enggak.. ngapain coba, ngebayangin yang begituan heheheh.... jadi akhir pekan lalu saya nonton film keluaran tahun 1994, yang udah kedua kalinya saya tonton, film ini saya dapetin dari seorang kawan yang punya banyak koleksi. film ini judulnya 'Shawsank Redemption' (kira2 artinya: pelarian diri dari Shawsank), Shawsank adalah nama suatu penjara yang disebutkan difilm itu sebagai penjara tempat pemeran utamanya ditahan, adanya di Amerika Serikat (gak tahu dinegara bagian mana tepatnya :P), dengan setting tahun mulai dari akhir 1940an-1960an...

cerita dimulai saat pemeran utamanya, bernama Andy Dufrense, dimasukkan ke penjara itu tahun 1946 dengan tuduhan pembunuhan menggunakan senjata api (pistol laras pendek), ketika pertama kali masuk ke penjara itu, semua tahanan disana menyambut gembira kawan2 baru mereka, salah satunya Andy. dan diceritakan di film itu bahwa awal2 kehidupan di Shawsank bagi mereka yang baru saja ditahan, adalah kehidupan yang berat dan menakutkan, dimana petugas sipir penjaranya berperilaku beringas dan kasar, dan makanan sehari2 bagi para tahanan tidak cukup pantas untuk disebut sebagai makanan yang sehat, belum lagi tantangan berkelahi dari tahanan senior agar tahanan baru (difilm itu istilahnya New Fish) bisa tunduk. sebagai seseorang dengan kehidupan yang tadinya mapan dan normal, Andy adalah seorang banker dan banyak paham tentang masalah keuangan, Andy Dufrense lebih banyak diam, yang dengan diamnya ternyata menarik perhatian seorang tahanan senior bernama Red...


Red dan Andy kemudian berteman baik, meskipun begitu Red sekalipun tidak pernah tahu bahwa Andy rupanya sedang menyusun rencana untuk melarikan diri dari penjara Shawsank, dengn cara yang tak pernah bisa dibayangkan siapapun saat itu. sementara semua orang di penjara itu mengenal Red sejak lama sebagai seorang yang piawai membawa masuk barang2 apapun yan dibutuhkan tahanan2 didalam penjara, termasuk Andy, asal diberikan imbalan dengan mark-up sekitar 20% untuk barang beresiko tinggi atau beberapa batang rokok saja untuk barang2 tak mengundang curiga. kehidupan di penjara shawsank sangat penuh rutinitas yang membuat semua tahanan diminta untuk mengerjakan hal2 yang positif, seperti;bersih2 lingkungan, menjadi buruh bangunan atau menjadi petugas jaga perpustakaan penjara. karena pada dasarnya kehidupan dipenjara sangat membosankan dan bisa2 membunuh tahanan secara psikis jika mereka dibiarkan diam tak ada kegiatan apapun. kondisi ini membuat Andy dan Red sering bertemu dan berbicara tentang apapun.

suatu hari Andy memintakan Red untuk membawakannya sebuah palu kecil berukuran sekitar 7 inch (i inchi=2,54cm) yang matanya tajam ,beberapa batu bara yang keras dan lembaran2 kertas amplas. Andy mengatakan bahwa ia hendak membuat ukiran2 pion2 catur seperti yang sering mereka berdua mainkan di wakrtu senggang. tanpa curiga, Red membantunya dan tanpa imbalan apapun yang ia minta kepada Andy.di lingkungan sehari2, meskipun tak banyak bicara, Andy memilki banyak teman, dikarenakan ia memiliki kecerdasan lantaran latar belakang pendiidkannya yang memadai, bahkan di penjara Shawsank ia diminta menjadi assisten seorang petugas perpustakaan bernama Brooks Hardley, yang sebebasanya nanti, digantikan oleh Andy sendiri. para petugas sipir penjara juga sering memintakan Andy untuk memberikan saran manajemen keuangan atas penghasilan mereka. yang dengan itu sesekali Andy mendapat hadiah yang kemudian lebih suka ia bagikan ke kawan2nya sesama tahanan, sehingga antar merekapun semakin akrab.

hitungan hari dan minggu berlalu, Andy menemui Red untuk memintakan bantua agar bisa dibawakan poster artis wanita berukuran besar agar bisa ia pajang di dinding kamar tahanannya, dan beberapa minggu kemudian poster yang ia pesankan datang, ia pajang segera kemudian poster itu. dalam melaksanakan tugasnya sebagai petugas jaga perpustakaan penjara, Andy melakukan banyak cara agar bisa menambah koleksi buku bacaan penjara itu, ia menulis surat ke yayasan2 yang ada di Negara bagian itu, serta memintakan bantuan donasi agar bisa digunakan untuk memperbaiki kondisi bangunan perpustakaan itu, dalam hitungan bulan koleksi buku2 bantuan pun berdatangan dan donasi juga terus mengalir ke penjara shawsank, namun rupanya, praktik korupsi terjadi di penjara itu, banyak donasi malah digunakan untuk kepentingan pribadi bukan untuk semestinya, dan sebagai petugas perpustakaan sekaligus tahanan, Andy tak bisa berbuat banyak walau ia tahu itu semua.ia hanya bisa menyimpan beberapa bukti penting tindakan korupsi itu kedalam jaket bajunya.

kurang lebih 20 tahun sudah Andy menjadi tahanan di Penjara Shawsank,pada suatu malam,yang menjadi malam terpenting dalam kehidupan Andy sebagai tahanan, Andy mulai menjalankan rencananya utnuk melarikan diri dari penjara Shawsank, beberapa hari sebelumnya ia telah memintakan kepada kawannya tali kuat dan cukup besar berukuran panjang 6 meter dan sebuah kantong plastik, setelah lampu kamar tahanan dimatikan, Andy bertindak. ia memasukkan semua dokumen bukti tindakan korupsi atas penyimpangan dana2 donasi kedalam plastik yang kemudian ia ikatkan di kakinya dengan kuat, lalu dengan pelan ia membuka poster kertas artis wanita didinding kamar tahannya, yang ternyata dibalik poster itu adalah terowongan panjang menuju keluar penjara shawsank, terowongan yang ia kikir dengan menggunakan palu dan batu yang ia dapat dari Red, setiap malam setelah lampu dimatikan, Andy mengikis sedikit demi sedikit dinding itu, dan setiap pagi, pasir2 bekas2 kikisan itu ia simpan didalam celanaya untuk kemudian ia bawa keluar dan dibuang sambil berjalan2 pura2 tak tahu di pelataran lapangan penjara shawsank, tak ada satu orang pun yang tahu bahwa ia merencanakan itu semua selama ini,sekalipun Red teman baiknya.

terowongan yang ia kikis sekitar 20an tahun itu ia telusuri malam itu juga, dengan menggunakan senter, ia melaluinya dan hingga ia pun harus menyusuri terowongan yang dalamnya adalah aliran kotoran2 dan limbah2 penjara shawsank dan akhirnya ia pun bebas setelah rupanya terowongan yang disusurinya mengantarkannya ke jalan keluar diluar penjara shawsank...bravo Andy!!!




keesokan paginya, semua petugas sipir penjara dikagetkan dengan larinya Andy, namun tanpa bekas pelarian yang ada di dalam kamar tahanannya, sehingga ketika poster wanita itu dibuka, baru terungkap bahwa ia melarikan diri melalui terowongan itu, semua tercengang, kemudian semua petugas sipir disibukkan dalam usaha2 menemukan Andy, sementara itu Andy dufrense, telah tiba disuatu kota untuk mengubah penampilannya menjadi seorang dengan pakaian rapi dan berdasi, dan ia sempatkan mengambil semua dokumen2 pentingnya dan kemudian mengantarkan barang2 bukti kejahatan korupsi di penjara Shawsank ke sebuah perusahaan ekspedisi untuk minta dikirimkan ke kantor polisi, waktu pun berlalu, di tahun yang sama, tahun 1967, beberapa bulan setelah Andy melarikan diri, Polisi setempat mendatangi kantor polisi untuk menangkap semua pejabat dan petugas sipir penjara Shawsank yang terlibat korupsi itu, kemudian semua nya digantikan dengan petugas yang baru.

Red, teman baik Andy, masih berstatus tahanan ketika ia menerima sebuah kartu pos dari seorang asing bernama Fort Hancock, dikirim dari Texas, kemudian Red teringat bahwa dulu Andy pernah meminta jika suatu saat Red dibebaskan, agar Red pergi ke Texas untuk mengambil sesuatu yang akan Andy titipkan disuatu tempat, jika Andy dibebaskan lebih dulu, Andy Dufrense selepas ia melarikan diri rupanya telah merubah identitasnya menjadi seorang Fort Hancock, yang beralamat tinggal di Texas, Red kemudian tak lama setelah menerima surat itu, sudah 40 tahun menjadi tahanan di Shawsank, oleh karena itu ia dibebaskan secara bersyarat. sebenarnya Red sendiri tidak mau dibebaskan, ia lebih suka hidup di penjara, karena diluar sana ia belum tentu bisa menjadi apa2, diterima masyarakat dan bergaul seperti orang normal kebanyakan, namun ia masih punya harapan untuk dapat mengambil titipan Andy yang ada di Texas, kemudian ia pergi ke negara bagian itu, lalu disuatu tempat disana, ia menemukan apa yang diititipkan Andy untuknya, yaitu sebuah surat yang memintanya ke suatu kota di Pasifik, tempat dimana Andy sekarang memulai kehidupannya, nama kotanya adalah Zihuatenajo.

mereka akhirnya bertemu kembali, di sebuah kota di Pasifik yang bernama Zihuatenajo, pemandangannya masyaALLAH sangat indah.. lautnya biru, dan pantainya berpasir bersih.. semuanya ternyata bermulai dari harapan, harapan adalah hal yang membuat Andy dan Red tetap hidup untuk hidup yang lebih baik ''harapan adalah hal yang baik, dan mungkin hal yang terbaik di dunia ini..'', kata Andy dalam suatu dialog kepada temannya, Red. dan bagi saya juga, harapan adalah suatu hal yang mendorong agar saya mau tetap berusaha dan berdoa, karena saya yakin bahwa ALLAH.SWT tidak akan menyia2kan doa, usaha dan harapan hamba2NYA, amin :D ... dan semoga kita tidak berputus harapan, ok??? hehhee...

