Tour d' Erikson :)

Adalah Peter Pan yang waktu tahun 2006, dalam hitungan 24 jam, melakukan rangkaian konser langsung dari satu kota ke kota besar lain di berbagai provinsi di Indonesia, terus ada juga si Erikson yang kemaren itu dalam hitungan yang sama kayak si Peterpan, menempuh rangkaian perjalanan 4 kota lintas Pulau, yaitu Jakarta, Palembang, Prabumulih dan Lahat.Buat menghadiri resepsi nikahan seorang kawan (spyrogyra sp,red)

Assalamualaikum kawan2 dan dear all, apa kabar semua (* sambil wajah tertunduk malu, lantaran gak posting2 selama 3 hari *) hehehhe, maunya kemaren itu sambil jalan saya mau tetep bisa BSEan, cuman karena halangan, rintangan, cobaan tak berhenti menghadang maka jadilah diriku tahan2 hasrat untuk blogging... (ttsssaahhhh :D), semua yang ditulis ini bermula sejak saya nerima undangan dari kawan buat menghadiri nikahan seorang kawan didaerah Lahat, Sumatera Selatan dan alhamdulillah sedang ada rejeki makanya saya tak sia-siakan kesempatan buat kondangan.. (kondangan apa jalan2 apa kulineran gratis sonnn? hehehe :D)

ceritanya dimulai dengan urutan cerita sebagai berikut:

Sabtu, 4 Juli 2009
pukul 03.17 pagi.(kebetulan inget menitnya :D)
Alarm dari HP berderinggg (la iyalaa.. kalo berdentumm jadinya bomm dong :P), maunya bangun jam segitu itu sudah saya siapkan sejak malam sebelum tidur, apalagi memang sudah diwanti2 oleh tandem jalan (temen satu kos juga) saya supaya tidur lebih duluan, karena dia bakal pulang sangat telat, nahhh.. daripada kejadian kebablasan 22nya ketiduran makanya saya tidur duluannn dan sempatkan beres2 barang2 bentar.. pas jam 3.17 pagi itu segera bangun dan langsung bergegas mandi.. kami terus turun pamitan sama ibu kos, buat berangkat ke pangkalan DAMRI di stasiun Gambir, dari lorong depan kos2an naek taksi (yang benar Taxi apa Taksi ya :)), bertiga,karena ada kawan barengan yang satunya mau turun di Stasiun Senen mau jemput keluarga dia, dan sekitar jam 4 pagi lebih2 dikit saya dan kawan saya sudah duduk didalam bis DAMRI, tinggal nunggu jalan..

sekitar pukul 5.30 pagi
Bandara Internasional Soekarno-Hatta. kami turun dan dari bis dan segera check-in (bahasa indonesianya ijin masuk kali ya wkwkwkwk :D) dan segera naek ke ruang tunggu penumpang, namun ke musholla bentar buat sholat shubuh, nah pas udahan sholat, saya duduk di bangku panjang sambil ngeliat kesekitar dan tiba2 ada orang lewat tapi mukanya gak asing, naaa rupanya ada penyanyi group band Teamlo itu lewat, mau nya nyapa sihh.. minta tanda tangan gitu, cumannnnnn maluuuu ahhhh....:P biar aja, hehe..
dan kebetulan kalo kemana2 saya selalu bawa buku buat bahan baca2 dan juga sekaligus sebagai pemancing rasa kantuk dalam perjalanan, supaya bosannya perjalanan gak kerasa karena bisa kebawa tidurrr.. hehehehe.. saya bawa bukunya Dreams From My Father, nya Obama, tapi edisi Bahasa Indonesia, karena yang Inggrisnya ilang di kereta Gumarang April lalu.
tak lama kemudian kemi berdua masuk beneran ke ruang tunggu dan duduk nungguin pesawatnya (gak tau juga ini apa pesawatnya yang ngetem apa emang sedang dalam perjalanan, untung nunggunya gak lama2 amat)...

