12.03.2009

Edisi II: Catatan Akhir Kantor



Kau terbangun dari tidur panjang yang lelahkanmu
Sesali wajahmu merenta kisahmu terlupa
Kau sadari semua yang berjalan tlah tinggalkanmu
Dan tak dapat merangkai semua dekat di khayalmu

MySpace
*konser dengan adrenalin tingkat tinggi, sayangnya mendadak terbangun dari mimpi*

Assalamualaikum dan good daya kawan2 sekalian apa kabar????well saya lanjut cerita edisi dua nya postingan tentang Catatan Akhir kantor saya ya, terakhir itu yang masa April 2006 ya?yang masa-masa awal magang di bagian sistem informasi.. lanjutt gann!!

Masa-masa awal magang di bagian sistem informasi ini ibaratnya bagi saya seperti bulan madu dengan dunia kerja, hahaha.. maklum lah bisa akses internet 24 jam, puas chatting, puas friendster (dulu itu fb belum populer), blogging?? ahh.. masih belum ada kemauan alias masih kecil jadi sering ketutup sama kemaluan (baca: rasa malu). Tapi tetap transfer knowledge nya tetap jalan sambil praktik dengan senior-senior kantor, yaa jadi asal ada telpon diangkat terus langsung ngibrit lari ke senior nya ituuhhh...

Mei-Juni 2006

Semakin sering diajak bantu ke kantor lapangan, dari praktik begini bisa membuka wawasan dan menjadi katalisator dalam pembelajaran, pada awal masuk dunia kerja ini juga saya memang berniat buat bisa bekerja dengan benar dan bisa diandalkan, nah dengan didasari keinginan ini saya menjadi semangat dalam belajar dan sering buka-buka sendiri aplikasi ini aplikasi itu, menu ini menu itu.. jadinya tau juga pelan-pelan, sering jawabin forum diskusi, dan pernah juga akhirnya untuk kali pertamanya diajakin rapat oleh salah seeorang atasan dulu yang sekarang sudah pensiun. Namanya Pak Rafianto, beliau ini yang ngasih arahan dan semangat pada saya dan kawan-kawan seangkatan buat menjadi seperti katak tuli yang berhasil ke puncak, dalam menunaikan pekerjaan sehari-hari.. Oh iya, Juni 2006 ini pernah ngadain Outbond bareng di Megamendung Jawa Barat, seruuu.. kali pertamanya nehh Outbond..


30 Juni 2006 - Juli 2006

SK Penempatan keluar,tepatnya pada 30 Juni 2006, hahahah kirain bakal penempatan di tempat magang ini, gak taunya ALLAH punya kehendak lain, saya ditempatkan di KPP Jakarta Grogol Petamburan, berdua dengan seorang rekan bernama Jo (nama asli disamarkan karena bunga bukan nama sebenarnya :P), akhirnya masa-masa indah internet gratis pun usai, berganti dengan kisah baru, sebuah gudang arsip dan ketetapan di sebuah kantor pelayanan pajak yang persis yang ada di depan Mall Taman Anggrek, setiap hari semenjak pertama kali lapor (langsung ditugaskan di gudang arsip) saya melihat lalu lintas mobil yang berjalan gagah melaju diatas tol megah yang mengangkangi ibu kota dari sebuah gudang berdinding kaca tembus pandang.

Juli 2006
Entah gimana ceritanya, akhirnya saya dan 50 orang kawan satu angkatan saya (yang cowok aja tapi) dipindahkan kembali ke Direktorat Informasi Perpajakan, tempat kami magang sebelumnya, dengar-dengar karena kami memang rupanya bakalan ditempatkan disana, tapi karena ada salah paham atau bagaimana (masalah klasik, paling kurang koordinasi) jadinya salah, itulah akhirnya kami ditarik kembali. Senang, karena bisa dapat ngenet puas lagi. Bingung, soalnya secara pegawai baruuu kok dah maen pindah aja.. sementara banyak pegawai yang lebih lama dari kita, dari dulu belum pindah-pindah.