Wassalamualaikum

Read more »

4.24.2009

Menghormati Sesama Kita :D


assalamualaikum.. kali ini saya akan menceritakan tentang beberapa orang di lingkungan kantor saya yang mungkin mereka sendiri bisa jadi tidak akan bisa membaca tulisan ini, karena mereka adalah orang2 yang sama sekali mungkin tidak mengenal apa itu blogspot, internet atau apalagi facebook, yang mereke kenal dalam sehari2 di lingkungan kantor adalah gagang sapu, kemoceng dan atau buku catatan keluar masuk tamu, karena mereka adalah; bapak2 petugas cleaning service d hmm..

saya ini ya, sekedar informasi, bukan orang yang selalu sadar dan lurus, ada kalanya saya agak sedikit terbelokkan sesekali, tapi tentu saja sebagai manusia yang ingin jadi baik, pasti ada saja yang bisa saya 'pahami dan temui' setiap kali saya menghadapi hal2 yang dikarenakan khilaf dan kebodohan saya, :P, jadi mumpung sekarang saya ini 'sedang bener' heheheh, saya ingin menuliskan postingan ini sebagai ucapan terima kasih saya kepada orang2 yang saya sebutkan diatas itu tadi, mana tau bisa juga jadi inspirasi bagi pembaca BSE (BlogSiErikson) ini bahwa setiap orang itu perlu kita hormati bukan karena pangkat atau jabatannya, tapi hehehe.. karena memang sudah menjadi hak kita selaku manusia buat dihormati dan sebaliknya juga kita punya kewajiban buat menghormati orang laennn :)

pada suatu siang sekitar jam 15.30an kl gak salah, jumat lalu, saya menyempatkan diri buat berpoto dengan petugas kebersihan diruangan saya, waktu mereka tanya, 'mau diapain mas potonya???emang ada apa sih kok pake dipoto segala mas?' saya jawab:'hehehe... mau erikson masukkan internet, tar kalo da jadi, erikson tunjukkan, tunggu ya.. :)', setelah itu dari kabel data dari kamerannya saya colokkan ke CPU PC kantor, saya copy gambar2 itu dan saya siapkan buat jadi bahan postingan ini.. (ee....baekk nian diaa eeeeee :D)..



sebenarnya bukan apa2 sih.. asal setiap pagi begitu sampe kantor, saya dapati meja saya sudah bersih, kertas2 yang tadinya rada2 berserakan sudah tertata rapi (rada apa sangat sonnn??wkwkwkwk) dan lantainya juga sudah bersih dari kotoran karena sepatu saya yang memang kotor, jadinya kalau begitu memulai hari kerja dengan kondisi 'dunia meja kerja saya' yang sedap diliat, tentunya sangat memberikan dorongan.. ketimbang kondisi yang 'really in a mess', paling gak, begitu pendapat saya.. bisa jadi bapak2 petugas bersih2 itu gak nyadari bahwa yang dilakukannya memberi dampak positif lebih bagi saya dan juga mungkin bagi kawan2 yang lain, yang dengan itu jadi tumbuh semangat dan tenang mengerjakan tugas2, dan bagi petugas pelayanan seperti kami, kondisi ini juga berdampak berantai terhadap pelayanan ke kantor2 laen kan.. hehhee.., dalam sesekali waktu, ketika saya tiba dikantor lebih awal sesekali, saya sering melihat mereka, petugas cleaning service itu menjaga toilet agar tetap wangi dan 'layak dikunjungi', pernah saya melihat beberapa dari mereka membersihkan celah2 antara keramik lantai yang telah ditutupi kerak2 yang mengeras, lalu mereka membersihkannya dengan menyikat menggunakan sikat gigi, sehingga lantai toilet dikantor saya menjadi tampak baru... atau ketika mereka menyikat urinoir agar bersih dan tidak berbau..

saya sempat juga kepikiran, ya.. itu emang tugas mereka kali.. mereka digaji buat ngerjain itu.. tapi kurang kena aja rasanya kalo saya prinsipnya seperti itu, bukannya nilai2 penghormatan atas manusia itu gak bisa diukur dengan uang, dan secara gak langsung kalo saya menghormati dan berterima kasih mereka, otomatis memberi semangat penghargaan tersendiri buat mereka dalam bekerja..

mungkin tulisan sederhana ini bisa mewakili rasa terima kasih saya kepada bapak itu, dan semoga tulisan sederhana ini bisa dijadikan bahan referensi buat ariel dan luna maya dalam rencana pernikahannya (lo??????????.... hahaha, maksudnya semoga tulisan ini bisa jadi bahan buat saya sendiri tentunya dan sukur2 buat kita2 semua untuk menghormati dan berterima kasih pada mereka, maaf ya... bukan erikson sok2an mau ngajarin, erikson ni..apalah coba.., ganteng iya(baca:menurut mamaknya), tajir iya(baca:menurut ponakannya yang umuran 5tahun).... kurang apala coba, kurang sajen kurasa.. kekekke :P)

Wassalamualaikum

Read more »

4.23.2009

Selamat Berkarya Kartini2 Muda!!!


Assalamualaikum.. mmhh.. kemaren itu pas tanggal 21 April kita memperingati hari lahirnya, seorang feminist (pejuang wanita) asli dari Indonesia,tepatnya dari Jepara, Jawa Tengah. beliau bernama Raden Ajeng Kartini (RA Kartini), salah satu bentuk perjuangannya tertulis dalam buku yang judulnya Habis Gelap Terbitlah Terang.. beliau dengan semua keinganan dan usaha perjuangannya sudah merombak tata cara/adat budaya kehidupan wanita yang tadi itu dulunya kehidupan wanita jaman dulu cuma berkutat dalam tiga tempat yaitu:Dapur, Sumur dan Kasur. sekarang sudah berubah, semakin luas, wanita jaman sekarang sudah bisa semakin unjuk gigi nyamain posisi dengan kaum pria.. ya kita2 ini :)

nahh.. kemudian dalam blog ini, saya ingin mengakui fakta, bahwa keberhasilan wanita dalam banyak bidang adalah kenyataan yang sudah terjadi dalam kehidupan sehari, gak hanya di negara kita tapi juga di luar negeri, coba hitung.. berapa banyak wanita yang sudah jadi pejabat di pemerintahan atau perusahaan, atau yang lebih lagi, kita malah pernah dipimpin presiden seorang wanita.. ya kan?jadi mungkin inilah buah perjuangan para pejuang wanita terdahulu (RA Kartini ini salah satunya :D), yang dalam istilah jaman sekarang dikenal dengan nama Emansipasi Wanita. dari yang saya pahami, emansipasi wanita itu adalah perjuangan, perjuangan untuk menjadikan wanita sebagai manusia yang dimanusiakan, mendapat tempat untuk berkarya dan diakui kedudukan dan suaranya. sedangkan menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), emansipasi berarti persamaan hak dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat seperti persamaan hak kaum wanita dan pria.

heheh.. tapi jujur saja, selama ini saya merasa, emansipasi wanita itu lebih ke arah yang enak2nya saja bagi kaum hawa, buktinya mereka masih belum mau betulin genteng, masih belum mau bongkar2 TV yang rusak atau betulin kran ledeng yang gak mau nyala.. jadinya singkat kata emansipasi wanita sekarang, cuma ke arah yang membuat wanita hanya diakui secara intelektual dan suaranya saja, bukan dalam artian persamaan fisik dan prilaku, laa... jadi ngapain perlu ada emansipasi kalo cuma yang sisi enaknya saja, lama2 bisa saja laki2 biki gerakan emansipasi laki2, tar yang laki2 nya duduk ngasuh anak, nah yang wanita2 nya kerja.. (tapi jangan sampai.. enggak bangeettt.. kita kan laki2 sejati, pekerja keras dan penuh tanggung jawab, amin :D)

atau malah jangan2, emansipasi wanita itu lebih karena didorong oleh rasa egoisme untuk bisa selalu tampil kedepan dan bisa diakui oleh orang banyak, sehingga meninggalkan kodrat, batasan dan fungsinya sebagai seorang wanita. kalau ini yang terjadi, berarti emansipasi wanita hanya dijadikan alasan buat bisa meninggalkan kodrat dan tugas+tanggungjawab dasar seorang wanita pada umumnya, kalau betulan seperti ini, sebaiknya kartini2 muda dan juga saudari2 kita ini perlu berpikir ulang dengan merenung dan menyadari arti kehadirannya didunia (hawa tercipta diduniaaa... untuk menemani sang adammmm... hahah itu kan katanya DEWA 19, :P).

makanya terus terang saja, seterang2nya, saya kurang setuju jika wanita itu tampil kedepan sebagai seorang pemimpin apalagi penguasa, karena menurut saya, itu bisa membuat wanita itu lupa akan tanggun jawab dasar nya sebagai seorang ibu, seorang teman hidup bagi suami, lagipula jikalau jabatan kepemimpinan yang diinginkan seorang wanita, sebenarnya ia secara tak langusng juga akan menjadi pemimpin manakala suaminya adalah pemimpin suatu instansi, ya misalnya ia bisa menjadi ketua persatuan dharma wanita apa gitu kan.. nah dengan menjalani peran sebagai penguat dan penyokong suaminya, maka wanita itu juga sudah berkarya dengan caranya sendiri, di lingkungan dharma wanitanya ia telah berkarya misalnya dengan mendukung program instansi yang suaminya pimpin, melalui cara2 yang sederhana tapi dalam seperti bakti sosial atau sejenisnya. dan saya yakin bahwa dengan menjalani hal ini, ia tetap akan sadar tentang batasan2 dan tahu fungsi2nya bahwa ia adalah ibu bagi anak2nya, dan teman hidup bagi suaminya, dan dengan demikian anaknya tak akan berkata :'ibu mana... adek kangennn... kok ibu sibuk teruss.. kapan adek bisa disuapin ma ibu??'

hehehe, tapi jauh2 dari semua itu, saya sampaikan bahwa saya telah dan akan terus berusaha menghargai wanita, karena dari rahim seorang wanita lah saya di kandung serta lewat perjuangannya pulalah saya dilahirkan dan dibesarkan, ibu aku mencintaimu.. semoga engkau tenang dan bahagia disana, amin.. :)

wassalamualaikum

Read more »

4.21.2009

Komodoku Komodomu


Assalamualaikum.. dan dear all.. aktivitas blogwalking (maaf, gak tau terjemahan bahasa indonesianya, itupun istilah nya dapat dari tengok2 blog nya blogger lain,hehehhe..) memang sangat bermanfaat kalau kita pengen nambah kawan2 sesama blogger, ataopun buat nambah2 referensi2 tentang ide tulisan yang enak ditulis, ataopun buat ngundang sesama blogger komen ke rumah maya (blog pribadi kita, red :P) kita ataopun yang juga lebih tak kalah pentingnya itu adalah buat tau info2 tentang event2 kayak misalnya lomba nulis atau apa macamlah.. jadi setelah bermaen ke blognya cebong ipiet http://cebongipiet.blogspot.com

saya membaca informasi bahwa bakalan ada lomba menulis tentang taman nasional komodo, temanya :”taman nasional komodo sebagai tujuan wisata alam yang layak dikunjungi” hehehhe.. temanya bagus ya, pertanyaannya kenapa mesti taman nasional komodo? Kenapa bukan taman nasional Erikson? (coba misalnya kalo tentang Taman Nasional Erikson, saya yang akan ikut duluan jadi peserta..) kekekeke…

Lomba ini diadakan tiap tahun, ini adalah yang keenam, nama event nya bubuaward V.06 untuk informasi lebih lanjutnya, kawan2 bisa langsung ke http://bubuaward.com terus masuk ke tab about nya.. dari yang saya baca, pendaftarannya baru dibuka 22 april besok, dan tulisan yang diikut sertakan itu ditulis di blog pribadi masing2, bahasanya boleh bahasa Indonesia atau bahasa inggris.. gimana pada mau ikutan??
(Hmmm… saya gimana ya?tadinya mau ikutan, tapi kok gak ada bahasa tagalog ya?atau bahasa Swahili laahh … wkwkwkwk.. :P)

Saya sih niatnya ikutan, makanya dah dari kemaren sudah cari2 bahan referensi bacaan tentang taman nasional komodo ini, tujuannya gak macem2, Cuma dua macem aja, 1. Buat ngelatih kemampuan menulis dalam versi dua bahasa 2.buat menjaga supaya blog saya tetep anti mati gaya alias update selalu.. seperti kata kawan saya, blog saya ini kan namanya BSE (BlogSiErikson) kenapa dinamain kayak itu, karena BSE ini akan tetap BSE selalu (maksudnya???????) heheheh, Bisa Selalu Eksis hehehhehe….