ngomongin soal pesawat, 27 Feberuari 2007 adalah saat pertama kali seumur hidup saya naek pesawat, itupun dibayarin kantor tempat saya kerja, bahkan gimana2nya saya bingung ini entar di bandara ngapain ya, setelah lapor ini apalagi ya, untung waktu itu dibantu teman yang dah pengalaman, dan saya masih ingat waktu dulu saudara saya cerita bahwa rumah2 dan mobil itu bisa kelihatan kecilllll niann kalo dilihat dari pesawat yang sudah meninggi terbangnya, sampe waktu itu saya ngalamin sendiri, dan hahahahha.. waktu pas pesawwatnya mau take-off saya ngerasa takut+cemas+terharu+gembira ooo... gini ya, rasanya naek pesawat, kekekekekeke.. apalagi pas posisi pesawatnya berada lebih tinggi dari awan, yang kelihatan cuma lautan awan, serba putihhhh... kayak dunia khayangan di dongeng2 yang sering ada di film Sun Go Kong :), dan kalo dari atas itu saya juga baru nyadar bahwa yaa.. saya ini cuma hambaNYA yang mungil kecil,sangat gak ada apa2nya dibandingin semesta ciptaanNYA :) apalagi mas ngeliat kapal ferry di selat sunda kelihatan cuma sebesar coklat batangan silverqueen :P

sekitar pukul 8.30 pagi
pesawat mendarat, saya dan teman saya berjalan keluar menuju pelataran lobby bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, buat meneruskan perjalanan, akhirnya diputusin naek Taksi, saya memang sudah sejak dari awal niatkan keberangkatan ini dan mampir juga ke Palembang buat nemuin seseorang buat saya kasih hadiah, makanya pas didalam perjalanan saya turun di Rumah sakit Umum Muhammad Hussein Palembang, sementara temen saya itu, namanya Waknang, tetap meneruskan perjalanan ke rumah saudaranya, dan kayak2nya ni... dia dengan rela meladeni obrolan panjang pak sopir taksi yang memang dalam usia nya yang menjelang senja senang niann bercerita, dia bercerita tentang masa lalunya yang preman sampe akhirnya memutuskan tobat karena sudah memiliki anak istri, bahkan dia dengan senang menceritakan salah seorang putrinya yang sekarang sedang kuliah kedokteran umum di Universitas Sriwijaya. sementara saya begitu turun di rumah sakit itu, langsung menemui seseorang itu dan begitu melihatnya, saya langsung buat dia senang dengan menghadahinya sesuatu yang dibungkus rapiiii sekaliii (maklum minta kadoin, coba kalo dibungkus sendiri pasti aut2an bentuknya wkwkwkkw :D), tak lama kemudian kami ngobrol2 sebentar dan begitu hampir jam 9.30 saya harus kembali nerusin perjalanan ke Lahat.

sekitar pukul 10.00 pagi

saya dijemput temen SMA saya naek motor ke loket mobil buat berangkat ke Prabumulih (lo kok Prabumulih sonnn???) iya karena kalo ke Lahat dari Palembang harus lewat Prabumulih dulu dan sekaligus istirahat sebentar sesampainya disana dirumah si Waknang itu tadi, dua jam perjalanan gak kerasa, saya di mobil sambil baca buku, cuma belasan menitt bacanya selebihnya tidur di mobil, dan sekitar 2 jam kemudian, kami sampai di rumah Waknang, disambut dengan hangat+ramah oleh keluarganya,menambah suasana dirumah waknang ini serasa saya dirumah sendiri, diajakin makan siang malahan saya nambah... (peace gann!!!! maklum kalo dalam perjalanan kebutuhan energi banyak kekekekeke) dan kemudian sholat dzuhur terus istirahat siang sebentar dan nerusin lagi perjalanan ke Lahat, 3 jam dari Prabumulih.

