Datang dan Pergi


Saya suka kalo sudah tiba waktunya untuk berjalan-jalan keliling daerah asal saya, tujuannya buat ngeliat-liat tempat, jalan atau orang-orang yang dulu sering saya temui, yang sekarang sekarang ini sudah pasti jadi sangat jarang ditemui...
MySpace

Assalamualaikum kawan2..waktu kemaren malam saya tarawih di masjid dekat rumah saya, bareng adek dan dua ponakan saya, saya seperti mengenang waktu saya masih sering nian ke masjid itu, misalnya kalo mau Jumatan atau Tarawihan atau kalo misalnya lagi ada acara keagamaan yang ngundang anak2 setempat, cuman yaa dulu begitulah, datang ke masjid itu tujuan awalnya buat sholat, tapi kl dah ketemu komplotan cilik hahaha.. mari kita nyalakan petasan, mari kita maen perosotan... hehehehe

waktu masuk ke masjid itu, saya ngeliat orang-orang yang dari dulu sampe sekarang masih sehat bugar menjadi petugas jumat atau imam sholat diusia mereka yang diatas 50an mungkin, ada wajah wajah lama yang bahkan sangat lama nian, yaitu seorang yang kl Jumatan, beliau selalu jadi petugas, sehari-harinya beliau ini adalah pedagang bubur selendang mayang (kl ditempat saya nyebutnya bubur sumsum) yang sudah menekuni usahanya ini sejak saya belum lahir.. dan kenapa saya bisa tauuu??? ya itu cerita kakak perempuan saya yang dari kecil sering beli bubur dia..
MySpace

namun ada juga wajah wajah yang hilang, mereka sudah berpulang ke Rahmatullah waktu saya sedang gak di sini, biasanya Ubak saya ngasih kabar lewat telepon misalnya Nenek A atau Uwak B meninggal tadi siang, mereka mereka biasanya adalah penghuni lini terdepan kalo sholat, hehehehe.. dan sudah ada formasi tetapnya juga...
MySpace dan saya seperti biasalahh.. menghuni baris baris belakang, depan itu dapatnya kl masih nyisa dan bisa nyempil di ujung kiri atau kanan..

Dulu masjid ini terasa sangat besar, saya sempat ngaji disini dulu.. cuman kenapa sekarang menjadi terasa tak sebesar dulu ya? apa badan saya yang nambah besar (hahhaa.. berlebihan nian, emang sekarang da sebesar Godzilla hahaha), Gedung kelas sekolah SMP saya juga gitu, pernah suatu kali saya datang dan iseng iseng masuk keruang kelas saya kelas 3 SMP dulu, kenapa terasa menjadi lebih kecil?atapnya menjadi terasa lebih rendah?Bangunan Bangunan itu sebenarnya tak banyak berubah, hanya berubah penampilan sedikit aja, dari sisi ukuran, it is not changing, indeed.

Kota Baturaja ini juga, dl rasanya cukup besar buat saya kelilingi, namun sekarang gak lebih dari waktu 2 jam buat mengelilingi habis jalanan utama kota ini, meskipun sekarang sudah kena virus macet juga.. (jalanan kecil gak sebanding dengan jumlah kendaraan),mungkin benar bahwa satu-satunya yang gak berubah adalah perubahan itu sendiri hihihiihi.. dia selalu ngikut dalam pergerkan perputaran waktu, termasuk disini, dikeluarga saya, sudah banyak anggota keluarga baru, yang kl saya hitung dari kakek saya, berarti mereka yang merupakan keponakan keponakan saya ini adalah generasi keempat, satu dibawah saya. hahaha.. ini sebuah peringatan bahwa saya sudah cukup tua... MySpace

Tentang ruangan masjid dan gedung kelas yang semakin kecil, saya belum bisa paham kenapa, apa ini sebagai dampak dari perubahan, dimana ketika seorang lama meninggalkan sesuatu, maka ia akan melihat sesuatu itu lagi kelak dengan cara yang baru?baru kenapa ya?apa karena di Jakarta semua ruangan itu adalah besar?? entah juga ya, bingung, hehehhee... tulisan ini terinspirasi gara gara tadi pas nyerahkan Zakat Fitrah, petugas amilnya gak lagi ngenali saya, sampai akhirnya saya kenalkan diri saya dan menyebutkan nama ayah saya... baru dia ingat sambil ngomong :'ooo.. kau ini yang lama gak aku liat itu ya... ooo itulah.. kemana aja kau??'

Perubahan, ada yang terkaget kaget mendapatinya, segala sesuatunya sudah banyak yang berubah,ada pula yang biasa saja karena memang mereka tidak pernah mengikat diri mereka secara berlebihan dalam suatu masa, karena masa memang tidak abadi. yang abadi adalah perubahan, dan buat saya lebih baik memaksakan diri walau berat sebagai bagian yang siap menjadi terlibat dalam perubahan daripada terbangun dan tersentak mendapati semuanya sudah berubah.. MySpace

Wassalamualaikum

Comments

Popular posts from this blog

Cerita Psikotes Erikson

Paradoksal Jakarta

Nonton Film King