Kalau diliat2 dari tujuannya, penyelenggaraan event ini dimaksudkan sebagai salah satu cara buat mengangkat/memperkenalkan/menggali lebih dalam potensi pariwisata Negara kita ini, karena kalo diliat dari yang sponsor2 acara ini salah satu adalah kementrian kebudayaan dan pariwisata, karena pengen juga la kita kan, taman nasional komodo ini dijadikan tujuan wisata internasional seperti bali yang sudah dimasukkan sebagai salah satu tujuan wisata internasional versi TIMES (itu Koran apa majalah ya, lupa..!! :P) apalagi secara taman nasional komodo ini sudah masuk sebagai situs warisan dunia yang dinyatakan oleh UNESCO, berarti lebih mudah bagi kita buat mempromosikannya, lagian mendingan kitanya yang datang ke pulau komodo buat ngeliat2 taman nasional komodo, dari pada komodonya yang datang ke Jakarta nengok2 kita, kan malah bikin macet.. (laaa…kok bisa??iyakan… ada lagunya tu, hehehe, Si Komo.. lewat Jakarta macet.. :P).



Selain itu, yang dukung acara ini adalah kementrian teknologi komunikasi dan informasi, jadi mungkin buat ngedukung yang katanya era digital itu kali ya.. yang apa2 serba online (yang artinya dalam garis, maksudnya apa ya??) karena memang komunitas blogger sudah semakin banyak,jadi bisa digunakan sebagai sarana untuk dijadikan arena kompetisi online.. o iya, sebagai informasi, Negara kita Indonesia ini telah mendapat pengakuan bangsa2 lain didunia atas penyelenggaraan pendekatan fasilitas teknologi informasi yang populis,terjangkau biaya dan efisien, terutamanya dibidang pendidikan (misal dengan adanya e-book), jayalah terus indonesiaku!!! Jayalah terus bangsaku!!!

Ok deh, buat kawan2 yang tertarik ikutan menulis tentang taman nasional komodo tadi itu, buruan daftar ya.. tulis segala sesuatunya yang kira2 bisa bikin meyakinkan bahwa taman nasional komodo ini, sebagaimana Bali, adalah tujuan wisata yang tak kalah layak dikunjungi.
Wassalamualaikum.

Read more »

4.17.2009

Kok Ini Begini?? Kok Itu Begitu??


Assalamualaikum.. semenjak beberapa bulan lalu saya gabung berlangganan milist dengan seorang rekan berinisial JP (mirip pemberitaan di koran harian lampu merah yang rajin menuliskan inisial seorang wanita sebagai bunga yang diikuti keterangan karena bunga bukan nama sebenarnya :P), setiap pagi dihari kerja saya rajin mendapat kiriman email berjudul 'Renungan Pagi', dari sekian banyak yang masuk beberapa saya baca, dan beberapa hanya memenuhi inbox saja, dari semua yang saya baca semuanya bermanfaat, ada pelajaran hidup yang patut direnungkan.. jadi sekalian saja dalam blog ini saya mau ngucapin terima kasih banyak ke Mas JP (nama aslinya Jajang Purkon) atas kesediaannya mengirimkan email2 tersebut... dan semoga ALLAH.SWT menjaga dan membalas perbuatan baik mas JP selalu, amin..

tadi siang waktu saya bukan email (dikirimnya sudah dari pagi sih :P, tapi baru kepikiran dibuka siang) saya baca salah satu email kiriman rekan saya ini, isinya sebuah tulisan jaman dulu, kira2 tahun 1100 Masehi, seingat ku itu jamannya Raja William Sang Penakluk masih hidup (kok tau son?dulu pernah baca 100 tokoh paling berpengaruh sepanjang masa), tulisan itu tertera/terukir dibatu nisan, kayaknya sih, itu tulisan dari orang yang meninggal dan dikubur dibawah batu nisan itu, isinya menceritakan tentang penyesalan karena sesuatu yang terlambat disadarinya (maaf, jika kata2nya kurang tepat), ini tulisannya:

HASRAT UNTUK BERUBAH
(Terukir di sebuah makam di Westminster Abbey, Inggris, 1100 M.)

Ketika aku masih muda dan bebas berkhayal,
Aku bermimpi ingin merubah dunia.
Seiring dengan bertambahnya usia dan kearifanku,
Kudapati bahwa dunia tidak kunjung berubah.

Maka cita-cita itu pun agak kupersempit,
Lalu kuputuskan untuk hanya mengubah negeriku.
Namun tampaknya,
Hasrat itu pun tiada hasilnya.

Ketika usiaku semakin senja,
Dengan semangatku yang masih tersisa,
Kuputuskan untuk mengubah keluargaku,
Orang-orang yang paling dekat denganku...

Tetapi celakanya,
Mereka pun tidak mau diubah!

Dan kini,
Sementara aku berbaring saat ajal menjelang,
Tiba-tiba kusadari ......:


"Andaikan yang pertama-tama kuubah adalah diriku,
Maka dengan menjadikan diriku sebagai panutan,
Mungkin aku bisa mengubah keluargaku.

Lalu berkat inspirasi dan dorongan mereka,
Bisa jadi aku pun mampu memperbaiki negeriku.

Kemudian siapa tahu,
Aku bahkan bisa mengubah dunia.


saya baca kalimat per kalimat di tulisan itu, dan saya merasa ada yang seirama dalam kandungan tulisan itu dengan sesuatu, sesuatu yang hidup, yang sedang membaca tulisan tersebut, dan sesuatu itu adalah saya... kalau saya baca ulang..menurut saya tulisannya bisa dibagi menjadi dua, dua bagian yang mirip2 menunjukkan masa kedewasaan dalam persepsi si penulis...

bagian pertama itu mulai dari baris 1-14, dimana isinya menceritakan tentang keinginan keras si penulis untuk dapat membuat dunia berubah menurut dan menjadi seperti yang ia inginkan, bentuk ideal menurut dia. bisa jadi dalam’ 'masa ini' si penulis masih dipenuhi dengan euforia semangat tinggi jiwa muda yang belum berlandasan yang kuat, akibatnya semua usahanya yang tidak ditemani dengan kesadaran realitas membuat dia kecewa karena dunia tidak juga berubah, saya rasa mungkin saya pernah dan atau bahkan sedang mengalami masa ini, maklum anak muda (jadi ingat lagunya sheila : aku raja kaupun raja... nanananana..nanana..).... malahan mungkin sadar atau enggak, waktu menulis tentang ini, saya juga sama, masih memiliki ego yang tinggi.
sementara waktu terus lewat, akhirnya si penulis berpikir,'ahh.. membuat dunia berubah, rasanya tidak mungkin, sudahlah kalau begitu, aku putuskan untuk merubah keluargaku, aku ingin mereka menjadi manusia2 yang ideal dalam hidup mereka sehingga saya bisa senang tanpa beban kecewa'. tapi nyatanya, susah susah dia bertindak dan berharap merubah keluarganya, merekapun tak bisa berubah.. hmmm.. pernah enggak kita berpikir untuk membuat orang2 disekitar kita menjadi seperi yang kita inginkan, bersikap baik, belajar rajin, taat ibadah, tenang2, dan lain2.. saya sih biasanya kalau pulang kampung ke rumah, yang saya awasi selalu adalah adik saya dan ponakan2, saya ingin dia jadi orang yang rajin, berkelakuan baik/beradab dan berpengetahuan.. dulu malahan saya sering marah2 ke adek saya ini, tapi belakangan sudah jarang, saya malah lebih sering memposisikan diri sebagai kawan ngobrol ketimbang sebagai pengawas atau pemantau.

naahhhh.... bagian kedua, si penulis mulai menceritakan hal yang baru disadarinya, disaat2 terakhir hidupnya, kata dia :'Sementara aku berbaring saat ajal menjelang...' penyesalan yang terlambat memang, (betul kata nenek2 kita, penyesalan memang selalu datang belakangan) namun punya nilai yang sangat tinggi, kira2 hal itu adalah kesadaran bahwa hal yang mesti duluan itu adalah ke hal2 yang ke saya diri sendiri dulu untuk diubah agar bisa menerima hal2 yang tak penting, dapat mengganggu dan dapat mengacaukan kesadaran dan kepahaman untuk kemudian saya tolak dan tak bisa menggoyah kesetabilan saya... tapi lagi2 untuk bisa menjadi seperti ini, saya memang butuh waktu..
sebenarnya sih dalam setiap pertemanan yang saya punyai itu adalah suatu pencarian saya, kalau2 diantara mereka ada yang bisa membuat saya berubah menjadi manusia yang tenang dan stabil, mampu mengolah kesabaran dengan bijaksana dan tepat guna, tapi saya kecewa waktu kebanyakan dari mereka secara langsung atau tidak langsung tidak bisa menjadikan saya seperti itu, seorang dari mereka pernah bilang begini ke saya :"sebaiknya kau cari dan belajar dari orang2 yang dulunya seperti kau dan sekarang sudah berubah menjadi lebih baik".

kalau begitu, berarti saya sedang mencari, tapi sampai kapan? saya berdoa saja, semoga ALLAH.SWT menuntun saya selalu,mendidik dan mengajar saya menjadi manusia yang lebih baik+hambaNYA yang lebih paham. dan yang saya sukuri adalah bahwa saya sempat membaca tulisan yang diatas itu tadi, sebelum saya menjadi terlalu tua dan atau malah sudah terbaring menunggu ajal, dalam harapan bahwa semakin kesana (baca, semakin tua) saya semakin bijaksana dan tenang serta sabar. buat si penulis itu juga ini adalah kesaksian dunia bahwa pemahaman yang disadarinya tidak sia2, ada diantara penduduk bumi ini yang membaca dan mencoba memahaminya.. :D

Wassalamualaikum

Read more »

4.16.2009

Tupai dan Motor Saya... :)


Assalamualaikum kawan2.. :D apa kabar?judulnya aneh.. apa hubungannya tupai sama motor saya?apa motor saya dinaekin tupai?apa motor saya naek tupai (ya ALLAH, jangan sampe deh, kesian tu tupai jadinya, hehe..) la terus apa la???? ada pepatah yang bilang gini: sepintar2 tupai melompat, pasti jatuh juga, nahh.. sekarang saya tambahin, selincahnya Erikson naek motor, pasti nyungsep juga... :(

sebagai manusia yang insyaALLAHgaklupaberdoasebelumnaekmotor (halah2.. :P) kalo udah lagi motoran, saya berusaha hati2 sehati2 mungkin, maklum secara bujangan sendiri di jakarta ni, kalo ada napa2 kan repot (jadi ingat nasihatnya seoranng kawan:'kamu itu ati2 rik, pintar2 jaga kesehatan, keluarga jauh, kalo napa2..tar sapa yang ngurus') ya kan? jadilah kalo sudah akan kemana2 saya selalu pakai jaket tebel khusus motor, sama sarung tangan dan helm (biar seragam, semuanya warna merah2tapi tolong ya jangan dipikir saya ini simpatisan ParPol tertentu, ampunnn :P, dan gambar2 ini saya ngambil dari om google yang kira2 mirip ma punya saya, sengaja saya sebut nama om gogglenya, drpada tar dituduh melanggar UU Hak Cipta :P)
jaketnya mantappp!!!

