10.18.2009

Dari TMII: Acara Halal Bihalal


Sekarang saya baru paham kenapa dulu nenek saya sangat suka sekali menyimpan guci2 kuno antik (bukan yang guci cina yang banyak motif2 naga nya, tapi dari tanah liat yang seadanya dicat dan diplitur saja) rupanya itu adalah kebiasaan dari dulu di Baturaja, Ya..Baturaja adalah bagian kecil dari NKRI ini, yang dengan kehadirannya telah menjadi salah satu unsur Bhineka dan diharapkan bisa selalu menjagakan ke-Tunggal Ika-an negeri ini..

Adalah Ikatan Alumni SMA 1 Baturaja Sejabodetabek yang pada hari ini mengadakan acara Halal Bihalal di TMII Anjungan Sumatera Selatan. Merasa Diundang, Sayapun menghadirkan diri... (ini paragrap satu dan kedua ini nyambung gak ya??? hehehehe..)

Assalamualaikum wr wb kawan2, apa kabar???Hari ini saya ke Taman Mini dengan HTM Rp.15000 buat pengendara Motor (penting son????) sesuai dengan undangan dari FB sejak pekan lalu, acaranya Halal Bihalal dan Temu Kangen Alumni SMA N 1 Baturaja yang sekarang berdomisili di Jabodetabek untuk semua angkatan, saya yang tadinya merasa tua diantara adik2 kelas kini boleh sedikir berbangga karena menjadi salah satu angkatan termuda yang menghadiri acara ini, bayangkan coba jika diname tag para hadirin tertulis nama dan angkatan, maka angka yang tertera disitu adalah '70,'73,'77,'79,'82,'84,'90,'91,'93,'98, dan saya 2004 serta ada juga satu yang angkatan 2005. MySpace

MySpace
serasa muda...serasa lugu...serasa enerjik menjadi PHB (Pemuda Harapan Bangsa) hahahaha..


Setibanya disana, setelah pake acara kesasar keliling Taman Mini nyari anjungan TKP dl tentunya, saya parkir di bawah rumah anjungannya (well... rumah adat Sumatera Selatan itu adalah Rumah Panggung, kata nenek saya kenapa dibuat seperti itu, karena dulu di Baturaja binatang buas, jadi untuk berlindung dibuat designnya seperti itu) lalu naek ke atas buat registrasi dan begitu masuk ke anjungannya, suasana dengan nilai kedaerahan kental nian terasa, alam pikiran saya seperti tertarik mundur seperti saya masuk kerumah saya sendiri diBaturaja sana, dimana design nya, perabotannya, warna dominan catnya, kasurnya, tangganya mengingatkan saya dengan pemandangan yang sangat akrab dengan era 90an waktu saya masih kecil dan nenek saya masih ada diantara kami (FYI, i have never met my grandfather, he passed away long before i was born)... MySpace

Menit lepas menit sambil menunggukan kedatangan yang laen, saya keliling ke penjuru ruangan sampai ke halaman depan belakang samping kiri kanan buat poto2, minta bantuan ke beberapa orang buat ambilkan poto saya,MySpace dan begitu terus sampai beberapa kawan satu angkatan berdatangan..setelah yang datang cukup banyak, akhirnya acara dibuka oleh sesepuh dengan menceritakan awal muasal terbntuknya IKA SMA 1 Baturaja ini, kegiatan yang telah dijalankan, penggunaan anggaran serta keanggotaan, diantara banyak yang hadir banyak yang saya lihat sudah menjadi berhasil dalam karirnya, entah itu Wirausaha, Swatsa, PNS (beberapa jadi atasan saya meski beda unit :D), ABRI, atau Ibu Rumah Tangga (Jadi Ibu Rumah Tangga itu tak mudah kata mamak saya, karena itu ini juga adalah profesi :D).. Ada satu yang kini sebentar lagi akan sidang doktoral di Den Haag Belanda dari pembiayaan pemerintah Mesir. Dulu katanya rajin membaca buku sampe akhirnya dapat beasiswa..

Lepas Pembukaan, dilanjutkan dengan Halal Bihalal ke semua hadirin keliling ke semuanya.. dan setelah itu dilanjutkan dengan acara santai sambil makan2 makanan khas Sumatera Selatan, MySpace dan mau tau acara santainya apa??? hehehhe.. buat yang asli Baturaje (iya logat aslinya dibaca dengan 'e' nya melayu) pasti akrab dengan permaenan muda-mudi Baturaja era 80-90an yaitu "Ningku'an" yaitu permainan lempar selendang atau kandok bahasa Baturajanya, Selendang ini dilempar terus menerus ke semua diiringi musik yang ceria dan jika musik berhenti tepat di seseorang yang sedang memegang selendang, maka orang itulah yang menjadi korban, hukumannya disuruh maju kedepan diminta ambil kertas pertanyaan yang aneh2.. seperti misalnya 'apa kenakalan kamu yang paling kamu ingat semasa sekolah??' atau 'Siapa nama guru yang paling kamu takuti SMA dl??' atau pertanyaan lain khas muda-mudi remaja ABG..

