Lingkaran Zona Nyaman


Assalamualaikum kawan2.. apa kabar ni??? Pas malam jumat kemaren itu saya bermimpi, saya dapet pindah tempat kerja yang baru disuatu daerah yang sama sekali gak pernah saya bayangkan, namanya tertulis Denpasar Barat.......... waakkkssss, begitu terbangun saya langsung kaget,,arrgghhh untungnya cuma mimpi.. tapi tetap saja rasa kaget dan shocknya kerasa ampe sehari2an. dan gara2 kejadian mimpi itu saya baru bisa ngerasain perasaan yang dialami kawan2 saya yang dapet tempat kerja di daerah yang sama sekali belum pernah mereka bayangkan. kaget iya sama takut juga iya..

Sementara saya posisi nya sekarang sedang sudah begitu akrab dengan Jakarta, ibarat kata anak kecil yang baru belajar naek sepeda, baru hapal rute jalannya.. padahal kalo ingat dulu, sedikit2 nyasar, sedkit2 gak tau jalan... masih sih sampe sekarang, tapi gak separah dulu hehehehe.. dulu waktu pertama kali nyampe jakarta saya juga mengalami rasa2 seperti yang diatas itu tadi, ada semacamn cemas dan sebagainya, karena bagi saya daerah asal saya, kampung saya di Baturaja, adalah daerah nyaman saya yang saya tidak perlu merasa cemas selama masih ada dalam ruang areanya..

mungkin ini yang istilah kata kebanyakan orang sebut dengan kata2:'Zona Nyaman', yang kalo saya artikan sendiri lewat pengalaman2 saya, itu adalah semacam posisi dimana saya berada dalam suatu daerah yang begitu baiknya saya kuasai,saya pahami, tak ada rasa takut atau cemas karena didalamnya itu enak niann.. semua ada, semua bisa, semua tersedia.. sehingga jika suatu ketika saya harus dengan terpaksa meninggalkannya, hehhee malah terserang rasa cemas dan khawatir berkepanjangan, lantaran gak biasa berada disuatu tempat yang beda dengan Zona Nyaman saya, apa ini, semuanya serba baru, siapa orang itu, dimana ini, mungkin karena kaget, jadinya malah nanya2 speerti itu kali ya???

dulu, waktu lulus SMA, saya juga mengalami hal serupa waktu pertama kali tiba di Jakarta, selain itu memang baru sekalinya itu, juga karena memang saya bakal lama di Jakarta itu, masuk hitungan tahun lah kira2.. jadinya harus ninggalkan semua yang ada di daerah asal saya, saya ingat waktu awal2nya dulu itu, waktu sepulangnya keluarga yang mengantar saya, saya mulai tinggal sendirian di rumah kos, belum ada orang waktu itu. yang laen belum pada datang, jadinya pas malam2 menjelang tidur, sempat gak betah..gak bisa tidur, apalagi ada anak ibu kos yang ninggalin TV dalam keadaan nyala dan ada film horor yang ada di TPI dulu, judulnya 'Uka-Uka', kalo ada yang masih ingat. suaranya di besarkan, dianya pergi, saya sendiri dari dalam kamar mau gak mau dengarkan suara horornya.. waaa... makin g bs tidurlahh.. wkwkkwkwk

sampe akhirnya tahun lepas tahun, saya mulai akrab dengan Jakarta, macetnya, akses yang serba mudah, dan lain2nya.. dan sampe sekarang sampe tulisan ini dibuat jadinya saya mulai merasa nyaman dan terbiasa. Bersukur nian saya, karena memang banyak yang disambut dengan tak ramah di Jakarta ini, makanya itu ada yang jadi pengemis, pemulung, atau perampok atau yang lainnya, yang tentu mereka sendiri tak mau menjadi seperti itu, cuman karena keadaan dan kondisi yang mereka rasa tak memberi pilihan dan kesempatan, jadilah demikian.

Yang saya pikirkan adalah, bagaimana nanti jika suatu saat, tiba2 saya harus pindah ke daerah lain, bukan Jakarta bukan pula Baturaja, yang belum tentu bisa memberi kenyamanan seperti yang sudah bisa dan pernah saya rasakan di kedua daerah itu.. hehhee.. itu artinya saya mau tak mau harus meninggalkan zona nyaman saya, dan dengan itu berarti harus menghadapi perubahan, yang tidak mudah, apalagi bagi pelaku yang belum siap mentalnya, sama halnya Jakarta yang dulu saya kira tak menyenangkan, lantaran sudah nyaman di daerah asal saya, namun kemudian lamat2, mulai terbiasa juga.kemungkinan besar akan dan sebaiknya begitu juga, meninggalkan zona nyaman untuk merasakan pengalaman baru di zona nyaman yang lain, hehehhe..

Di Jakarta, saya mendapatkan banyak pengalaman ada yang buruk ada yang baik, dapat ilmu, cerita dan kawan2 yang beragam, dan jika memang nanti saya harus meninggalkan Jakarta ke suatu daerah yang tak pernah terlintas di kepala saya, mungkin disana akan ada pengalaman baru, ilmu baru, cerita baru dan kawan2 baru yang bisa saya temui.. hehehe.. dan lebih2 lagi bisa tetap dapat ide dan cerita buat nulis di blog :P

Wassalamualaikum

P.S:
----
Gambar diambil dari http://www.toothpastefordinner.com/052804/see-into-the-future.gif

Comments

  1. Yups,,,emang benar nian son..Btraja emang kota yg penuh dngn kenyamanan dan udara segar yg sngt sulit kt temui di kota besar...Bravo Btraja..

    ReplyDelete
  2. @Anonim: Baturaja kata orang sini nyebutnya Kingstone kekekeke, baru kemaren aku mudik,dah lumayan pembangunannya sekarang di Baturaja itu.. cuman itulah namanya Zona Nyaman saya dulu itu yang pernah saya nikmati dan sekarang diperluas sampe jakarta halah.. :P

    ReplyDelete
  3. Jangan cemas kawan...
    Zone nyaman bisa diciptakan... :)

    ReplyDelete
  4. @Ichal: iya chal.. betul.. s7 Erikson..

    ReplyDelete

Post a comment

Jangan ragu untuk komentar.. :) Dan untuk menjaga komentar spam, mohon isi dulu kode verifikasi nya.. Trims.

Popular posts from this blog

Melanjutkan Studi di UNSOED

Harapan Hari Tua

Selamat Jalan, Teman!