Helmnya Jantan!!!

Melaju!!!!!


dengan memegang SIM yang saya dapat dengan cara yang 'SIMsalabimm'... saya cukup merasa aman wara wiri meskipun dengan track record baru 6 bulan ini jadi rider, dan dari waktu itu sampe sekarang ini, saya hitung2 sudah 3 kali saya jatuh dari motor alias kecelakaan (sebenernya waktu nulis ini, mikir 1000x juga, ni ditulis gak ya, abis recordnya malu2in banget :P, tapi demi kembali mengingatkan diri saya, ya udah, tak apala ditulis..:D), dan dari ketiga kejadian itu hal yang selalu saya sukuri adalah saya masih selamat, meski ada lecet sana sini, di tangan dan kaki saya..

kejadian pertama itu sekitar akhir tahun 2008 lalu, kebetulan waktu itu jalanan sepi.... yaa jadinya tau sendirilahh.. hehehhe, terpancinglah naluri ngebutnya saya, dan gak nyadar kalo waktu itu sedang melaju cukup kencang di jalur paling kanan, lokasinya waktu itu di daerah dekat tugu tani... kemudian dari belakang ada klakson berkali2 dari mobil yang menyusul dari belakang saya, akhirnya saya minggir ke kiri untuk ngasih jalan itu mobil dan saat saya sendikit minggir kekiri, rupa2nya ada juga mobil yang sedang melaju di sebelah kiri saya... sayapun kembali agak menepi kekanan, jadi maunya saya posisi saya itu aman ditengah2 itu dua mobil, tapi waktu saya mau menepi kembali kekanan, saya malah kesenggol bagian belakang mobil yang tadi klakson saya (saya inget itu taxi ekspress putih) dan karena gak bisa jaga keseimbangan, saya jatoh dan lantaran gak pake jaket ma sarung tangan, lecetnya lumayan banyak, untung waktu itu ada bapak2 yang mau menyebrang dan bapak itu yang membantu saya, dan alhamdulillah lagi waktu itu dibelakang saya gak ada mobil yang sedang melaju, kalo ada...yaa... %$#%$#^&^%*&#$%@#^%$&%*(&*)(^#@%^#$*^&(&*^$#$&*(&#@..

kejadian kedua, itu waktu mau berangkat ke kantor sendirian, didaerah depan mall ambassador, secara masih rada sepi..saya lumayan ngebut waktu itu, dan kurang memperhatikan kendaraan yang keluar dari arah jalan di samping, kemudian tiba2, ada bajaj yang keluar dari samping kiri dan nyaris tertabrak saya, sehingga saya rem mendadak dan gara2itu hilang keseimbangan jadilah jatuh, tapi yang saya sendiri tidak apa, melainkan si revo nya yang spakbor nya lecet, ibarat kita jaman2 kecil dulu kalo berkelahi, pasti ada aja muka yang sedikit rusak atau agak membiru, nah begitulah jadinya revo merah saya..

berikutnya adalah kejadian tadi pagi, inilah yang ketiga, didaerah perempatan kuningan, saya hendak belok kekiri ke arah gatot subroto, tapi tiba2 dari arah kiri ada yang memotong dengan tiba2 sehingga otomatis saya menghindar sebisa mungkin kekanan, tapi rupa2nya si pemotong tadi itu mungkin kaget, alhasil dia malah ikut merempet kekanan, dan gantian saya yang kaget dan malah jatuh sementara dia (pemotong itu, red) malah melaju terus hilang tak berjejak di antara pengemudi lainnya ke arah kuningan yang kebetulan waktu itu sedang lampu hijau.. saya pikir ini sayanya agak2 lupa, sudah kasih lampu sein atau belum.. hiks.. nah kali ini dua2nya, saya dan revo kena, sayanya lecet, dan kaca spion si revo juga kena rusak+lecet berciuman dengan aspal selain juga stangnya agak2 kerasa lain, dan alhamdulillah tadi itu tidak ada kendaraan yang sedang melaju dibelakang saya, jadinya saya masih bisa nulis postingan ini...

dari kejadian2, hal2 yang saya sadari adalah bahwa ketika saya sedang jatuh atau nyungsep atau tersungkur dari motor, saking kaget2nya saya bahkan takut, yang muncul dibenak saya waktu didalam ketakutan itu dan yang saya ucapkan dari lisan saya adalah kata2 doa/istigfar kepada ALLAH.SWT moga2 diberi keselamatan, dan ataupun kalo emang enggak selamat, semoga kata terakhir yang saya ucapkan adalah kata2 istigfar dan atau syahadat kepadaNYA, amin.. :) dan dari kejadian2 itu, yang terpenting dalam mengendarai motor adalah ketenangan dan konsentrasi, ketenangan dalam hal ini semacam pembawaan untuk tidak terpancing emosi buat kebut2an, sedikit ngalah atau ngasih jalan ke sesama rider lainnya, sementaran konsentrasi itu lebih kearah kesigapan merespon rambu2 lalu lintas atau marka2 penunjuk jalan, supaya ada dalam jalur dan lintasan yang tepat, dan lagi dan lagi yang tak kalah pentingnya saya berusaha buat berdoa sebelum naek motor dan bersyukur bisa sampai dengan selamat.. :D

Wassalamualaikum

Read more »

4.14.2009

Bujangan Bujangan Metropolis :D


Assalamualaikum... mungkin sama kayak saya, kawan2 sering denger pendapat begini :'ahh.. kita bujangan ini, tamat riwayat kalo sudah menikah.. apa2 jadi serba dibatasi, mesti ini dan mesti itu' nahh.. menurut saya.. mmmm, bener juga ya.. secara saya masih bujangan ini benar2 enak,bebas,kemana2 tinggal jalan, uang tiap bulan ada, apalagi kalo sedang kumpul dengan kawan2 sesama bujangan anak muda.. semua dibahas, semua seru, semua ketawa dan semuanya dan semuanyalaa.. (kadang2 talk boy juga, hehehhe :D), tinggal petik gitar konser jalan, tinggal pencet start/on film digelar... apalagi kurangnya coba, ya kan?

tapi jadi kok kesannya hidup itu seneng terus ya kalo cuma itu itu (yang kayak diatas tadi itu) aja yang dilakuin, gak ada tanggung jawab yang bener bertanggung jawab, gak ada arah karena memang gak ada yang perlu dalem2 dipikirkan, dulu waktu mudik beberapa bulan lalu, ubak/bapak saya pernah nasihatkan ke saya begini (latar suasananya adalah suatu pagi jam 8an, beliau duduk di kursi di teras dapur di belakang, sambil minum kopi hitam yang masih panas, dan sayanya duduk di sebelah beliau pake celana pendek pake baju bola dan belum mandii :P), beliau berkata begini ke saya (yang kira2 bahasa indonesianya begini:'nanti kau itu, akan menjalani hidup yang sebenarnya, nanti itu.. kalo kau sudah berkeluarga nanti, kau akan dihadapkan pada tanggung jawab, dan kondisi yang berbeda daripada kau sekarang bujangan sendiri ini, ini bapak bilangkan ke kau biar kau tau, kau siap, begitu!!'. tapi waktu itu, perkataan beliau cuma mampir ke dalam hati dan baru kegali lagi malem ini waktu nulis postingan ini.. ya kadang saya ngerasanya kalo kayak begitu hidup kok jadinya berat amat ya.. masih bujangan aja kadang tanggung jawab da banyak apalagi kalo da bekeluarga, bisa tambah banyak laa..

tapi setelah dipikir2, ahh,, enggak juga lah kayaknya, kalo menikah kan jadinya ada kawan, kawan berbagi, kawan yang bersedia mendengarkan, kawan yang memahami luar dalamnya kita, kawan susah senang, kawan hidup didunia akhirat malah.. (amin :D) terus kalo kayak gitu semestinya terasa lebih ringan laa.. tapi mmm...enggak juga ahh.. kalo masih bujangan kan ada kawan juga kan ya.. kalo lagi kumpul2 kan bisa ngobrol, cerita, jalan2, makan2, nyanyi2, dll.. lalu ngapain bekeluarga kalo gitu ya?mending bujangan.. mmmmm.. tapi ada yang laen deh rasanya... kalo sama2 kawan2 sesama bujangan, gak bisa diajakin ngobrol lama2, malem2, lagian biasanya kalo cerita ke kawan sesama bujangan malu ah nyeritain hal yang remeh2, tar malah dipikir gak gagah., maunya kalo didepan mereka kelihatannya gagah, ceria dan ketawa aja.. alhasil mereka gak kenal kita secara emosional.

dirumah, saya sering perhatikan, bahwa umak/mamak/ibu/mama saya adalah orang yang paling mengenal ubak/bapak saya secara emosional, ibu saya tahu x, kalo ubak saya sedang bahagia, ia mampu mengenali dan memahaminya hanya dengan merasakan sikap dan cara bicara ubak saya, pun kalo ubak saya sedang bermuram, ibu juga sangat kenal watak ayah saya, jadi ketika ubak sedang diam atau melamun, ibu saya langsung menghampiri, lalu senyum dengan sedikit kelakar kemudian mengajaknya bicara..hingga situasi normal kembali, jadi saya simpulkan orang2 yang terdekat dengan kita adalah orang2 yang mampu mengenal kita dan watak kita, dan sebagai orang yang punya macam2 muatan emosi dan tau bagaimana cara untuk mendekati kita, waktu kita dengan sedang mengalami macam kondisi tertentu, mereka adalah orang tua, istri (jika sudah berkeluarga), saudara kandung dan sahabat terdekat kita.

nahh.. ngomongin soal2 kawin tadi (berkeluarga tadi itu maksudnya :D) bukankan lebih baek kalo orang yang tau kita, kenal kita secara luar dalam itu selalu ada 24 jam buat kita, yang mungkin buat bujangan yang ngekos seperti saya rasanya agak susah untuk itu, ortu ma sodara2 jauh di sumatera selatan sana, mau gangguin sahabat2 saya buat ngobrol pas malem2 pengen ngobrol juga gak mungkin (kesian mereka juga, hehehe... mana tau mereka ngantuk ato capek kan),si dia jauh di sumsel sana dan dia pun malem2 kutelpon terus kan gak enak juga, kesian, tar bapak ma mamaknya marah2.. masak harus tiap minggu mudik, kan bisa bangkrutt.. :P

jadi mungkin lebih baek nikah aja ya, berkeluarga, punya anak yang lucu2, punya istri sholehah, punya rumah dan kendaraan yang sehat (aminn.. :D) jadilah, lengkap sudah kebagaiaan saya sebagai seorang pria... ahhhhhh tapi lagi2 nikah itu gak semudah yang dibayangkan.. banyak yang mesti disiapkan, materi, psikis dan faktor2 internal keluarga harus dipertimbangkan, dipikirkan dan diberi tindakan yang tepat dan baik.tapi mohon doanya ajalah, semoga saya dan semua yang baca tulisan/postingan ini (yang belum nikah, tentunya) diberi kemudahan dan pertolongan untuk dapat mewujudkannya, amin.. karena semua pada dasarnya mau hidup bahagia, lapang dan berkawan agar hidup tak terasa sepi karena ada yang bisa mengenal kita secara emosional, dan tentunya, sesuai pepatah dan kenyataannya :'kesuksesan seorang pria itu ditopang oleh wanita' seperti Rasullulah SAW dan Siti Khadijah, Soeharto dan Bu Tin, dan Ayah dan Ibu saya tentunya :D.

