7.15.2009

Tanya tentang Zakat dan Sedekah ya..


Dalam memoar tentang dirinya sendiri, Barrack Hussein Obama, menuliskan sebuah dialog antara dia dan ayah tirinya,yang dimulai ketika dirinya mendapati ayah tirinya memperhatikan kebiasaannya memberikan uang kepada setiap peminta2 yang ia lihat dijalanan atau disekitar rumahnya, ketika ia tinggal di Jakarta,hingga akhirnya ayah tirinya berkata padanya,kurang lebih gini: 'Barry, berapa banyak uang yang kamu punya tentu tidak akan cukup untuk diberikan ke semua peminta2 yang kamu temui dijalanan, lebih baik kau berikan saja secukupnya jangan berlebihan dan dengan begitu kau bisa memastikan bahwa hidupmu juga tidak akan berakhir tragis dijalanan'

Asssalamualaikum.. kawan2.. well, dulu waktu sering2 keliling kemana-mana didaerah Jakarta ini dengan ngangkot dari satu bus ke bus lain, atau jalan dari satu halte ke halte lain, saya sering sekali melihat para peminta2 (mungkin mereka adalah yang tidak terlalu disambut ramah kedatangannya oleh Metropolitan Jakarta), di bis2 kota, mereka datang silih berganti dengan beragam apapun cara ya... yang memang tidak pernah dipinta untuk dipamerkan/ditunjukkan/dibunyikan dan setelah dengan sukarela mereka lakukan kemudian mereka akan mengedarkan amplop ke seluruh penumpang2 ada, atau ada juga yang tanpa modal apa2, hanya datang dengan muka lesu dan mata meminta iba, menengadahkan tangan kemudian berjalan meminta, begitu juga di jembatan penyebrangan, di trotoar jalanan dan lain lain dan lain lain banyak juga.

di perempatan lampu merah juga ada, kan kalo lagi naek motor, dan stop di lampu merah, saya sering liat anak2 kecil malah, mengamen atau membawa kemoceng terus dilap2in di kaca mobil atau krenceng2nya dimaenin sambil nyanyi alakadarnya, sedih liatnya apalagi dengan muka kumal dan baju lusuh serta rambut kusut mereka. biasanya kalo ada uang receh Rp.100an, Rp.50an atau Rp.500an saya kasih ke mereka, nah kalo lagi gak ada ya gak kasih jadinya.. cuman saya sering ngasih lebih kalo ada yang sering sapu2 jalanan di jembatan penyebranngan didaerah Gatot Soebroto, secara sebenarnya mereka kerja meski tanpa ada yang suruh, cuman kalo jalan yang saya lewati jadinya bersih enak juga...

kadang2 saya merasa agak pelit dalam hal2 ngasih2 yang terlalu banyak jumlahnya ke mereka, banyak alasannya; seringnya karena banyak yang bilang dan sering saya juga liat banyak seolah2 meminta2 ini menjadi pekerjaan sehari2 yang tidak terlalu membutuhkan pengorbanan, kecuali mengorbankan rasa malu, jadi kalo dikasih nanti yang dikasih semakin enggan bergerak, gak mau usaha lagi. terus juga beberapa dari peminta2 itu ada yang usianya masih gagah2nya untuk melakukan pekerjaan fisik dan kalopun dikasih nanti justru dipakai uangnya buat hal2 yang gak perlu2 amat. dan yang lebih penting lagi buat saya tar kalo dikasih tapi saya nya gak rela dan ikhlas ato cuma demi gengsi jadi niatnya bukan karena ALLAH.SWT malahan sia2 dong saya ngasihnya.. ya udahlahh.. jadinya setiap kali ngeliat 'mereka' dijalanan saya selalu ngeliat ke kondisi saya dulu, apa saya sedang dalam kondisi yang benar2 punya uang dan punya rasa rela untuk memberi kalo iya langsung dikasih, kalo ternyata belum.. biasanya saya lewatkan.

Sebagai seorang muslim saya diajarkan bahwa Zakat dan Sedekah diutamakan diberikan ke yang terdekat dari saya dulu, nahh.. sekalian nih.. saya mau tanya ke kawan2 sekalian yang sekiranya paham tentang bagaimana sih urutan2nya dalam artian orang terdekat kita itu tadi, keluarga?? terus kalo yang diutamakan itu ortu? bukannya ortu kita itu emang udah jadi kewajiban kita sebagai anak?jadi bukan zakat dong??terus jadi zakatnya kemana dong??

*dasar Eriksonnn.. giliran dah gini aja repot kau sonn..sonnn... makanya banyak2lah baca buku agama, biar kalo ada hal2 bingung kayak gini bisa coba pecahkan diri sendiri, gak sibukkan orang lain..hehehhee (maluuu...aku malluuuu... maluuuu)*

Wassalamualaikum

4 komentar:

  • moron says:
    15 July 2009 at 12:02

    son kok ada poto ku
    hihihihihihi,,,
    ga nyambung yah
    :)

  • Erikson says:
    15 July 2009 at 14:04

    weiii iya ya pad.. hahahhaha jarang2 pula kau kuBSEkan... :D

  • KangBoed says:
    15 July 2009 at 16:45

    SALAM CINTA DAMAI DAN KASIH SAYANG

  • Erikson says:
    15 July 2009 at 17:18

    @kang: peace gannnnnnnnnnnnnnn :D

Post a Comment

Jangan ragu untuk komentar.. :) Dan untuk menjaga komentar spam, mohon isi dulu kode verifikasi nya.. Trims.