Apa Itu Toastmasters, Son??


Tanggung jawab buat saya adalah sebuah kepercayaan yang membutuhkan usaha dan pengorbanan agar bisa dijalankan dengan sebaik mungkin

Assalamualaikum kawan2 and dear all :) .. tadi siang saya dilantik, resmi jadi ketua The Catalyst Toastmasters Club yang ada dikantor saya, itu sebuah organisasi yang tak berorientasi bisnis atau uang, yang tujuannya untuk menjadi suatu tempat belajar bagaimana berkomunikasi didepan orang banyak, ya kayak misalnya pidato, presentasi, dan lain lain macamnya, juga sebagai tempat belajar leadership juga, dan bahasa yang dipake buat pengantarnya itu bahasa inggris karena emang ini asalnya organisasinya dari luar negeri, dan sudah ada di Indonesia sejak tahun 1960, sementara di kantor saya sudah ada sejak tahun 2002.

sebenarnya ada yang lucu, dalam sejarah The Catalyst Toastmasters Club yang ada di kantor saya ini, saya ini ketua pertama yang merupakan seorang laki2, karena dari sejak awal berjalan, ketuanya selalu Ibu2, ya maklum aja, tadinya yang bikin inisiatif bikin club Toastmasters di kantor saya ini adalah para ibu2 istri para pegawai, namun sejak tiga tahun terakhir yang ikutan semakin banyak, gak cuma ibu2 atau yang mau jadi ibu2, tapi juga para pemuda2 harapan bangsa macam saya ini.. :)

* pura2 serius sok mikir, kening dikerutin dikit :P*

saya sendiri mulai gabung ikutan dalam club ini, sejak tepat 2 tahun lalu, Juni 2007. waktu itu, waktu pertama kali datang, saya bener2 gak PD.. maklum waktu itu waktu pertama kali datang, yang saya liat semuanya sudah banyak yang pengalaman kayaknya, apalagi semuanya sudah bergelar pendidikan sarjana strata satu, bahkan ada yang sudah master,beberapa lulusan luar negeri pula :(, jadi ingat waktu pertama kali disuruh ngomong kedepan.. kepala saya nundukkkk terusss... ngomongnya sambil takut2 gitu, gugup dan gemetaran pula, bawaanya mau duduk ajaaaa gak tahannn lama2 didepann daripada entar malah mentok keabisa ide atau kata2, kan nambah maluuu :P


cuman.. ada dorongan dalam diri saya, apa ya saya nyebutnya, mungkin kawan2 juga punya dorongan itu saya yakin, marilah kita sebut sebagai dorongan untuk maju. dorongan untuk bisa, dan setiap kawan saya yakin juga punya kecendrungan kemana dorongan itu lebih besarnya, ada yang ke arah komputer,arah olah raga, arah otomotif, atau bisa juga ke arah musik, dan saya salah satunya itu ke arah bahasa dan komunikasi :D, nah dengan dorongan itu, saya tetap rajin dan mau datang hingga akhirnya pas kedatangan ke tiga, saya mutusin daftar dan ikutan jadi anggota, dan kebetulan waktu itu lagi kursus bahasa inggris juga di LIA Pengadegan, jadi biar ada tempat melatihnya juga heheehhee..


menjadi ketua berarti sebuah tanggung jawab baru saya terima, dan saya pun akan berusaha dengan sebaik mungkin melaksanakannya, sudah pasti butuh pengorbanan dan komitmen, tanpa dua hal ini suatu tanggung jawab tidak akan bisa bearti apa-apa,cuma tinggal nama :), namun sesulit apapun itu, kalau niatnya baik insyaALLAH bisa berjalan dengan semakin membaik (betul gak om soewoeng??? hehehehhe), apalagi di club itu kan saya gak sendirian, tapi juga ada kawan2 yang punya ide, alasan dan tujuan yang sama dengan saya dalam ikutan Club ini, dan ada timbal balik yang sangat menguntungkan buat saya, bukan dalam bentuk uang, bukan juga materi, tapi berupa pengalaman tentang bagaimana menjadi pemimpin dalam sebuah organisasi ,berupa kebanggaan yang bisa saya sampaikan kepada ortu dan keluarga di kampung saya, berupa cerita yang bisa diturunkan ke anak2 saya biar bisa jadi kebanggaan dan inspirasi mereka nanti :)