Wassalamualaikum

Read more »

Perhatikan Dokumen2 anda..


Assalamualaikum.. kawan2 berapa banyak dari kita yang dengan teliti dan telaten (emang apa bedanya ya? :D) selalu dengan rutin mengecek semua dokumen penting (yang saking pentingnya bisa dipake buat nyambung hidup,hehheeh)?? mungkin sedikit, mungkin beberapa atau mungkin juga banyak.. nah yang pastinya saya berdasarkan pengalaman saya, mulai dari sekarang berusaha buat menyimpan semua copied-document supaya nanti kalau ada apa2 dengan masternya bisa mempermudah untuk menguru/mendapatkannya kembali, dan dalam niatan saya, bahkan saya berencana untuk tidak menyimpan semuda dokumen ,yang gak terlalu penting dibawa, di dalam dompet saya, karena kalau semua ditaruh disitu, hilang satu maka hilanglah semua..

kalo kita naek busway, pas mau turunnya kan pasti dibilangkan oleh rekaman suara, begini :'perhatikan barang bawaan anda dan hati2 melangkah' naahh... itu enak ada yang mengingatkan, lah ini kita sendiri kalo gak pandai2 (seperti saya ini :( ) bisa2repot kan.. beberapa hari ini saya memang sering keluar buat ngurus2 kembali dokumen saya yang hilang (nah sementara ini alhamdulillah kartu ATM dan KTP sudah selesai diurus) tinggal lagi STNK, KARPEG, ASKES ... (waahhh... masih banyak ya.. )

dan ini sekedar tips buat kawan2 sekalian, kalo suatu waktu ngalamin hal yang sama dengan saya (moga aja enggak, jangan sampai lah, tetep berdoa sebelum berangkat dalam perjalanan, entah itu mau balik atau mau berangkat) dokumen pertama kali yang perlu diselamatkan itu adalah kartu2 yang menyangkut urusan finansial, misalnya ATM (kartu kredit juga x ya, tapi secara saya gak punya, jadi gak ngerti ngurusnya gimana, hehehe) karena kalo yang ini selamat, alhamdulillah kita masih bisa makan dan ada duit buat kular kilir ngurus yang lainnya, kemudian KTP dan SIMcard, ini kalo bisa secepatnya diurus (KTP bakal lebih cepat ngurusnya kalau sudah punya potokopi nya, karena kita cuma tinggal ke kelurahan buat cetak ulang, cukup sediakan poto 2x3 1lbr, terus ttd lurah set4, insyaALLAH selesai, sukur2 kalo lurah nya mau bantu, seperti yang saya alami, jadi sekalian neh saya mau ucapkan makasih banyak buat pak lurah di kos2an saya yang dulu, di mampang, namanya pak vincent yang telah membantu saya)

setelah KTP dapet, mungkin sebaiknya yang disegerakan diurus adalah SIMcard, bisa jadi kita kehilangan semua nomor hp kawan2 kita, (seperti saya kehilangan sekitar 700lebih nomor kontak) tapi kalau bisa kita urus no hp kita untuk bisa kita pakai kembali, paling enggak mereka,kawan2 kita bisa tetap menghubungi kita, meskipun mereka bakal nerima balasan gini dari kita :"maaf ini siapa ya, maaf solanya hp saya kemaren hilang jadi no hp kawan2 hilang semua". Dan kalo dah diurus no hp kita gak akan disalahgunakan oleh orang lain, jadi segera minta operator SIMcard kita buat blokir no hp kita dengan SIMcard yang lama itu.

dokumen2 yang sifatnya personal itu penting x lah, buat memperlancar dalam ngurus dokumen2 lain seperti STNK dan ASKES, misalnya waktu saya mau buat STNK, proses nya terhenti di legalitas cek fisik, karena waktu mau blokir surat kehilangan, saya diminta KTP asli. jadinya baru bisa mulai hari ini ni ngurus STNK dan lainnya..

selain itu yang tak kalah pentingnya itu adalah, bagaimanapun juga jangan pernah lupakan no hp orang2 yan terdekat dengan kita (orang tua, saudara2 dan 'calonorangrumah' :P) karena kalo kita lama gak ada kabar, bisa membuat mereka khawatir, ataupun kalo emang gak ingat sama sekali, gimana caaranya cari jalan buat kontak ke mereka, kalo saya kemaren segera kirim surat pake TIKI, tapi sayangnya lantaran PEMILU kemaren suratnya rada lambat nyampe, semingguan malah.. hiks..

tapi yang namanya hubungan orang tua dan anak itu memang ada semacam kontak batin yang memang sudah ALLAH.SWT atur jalannya, jadi hari minggu kemaren,saya datang kekantor buat yaaa... browsing2 dan blogging, kemudian tak lama telpon kantor berdering... saya pikir :'siapalahhh yang telpon ke kantor libur2 kek gini ya..' setelah beberapa kali berdering, telponnya saya angkat dan alhamdulillah, dari seberang sana kedengaran bahwa yang ngomong ditelepon itu adalah ayah saya.. lalu saya ceritakan semua kondisinya dan mereka bahagia bahwa saya baik2 saja, mereka bilang:'tak apa itu barang ilang, sabar sajalah,, jadikan pelajaran dan yang lebih penting bersukur kau masih selamat'.

jadi begitulah, buat kawan2 sekalian jangan lupa untuk membackup, dan memilah2 dokumen mana yang selalu harus dibawa dan mana yang bisa ditinggal supaya tidak merepotkan kita kalau2 suatu waktu terjadi hal2 yang tak diinginkan :)
Wassalamualaikum

Read more »

4.11.2009

Buat Kawan2 OC :D


Assalamualaikum... kawan2, kemaren itu pas liburan2, pas malem2 lagi belum ngantuk di kamar kos2an, sambil ngelamun tentang yang dulu2 yang pernah saya 'pernah lewati' ,tiba2 saya terdorong buat ngebuka folder2 poto yang saya simpan didalam si Buyung (nama laptop saya :P), kemudian di E:\Poto2\FKOC2007 saya lihat folder FKOC2007, kemudian saya buka sambil pikiran saya melesat mundur (naek mesin waktu ala Doraemon :D) ke akhir tahun 2007, yang dimana saat itu saya ikutan menjadi panitia Forum Komunikasi Operator Console DJP. saat file2 didalam folder itu saya buka, saya perhatikan wajah para peserta yang saya rasa semuanya adalah para OC, saya sambil senyum2 sendiri.. hehehe, rupa2nya inilah wajah2 yang mungkin suaranya sudah beberapa kali atau bahkan sering saya dengar lewat telepon, tapi belum pernah ketemu.. kopdar2...kopdar2 laaa kita.. wkwkwkw :D

buat para pembaca BSE (BlogSiErikson) yang mungkin bukan pegawai DJP, saya ceritakan sedikit tentang apa itu OC (menurut pemahaman saya tentunya, maaf2 ya kalo kurang tepat atau gak tepat sama sekali, tolong ditepatkan :P), jadi OC itu adalah suatu jabatan struktural di Direktorat Jenderal Pajak yang pekerjaan sehari2nya adalah membantu kelancaran operasional kegiatan kantor pelayanan pajak/kantor wilayah dalam bentuk dukungan secara teknis atas hal2 yang berhubungan dengan teknologi yang meliputi: perangkat keras, perangkat lunak, keamanan sistem dan jaringan, sistem informasi, aplikasi, dll.
jadi banyak memang yang dipelajari buat bisa jadi OC ini, yaaa... mulai dari O sampe C lah... makanya saya tahu bahwa dalam hal kemampuan teknis lapangan tentang hal2 yang tadi itu, para OC ini paham betul tentang seluk beluknya.. (gak seperti saya ini tentunya heheheh, jujur x kok? :P, saya mesti banyak belajar dari mereka, karena mereka saban hari ketemu macam2 masalah di lapangan, langsung praktek dan belajar ditempat) ,mulai dari nama hardware atau software terbaru mereka tahu itu, juga tentang spesifikasi ,troubleshooting dan seterusnya dan seterusnya................

tapi dalam postingan ini, bukan itu yang mau disampekan, tapi ide penulisan postingan ini muncul saat saya sedang agak nyadar bahwa posisi saya sekarang di bagian call center sistem informasi KPDJP adalah sebener2nya ni.. adalah perpanjangan tangan mereka.... jadi saya adalah sama seperti mereka, cuman bedanya mereka di KPP saya di kantor pusat, dan bukan tidak mungkin nanti suatu saat saya yang ke KPP mereka yang ke kantor pusat, atau saya yang gabung ma mereka di KPP... entah dimana itu kan... secara NKRI kita tercinta ini luas.. :P
tugas saya di call center itu sebenarnya adalah suatu kondisi yang muncul dengan diterapkannya sistem terpusat untuk database dan sistem aplikasi, sehingga penanganan masalah2 yang muncul dalam dua hal itu harus ditangani oleh orang2 di kantor pusat (ya.. saya ini salah satunya),misalnya untuk sistem informasi ada bagian pelayanan sistem informasi (nama tenarnya lasis),terus antara orang2 di lasis dengan KPP/Kanwil pengguna sistem informasi inilah petugas yang menjadi penghubungnya adalah Operator Console (OC) ituuu... alat2 yang dijadikan sebagai media penghubung itu banyak,ada email, chatting, IP Phone, telepon langsung dan ekstensi dan juga aplikasi online pelaporan. nahh.. secara hanya berkontak2 dengan menggunakan media tanpa ketemu langsung, kadangan karena volume kerjaan yang naeknya secara ekstrim tapi turunnya secara moderat :P, kadang saya gak bisa menjalankan posisi saya sebagai pembantu mereka/pelayan mereka/pendukung mereka/perpanjangan mereka dengan baik.. .. terutama dalam hal menjaga emosi dan kesabaran :( (sekalian dalam postingan ini saya minta maaf ya :D)

jadi kalau misalkan pagi2 angkat telepon jawabannya gini :"Pagi.. SIDJP call center bisa dibantu? (dengan nada lembut sambil teresnyum)" dan kalau rada siangan dikit jawabannya gini :"ya..siang... SIDJP bisa dibantu?(nada datar kurang gairah) :(" atau yang lebih2 lagi kalau da benar2 siang dengan antrian laporan permasalahan yang dah mbanyak, jawabnya gini:"ya halo.. ok masukin aja masalah nya di lasisonline ya.. terima kasih (nada datar dan kesannya cepat2 ingin mengakhiri pembicaraan)".hehhehe.. parah kan? semoga bisa dimaklumi, apalagi kadang2 adakalnya dalam hidup sehari2an saya ini, saya pernah (belakangan malah sering...hehehe) merasa agak2 bosan dengan rutinitas (wahhh...bisa semakin parah lagi parahnya :-|),
padahal sebenernya sih mau dalam kondisi apapun juga mau tak mau mestinya harus selalu sigap dan sopan, secara yang dikantor pusat ini (termasuk saya, red :P) emang digaji tiap bulannya buat ngerjain itu. dan saya paham juga bahwa kawan2 OC itu nyampein masalahnya ke saya, itu bukan kepengenannya mereka, karena dalam hal2/kasus2 tertentu peran mereka adalah menyampaikan masalahnya pegawai2 yang laen2 juga, dan masalah2 laen yang emang gak bisa diselesaikan di tempat mereka.

