8.23.2009

Pak Wagimin Asal Muntilan


Sesekali agak melankolis gak apa yaaaa... maklum postingan saya ini mau nyeritain tentang seorang Bapak yang berasal dari Muntilan, Jawa Tengah, beliau bernama Wagimin, seorang pedagang asongan keliling yang sering menjajakan barang dagangannya di daerah Kebalen, Komplek Widyachandra sampe ke Tendean, Mampang Jakarta Selatan.. saya kenal beliau semenjak kapan yaa... kalo gak salah Juli atau Agustus 2006 sampe sekarang.. so, what is it so special about him that you write it on your blog,son?? well, let the story goes...

Assalamualaikum kawan kawan apa kabar?semoga baik selalu dan diberi kekuatan dalam menjalankan ibadah puasa, yang dah masuk hari ke 3 ya.. keren.. keren.. semangat!!!! (hehehe.. ya keren la, khususnya buat saya yang susah nahan kalo dekat dekat makanan, dan buktinya saya bisa puasa nee... keren kann???)ok.. ok.. sekarang balik lagi ke Pak Wagimin tadi... jadi gini, sejak Juni 2006 lalu sampe November 2008 kan saya tinggal kos nya itu didaerah Kelurahan Poncol, Kecamatan Mampang, Jakarta Selatan, (jangan dikira saya jadi calon pengantinnya Nurdin M Top ya, lantaran dia juga pernah ketahuan tinggal di daerah Mampang juga :P) nah disinilah saya kenal dengan beliau ini (bukan Nurdin M Top nyaaaaaaaaaa... tapi Pak Wagimin yaaaa....hehehe)...

Saya tahu pertama tentang beliau ini pertama kali dari seorang kawan yang dekatan kos dengan saya, kawan saya itu bilang bahwa pak wagimin ini sesekali sering berkunjung ke rumahnya buat sekedar silaturahim dan memberi oleh oleh sekadarnya, sampe akhirnya saya mendapat kesempatan berkenalan dengan beliau ketika pada suatu siang atau malam ketemu ma beliau sama sama mau pulang dari masjid...(ke masjid ngapain sonn??anuu.. anu.. nganuin itu...apaa..apaa.. ngituin anu...udah ah.. hahahaha) dari situ jadinya sama sama sering ketemu sampe akhirnya Bapak ini mendatangi kos kosan saya, waktu itu datang dengan niat Silaturahim biasa dan membawakan makanan ringan sekedarnya (waktu tau dibawain makanan, terjadi monolog dalam hati saya :' hehhee.. pak Wagimin datang ke tempat yang tepat :P'), ngobrol ngobrol singkat seadanya tentang keluarga beliau di Muntilan dan tentang beliau sendiri yang sudah sekitar 15 tahun di Jakarta dan berjualan. dari nada bicara dan tatap matanya (tsssahhh....ngeri ah Erikson ni da bisa baca sorot mata orang juga rupanya... hahaha.. kalo yang ini feeling aja, sometime it puts me wrong but in another times it proves me rigth) dia pengen bilang kayaknya bahwa 'saya juga dulu kayak kamu, jauh dari keluarga dan jadi perantauan di kampung halaman orang'.

dulu waktu belum punya motor kan kalo ke kantor jalan kaki, nah pasti ngeliwati rumah Pak Wagimin ini, biasanya kalo pagi beliau sudah ada didepan rumah, entah itu santai olah raga atau nyiap kan gerobak dorong yang sudah siap penuh terisi barang asongan dagangan yang siap dijajakan, kalo ketemu beliau biasanya barang semenit dua, saya berhenti buat sapa sapa dan kemudian berangkat lanjut jalan, menapaki Jalanan GatSoe mulai dari Depan Jembatan Patra (depan Menara Jamsostek, sampai menghilang di kelokan jalan ke kantor), tapi catatan ya.. itu kalo masih belum telat, kalo da mau telat biasanya langsung masuk melumpat ke KOPAJA 66 atau Metromini 604/640 bayar 1000 (tarif dekat :P). saya jadi terkenang keramahan beliau dalam menjaga hubungan dengan saya dan kawan kawan saya sesama anak kos di daerah itu.