*senyam senyum sendiri sambil nopang dagu :D*

O ya.. mungkin ini sedikit saya ceritakan pada kawan2 sekalian, sebenarnya apa sih Toastmaster itu? ya biar ga bingung kawan2 kan, jadi ada informasi tambahan juga :)
jadi Toastmaster itu adalah organisasi internasional, pusatnya di USA, yang bertujuan menjadi wadah bagi siapapun di dunia ini yang ingin mengembangkan kemampuan dalam hal komunikasi dan kepemimpinan (Communication & Leadership), secara struktur organisasi, setiap kawasan di dunia ini terdiri banyak kawasan daerah yang dalam satu kawasan terdiri dari banyak negara, kawasan ini disebut dengan itilah District, nahh.. Indonesia, Malaysia, Singapore dan Brunai Darussalam itu masuk dalam wilayah District 51, ada sekitar 90 District.


kemudian District ini dibagi lagi dalam divisi-divisi, satu Divisi itu terdiri dari beberapa wilayah dalah suatu negara, misalnya kalo kayak Jakarta itu masuknya Divisi J, terus dibawah Divisi itu ada Area, di dalam Area inilah kawasan di suatu wilayah Jakarta tadi dipersempit dan dibagi2 lagi, kayak misalkan, yang ada didaerah Jakarta Selatan atau Timur itu masuknya Area J2, nah dibawah Area inilah ada club2 gitu, dan The Catalyst Toastmasters Club yang ada di kantor saya ini masuknya ke Area J2.

Didalam Toastmasters, siapapun yang mau jadu anggota nantinya akan dapat buku manual tentang Communication dan Leadership, semua tehnik2nya dijelasin didalam bukunya itu, dan setiap kali ada pertemuan rutin, mereka yang sudah menerima buku itu bisa langsung mempresentasikan apa yang mereka pelajari itu di depan dalam bentuk penyampaian pidato, atau memegang tugas2 tertentu untuk tehnik Leadershipnya :) karena dalam penyampaian atau menjalankan tugas2 itu adalah saat untuk mempraktikkan tehnik2 yang sudah dipelajari di buku itu, kemudian setelah itu akan ada sesi khusus yaitu sesi evaluasi yang akan memperkenankan orang yang lebih pengalaman dari kita untuk memberi evaluasi tentang bagaimana kita tadi.. :)


di Toastmasters yang Club saya memang pengantarnya pake Bahasa Inggris, tapi bukan berarti pake minimal TOEFL 500 keatas, enggakkkk gakkk ada TOEFL-TOEFLan, yang penting nau aja dulu, tar kl ngomong kan bisa lancar dengan sendirinya apalagi da sejak duduk dr SD sampe SMA dah kenal ma Bahasa Inggris, jadi sebenarnya dah ada bakat, cuma mungkin karena jarang dipake aja, hehehhee...

banyak hal, yang bisa saya dapatkan pengalamannya selama ikutan Club ini, mulai dari ikutan lomba, ikutan training dengan bertemu banyak orang dari beragam latar belakang, bahkan kalo g ada halangan, insyaALLAH Oktober tahun ini, saya dan beberapa kawan lainnya akan diberi kesempatan ikutan Seminar di Tanah Genting, Malaysia. ganti2 sih tempatnya tahun lalu di Medan, pernah juga di Bali, cuma kali ini di Malaysia.

Buat siapapun yang tertarik buat datang ke Club ini, silahkan liat2 aja dulu, gimana kegiatannnya, ngapa2in aja, kalo tertarik ayo gabung ma kita, kalo belum minat ya gak apa2, kan banyak cara buat belajar, yang penting itu tadi kemauan itu tadi, hehe :), kalo mau datang ke The Catalyst Toastmasters Club di kantor saya, datang aja setiap hari kamis pekan pertama dan ketiga jam 11.30 siang sampe jam 1 siang. alamatnya di Jalan Jenderal Gatot Soebroto Kav 40-42, Gedung Kantor Pusat Ditjen Pajak (aduhh nyebut merek juga akhir nya :D), Gedung A baru lantai 1, ruangan sekretariat KBI DJP. insyaALLAH disambut dengan suasana kekeluargaan yang sportif dan positif.

Wassalamualaikum

P.S:
-----
http://tmcatalyst.wordpress.com/ itu alamat blog Club nya :)

Comments

  1. Saya tertarik..bagaimana dengan anda???

    eh ga ada harga naik tanggal sekian kan? kek di promo-promo property ituu... hehehe

    ReplyDelete
  2. hmmmm...another story about toaster-master, :P

    eh, erikson klo lg d belakang podium ganteng jugo e...
    ngehehehe

    sukses buat toaster-master nya rik :)

    ReplyDelete
  3. Wew..
    Asyik juga kyknya neh..
    Tpi ada ndak cabang Surabaya-nya..
    Hehehe.. ;)

    ReplyDelete
  4. @Togar: wew.. kl tertarik tar tanggal 16 ada ketemuan lagi din,, tar dihubungi lagi deh..