sekitar pukul 14.30 siang
berdiri menunggu mobil ke Lahat, di pinggiran pasar kota Prabumulih, di sana sini pasarnya ramai, ada yang jualan buah, ada juga yang jualan kaset2 DVD/CD yang sekaligus di demokan diputar dengan volume tingkat tinggi yang suaranya terdengar makin nambah hiruk pikuk pasar, cuman suasana ini memang khas pasar di daerah sini, di tempat saya juga begitu, Baturaja, dari Prabumulih cuma 2 jam. cuma karena keterbatasan waktu jadinya gak sempet pulang juga :( . saya sempatkan akhirnya beli Jeruk sekilo dan dimakan bersama bareng2 pemuda pengamen yang sering ngamen di bis2 kota seputaran situ, jadinya gak bosan kan menunggu kalo ada kawan cerita, dan saya pun senang bisa makan bagi2 Jeruk barang2 mereka.. sekitar sejam menunggu kemudian bis jurusan Prabumulih-Lahat lewat, bis berhenti kami melompat masuk dan mencari tempat duduk, dan akhirnya alhamdulillah dapat meskipun kursinya tanpa sandaran kepala, dan ramai pula.. namun saya namanya sudah ngantuk dan biar gak kerasa dalam perjalanann.. ya tidurrr... tubuh saya saya rendahkan sejajar dengan batasan sandaran kursi sambil kaki yang satu menopan ke kursi penumpang di depan, sementara yang lain lempang melintang diantara tumpukan tas2 penumpang yang lain... sekitar lebih dari satu jam kemudian terbangun dan sepanjang kiri kanan jalan sudah banyak rumah2 panggung khas daerah Sumatera Selatan, rumah kayu yang disangga kayu, (kata nenek saya dulu itu memang tipe rumah kebanyakan penduduk, yang memang dulu itu banyak binatang buas, jadi untuk menyelamatkan diri, rumahnya dibuat begitu :D), kemudian menjelang magrib alhamdulillah akhirnya sampai juga di Lahat, baru sekalinya ini ni saya hehehehe.. dan bermalam lagi di rumah saudaranya waknang.. :)

sekitar pukul 18.00 petang
sesampainya dirumah saudara waknang ini, semua tas saya taruh didalam kamar yang memang sudah disediakan buat kami, dan kemudian bergegas mandi, sholat dan istirahat, maklum capekkk.. :) meski awalnya niatnya mau jalan2 liat kota Lahat, cuman ahhhh kasiah ama badan, mending segera istirahat :), saya akhirnya tidur, meski akhirnya ketika sudah jam 10 malam terbangun karena kawan saya yang dari Bengkulu sudah sampai dan juga menginap bersama kami, namanya Yulian. tapi tetap gak sepenuhnya sadar, akhirnya malah terpejam lagi.. soryyy yulll :P, untuk kemudian bangun dan siap2 untuk pergi ke Kondangan si spyrogyra sp ini.

Minggu, 5 Juli 2009
sekitar pukul 06.00 pagi
Bangun, saya kemudian jalan2 keluar keliling deket2 daerah situ buat liat2, terus akhirnya balik lagi, dan diajakin sarapan pagi, terus nonton acara pagi TVOne, semuanya sudah siap, pakaian yang mau dipakai sudah ada didalam tas lengkap dengan dalemannya dan celananya juga. setelah nonton, terus pergi mandi dan pakai baju batik baru yang saya beli malam sebelum berangkat, batiknya yang ini beda dengan batik2 lain yang saya punya, kebanyakan batik2 saya motif melayu, kali ini saya beli yang motif jawa, bener2 jawa, ibaratnya kalau saya pakai belangkon dan sarung,, bisa2 sudah mirip abdi dalem keraton Jogja..hihihihihi... dua kawan saya juga sudah siap, dan pergi ke lokasi naek ojekkkk... 10 menit perjalanan, daerahnya berbukit, tebing2, tapi akhirnya nyampe juga.. dan semua amplop2 titipan kawan2 dari Jakarta sudah kami pegang dan waktu isi buku tamu sekalian semua dimasukkan hehehhehe..