hahahha.. tapi berhubung yang datang adalah mereka yang telah melewati masa2 ABG, maka semuanya hanya bisa menjawab berdasarkan kenangan, dan yang saya ketahui permainan ini memang sudah jarang karena mungkin sudah tergilas jaman dan perkembangan mode dsb. Mereka yang datang melakukannya sambil tertawa gembira bernostalgia mengingat era remaja mereka.. saya???hahaha kala itu masih bocah ingusan.. ikut menang aja makan gratis kalo ada acara yang beginian..hahhaha.. MySpace

Setelah itu adalah sesi menyanyi-nyanyi lagu daerah, orkes digelar.. MySpace ahhh serasa mudik nehhh... suasana2 seperti ini, khas Baturaja nian..hahahha... buat mereka yang berbakat nyanyi dan masih hapal dan ingat lagu Daerah Baturaja maka silahkan tampil kedepan dan ada kawan saya yang maju untuk bernyanyi dan saya sibuk mengabadikan momen jarang ini..hehhhe...

Tak terasa hari sudah siang... saatnya pulang sayapun berpamitan setelah bertukar nomor HP ke kawan2 yang lainnya. rencananya acara ini akan diadakan setiap tahun H+3 di Baturaja dan beberapa waktu kemudian di Jakarta. dan kepengurusan yang baru juga akan dibentuk untuk regenarasi. Musik khas Baturaja (Melayu) tetap berputar mengiringi saya yang pulang meninggalkan anjungan Sumatera Selatan TMII. Lumayanlah hari ini untuk warna yang baru, cerita baru dan penglihatan2 yang baru pula.

Wassalamualaikum

10 komentar:

  • Djiezu/Jizu says:
    18 October 2009 at 22:29

    masa-masa paling indah..ya pas disekolah

  • Alil says:
    19 October 2009 at 00:42

    gyaaa...
    senengnya liat yang tua-tua mengenang masa ABG..
    bagus Erik.. perbanyak temanmu...

  • soewoeng says:
    19 October 2009 at 07:01

    selamat reunian bos

  • Erikson says:
    19 October 2009 at 07:04

    @Jizu: nyanyi mas???? lagu alm Chrisye tu.. heheheh.. bisa juga kl dirilis ulang by Jizu.. heheh :D:D:D:D

  • Erikson says:
    19 October 2009 at 07:06

    @alil:makasi bro... ada yang seumuran ma aku, kira aku adik kelas, rupanya anak2 para hadirin yang alumni tahun duluuuu.. hehehehe =))

  • Erikson says:
    19 October 2009 at 07:06

    @suwung: makasih ommmmmm.... Manado aman??? hehehheh

  • Djonggara says:
    19 October 2009 at 08:11

    Mas Erikson, Adakah Mas Erikson menemukan seseorang yang menurut Mas Erikson cocok menjadi pendamping ? Karena saya mengerti, itu salah satu tujuan Mas Erikson datang ke acara tersebut.

    Terimakasih.

  • Erikson Wijaya Bin Asli Aziz says:
    19 October 2009 at 08:20

    @Djonggara: Benar sekali itu Mas Djong, cuman sayang setiap kali melihat yang kira2 pantas.. ah mereka datang dengan pendamping masing2, ada juga yang datang sendirian namun cincin kawin sudah melingkar manis dijarinya.. :X mungkin memang belum waktunya Mas Djong, makanya diacara ini belum ketemu juga, tp tak ada yang sia-sia Mas Djong karena kemaren bisa makan makanan khas kampung halaman di rumah.. secara Mas Djong tau sendiri kalo mau beli di Jakarta ini, makanan serupa harganya mahal hahaha =))

  • irmaniz says:
    20 October 2009 at 11:10

    son, kapan2 koordinasi lah samo yang di baturajo adoke reuninyo di baturajo pas mudik lebaran..hehehe

  • Erikson says:
    20 October 2009 at 11:37

    @irmanis: ai yuk rasoku la dari dulu nak ngadokan lum tejadi2 tapi.. ntah cak saro nian beurusannyo tu, apo sibuk galo apo makmano lum tekeruan pulo.. cuman jadi jugo kito pikirkan dari sekarang mun galak nian bebesak2an acara tu.. ditunggu partisipasi aktifnyo, jus jadilahhhh hehhee paling gek dang balek lebaran bebahasan lagi dengan kawan2 yang di Baturajo..

Post a Comment

Jangan ragu untuk komentar.. :) Dan untuk menjaga komentar spam, mohon isi dulu kode verifikasi nya.. Trims.