Agustus-Desember 2006
Hhahahah.. bulan lepas bulan, baru lah kemudian sadar bahwa saya sekarang sudah resmi jadi pegawai, resmi memasuki dunia kerja dengan pekerjaan rutin setiap hari, disuatu tempat yang bunyi mesin fax, dering telpon dan media chatting adalah hal yang biasa sangat akrab dengan telinga, disuatu tempat dimana berbagai macam aduan tentang sistem informasi yang disampaikan dengan beragam cara dan gaya menjadi keharusan yang harus dihadapi. Nahh.. biar tidak telat ke kantor dan karena tidak mau berjejalan dalam macetnya kendaraan bis kota Jakarta, saya cari kos yang dibelakang kantor, yang bisa jalan kaki tiap hari. dan Daerah Poncol Jaya menjadi pilihan saya waktu itu. lama juga disini akhirnya..

Januari 2007
Semenjak akhir tahun 2006, gaung modernisasi, perombakan struktur organisasi sampai juga di Direktorat saya kala itu, akibatnya adalah denah layout kantor direnovasi, terjadi mutasi internal besar-besaran, nahh saya waktu itu juga ikutan dipindah, bisa milih waktu enaknya, bahkan ada kawan yang minta dipindah ke kantor yang dekat dengan asal daerahnya, Surakarta. sementara saya, masih betah kali di Jakarta, jadinya tetap aja. cuma pindah bagian, waktu mengisi angket saya milihnya Seksi Bimbingan Sistem, kenapa??karena waktu itu kan saya sering ikutan presentasi dan diklat-diklat yang kerjaannya ngajar dll. mungkin kemampuan saya dalam bidang presentasi dan mengajar2 gitu bisa lebih baek kalo masuk seksi ini..
Dan akhirnya ketika per Januari 2007, daftar unit kerja yang baru ditetapkan, saya dapati saya masuk ke seksi yang lain, bukan Bimbingan Sistem yang saya inginkan.Yaitu ke Seksi Pemantauan Pengolahan Data dan Dokumen a.k.a Pengamen.

Februari 2007
Saya mulai masuk ke seksi yang baru itu. Bingung, Gelisah, Cemas dll. Soalnya seksi ini membutuhkan keahlian khusus yang lebih dalam dan rumit ketimbang dari apa yang saya dapat waktu di sistem informasi. Sempat berapa kali kepikiran buat balik lagi ke Sistem Informasi, tapi ditolak. Dan rupanya dari situ merupakan salah satu titik balik dalam kehidupan saya, perkembangan keahlian saya. Seksi pengamen ini dikepalai oleh seorang atasan yang sudah saya anggap menjadi kawan sendiri, nama beliau Eko Purbono. (sekarang sudah pindah kantor ke Lap Banteng), saat saya mengajukan pindah dari seksi itu, beliau menolak, dengan mengatakan:

bahwa sebetulnya dimanapun kau ditempatkan itu adalah sebagai tempat kau untuk belajar dan lebih berkembang, semua butuh proses pembelajaran, kau bisa belajar dari kawan-kawan yang sudah bisa.


Saya beruntung, Alhamdulillah, kawan-kawan di bagian yang baru ini sangat mau membantu dan berbagi, melayani beragam pertanyaan saya dan membantu mengajari hal-hal yang saya mengalami kesulitan didalamnya, keahlian khusus yang dibutuhkan di seksi ini adalah bahasa query SQL dan PL SQL, serta fitur-fitur lainnya, Sebut saja nama seorang rekan saya, Ari Wibisono yang telah dengan sabar melayani ketidaksabaran dan kecerobohan saya dalam belajar, membimbing saya dengan penjelasan yang penuh analogi dan mudah dimengerti, dan akhirnya saya mulai bisa dan terbiasa mengerjakan tugas rutin melayani permintaan data baik dari dalam maupun luar pihak Ditjen Pajak. Ada juga rekan bernama Rimba Prasasti, beliau mengajari saya tentang Oracle Form Builder, sumpahhh saya senanggg nian dengan ilmu ini, saya senang membuat aplikasi, dan berkat dukungan ilmu PL SQL ajaran rekan Ari Wibisono, saya lebih mudah menerapkan ilmu dari rekan Rimba Prasasti ini :).