saya kepikiran juga bahwa dalam kerjaan sehari2 yang saya hadapi adalah orang rumah sendiri (sesama pegawai DJP sendiri maksudnya) jadi masih bisa kalo mau ngulur2 dikit, entar yaa... tunggu ya.... sabar ya... tar dikabarin.... sementara, kawan2 OC dilapangan itu yang dihadapi adalah orang lain, yang bukan sekedar orang lain, tetapi orang lain yang mesti dilayani dan dipenuhi kepengenannya secepat sebaik mungkin, jadi kalo ditimbang2, lebih besar tekanannya ya... mesti bisa bersabar2, manut2, sopan2... (sambil nanya ke diri sendiri..aku bisa gak ya kayak gt?... tapi kayak kata Radja... aku hanyalah manusia biasa (basi!!!) yang tak pernah lepas dari khilaff (dobel basi!!!!) hehehhee...), diam2 saya salut juga pada mereka.. apalagi beberapa yang saya tahu ada diantara mereka yang sudah sekian belas tahun atau bahkan dah duapuluhan tahun jadi OC.. dan dengan beban berat yang mereka hadapi setiap harinya, maka orang2 (saya ini salah satunya) yang dikantor pusat yang judul pekerjaannya adalah melayani KPP/Kanwil harus selalu siap membantu dan mempermudah pekerjaan kawan2 OC di lapangan (bukan berarti harus DL yaa.... membantu itu dalam artian sigap dan sebisa mungkin membantu sebatas kemampuan yang dimiliki, halah2... gaya2 x, kekekke).....

iyalah.. saya niatnya kerja dengan sebaik2nya, apalagi ingat bahwa kerjaan itu adalah amanah dari ALLAH.SWT (sempat dulu diberi nasihat oleh seorang bijaksana, yang pake baju serba putih, janggutnya panjang putih.. pokoknya mirip2 kakek2 bijaksana di film2 silat seperti Wiro Sableng, hihiihihihihihi), tapi ya maaf2 aja ya.. kalo sesekali saya gak melayani dengan sebenar2nya melayani, apalagi dalam bulan ini kayaknya saya bakal sering keluar kantor buat buulak baalik ngurus surat2 menyurat yang ilang waktu di kereta kemaren, sama nyiapin sarat2 buat ikut USM D-III Khusus bulan depan, jadi konsekuensinya kalo sharian dari pagi sayanya keluar, pekerjaan yang mesti dikerjain, jadinya diselesainnya mesti sore atau ampe malem, ... tapi insyaALLAH tetep sebisa2nya dikerjain, hehehe, daripada tar disumpahin ma orang2 KPP gara2 gak ngerjain kasus/kanwil.. wkkwkwkwk :P, dan maaf juga ni, kalo biasanya kawan2 OC langsung tlp ke hp, maka berhubung hp saya ilang dan belum sempat (belum mampu sih sebenarnya, hihihih :P) beli maka saya gak bisa dihubungi... tar kl da ada, insyaALLAH dikabarin,hehehhe.. :D.

ngomong2, ini ada beberapa poto2 waktu kita FKOC tahun 2007 kemaren, poto2nya rame2 perkelompok bareng dengan Pak Direktur TIP, Sigit Priyadi Pramudito... ini ni poto2nya... silahkan di save as aja deh ya.. (hehe, BSE belum ada fasilitas upload :P)

ada potonya kang waldi (OC MTO bandung), Dolly (OC KPP Padang), dll:


ada potonya galih (OC Kanwil Jakpus), Andi (OC KPP MTO Jaksel), Doddy (MTO Tangerang)


ada potonya ratna (OC Pandeglang), agus (OC Sembar), Yosep (OC Pasar Rebo),dll


ada potonya berkejaran(OC Tambora), yuli (OC MTO Jakbar, Nardo (OC Palmerah), dll


ada potonya lukman (OC Kanwil Jaktim), Joko (OC Bekasi Utara), dll


ada potonya santi (OC Kanwil Jakbar), Dino (OC Balikpapan), dll


ada potonya Arif (eks OC Grogol), didik (OC MTO Jaktim), Budi (OC Cakung),dll..


ada potonya Gede (OC Jatinegara), Beni (OC Kembangan), dll..


atau poto ini, lima orang OC yang paling senior diantara kita semua :D


dari saya secara pribadi selaku salah satu kawan(moga2 aja diakuinnn..wkwkwk :P) dari para OC sekalian, menyampaikan kesalutan atas peran dan amanah yang ditanggung langsung di KPP/Kanwil masing2..tetaplah berjuang dan berkarya, kawan2ku, kakak2ku, abang2ku dan mas2ku sekalian.. hehehhe, semoga kelak ada masanya saya bisa belajar dari kalian, dan kalo ada masalah2 yang sekiranya lasis bisa membantu silahkan jangan sungkan untuk masukin masalahnya ke lasisonline dan tilpun buat konfirmasinya (tentunya sesuai dengan jatah KPP masing2 ya.. kecuali kl Pj KPP nya lagi gak ada, baru dibantuin), nanti sebisanya kita bantuin...

kepada semua OC seIndonesia... Hormaaaaaaaaaaaaaaaaatttttttttttt... Geraaaaaaakkkkkkkkkk!!!!!!!! (Naga Bonar Mode On) hehehhee...

Wassalamualaikum

Read more »

4.09.2009

PDKT dulu ahh.. (Pemilu Damai Kita Tenang) :P


Assalamualaikum... :D tadi pagi saya keluar mau beli sarapan di dekat kos2an, masyarakat sekitar udah rame keluar hilir mudik ke TPS masing2 tempat mereka diundang buat nyontreng dalam rangka pesta demokrasi (kok istilahnya pesta ya? :P) lima tahunan sekali, mulai dari yang masih muda2 sampe yang sudah berbelas2 tahun melewati masa mudanya, berpakaian rapi sambil membawa secarik undangan buat ke TPS..
tapi saya sendiri sayangnya gak bisa seperti mereka, ada2 aja sih alasannya, kalo lima tahun yang lalu, masih belum cukup umur, naahhh sekarang ini bukan niatan jadi golput.. tapi emang karena nama saya tidak ada terdaftar di DPT, padahal saya sudah punya KTP Jakarta, kemudian tadi pagi... Bu kos saya bilang begini:"Sonnn... tu katanya bisa tu kl g ada di DPT, asal bawa KTP aslii.." saya jawab begini:"yaaa.. kan KTP asli saya ilang bu, kemaren, lagi mau dicetak ulang, paling minggu depan jadinya"

hahaaha.. tak apalah, tak ikut party2an demokrasi ini, yang penting saya bisa ikut menyuarakan kepengenannya saya tentang gimana harapan saya dalam pemilu 2009 ini,melalui BSE (BlogSiErikson) ini.. dan buat kawan2 yang mau menyampaikan uneg2nya boleh juga ni.. disampekan dalam komen2 untuk postingan ini..

jadi kalau saya sendiri merasanya adalah bahwa mbak2 mas2 abang2 kakak2 bapak2 ibu2 yang cocok duduk dengan embel2 status sebagai wakil rakyat itu adalah mereka2 yang kalau sudah duduk nanti tidak sibuk2 memikirkan gimana caranya ngumpulin duit buat balik modal yang da dikeluarin selama masa kampanye, atau yang kalau udah duduk nanti gak akan terlena oleh kenikmatan fasilitas yang bikin lupa sama tanggung jawab. sebab kalo sudah lupa sama tanggung jawab bisa2 lupa bahwa mereka sedang duduk dan bersuara ATAS NAMA RAKYAT, karena mereka wakil rakyat.. yang sudah seharusnya memperjuangkan KEPENTINGAN RAKYAT DULU BARU KEPENTINGAN PRIBADI.. mereka2 yang duduk itu tadinya juga pernah merasakan gimana rasanya jadi manusia2 di level akar rumput (halah2.. istilahnya beraat x lah.. :P) jadi mereka punya modal dan pengalaman yang kuat buat bersuara lantang demi kesejahteraan rakyat.



rakyat tidak perlu dibohongi dengan mengatakan bahwa negara kita adalah negara kaya (emang sih kaya.. tapi kalau hasilnya tak bisa dirasakan oleh rakyat, maka belum bisa juga dikatakan kaya) yang kalo kayu pun ditanam jadi tumbuhan. karena biasanya berita2 bohong yang disebarkan ke masyarakat pasti ujung2nya ketahuan juga dan bisa berakhir dengan kehancuran.

coba lihat Jepang dulu waktu menjajah kita dengan membawa propaganda A3 (Jepang Pelindung Asia, Jepang Pemimpin Asia, Jepang Cahaya Asia) hancur juga kan, jadi rakyat tidak perlu dininabobokan dengan berita bagus, ceritakan saja bahwa negara kita ini masih belum bisa menjadi mandiri karena masih tergantung dengan bantuan asing (yang kalo dari segi ilmu hubungan internasional, itu adalah bentuk imperialisme modern, kekekek... dulu sempat baca :P), atau ceritakan saja bahwa di tingkat pelayanan publik masih banyak terjadi praktik percaloan yang dilakukan petugas terkait yang sengaja dilakukan karena dipikir rakyat mau dan bisa dibodoh2in..atau ceritakan saja bahwa masih banyak pencemaran alam yang membuat derita masyrakat namun belum ada tindakan yang membela rakyat selaku korban seperti ketika Newmont dan LAPINDO terlibat. :( nahhh.. kalau itu yang disampaikan nantinya pelan2 bisa muncul semangat untuk berjuang bersama memperbaiki bangsa ini

dan lagi2 itu dengan syarat yang menurut saya, itu syaratnya adalah ketika mereka2 yang duduk di rumah rakyat itu tidak lagi berbicara sebgai pelaku tunggal, melainkan atas nama bersama yaitu RAKYAT, dan ketika mereka benar2 sadar akan tanggung jawab dan perjuangan yang harus dijalankan, karena mereka adalah orang2 yang menyuarakan bagaimana yang seharusnya supaya kehidupan dan kesejahteraan membaik. tapi lagi2, itu bukan melulu2 tanggung jawab satu pihak, melainkan semua komponen bangsa ini, termasuk yaa... kita2 ini sebagai rakyat itu sendiri, saya merasa semua agenda perjuangan yang dicanangkan pemerintah tentu saja tidak akan membuahkan hasil apa2, jika kita sebagai pelaku, tetap diam pasif, tak tumbuh keinginan untuk berubah menjadi manusia2 yang memberdayakan potensi diri. karena perubahan yang besar itu adalah hasil dari perubahan kecil2 dari seluruh eleman, termasuk kita dan mereka (yang kita panggil sebagai wakil rakyat) :D

hmmm.. kembali ke masalah contreng2 mencontreng tadi, mungkin beberapa dari kita sama seperti saya yang ngalamin gak kebagian jatah nyontreng, apalagi kalo inget ini lima tahunan, nunggu 5tahun baru dapet undangan..hehehe.. tapi tenang aja kok sebagai obat pelipur lara (wkwkkwkw), di BSE (BlogSiErison) malah undangannya setiap waktu, open house...

semoga dengan pemilu yang sekarang berlangsung ini, menghasilkan Indonesia, bangsa yang kita cintai ini, yang lebih baik, lebih bermartabat dan lebih mandiri dan berkpribadian yang tangguh, seperti tanah asli pegunungan bromo yang ditanami bibit apel dari new zealand, bagaimana pun apel itu tumbuh besar, ia telah membawa sifat asli tanah pegunungan bromo.. (jadi pengen adventuring lagi neh, hehhehe.. ada yg mau?)