buat saya, sekalinya itu waktu beliau datang maen ke kos saya itu sudah terlupakan, namun sekitar satu atau dua bulan kemudian beliau kembali datang ke kos saya, dan tak lupa membawa makanan atau oleh oleh sekedarnya, bahkan ketika suatu kali beliau datang, didapatinya saya sedang berbenah maka tak segan segan beliau turun tangan membantu sampai tuntas, dan ketika saya tawarkan makanan untuk menghilangkan lelah dan penat lantaran beres beres bantuin saya, beliau justru menolak, sampai akhirnya saya paksa beliau malah pulang sambil menyerahkan oleh oleh yang beliau siapkan sejak awal, dari situ, saya mulai ngerasa gak enakan, dan akhirnya saya sesekali mutuskan buat maen ke rumah beliau, sebuah rumah yang sangat sederhana, berdinding triplek, dan alas semen yang sudah lembab dan pecah lantaran sering kemasukan air pas kebanjiran, ruang utamanya juga berfungsi sebagai ruang tidur buat beliau dan tiga orang teman satu profesi satu kampung halaman beliau, ruang tengah digunakan untuk menaruh tiga gerobak dagangan, dan ruangan belakang untuk kamar mandi. waktu beliau tahu saya datang, beliau tampak kaget dan sekaligus senang, beliau menghidupkan lampu ruang depan dan membentangkan karpet lalu mempersilahkan saya duduk, waktu itu saya datang tanpa membawa oleh oleh atau bawaan apapun, hehehhe.. niatnya waktu itu adalah buat datang berkunjung dan gak dari mana mana, jadi gak bawa apa apa :)...

namun justru gara gara saya gak bawa apa apa, malah beliau yang jadi sibuk beli makanan ini itu buat saya selaku tamu ceritanya :P, saya jadi gak enak karena sudah bikin repot dan semakin saya melihat kesederhanaan dalam hidup beliau ini malah jadi saya terharu, karena masih sempat sempatnya beliau datang mengunjungi saya dan kawan kawan saya dan membawakan buah tangan, dan ketika beliau bersibuk sibuk buat nyiapin makanan waktu saya datang berkunjung saya semakin yaaa..cemanalah ya rasanya... jadi gak tega, kok datang malah merepot-repot kan aja.. dan ini juga gak hanya beliau perlakukan ketika saya datang berkunjung, ke kawan kawan saya yang laenpun begitu, sampai ada akhirnya kawan kawan malah karena mungkin gak tega atau merasa gak enak diperlakukan demikian istimewa oleh orang yang hidup dan kehidupannya demikian sederhana, mutuskan gak mau maen kerumah beliau lagi, daripada beliaunya repot repot kata kawan saya itu. betul juga pikir saya waktu itu, namun i cannot stand with that opinion, i don't intend to recompense all his deeds to me, i just do the things he deserves with. namun sebisanya saya menolak ketika saya pamit pulang beliau memaksa saya untuk mengambil beberapa barang asongan beliau yang mana tau saya perlukan buat kebutuhan di kosan saya.

Februari 2007, Jakarta lumpuh total dihantam Banjir, apalagi kosan saya sampai sampai saya gak ngantor dan kelaparan dari malam sampai siang dan turun berenang buat cari bantuan makanan dan akhirnya seminggu lebih ngungsi di kantor, kosan saya tenggelam, keliatan cuma ventilasi diatas pintu, selebihnya air keruh kecoklatan, saya dan beberapa kawan sekos saya waktu itu berenang ke dalam buat ngebuang barang barang yang kira nyumbat keluarnya air dan bakal jadi sampah pas air dah surut nanti.. termasuk spring bed kawan saya.. hehehehehe.. begitu beberapa hari kemudian saya ketemu pak Wagimin ini di tempat penampungan masyarakat di Masjid, beliau menanyakan kabar saya dan kawan kawan, saya ceritakan bahwa kami ngungsi kekantor, dan akhirnya beliau lega karena sudah seminggu ini nyari nyari kami ke rumah kos kami tapi gak ketemu juga. dan saat itu kami langsung diajak untuk makan nasi goreng dekat kosan, beliau begitu memaksa, tak enak jadinya menolak..

Selanjutnya ketika Jakarta kembali di serang banjir di awal 2008, (tidak separah tahun sebelumnya), waktu itu malah lebih parah, airnya itu meluap masuk kerumah pas sore ketika saya dan saudara (ya.. kawan sekos saya sudah saya anggap seperti saudara sendiri) sedang di kantor, dan segera kami pulang dan mendapati bahwa air sudah masuk setinggi mata kaki, dan akhirnya kami menyelamatkan barang barang yang masih bisa diselamatkan dan sampai malam berbenah karena baru pada malam air mulai surut, saya gantian dengan kawan kawan buat bersihkan ruangan, saya pun tertidur dan ketika terbangun saya dapati lantai ruangan sudah bersih kekering persis sebelum ada banjir, akhirnya kawan saya cerita bahwa Pak Wagimin tadi datang bantuin bersih bersihkan, dan sekarang beliau sudah pulang.. padahal saat yang sama saya tahu persis tentu rumah beliau juga tak kalah berantakannya karena berdekatan dengan jembatan yang dialiri sungai yang meluap..

