6.18.2009

Cerita Psikotes Erikson


Suatu siang di jam istirahat, saya sedang baru saja pulang dari makan siang dan mau balik jalan ke dalam sambil petantang petenteng bawa bungkusan cemilan, dan di lobi pintu utama ada dua orang Kasubdit A dan direktur B sedang menunggu mobil jemputan kayaknya, terus dari situ kebingungan terjadi... karena tiba2 dari belakang ada laki2 dengan pakaian seadanya sambil jalan keluar dari dalam gedung menepuk punggung Kasubdit A sambil menyebutkan nama Kasubdit tersebut dengan nada teriak penuh semangat dan terkesan sangat akrab,"Pak... P*******s!!!!!" terus si pemuda itu jalan terus kayak biasa seolah gak terjadi apa2 cuma meninggalkan si Kasubdit dalam bingung. dan terang saja orang2 disekitar juga dibuat bingung, saya juga, tadinya saya kira itu kawannya Kasubdit itu, cuma lantaran liat Kasubditnya malah bingung.. wahhh.. akhirnya ketahuan bahwa yang tadi itu adalah pemuda yang katanya stress, terus jadi gak jelas dan sering bolak balik maen kekantor,dan ironisnya itu pemuda tadinya kerja di direktorat yang sama dengan saya sekarang, sekitar sepulu atau lima belas tahunan yang lalu katanya..

Assalamualaikum.. kawan2 sekalian apa kabar?? nahh.. cerita diatas itu tadi mungkin jadi sedikit pengantar bahwa penting juga dan malah sangat penting untuk memiliki kondisi kejiwaan yang normal dalam pergaulan kehidupan sehari, kalo enggak, mungkin kejadiannya bakal sama dengan pemuda yang maen sapa mendadak gaya ngakrab ke direktur itu tadi... hehehe..

hari ini tepatnya siang tadi pukul 13.30 saya sudah menyelesaikan ujian psikotes sebagai lanjutan tes tahap II untuk bisa masuk lanjut kuliah kedinasan tempat saya kerja ini :)

dimulai sejak pagi2 sekali, lepas sholat shubuh saya langsung bergegas pergi mandi (hahaha.. dulu waktu di kos2an jaman kuliah kawan sering diledekin kawan, "ehemm..ehemmm kok mandinya subuh2 nian sonn???kenapa rupanya??") siap itu saya langsung pake pakaian dan cek2 berkas yang memang dari malamnya, saya malamnya tidur cepat, ekstra cepat malah, jam 20.30 dah tidur.. alasannya klasik tapi manjur.. biar besok fit :D,setelah rapi semua, dan pamitan sama ibu kos, saya berangkat sama Revo Merah, menjemput saudara saya yang juga ikutan tes, menjemput dia didaerah Pancoran dan kemudian langsung meluncur menembus dinginnya udara pagi Jakarta, membelah kesunyian MT Haryono dan Jend Soedirman!!!(arrgghhh.. maen kali ahhh bahasanya wkwkwkwkwkwk), setibanya di lokasi, berhubung lapar saya dan saudara saya itu isi 'bensin' dulu secukupnya buat energi sampe nanti siang dan sementara dia ketemu kawan2nya saya langsung ke atas, ke lokasi ujian tepatnya. Ruang ujiannya itu disebuah Aula besar disitu semua peserta dikumpulin per jenjang urut per abjad, jadilah diri saya dapat nomor urut 7. (ini penting gak sihh??hihihiih)

setelah liat2,medan pertempuran :P, dan bosan karena masih sepi ruangannya.. saya turun lagi kebawah nungguin temen yang ikutan tes juga, dia jauh dari Bangko, Provinsi Jambi. setelah ketemu, ngobrol2 bentar.. cerita2.. (pokoknya berusaha rileks serileks mungkin) akhirnya ujian akan dimulai, semua peserta dah naek ke atas semua, memasuki Aula dan mempersiapkan peralatan ujian masing2. setelah mendengarkan pengantar dan pengarahan singkat dari penyelenggara, serta mengisi biodata, ujian pun dimulai

tes pertama.. kepada saya dan semua peserta dibagikan modul kecil yang berisi 90 pertanyaan yang harus dijawab, soalnya pilihan A-B, soal2nya tipe2 soal2 kepribadian gitu.. disuruh milih diantara dua pilihan yang ada, mana yang paling menggambarkan diri kita, nahhh.. saya tu bingung pas ada pilihan:
A.KAMU MUDAH MARAH
B.KAMU PEMURUNG
ya... secara itu dua2nya kadang ada benarnya, akhirnya milih yang mana ya.. y udah akhirnya milih yang A, karena sering inget kalo misalnya keseringan nungguin temen yang suka molor2 janjian buat ketemuan, saya suka marah.. wkwkkwkwk, padahal telatnya 15 menit, atau paling lama 30 menit.. (kalo ternyata sampai ingkar janji, udalah bisa merajuk saya ke kawan saya hihihihihi)