Wassalamualaikum

Read more »

4.07.2009

Perjalanan Berharga di KA Gumarang


Assalamualaikum.. alo kawan2?? da pernah dengar nasihat AA Gym lewat cerita beliau tentang Kisah Tukang Parkir.. jadi inti ceritanya kira2 begini, Tukang Parkir itu tidak pernah bahagia sangat kalau ada mobil mewah yang parkir tempat dia, dan Tukang
Parkir juga tidak pernah sedih x kalo mobil yang tempat dia itu mobilnya mobil lama ato jelek, karena si Tukang Parkir itu sadar bahwa mobil itu bukan punya dia, secara dia cuma dititipin aja yang pada masanya si empunya mobil mau ngambil yaa... kudu rela ngasihinnya... hehehehhe jadi ingat lagu Letto yang liriknya :'Rasa kehilangan hanya ada jika kita pernah merasa memiliki..na.na..na..' :D

Kemaren.. dalam perjalanan balik dari Surabaya ke Jakarta, saya dan kawan2 naek Kereta Bisnis namanya Gumarang, keretanya emang gak semewah kelas eksekutif.. rame penumpangnya.. jadi awal2 baru mau berangkat didalemnya agak2 terasa panas.. tapi begitu da jalan enggak terlalu kok karena jendela permanently-open nya lumayan besar, saking besarny anginnya bisa bikin kemasukan angin.. (angin malam..angin surga..berangin-angin atao apalah, hehehhee :P), segala tas2 (laptop ada didalamnya,untunggg ajaaa....) dan kantong oleh2 saya dan teman2 ditaruh di bagasi (ato apalah namanya yang cocok buat kereta :D) atas, sementara tas gendong saya yang kecil yang isinya barang2 yang bakal sering dipake/dibutuhkan selama dalam perjalanan tetap saya pegang, karena kalo lagi suntuk di dalam kereta saya bisa baca buku yang saya simpan didalamnya.. dan atas nasihat istrinya temen saya, kamera pinjaman (punyanya Anton Astari) yang kami bawa gak kami taruh di bagasi atas, tapi kami (saya) pegang saja..pelan2 gak terasa kereta Gumarang kami sudah semakin jauh ninggalin Surabaya, kalo gak salah sudah masuk daerah Lamongan,karena ada tulisan 'Lamongan Kota Soto', mata saya mulai 5watt, alias ngantukkk.. kira2 waktu itu jam 9-10an lahh..

coba2 tidur di bangku, bangkunya rada keras jadinya agak kurang nyaman.. kemudian minta kertas koran lalu bentangin dibawah diantara dua bangku... nahh saya tidurnya di bawah situ, dan secara saya susah tidur kalo banyak barang yang nempel, maka jadilah dompet dan hp saya masukin ke tas kecil saya tadi itu, termasuk kacamata, dan tasnya saya taruh dimeja kecil tempat naruh minuman di tiap deret bangku yang ada, tapi kamera justru saya peluk sembari tidur.. (tidurnya ketutupan selimut, jadi orang2 juga gak bakal ngeliat :P) dan kawan2 saya gak tau kalo kamera saya bawa tidur juga gak tau kalo di tas kecil saya tadi itu sudah saya isikan hp, dompet dan kacamata saya, mereka kira isinya cuma buku ajaa... kemudian... diantara tidur dan gak tidur, saya ngerasa temen saya mulai kelimpunngan cari kamera, mereka gak tau kalo kameranya sudah kesimpen dibalik selimut yang saya pake tidur.. mereka sibuk bongkar2, nyari2 tapi gak nemu juga..dan akirnya pas buka selimut saya, mereka kaget+senang rupanya kameranya gak ilang...tp malah kesimpen ma saya, sambil ngakak ketawa.. saya bilang ke mereka:"ini kameranya ada ni di Erikson niii..hihihhihi"

kemudian.. semuanya tidurr... zzz..zzz...zzz tapi sesekali saya bangun karena tiap kereta nya berhenti si satu stasiun banyak suara pedagang lalu lalang di lorong2 tiap gerbong.. hingga sekitar pukul 2 dini hari saya bangun dan mau memakai kaca mata.. tapi pas saya raba tas saya yang tadi saya taruh diatas meja, tas nya sudah tidak ada lagi.. saya kemudian berdiri.. memastikan, ternyata benar sudah tak ada lagii.. dan baru nyadar bahwa dompet+hp+buku2 saya ada didalamnya pasti da gak ada lagii.. tapi saya mikir ini pasti kawan2 yang mindahkan ni.. saya bangunkan mereka satu persatu.. dan mereka bilang tak ada mereka pindah2kan.. dan saya akhirnya baru nyadar bahwa tas saya itu dan isi2nya sudah hilang.. dan rasanya tak mungkin juga kalau saya mesti interogasi satu2 penumpang yang segerbong dengan saya.. akhirnya saya duduk diam.. bingung.. dan akhirnya kata kawan saya sebaiknya saya segere hubungi call center Bank2 tempat saya nabung, takut2 kalau tabungan saya sudah disikat ma yang ngambill.. dan handphone saya sudah tidak aktif lagi ketika kawan2 saya coba telpon ke nomor itu..



Setibanya di Jakarta, setelah datang ke kantor antar oleh2, saya balik lagi ke kos, mandi, rapi2, terus balik ka kantor lagi bentar dan ke POLDA buat minta surat keterangan hilang buat mempermudah ngurus surat2 dan kartu yang hilang (KTP, ATM, STNK, KARPEG, ASKES, dll) alhamdulillah SIM lagi ditahan jadi gak terlalu repot lagi... :D

jadi kawan2 harap mungkin untuk beberapa hari kedepan, saya gak pake kacamata dan nomro HP saya akan segera saya ganti dan akan saya kabari ke kawan2 sekalian kalo sudah punya yang baru.. hehehe..menyesal sudah tak ada guna lagi, itu tas tak akan balik lagi.. semoga saya dan kawan2 melalui pengalaman saya ini bisa mengambil pelajaran, yaitu harap hati2 dengan barang bawaan kita selagi kita dalam perjalanan, kalo bisa pegang teruss.. jangan lepasin, sekalipun kalo mau sholat, tidur atau ke toilet..

Wassalamualaikum

Read more »

4.04.2009

Selamat Bahagia buat Mas Mamed, amin.. :)



Assalamualaikum...hmmhh.. baru balik kondangan neh.. tempatnya Mas Mamed (biasa begitu kami memanggilnya, kekekek :P) tadi berangkat dari hotel sengaja gak makan, buat menyediakan space yang cukup buat nampung makanan2 yang berguna buat perbaikan gizi.. untungnya saya gak bawa serta perut eksternal... takutnya kasian hadiirn yang lain tar gak kebagian makanan juga, hehehhee :D

pake batik merah.. celana dan sepatu coklat.. rambut sisir miring 45 derajat.. pakai tas selempang isinya kamera EOS,, sshhhaaahh... jadilah saya hadirin+potografer dadakan.. begitu datang, saya masuk barengan ma rombongan yang lain dan sengaja mengekor agak dibelakangan dikit... agar ngikut dianggap ngamplopin ma yang didepan sayahhh :P kikikki... kemudian terus masuk majuuu jalannn kedepan.. ngucapin selamat ma kedua mempelai.. poto2...klak klik klak klik klak klikkk... langsung turun... tapi saya gak langsung makan, tapi moto2 yang 'bisadipoto' duluu.. sentelah menyorot2, mengunci targettt..nahhhh..iya... potonya dapet, targetnya gak nyadar.. karena dipikirinnya saya sedang moto2 mempelai.. (hehehe :P), padahal $^&%*^&%#&*^..

acara resepsinya pakai suasana jawa.. mulai dari pakaian sampe logat MC yang mandu acara.. setelah moto2, saya mulai nyicipin (makanin sih sebenarnya :P), nyobain nasi kuning.. sate.. ikan.. terus es buah.. alhamdulillahhhhh kenyanggg :D, kemudian saya pas lagi diaula tempat resepsi itu setelah makan, berdiri sambil ngeliat2 suasana kawinan... wahh... insyaALLAH nanti saya kalo nikah (aminnn..aminnn :D).. tentunya bahagia sekali ya.. berdiri.. nerima doa restu dan ucapan selamat..banyak keluarga dan sahabat2 yang datang dan seterusnya dan seterusnya... gak lama kemudian.. kita2 udahan.. da malam,mau pulang dulu soalnya.. jadilah poto2 dulu (lagi) ma mempelai dari yang gaya rapi ampe gaya yang ancurrrr... terus balik la kitaa...

nah pas sudah diluar inilah banyak momen2 seru yang bikin rame, sayang kalau dilewatkan.. makanya poto2 dulu..

atau yang ini, ni poto tiga orang yang berurut dari kanan ke kiri, nunjukkiperubahan kulit dari orang yang tadinya gak pake POND's sama sekali, seminggu setelah memakai, dan sebulan setelah memakai POND's.. hehehhee..

atau ini ni.. poto saya dengan seorang wanita yang beruntung (jadi ceritanya saya beraniin diri bilang ke mbak itu.. saya:'mbak.. boleh poto bareng ya?' Mbaknya:'mmmm... boleh.. (sambil nunduk malu2)' saya :'hehehhe..')

nah.. jadilah setelah itu kami balik lagi ke hotel.. buat istirahat, tapi setelah itu mengambil poto ini dulu...

hmmhhh... akhirnya hari yang melelahkan ini berakhir dengan istirahat dan bahagia.. senang dan alhamdulillah x bisa diberi kesempatan jalan2 ke kota Jember ini.. mungkin entar2an jalan2 lagiii... ke kawinan kawan.. yang entah dimana tempat2nya..

