6.24.2009

UNAS SMP Adeknya Erikson



There is a saying: yesterday is history, tomorrow is a mystery, but today is a gift. That is why it is called the "present." Kalo saya inggrikan kira2 jadinya gini (paling enggak menurut saya ya :D) :'Hari Kemaren itu adalah sejarah, Hari Esok adalah misteri, namun Hari ini adalah sebuah hadiah, itu kenapa di kenal dengan istilah "Present"'

Assalamualaikum kawan2 :), siapa ya yang dalam hidupnya itu gak pernah gagal?ato yang gak pernah ketemu 'kerikil kehidupan' (minjem dulu istilahnya temen nih), nahh kalo setiap orang yang gak saya kenal saja menyimpan cerita dibalik muka cuek mereka masing2, tentu saja saya gak pernah tau apa beneran ada orang yang setiap langkahnya terlahir untuk menang?tapi lepas ada atau enggaknya, yang penting gak jadi masalah kerikil kehidupan itu, kl dipandang sebagai cobaan ya yang memang dari ALLAH.SWT yang netapin, dan tentu saja olehNYA dikasih sesuai dengan kemampuan kita ..nah.. beberapa hari yang lalu itu saya kan lagi enak2nya blogwalking terus ngebaca komen dari salah satu blog temen yang isinya begini...

"June 15th, 2009 at 2:19 pm:e aku lagi sedih mas, saya masuk stan kan pinter (?) istri saya tamatan ikip jakarta ya pinter(?) tapi tahun ini anak saya nggak lulus unas sma, padahal rata2 minimal sudah terlewati tapi ada satu nilai yang kurang 0.5 pada salah satu mata ujian.
hanya gara-gara angka 0.5 banyak hal yang kemudian tidak bisa dilakukan dan 3 tahun belajar seolah sia2. Anak saya yaa nggak macem2 nggak bodho
Tulisen yaa di artikel, aku nggak tega
"

saat ngebaca tulisan ntu, saya sedih dan empati juga, cuman gak bisa berbuat banyak, selain ngasih support balik lewat komen ke blog temen itu, nahh.. terus pas diri saya mudik kemaren itu, pas banget kan dengan momen2 kelulusan adek saya yang cewek, kelas 3 SMP itu, yang tahun ini mestinya bakal lanjut ke SMA, pas lagi makan bareng2 satu keluarga, saya langsung nanya2 ke Ubak saya gimana si adek tu lulus enggak?berapa nilainya dan kapan mulai ngedaftar SMA? terus Ubah saya langsung bilang.. entar ya.. rikk.. makan dulu aja.. hehehe kan baru nyampe juga kauu kan.. :)

nahh abis itu makan itu, saya langsung diceritakan oleh beliau bahwa rupa2nya 3 hari sebelum sekitar seminggu sebelum ujian nasional kelas 3 SMP, adek saya kena tipes dan maag, akibatnya pas lagi parahny2 justru adalah hari2 yang menjelang UNAS, dimana kalo cerita Umak saya, adek saya badannya panas tinggi dan sempat jadinya dirawat di rumah sakit selama 2 minggu, akhirnya Ubak saya langsung nemuin ke sekolahnya ngasih penjelasan kondisi adek saya itu, dan besok2 nya saya diceritakan bahwa serombongan guru2nya adek saya dan kawan2 dia tu ngejenguk kerumah.. nah diputusin akhirnya antara Ubak dan guru2 nya itu,ngeliat kondisi adek saya yang gak memungkinkan buat ikut ujian, akhirnya daripada dipaksakan..adek saya mengundurkan diri dulu untuk kemudian ngulang lagi jadi siswa kelas 3 tahun ajaran baru ini nanti.. singkat kata singkat cerita, dikarenakan diberikan 'cobaan sakit' itu adek saya gak bisa ikut UNAS, dan gak bisa ikut kelulusan siswa SMP..

saya sama sekali g tau tentang ini, beneran. pantes saja kl saya telpon kerumah, Umak selalu saja ada alasan supaya saya gak bisa ngomong ke adek saya tu, alasannya rupanya mereka gak mau bikin saya kepikiran disini, apalagi mereka juga tau bahwa disaat2 yang sama juga saya sedang nyiap2in diri buat ujian lanjut kuliah di kedinasan yang saya ceritain itu, dan mereka paham bahwa saya memang kepengen biar bisa diterima apalagi setelah tahun lalu itu saya gak lulus di tes yang sama, makanya biar gak ganggu pikiran saya, mereka sengaja gak ngasih tau.. (jadi agak sedih.. sekaligus terharu, sedih kalo ingat ketidaklulusan adek saya di UNAS SMP, terharu karena keluarga dirumah mengerti betul keinginan saya untuk bisa lanjut sekolah sampai2 menjaga nian fokus pikiran saya), padahal saya dah sempat bilang2 ke adek saya tu dulu,"tar kl da mau masuk SMA, hadiah dari kakak, kakak belikan seragam sekolah lengkap sama alat2nya juga, jangan lupa belajar dan berdoa ya, insyaALLAH lulus" tapi rupanya untuk sekarang ini, ALLAH.SWT berkehendak laen.. dan mungkin buat sekarang ini jalan yang terbaek buat adek saya tu..