tes kedua..semuannya dibagikan kertas kosong, terus sama pengawasnya semua disuruh menggambar orang lengkap dengan umur, jenis kelamin dan kegiatannya.. semua harus jelas gambarnya, gitu dibilangnya. setelah kepikiran akhirnya saya menggambar seorang pak tani yang sedang mencangkul ladangya biar padi yang ditanam tanahnya jadi gembur, gitu saya tulis deskripsinya dan saya langsung ketawa ngakak setelah tau ternyata ada kawan saya yang berangkat dari Jambi itu, entah karena kehabisan ide atau entah apa gak tau juga, dia menggambar pengawas yang ngawas ujian, lengkap dengan name tag si pengawas dan kantong hp yang diselipin di pinggangnya itu, ada kumisnya dikit2 dan agak sedang berkacak pinggang.. wkwkwkkww.. moga aja si pengawas ujian itu meriksa itu gambar dan terkesan sama lukisannya sendiri yang dibuat kawan saya itu.

tes ketiga..masih sama, semuanya diberikan kertas kosong, cuman kali ini perintahnya disuruh menggambar pohon yang lengkap dan harus ada batangnya, dan diri saya menggambar pohon mangga, batangnya besar ada guratan2 kulit kayunya, ada dauunya yang rimbun terus biar terkesan agak alami di batang pohonnya saya buatkan ada kayak semacam lubang sarang tupai..hihihihihhihi... dan untuk akarnya saya buatkan dengan detil bahwa akarnya yang besar dan kuat tertancap kokoh didalam tanah.. tak lupa juga saya buatkan buah2nya, mana tau juga sekarang sedang musim mangga..hehhehe.. dan pas sudah ngerjain gambar saya, sempat liat2 punya peserta yang lain.. nah itu saya jadi ngeliat ke pohon yang saya gambar yang benar2 ngabisin space kertas, sementara dia itu gambarnya mungil kecil ada ditengah2 kertas..

tes keempat..setiap peserta dikasih selembar kertas (yg ini nama tesnya Wartegg Test) yang ada gambar kotak besar yang didalamnya ada 8 kotak kecil, yang masing2 didalamnya ada semacam kayak garis, titik, atau apa yang diletakkan disembarang tempat didalamnya,tugas kita disurun buat gambar utuh dari pancingan yang disediakan, kotak pertama ada tanda titik bulat hitam saya lanjutkan gambarnya jadi gambar jam dinding, terus ada tanda segi empat hitam di pojok kanan di kotak kedua saya teruskan jadi gambar CPU lengkap dengan komputernya (jadi gambar2nya itu ada gambar jam dinding, orang sholat, mobil,gedung kantor, masjid, komputer, jalanan macet,bayi nangis).. dan gambar2 yang saya buat di 8 kotak itu akhirnya menjadi rangkaian cerita, yang kira2 kalo diceritain gini, jam 4.30 seorang ayah bangun terus sholat dan bergegas bersiap2 berangkat kerja dengan menggunakan mobil namun dijalanan macet akhirnya sampe juga di kantornya dan mulai ngutak2 ngatik komputernya terus dapet kabar bahwa anaknya nangis dirumah karena sakit, nah kemudian si ayah pergi sholat kemasjid dan berdoa semoga anaknya sehat2 saja :)

alhamdulillah saya bisa ngerjain keempat tes yang pertama, dan sudah berusaha sebisa saya..kemudian datang jeda istirahat buat yang tes D3..

saya ketemu ma kawan saya membahas tentang macam2 yang dia gambar, itulah pas dengar dia gambar pengawas itu, kami tekekeh ketawa, sampe akhirnya ditegur sama pengawas dibilangnya 'mas, tes D3 ya?tolong ya jangan berisik, istirahatnya diluar sana aja.. disini yang D4 mau ujian' kami jawab 'o iya maaf, mas, makasih' kemudian kami ke pintu depan yang agak jauh agar kira2 gak ganggu yang ujian.. dan kembali cerita2 konyol macam2.. namun rupanya entah kami yang buat bising atau siapa gak tau juga, akhirnya keluar lagi muncul kepalanya doang dari celah pintu, sambil bilang ke kami 'mas tes D3 ya? tolong dong jangan berisik, D4 masih ujian' udahlahh., akhirnya daripada pengawas itu nangis karena gak sanggung ngasih tegor kami akhirnya kami ngobrol dengan volume yang nyaris minimum.. kekekkeke.. sampe akhirnya gak kerasa jam istirahat sudah lepas, kamis semua kembali disuruh masuk kedalam.