Jangan takut keluarlah Hadapi dunia dengan menari Jangan takut ayo keluar Hadapi dunia dengan menari Berhayalah seluas biru langit Berpikirlah sedalam biru laut Horizontal sama rasa sama rasa :D


Wassalamualaikum

Read more »

NgeBSE langsung dari Jember :D


Assalamualaikum.. kawan2..hehehhe.. waktu nulis postingan ini, saya sedang duduk di cafe di sebuah hotel, namanya hotel Bintang Mulya, di Jember, Surabaya sonoan jauuuhh lagii (hehehe, maklum gak hapal nama daerahnya), jadi ini kali kedua saya ke Jawa Timur, setelah tahun lalu ke Surabaya, namun kali ini agak beda suasananya, jadi bukan karena DL, melainkan karena menuhin undangan kawan sekantor yang malam ini (Sabtu, 4 April 2009 jam 19.00) ngadain resepsi nikahannya, sementara akad nya sudah dilaksanakan tadi pagi..

jadi sebelumnya saya mewakili kawan2 yang laen.. mengucapkan semoga menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah dan warrahmah buat Rachmad Hidayat dan istri, aminn.. :), jadi saya dan rombongan (Decko, Gunawan, GoIlham, Semi, Linxga, Arwanto, Teguh, Togog) naek kereta Sembrani berangkat dari stasiun Gambir jam 18.45 WIB, sepanjang perjalanan di Kereta, yang ada2, berhubung keretanya dingin makanya tak banyak yang warawiri atau rameramean yang ada cuma ketawaketiwi bentar, ngunyah2 cemilan terus tidurr... tapi saya seperti biasa.. kemana2 pergi, biar gak bengong, biar gak ngelamun (hehehe..mulai dari lamunan berbobot sampe lamunan yang usil dan jorok :P) saya selalu bawa buku.. itu dalam tas gendong kecil saya saya bawa buku bacaan2.. jadilah saya baca buku sambil kereta berjalan, tak lama kemudian baru tidur... dan bangun2 sudah pagi jam 05.00

di dalam kereta pada pagi hari.., saya banyak melihat bangunan sekolah yang bagus jika dibandingkan dengan didaerah asal saya..kalo gak salah nama daerahnya (hmmhh..apa ya saya lupa.. :D) kemudian ada bentangan pemandangan sawah hijau (nah kalau yang ini saya paling suka melihatnya, apalagi kalau melihat bangunan waduk/bendungan yang ada sapi, burung dipinggirannya.. jadi terasa sekali kalau ini Indonesia, hihihihihi).

Saya kadang2 mikir.. wah.. ini berarti perjalanan dengan jarak terjauh yang sudah saya punya, (karena sampai sebelum saya ke Jember, terjauh itu saya sudah pernah ke Sidoarjo, bersyukur x lahh :D), pagi jam 07.10 kami sampai di Stasiun Pasar Turi, Surabaya, wahh.. kami kemudian berdiri2 sebentar, nungguin travel yang mau antar-jemput ke Jember... sembari menunggu kami makan pagi.. (sambil ngerasain panasnya Surabaya, panas juga rupanya disini, padahal baru jam 08.30 pagi), kemudian travel yang ditungguin datang, dan kami naek berangkat ke Jember, yang katanya jarak tempuhnya sekitar 4-5 Jam perjalanan (jadi ingat jarak Palembang-Baturaja :D).



saat mobil yang kami tumpangi melintas di kota Sidoarjo, kami melewati lokasi dimana suatu daerah telah terendam lumpur, bendungan/danau lumpur dengan daratan/lalu lintas umum cuma dibatasi dengan tanggul2 buatan yang bisa dibayangkan gimana kalo itu tanggul jebol lagi.. tentu saja bisa mengganggu lalu lintas... saat melongok ke bawah, saya melihat ada rendaman kecil yang dari situ keluar semburan2 kecil lumpur.. wah itu dipinggir2nya aja, gimana kalau dipusat semburannya yaaa... dimana2 sepanjang tanggul banyak sekali seruan2 dari baliho dengan disemprot cat pilox, yang isinya:'rakyat selaku korban minta dibalikin pembayaran atas ganti rugi tanah dan harta mereka', saya mikir juga, ini maslaahnya sudah sekian lama kok belum tuntas2 juga ya.. mungkin ini yang dinamakan komitmen dan tanggung jawab, semoga saja pihak2 yang bertanggung jawab dapat segera memenuhi kewajibannya untuk memenuhi hak2 para korban, dan para pemerintah selaku penentu kebijakan bisa bertindak tegas tanpa ngeliat ini sebagai peluang kampanye atau cari simpati.. (hehehe..lagian sekarang da banyak kok ada, Mentari, XL, IM3, dll :P)

sembari dalam perjalanan waktu kelaparan kami makan siang di rumah makan namanya 'Depot Brasil', saya kira bakal ada Tarian Samba, rupanya tak ada juga.. arrghh mungkin warna cat interiornya kebanyakan hijau dan kuning yang merupakan warna khas Brazil, tapi tak tau jugalah.. tak sempat saya tanyakan ke pemiliknya, hehehehe.. kemudian perjalanan berlanjut..

dalam perjalanan ini, saya celingak celinguk ke kiri kekanan sisi jalan, dan didalam mobil sedang diputarkan lagu2 dangdut yang kata orang banyak nyebutnya dengan istilah 'jawatimuran' yang sama penyanyinya lagu2 yang ditekankan dikiiiittt agar agak keluar cengkoknya, kekekekek.. capek liat jalanan, saya mulai baca buku, terus tak lama kemudian saya tidurrr....zzz...zzz...zzz... bangun2 dah di persimpangan yang mau ke arah Jember kota, tapi masih 35KM lagi, hiks... masih jauuh rupanya..

tapi sepanjang perjalanan, ada kesamaan tak dimana2,, sama saja..sama2 banyak poto bapak2 ibu2 mas2 mbak2 abang2 kakak2 caleg dengan beragam atribut partai masing2... ada sempat liat kampanye juga, tapi untungnya tak buat jalanan macet..

SELAMAT DATANG DI KOTA JEMBER... arggghhh akhirnya sampai juga kami di Jember.. ada tulisan sambutan besar yang menandakan bahwa kami sudah memasuki wilayah Jember, Kota Jember tepatnya.. masuk ke jalan utama,akhirnya kami sampai di hotel tempat kami menginap dan saya betul2 senang,, hahahaha ada hotspot dihotel ini, jadinya bisa browsing2.. :P, ada kolam renang pula, jadilah saya sempat berenang2 menyalurkan hobi2 masa kecil dulu yang biasanya dulu saya salurkan dengan loncat tinggi ke sungai Ogan Sumatera Selatan dari pohon tinggi.. bak Tarzan di Belantara Afrika.. kekekeke :P

Ok deh.. tar malam mau datang ke resepsi nya mas Rachmad, semoga nanti bisa lancar dan selamat,amin.. (sama2 bisa makan2 , heheheh.. :D, selalu susah ditahan kalo soal yang ini :P)

Wassalamualaikum

Read more »

4.03.2009

Tips Berpidato Ala Erikson :P


Assalamualaikum.. hehe kawan2.. apa kabar?moga baek2 la ya.. mencari inspirasi itu rupa2nya gak perlu dari orang2 yang pangkatnya tinggi, jabatannya banyak, rumahnya besar, mobilnya berbaris kayak showroom atau malahan pendidikannya sampe luar angkasa, hehehe (kesian amat ya saya, baru umur segini nyadarnya :P) begitu juga kalo kita mau berbagi.. argghh..

.. kalau mesti semaestro Ibnu Sina dulu baru saya mau berbagi ya... jangan2 udah keburu mati sayanya, jadiah deh.. sedapetnya aja asal dapat sesuatu yang bermanfaat sebisa mungkin cari wadah buat numpahin ato ngebagiin pengalaman dan hal2 yang berguna didalamnya, kalo hal itu baek ya kebaekannya bisa dipake semua orang, kalo itu pengalaman paitt.. heheh paling enggak orang2 bisa menghindari biar gak dapet pait2nya itu.. :D

jadi ini seputar tips yang biasa saya pakai kalo suatu waktu dalam suatu kesempatan saya ngomong didepan orang banyak (ya kayak lomba pidato kemaren gitu misalnya :D), ya mungkin beguna buat kawan2 yang sedang ngebaca BSE (BlogSiErikson) ini.. nahhh ini diaa.. tips-tips dan kiats-kiats nya :

1. dari jaman nenek2 kita dulu masih keciiilll ampe sekarang, saya sepakat bahwa yang namanya persiapan+latihan itu adalah kunci utama, jadi saya selalu ngebiasain latihan2 kalo udah tau jauh2 hari bakalan diberi kesempatan ngomong di depan orang banyak, latihannya ya simpel2 aja: tulis naskah yang mau dibacain, terus baca berulang2 ampe hapal (kalo perlu hehehehe... :P), terus kalo udah hapal baru latihan tanpa bawa naskah, coba2 ngomong sendiri didepan kaca, biar tau gimana muka dan gaya2nya kita kalo lagi ngomong (hehehe.. bilang aja g ada kawan lu son, makanya latihannya depan kaca, kekekek :D)

2. kalo udah latihan2 gitu, saya selalu ngegarisbawahin pada kalimat yang mana saya bakal pake emosi yang lebih dalam (emosi itu banyak ya, bisa sedih, gembira, marah, dan sanaksaudaranya laa..) dan pada bagian kalimat yang mana saya mesti pakai bahasa tubuh (body language) yang pas, agar pesan yang disampaikan bisa lebih kuatt.. dan saya juga selalu kembali nguat2in ingatan tentang naskah saya agar gak ada lagi celah buat lupaa.. heheheh

3.menjelang dah dekat2 hari H, jangan sering2 latihan, biasa aja, nikmatin aja.. yakin aja kita kan da latihan2, insyaALLAH ingatlah apa yang mau disampaikan, jadi menjelang hari H itu, bisa kita pake buat ngelakuin hal2 yang kita gemari, bisa nge-jam bareng kawan2, gitaran, baca buku ato apa aja lah yang bisa bikin kita merasa gak terbebani..

4. nahhh yang satu ini saya selalu inget buat untuk tidak lupa berdoa pada ALLAH.SWT agar nanti diberi kemudahan, ketenangan dan kelancaran pas menyampaikan pidato.. hehehe saya juga bedoa begini :'ya ALLAH, karuniailah hambaMU ini kemenangan, namun berikanlah pula hamba ketawakallan atas apaun yang Engkau tetapkan', jadi intinya saya maunya menang, tapi saya mau nerima apapun :), karena initinya buat saya kalo ada ikutan event apa gitukan, gak apa2 kalo gak menang asalkan saya bisa belajar sesuatu, daripada saya menang tapi gak dapat apa2 yang baru, sama2 aja yaa.. kayak buang2 waktu.. :P (halah2.. gaya amat son..son :D)

5. kemudian kalau udah mau nampil, sesaat sebelum mulai ngomong, tarik napas2 dalam2 dulu....sambil senyum lalu lepaskan nafas tadi dan mata tetep ngeliat kedepan.. ke yang nontonin kita, karena bener juga lo.. waku kita ngasih senyum ke mereka dan kalo mereka bales dengan senyum juga, itu ngasih kekuatan dan kePDan buat kita dan nafas yang tadi dalam2 kita isap, dan waktu kita lepaskan, itu mengubah kegugupan menjadi ketenangan... setelah itu berdoa sebentar dalam hati (bismillah...)... mulai deh ngomong....

6.waktu kita ngomong, asalkan kita sudah hapal dan latihan yang cukup, dan dengan ketenangan yang kita da punya.. otomatis tar ngalirnya natural.. kayak kita ngedownload.. lancaarrrrr banget keluarnya.. dan kemudian setelah isi pidato semuanya tersampaikan, yang terpenting itu penutupan, karena penutupan itu isinya adalah kesimpulan dan pesan dari pidato kita.. nah disini kita harus membawakannya dengan energi yang lebih dan kesan yang sedalam mungkin kalo bisa.. agar yang denger bisa inget dengan mudah, dan susah ngelupainnya..



hehehehe..jadi itulah sekilas yang bisa saya bagikan ke kawan2, ya mana tau bisa berguna, jadi kita sama2 saling memberi manfaat ok? o iya kalau kawan2 mau liat naskah pidato saya yang kemaren itu bawakan di lomba, kawan2 bisa buka di blog bahasa inggris saya di http://blogsibujang.blogspot.com judulnya seeing the unseen.

terima kasih kawan2..

wassaalamualaikum

Read more »