    ReplyDelete
  5. @Uwo: waakkakakakakka.. masa di belakang podium wo, ya gak akan keliatan laa.. :) wo ada2 aja.. :D

    ReplyDelete
  6. @Budi: ada kok mas namanya The Surabaya Toastmasters Club.. coba aja search di google ke http://toastmasters.org

    ReplyDelete
  7. wih gracias, akhirnya anak muda ini bisa menjadi pimpinan klub
    hehehe selamat son
    moga2 makin banyak ilmu yg kaudapat
    kta pepatah, tuntutlah ilmu sampai negeri paman sam, dah ga di cina lagi skrg
    hehe

    ReplyDelete
  8. @berkejaran: amin,makasih sobb..jiakakak kau tu ada2 aja ya, pepetah baru sekarang kau buat, paman sam menggusur chine :D kau pun kalo mau datang, kabari aja.. tar kami gelar karpet merah buat kau.. :D

    ReplyDelete
  9. tiba2 ingat kelakar kawan, dia bilang gini :'Hati-hati, Erikson itu pesanan asing' kekekke kelakar menjelang pemilu.. gara2 belajar bahasa inggris ni :P

    ReplyDelete
  10. sukses untuk toastmasters nyo yo son
    buat uwo, kapan2 dateng ke meeting
    buat togar yuk maen2 ke toastmasters..


    :)

    ReplyDelete
  11. nah wong dalem komen :), iyo wak... si togar nak melok, payo kito ajak gek tanggal 16 tu.. uwo jadi jugo mun dio galak, cuman dak tau ye, namonyo uwo tu caknyo nak mudik lah.. kekekke

    ReplyDelete
  12. tar ak guling2 di karpet ataw versi ngesot lah macam suster2
    hahaha, thx kawan

    ReplyDelete
  13. wooo ketua toast ya... tring.. toast dulu yuk ... :D

    ReplyDelete
  14. @Cebong: wkakakakakka yuk mbakkkk..tringgg :P

    ReplyDelete
  15. Tanggung jawab itu mungkin kalo menurut saya adalah kepercayaan yang diberikan kepada kita dan kita harus menjalankannya dengan baik!
    Stop Dreaming Star Action

    ReplyDelete
  16. weits, tgl 16 nak diajak kmn rik?
    jalan2 apa blenje2? ngehehehehe...

    soal mudik jgn khawatir, saya hanya mudik saat lebaran dan saat natal :P

    tp..hmmm..aku kan anaknya pemalu... (sumpe lu?)

    ReplyDelete
  17. @uwo: ke meeting toastmaster wo.. ikutlah .. malu2 gak apa2 wo, asal gak malu2in.. halah :D
    @iklan: makasih bosss... :)

    ReplyDelete
  18. mmmmmmmmmmm...caknyo belagak nian kawan akuni............btw perut tmbh buncit son yeh

    ReplyDelete
  19. @anonim: ai ado2 b kau jrin.. hehehehe efek kamera b tu jrin.. *tak mau mengakui kegendutan*

    ReplyDelete
  20. Wah hebatttttt!!!

    ReplyDelete
  21. ada nomor club toastmaster yang disurabaya ga?

    ReplyDelete
  22. @Hermawan: wah saya lg break dl smntara krna pndah Palembang.,

    ReplyDelete
  23. waaah klo di Sby weekly meeting nya di mana yah? pengen tau juga ni

    ReplyDelete
  24. mas minta contact yang bisa di hubungin dong

    ReplyDelete
  25. boleh minta kontak nya...?
    sy tertarik ingin gabung ato mungkin ingin survey dulu soalnya sy kurang pede :-) kebetulan kantor sy daerah pancoran ...trims

    ReplyDelete
  26. selamat pagi, saya mau tanya ini club nya masih ada gak ya? soalnya update blog nya tahun 2009.. kalau saya mau cari informasi dan mau bergabung caranya gimana ya? thanks..

    ReplyDelete
  27. mas saya mau tanya, ada tidak ya di surabaya?

    ReplyDelete
  28. tertarik ikutan mas.. karena deket. masih bisa berkunjungkah?

    ReplyDelete

Post a comment

Jangan ragu untuk komentar.. :) Dan untuk menjaga komentar spam, mohon isi dulu kode verifikasi nya.. Trims.

Popular posts from this blog

Melanjutkan Studi di UNSOED

Harapan Hari Tua

Selamat Jalan, Teman!