tapi denger2, ada kayak semacam paket B gt buat ujian susulan anak2 SMP yang gak lulus/gak ikut ujian nasional SMP, makanya itu semenjak tau ceritanya saya langsung ngasih tau Ubak saya buat coba2 tanya ke diknas kabupaten mana tau ada bisa nyusul, secara saya harus sudah pulang minggu malamnya, jadi saya gak bisa bantu banyak adek saya, selain doa.. dan berusaha menghubungi diknas kabupaten buat tanya2 dan minta solusi untuk kemudian ngabari ke rumah biar bisa ada tindakan yang diambil.. dan meski ditengah2 kondisi seperti ini, saya masih senang dan bahagia karena adek saya masih punya semangat untuk tetap sekolah, gak apa2 bahkan kalo memang harus ngulang sekalipun, katanya waktu saya ngobrol dengan dia yang agak keliatan kurus karena baru sembuh, dan saya bilangkan ke dia saya ngerti perasaan dia dan wajar aja kl bersedih namanya juga manusia, tapi jangan2 lama2 ya dek.. kan kita masih punya ALLAH.SWT tempat berdoa.. :D

Buat kawan2 sekalian, khususnya mereka yang ngalamin hal serupa seperti yang adek saya tu alami, baik itu kalian SMP, atau juga SMA, jangan putus asa ya..kan kita gak akan pernah tau apa yang akan terjadi di besok2 tu.. kegagalan hari ini bukan berarti langkah kita terhenti, ada alasan kenapa itu memang harus terjadi, alasan nya mungkin baru bisa kita sadari nanti2 gak sekarang. tetap berdoa dan tawakkal..

Wassalamualaikum

10 komentar:

  • spyrogyra_sp says:
    24 June 2009 at 09:40

    Pertamx yah??
    yo memang sonzone, segala sesuatu yang kito perkiro ke bakal terjadi, tentu nyo sesuai dengan apo yg kito rencanokan, ketika 4WI belum membrikan izin, sudah pasti hal tsb dak biso telaksana..yang pasti walaupun kato kito hal "itu" jelek, tapi yaqen lah segalo sesuatu yang "Dio" kasih adalah yg terbaek, untuk kasus adek kau yang dak biso ngikut UNAS, dimato manusio pasti, alangke dak enak nyo, dak sesuai rencano lah..tapi pasti ado "Sesuatu yang Indah" di balik itu smua..semoga..Ammiiin..

    Tumben nih nulis kek gini..

  • Erikson says:
    24 June 2009 at 10:19

    keudaxxxxxx dulu... yup setuju ma spyrogyra_sp yang berkata :"pasti ado "Sesuatu yang Indah" di balik itu smua..semoga..Ammiiin.."

  • Wongndeso says:
    25 June 2009 at 06:44

    Sabar Mas ... Saya juga lagi menghadapi kerikil kehidupan ... malah bukan krikil tapi sudah batu besar ... Semoga cepat berlalu

  • Erikson says:
    25 June 2009 at 07:10

    @WongNdeso: sama2 mas ya :) iya amin, Semoga cepat berlalu dan bisa ngambil hikmah dibalik nya :)

  • waknang says:
    25 June 2009 at 09:36

    keep posting bro..
    halah komen apa ini,heheh

    yo bro, pasti ado hikmahnyo galo..
    istilahnyo men blajar speda tuh pasti ditabrak motor dulu baru berijo nak beli helm dll(apo pulo ini)

    semoga adek erikson tetep smangat mnghadapinyo ddan untuk kknyo ngasih "semangat" ke adeknyo mngkin obat mujarab bagi dio..

    gambatte..

  • Erikson says:
    25 June 2009 at 10:49

    @waknang: thanks WN.. ini caknyo WN ni pengalaman pribadi ni.. hehee insyaALLAH WN, doanyo yo :)

  • UWO says:
    26 June 2009 at 10:35

    fabiayyi ala irobbikuma tukazziban....

    postingan bung erik, bikin tambah kangen sm "wong rumah"

    tanjung katung airnya biru,
    tempat anak mencuci muka.
    lagi sekampung hatiku rindu,
    kononlah pula jauh dimata.

    -halah wo....-

    **mellow mode on**

  • Erikson says:
    26 June 2009 at 10:53

    @uwo: fabiayyi ala irobbikuma tukazziban... sabar wo.. lebaran hitungan bulan lagi hehee

  • njetysuwarno.blogspot.com says:
    27 June 2009 at 13:21

    kebetulan adek q juga lulusan smp tahun ini dan alhamdulilah bisa ranking,
    buat kang erikson tlng sampaikan salam q buat adek dirumah,jangan putus asa, pantang menyerah,segala sesuatu tuh pasti ada hikmahnya mungkin Allah belum memberi apa yang kita inginkan tapi kita harus yakin bahwa Allah akan memberikan yang terbaek buat kita dan DIA lebih tau apa yang terbaek buat kita,,, salam kenal

  • Erikson says:
    27 June 2009 at 14:03

    @njety:makasi banyak ya Njety ataa bantuan semangat nya :).. amin.. salam kenal balik..

Post a Comment

Jangan ragu untuk komentar.. :) Dan untuk menjaga komentar spam, mohon isi dulu kode verifikasi nya.. Trims.