sekitar pukul 11.00 siang
acara berlangsung khidmat, akad nya sudah dilangsungkan kemaren, kami cuma hadir resepsinya, resepsinya pakai adat sumatera selatan, dah lama gak ke acara nikahan yang pakai adat kampung halaman saya, pakaian adat penganten yang unik, tarian2 yang ditampilkan serta musik2 yang mengiringi, diiringi oleh Orgen Tunggal setempat. dari kejauhan keliatan kawan saya itu duduk di kursi pengantinnya sama istrinya, keduanya sedang berbahagia :), saya juga.. kok bisa sonnn???? iya kan bentar lagi jam makan siangggg..wkwkwkkwkwkw... kemudian, setelah acara selesai, semua tamu yang datang antri buat makan siang termasuk kami bertiga, setelah itu kami makan.. dan hehehehe.. saya nambah.. dan buat biar gak ketahuan saya ngantri di tempat yang berlainan, dan akhirnya makanin yang tadi belum sempat keambil :P, setelah itu saya mengahampiri pemilik orgen tunggal untuk meminta memanggilkan kawan saya waknang itu untuk tampil kedepan menyanyi, sambil saya terus keluar lanjutkan makan saya, ahhh... saya kira waknang bakal nolak maju, apalagi dari luar yang kedengaran menyanyi suaranya mantap, mirip artis orgen betul betul, nah pas masuk kedalam ahhhh.... saya memang tidak salah rekomendasi, Waknang bernyanyi.. Rembulan Bersinar Lagi.... hihihihihi

sekitar pukul 13.30 siang

acara selesai, dan setelah poto2 dan pamit dengan mempelai dan keluarga, kami pulang, lagi naek ojek... dan begitu sampai dirumah saudara waknang tampat kami menginap.. tak ada waktu banyak lagi, kami segera berkemas buat balik lagi ke Palembang karena memang besok pagi jam 6 dari Palembang, harus sudah terbang lagi ke Jakarta, kecuali Yulian yang memang cuti, jadi dia balik lagi ke Bengkulu malamnya, seemntara menunggu malam dia tetap tinggal disitu :), mobil jemputan (travel,red) datang dan saya dan waknang berangkat ke Palembang, perjalanan Lahat-Palembang sudah 4 jam sendiri berangkatnya kami jam 14.00, belum lagi pecah ban sebelumnya, sukur pecahnya sebelum berangkat, laaa.. gimana kalo pecahnya di tengah hutan, sepiii.. hehehehhe, gak tau kenapa kok bisa pecah, jangan2 karena mbak2 yang duduk sebelah saya dari tadi sebelum berangkat bernyanyiiiiii aja kerjanyaaa... tak pedulikannya orang2 sebelahnya... hahahhaha..

sekitar pukul 20.30 malam
Palembang, sudah malam tetap saja rame, Ampera yang kelihatan kecil dari atas pesawat akhirnya kami lewati juga, dibawahnya sungai musi membelah Palembang jadi ilir dan ulu :D, malamnya kami menginap di rumah (lagi) saudaranya waknang, dan ada kawan SMA saya datang, dia seorang tentara BRIMOB yang sekaligus juga seorang Penyiar Radio Swasta di Palembang, akhirnya saya keluar duduk2cerita2 dengan dia di depan lorong rumah saudaranya Waknang itu.. hehehehe, dia bercerita banyak, tapi yang patut saya tuliskan disini adalah pengalamannya bahwa kehidupannya sebagai seorang penyiar memang dekat dengan macam2 gemerlap, tapi katanya semua gemerlap itu semu, palsu, cuma ngasih kesenangan sesaat, tapi bisa hilang sesaat. dan berhubung sudah malam, saya balik lagi buat istirahat ngumpulin tenaga buat besok pagi2 sekali sudah harus berangkat ke Bandara, setengah jam dari pusat kota Palembang, sementara terbangnya mulai jam 06.00.

yang kasian Yulian, rupanya pas dari Lahat ke Bengkulu dia dapet bis yang padat penuh akhirnya dia terpaksa berdiri selamat 7 jam perjalanan, alhamdulillah nya ada berhenti istirahat makan, dan pas tiba2 saya sms pagi2 akhirnya dia duduk juga, di tangga masuk bis nya hehehe.. sabar yul..sabar.. insyaALLAH perjuangan kau menghadiri resepsi si spyrogyra sp dalam perjalanan Lahat-Bengkulu dibalas dengan yang lebih baik amin :)

