8.07.2009

Dalam Kematian Mereka Bersinar


Nike Aridlla, ia meninggal dunia di saat popularitasnya sedang memuncak....
Urip Haryanto, ia meninggal dunia di saat kehadirannya memberi warna baru wajah musik Indonesia..
W.S Rendra,ia meninggal dunia dengan meninggalkan karyan lugas dan berani yang usianya lebih panjang dari dirinya sendiri..


Assalamualaikum kawan2 apa kabar?semoga baek2 selalu ya.. kemaren kita dikejutkan dengan berita meninggalnya Urip Haryanto, yang menurut saya beliau adalah seorang pennyanyi nyentrik dengan gaya yang sederhana tapi hehehe dengan sederhanya malah memberi gebrakan baru bagi dunia tarik suara yang selama ini lebih banyak didominasi wajah2 yang berkulit putih bak pualam dan banyakan pula bukan benar2 Indonesia, jadinya bikin minder orang2 yang kayak saya ini.. ya lah, saya ini putih2 nian enggak, ke salon pun malas.. hahahaha untung ada sosok Urip Haryanto ini, beliau berhasil nunjukkan bahwa bukan karena fisik ia dinilai tapi karena hal laen yang lebih berharga dari fisik yaitu, hasil karya yang bisa diterima banyak orang :D

tadi pagi pas mau berangkat ke kantor, dapat kabar juga tentang meninggalnya W.S Rendra, seorang penyair yang namanya dulu sering saya baca tertera dalam buku teks pelajaran Bahasa Indonesia dibawah sebuah puisi atau sajak, saya juga jarang2 membaca karya seni semacam itu, meski banyak yang bilang karya beliau begitu tajam dan lugas saja juga tidak begitu mengerti dari sisi mana bisa dibilang demikian, sampe akhirnya pas baca baca diinternet bahwa beliau pernah dipenjara ditahun 1978 gara2 hasil karyanya yang berisi protes pada pemerintahan saat itu, baru ngerti saya bahwa beliau sangat idealis dalam setiap karya2nya sehingga menghasilkan baris2 kalimat yang maknanya bisa berumur lebih panjang ketimbang diri beliau sendiri..

Pada tanggal 19 Maret 1995, saya belum ada berumur 10 tahun waktu itu, seorang penyanyi muda yang sedang naik daun meninggal dunia karena kecelakaan, Nike Ardilla namanya, meninggal ketika sedang tenar2nya, istilahnya begitu. namun gara2 kematiannya album2nya malah semakin laris laku terjual, bahkan ketika namanya dimasukkan sebagai parameter di google, sederetan berita tentang nya masih bisa dibaca, malahan banyak juga penyanyi jaman sekarang yang merasa seolah menjadi penerusnya hehehe :D karena memang ajal menjemputnya tanpa ada yang mengira bahwa ia akan meninggal saat masih muda dan ketika sedang berada di puncak..

Urip Haryanto, W.S Rendra, Nike Ardilla, saya rasa hanyalah tiga dari sekian banyak manusia Indonesia yang meninggal namun menyisakan kenangan yang bertahan lama, dan dalam komunitas yang besar (maksudnya banyak yang tahu kalau mereka meninggal ya.. namanya artis atau seniman hehehe.. :D) disetiap sudut di Papua, Sulawesi atau Sumatera sana mungkin banyak juga orang serupa seperti mereka meski tidak setenar mereka, namun begitu tenar dan memorial dilingkungan keluarga dan lingkungan lokalnya, hanya saja Urip Haryanto, W.S Rendra, Nike Ardilla adalah perwakilan kenyataan bahwa kematian bisa menjemput siapa saja, sesuai ajal yang telah ditetapkan, tidak peduli sedang seberapa tenar ia, dimanapun ia dan bagaimana kehidupannya, dan ketika ajal sudah menjemput, yang mampu ditinggal adalah kenangan prilaku semasa hidup dan apa yang ditinggalkan dalam bentuk karya yang memorial dan bernilai..

sama ni saya juga, gak tau saya kapan ajal saya tiba, cuma ALLAH.SWT yang tau.. doa saya semoga nanti kl saya dan keluarga saya meninggal semoga dalam keadaan akhir yang baik, dan lebih penting juga gak dalam keadaan susah dan menyusahkan orang2 disekitar, memang buat jadi kayak gitu gak mudah, karena yang namanya pengganggu dan penggoda lalu lalang bersliweran dimana2, sehingga perlu ada kawan dan 'kawan hidup' yang mengingatkan,hehehehe... :D serta sama halnya dengan orang2 yang meninggal secara memorial saya maunya bisa berbuat hal2 yang bermanfaat yang hal2 itu bisa tetap hidup meskipun nanti saya udah keburu meninggal, paling enggak manfaatnya kerasa di lingkungan keluarga saya, gak usah muluk2 deh.. hehehe.. mulai dari yang terkecil aja dulu :) siapa tahu, biar kecil tapi awet dan tahan lama dan menyebar ke yang lebih besar

Wassalamualaikum

P.S:
----
Gambar diambil dari http://images.google.co.id/imgres?imgurl=http://img152.imageshack.us/img152/6835/zahirlm1.jpg&imgrefurl=http://forum.lowyat.net/topic/678007/%2B60&usg=__02S-nI0COlOh6urx0VX0EJ7QTpg=&h=451&w=640&sz=185&hl=id&start=22&sig2=zsHyfyALBkCcdU-YDrqNkw&tbnid=X9Vi6HFL_ESxMM:&tbnh=97&tbnw=137&prev=/images%3Fq%3Dsiluet%2Bmasjid%26gbv%3D2%26ndsp%3D20%26hl%3Did%26sa%3DN%26start%3D20&ei=ZO97SsyqFYrq7AOM5olR

0 komentar:

Post a Comment

Jangan ragu untuk komentar.. :) Dan untuk menjaga komentar spam, mohon isi dulu kode verifikasi nya.. Trims.