pertengahan 2008, saya sempat ceritakan bahwa saya mau ikutan tes buat sekolah, kepada banyak orang saya mohon bantuan doa, termasuk ke beliau, dan ketika tahun lalu ALLAH.SWT belum kasih saya lulus, beliau banyak menghibur saya dan tetap membantu doa ketika beliau tahu saya akan mencoba kembali tes yang sama tahun depan (2009 ini maksudnya)... beliau sering datang berkunjun kekosan saya, sayapun juga sering maen ke rumah beliau, sesekali barang kawan sekos saya, ya macam macam lah yang diobrolkan, tentang dagangan beliau, tentang rencana mudik dan tentang berita beberapa kawan yang sudah menikah..

di penghujung tahun 2008, saya pindah kos ke Kampung Melayu, barang barang sudah dipak pada malam hari, saya merencanakan buat pindahnya itu Minggu sore (lupa tanggalnya, ada di buku catatan harian, tapi sayang bukunya sekarang hilang gak tau kemana..) sebab Paginya mau ke Indramayu besuk kawan yang sakit karena musibah kecelakaan, sore hari begitu sampai di kos, sore da mau menjelang magrib, bingung jadinya karena barang barang saya banyak nian sementara belum nemun mobil angkot buat ngangkutinnya, sampai akhirnya saya teringat Pak Wagimin yang mana tau bisa bantu saya nemuin sewa angkot, dan waktu saya berniat kerumahnya saya berpapasan dengan beliau yang rupanya juga mau ke kosan saya, dah bulak balik rupanya beliau dari tadi siang nungguin buat bantu bantu kepindahan saya, namun baru sore ketemu karena saya baru nyampai, akhirnya ketemu juga mobil sewa angkot buat mindahin barang barang dari Poncol ke Kampung Melayu.lewat seoranng kenalan beliau yang memang buka usaha jasa angkut. saat barang barang akan diangkut, beliau membantu saya memasukkan ke bak mobil.. sekaligus menemani mengantarkan saya dan barang2 saya ke kosan baru saya di Kampung Melayu, juga membantu memindahkan menurunkan barang barang tersebut..dan begitu selesai beliau pun pulang...

tentu saya bakal jarang bertemu dengan beliau lantaran sudah pindah ini, namun sekitar beberapa minggu kemudian beliau mendatangi kos saya dan membawakan oleh oleh, waktu itu beliau mengatakan sekalian mau belanja barang dagangan ke pasar Jatinegara, beliau menanyakan kabar saya dan betah tidak saya dilingkungan yang baru, apalagi beliau tau kondisi nya saya tinggal sendiri gak barang barang ma kawan sekos saya yang dulu.

saya katakan bahwa saya betah dan gak apa apa kerasa laen awalnya aja paling, bentaran juga terbiasa :)...

komunikasi saya dengan beliau masih tetap terjalin, utamanya karena biasanya kalo saya mau pulang kantor itu, beliau sedang berjualan di daerah kebalan atau komplek widyachandra yang lokasinya persis di belakang kantor saya.. darisitu juga saya masih sering ngobrol ngobrol banyak hal, salah satunya tentang niat saya buat ikut tes D3 khusus kemaren, kepada beliau saya mohon bantuan doanya, semoga diberi kemudahan, waktu terus berjalan, sampai akhirnya ketika pengumuman hasil tes keluar, dan alhamdulillah saya diterima, orang tua saya dan setiap orang dekat saya saya kabari, termasuk beliau.. dan ketika pas Minggu kemaren saya bertemu beliau dan ngasih kabar, beliau senang sekali (sebenarnya dan dua minggu lalu berusaha nemuin beliau kerumah, tapi gak ketemu) dan mengatakan ingin menunaikan nazarnya jika saya diterima, karena itu artinya doanya terkabul :) yaitu mau ngajak saya makan..(saya kaget, mestinya saya yang ngasih apa, ini malah beliau yang sudah merencanakan duluan) dan beliau bilang nanti sesudah bulan puasa..

saya merasa disambut lebih ramah di Jakarta ini, ketika bertemu dengan beliau ini, seorang yang begitu baik dengan saya dan membantu banyak hal selama saya tinggal di Poncol bahkan ketika saya sudah pindah sekalipun beliau tetap menjaga silaturahim dengan saya, semoga ALLAH.SWT membalas kebaikan pak Wagimin dengan hal yang jauh lebih baik, amin..

Wassalamualaikum

2 komentar:

  • suwung says:
    24 August 2009 at 09:39

    pertama ah
    weh sekti ya orangnya?

  • Erikson says:
    24 August 2009 at 09:44

    silahkan ommmmm.... iya sakti mandra guna omm.. hehehe :):)

Post a Comment

Jangan ragu untuk komentar.. :) Dan untuk menjaga komentar spam, mohon isi dulu kode verifikasi nya.. Trims.