Senin, 6 Juli 2009
kira2 pukul 05.00 pagi
Begitu bangun langsung bergegas mandi dan bersiap, diantar oleh keluarga waknang, dan setelah pamitan dengan keluarganya, kami terus berangkat. dan sekitar hampir setengah jam kemudian kami sampai di lobby bandara dan pamit. segera masuk untuk check-in dan langsung masuk ke ruang tunggu, nahhh... disitulah saya mulai menulis beberapa kalimat dalam postingan ini, untuk kemudian saya teruskan dan di posting, tapi sayang poto2 nikahannya belum ada, belum dirilis dan juga gak bawa kameraaaa hehehehe.. tapi ada juga poto2 selama di perjalanan :), harus saya teruskan karena ketika sedang ngetik, tiba2 semua penumpang disuruh masukk.. Si Buyung (nama laptop saya) di matiin dan saya pun masuk kepesawat...

Pesawat yang saya dan waknang tumpangi akhirnya terbang meluncur meninggalkan kota Palembang menuju Jakarta, yaa... balik lagi.. kerja lagii... beraktivitas lagii.. heheheh.. dan blogging lagii.. (pengen belli modem ahhh :D), dipesawat menit pertama saya sempatkan baca buku, dan selebihnya tidurrr...zz..zzz... dan tak lama kemudian kami sampai lagi di Jakarta.. hehehhee.. lumayan perjalanan saya, bisa manjang2in sejarah riwayat hidup, pernah ke sini, pernah kesitu, pernah naek ini, pernah naek itu, dengar cerita ini, dengar cerita itu..

Wassalamualaikum

1. waw..
    panjang nian perjalannyo..
    tour ke 4 kota...
    lah cak artis2 itu..
    wkwkwk

2. koq foto nikahan spyrogira_sp nya ndak di upload?
    mo liat gmn ramdhan jd manten :)
    Peace

3. @waknang: iyo wak, judulnyo WN featuring EW wkwkwkkw
    @ahyar: belum jadi mas, masih di manten ybs, lagian poto make hp ama manten diatas panggung waa.. g sopan banget keknya kekekkeke :D

4. beeeeekhhh... la lamo dak "tour de sumatera".
    biasanya kalo liburan k rumah nenek (halah, macam judul karangan jaman SD), rute nya:
    palembang - prabumulih - lahat - pagar alam - tanjung sakti - bintuhan (ngehehehe..just FYI)

waknang...aquwh semakinh padamuwh....

eh, dak sempet bawa oleh2 rik? :P

PS: selamat menempuh hidup baru bwt ramdhan dan istri :)

5. @uwo: nah uwo rupanya petualang juga ya.. apa wo??? tanjung sakti.. mmmmm mati nian kekekekek :D

oleh2?kehadiran ku bukannya lebih dari sekedar oleh2 wo?kekekekke

6. keren nian 'ngeteng' 4 kota kamu son.hehehe

btw sapo yang nikah itu son?la baco panjang-panjang belum nyambung aku.mehehehe

7. @putra: dak oiii ngeteng 4 kota, laju dak nyampe2 ke kawinan kawan kito tu put.. itu na si Ramdan, budak Lahat.. :)

8. ada sesuatu yang disembunyikan dari cerita ini..sesuatu yang maha penting

dari untaian kata2 ini orng sudah tau

" keduanya sedang berbahagia :), saya juga.. kok bisa sonnn???? iya kan bentar lagi jam makan siangggg..wkwkwkkwkwkw... "

dua kali..mengantri dia...sempat kehilangan kami...tp kami sadar tak jauh tak bukan dia pasti "disana"...

tips: jangan coba2 pergi ke lahat dari bengkulu atau sebaliknya..mampus...

9. @yulian: wew.. tau aja kau yul.. btw tipsnya: belilah tiket dari loket.. jangan dadakann heuheuehue :D :D :D