Nahh.. Sekian dulu ya kawan-kawan Edisi II ini, besok kita lanjut lagi ke edisi berikutnya, stay tune ya di BSE, terima kasih dan feel free aja kalo mau ngasih komen

Wassalamualaikum

17 komentar:

  • Fly^Pucino says:
    4 December 2009 at 09:08

    Clingak clinguk.. Seep!! Numero uno! Ft2 dl ahh..mumpung masih sepi..

  • Fly^Pucino says:
    4 December 2009 at 09:16

    Aq jd deg2an.. Taruh dmana yo aq ntar.. Huhuhu.. (Smbil cemas2 harap)

  • Erikson Wijaya Bin Asli Aziz says:
    4 December 2009 at 10:33

    @AD:#1. silahkan silahkan hehehehhe ;;)
    @AD:#2. hehehe minta di IT aja AD.. biar kenceng internetan dan bs ngasah kemampuan nulisnya hehehe :D

  • Fly^Pucino says:
    4 December 2009 at 11:54

    Hadududuh..mana ada statistisi IT?? Dasar..Maunya.

  • AiReaL says:
    4 December 2009 at 13:55

    wah, misal liat-liat poto nya jadi Flashback ke masa Posko dulu...
    Ada yg Luchu, Sedih, mengharukan...
    Bayak kenangan dech pokoknya...
    Kenangan yg tak terlupakan misal Jalan2...
    hahahaha...

  • si ganteng says:
    4 December 2009 at 16:17

    pertamaxx gan

  • si ganteng says:
    4 December 2009 at 16:17

    pertamaxx gan

  • tengkuputeh says:
    4 December 2009 at 16:17

    Lanjutkan pengembangan dirimu Erikson demi kami yang didearah yang sangat mengharapkan kontribusi cemerlang, terutama tentang aplikasi2 terkini, hehehehe...

  • Erikson Wijaya Bin Asli Aziz says:
    4 December 2009 at 16:21

    @siganteng: telat!!! nomor tujuh kau...

  • Erikson Wijaya Bin Asli Aziz says:
    4 December 2009 at 16:26

    @tengku:terima kasih wahai saudaraku, aku juga tidak tahu kemana ketentuan ALLAH kelak akan membawaku, mungkin bisa jadi bertemu kalian diujung Pulau Sumatera sana, kita doakan yang terbaik untuk masing2 kita... saudaraku.. wassalam

  • yulian says:
    4 December 2009 at 18:10

    POSKO IS THE BEST...tak mau aku menukar semua kenangan di posko sekalipun dengan keperjakaan om otonk

  • Erikson says:
    4 December 2009 at 18:26

    @yulian: iya masa-masa di posko itu penuh dengan kebebasan, g ada atasan yang ada cuma kita dan kita wkwkwkwk.. btw om otonk itu yang pertama kali ngajarin kita masih ingat??hahaha... pagi2 disuruh ngajar muka masih kayak bantal padahal wkwkwkkw =))

  • mamah aline says:
    4 December 2009 at 18:40

    wah pada narsis abis ya mejeng difoto, ada juga yang fotogenic tuh

  • Erikson Wijaya Bin Asli Aziz says:
    5 December 2009 at 16:17

    @mamah: yang mana yang mana mbak?? *ngarep dianggap fotogenic* =)) makasih mbak ya..

  • suwung says:
    5 December 2009 at 16:22

    oh ternyata orang pajak tho? hehehehehehe

  • Erikson says:
    5 December 2009 at 21:23

    @suwung:hehhehe iya, btw ada kawan aku beda kantor tapi satu instansi, namanya Affan Nurdenta, kenal gak??wkwkkwkkw =))

  • Erikson says:
    5 December 2009 at 21:27

    @AD: hahahaha statistik g pake IT-IT an ya? gak apalah fa yang penting dimanapun kau nantik, kami *sok mewakili :P* tetap bs berkunjung ke negeri aatheena yang update rutin tentunya :P

Post a Comment

Jangan ragu untuk komentar.. :) Dan untuk menjaga komentar spam, mohon isi dulu kode verifikasi nya.. Trims.