begitu didalam, kami kemudian telah disiapi buku modul tes warnanya pink terbitan UI, yang didalamnya terdiri dari 5 sub tes, tes pertama pada bagian kedua ini, semua dikasih 12 pertanyaan yang perlu jawaban yang panjang dan lebar, cuman rupanya sama pengawasnya gak dikasih tau jatah waktu buat ngerjainnya dia bilang mulai dan bisa bilang lagi selesai dalam hitungan 10-15 menit, kita gak tau. sub tes yang pertama itu adalah 12 pertanyaan itu, beberapa yang masih saya ingat adalah misalnya 'kenapa kita harus menghormati guru dan orang tua';'gimana sikap kamu kl teman dekatmu kecanduan narkoba';'mengapa perlu menepati janji?'nahh.. diri saya dari 12 soal karena g cukup waktu (atau mungkin karena kepanjangan njawab yang diatas2) akhirnya cuma bisa jawab 10. Subtes kedua itu adalah analogi kata, subtes ketiga itu itung2an matematika cerita,keempat itu pola bilangan deret dan angka dan yang terakhir tes pengetahuan umum. dan masing2 subtesnya gak dikasih tau alokasi waktu yang disediakan dan alhmadulillah cuma 3-4 nomor yaitu untuk yang itung2an yang gak saya isi, selebihnya saya isi meskipun gak yakin karena emang gak ada nilai minus atau apa yang diterangkan di soal (semoga saja...)

nahhhh.... berikutnya yang paling menegangkan dimulai, setelah subtes kedua selesai, kami dibagikan kertas lebar seukuran.. kertas karton besar yang dibagi dua sama rata, dan di semuanya itu tertulis ratusan angka.. persis sama kayak lagi nonton film 'Knowing' kalo ingat lembaran2 itu.. :), semuanya diminta mennghitung dengan menggunakan tes kreaplin (sejenis tes pauli yang di kita dikenal dengan istilah tes koran) bedanya hasil penjumlahan dua angkat terdekat itu ditulis satuannya saja di samping kanannya begitu terus sampe pengawas bilang 'GARIS!!!' dan terus lanjut hitung.. sampe waktu selesai.. saya waktu ngerjain itu.. bisa mengerjakan, dan saya memang senang dengan hitung2an jadinya belum lagi waktu habis buat mengerjakan soal, saya sudah meminta kertas hitungan koran yang baru lagi dan kertas yang saya pinta itu saya kerjakan juga sampai habis juga, dan ketika baru akan mengerjakan kertas hitungan koran yang ketiga yang saya pinta lagi, waktunya habis. dan setelah saya perhati2kan kebanyakn garis2 coret yang saya buat itu berdekatan beda kelang 3 atau 4 kolom, meski memang ada juga yang agak jauh.. dan setelah kertas dikumpulkan.. wahh.. alhamdulillah tesnya selesai.. dan hitung2an tes kreaplin tadi benar2 membuat saya seolah2 terjebak dalam dunia permainan angka2.. kemana melihat adalah angka.

legaa...akhirnya dan alhamdulillah sudah berusaha dengan sebisa saya,selebihnya saya tetap berusaha tawakkal saja,saya berharap bisa lulus ujian tahap II ini tetapi tetap semoga apa yang ALLAH.SWT berikan nanti adalah yang terbaik buat saya dan keluarga saya,amin.. karena memang keberserahan dan tawakkal setelah berusaha adalah ketenangan yang tak terkira.. hasilnya akan diumumkan tanggal 23 Juli, bulan depan. mohon doa ya kawan2 heheh :)

setelah tes berakhir jam 13.30, kemudian saya dan kawan saya pergi sholat dulu dan kemudian berangkat dari Purnawarman lokasi tes barusan, terus ngisi bensin dan makan siang, dan setelah itu berhubung ada titipan kawan di Baturaja yang minta dibelikan peraalatan kedokteran gigi, akhirnya saya dan kawan saya itu berjalan2 dulu ke daerah Tomang, berkat bantuan petunjuk jalan berkejaran@gmail.com akhirnya sampai juga ke lokasi yang dituju dan setelah dapat barangnya kemudian menyempatkan diri balik lagi ke kantor dan menyempatkan diri membuat postingan tentang hari ujian psikotes yang saya jalanin tadi siang, mana tau bisa jadi gambaran buat kawan2 sekalian tentang gimana itu psikotes, heheheeh

Wassalamualaikum

14 komentar:

  • DUNIA POLAR says:
    19 June 2009 at 08:26

    wih soalnya kok gitu?? klo ga jawab gmn?? huehehehee...

  • Erikson says:
    19 June 2009 at 08:29

    keduaxxx dulu ahh.. kekeke, kl g jawab ya ga jadi dinilai, tp ada juga yang gak dibilangnya boleh isi ato enggak :)

  • Anonymous says:
    19 June 2009 at 09:09

    woi...itu potonya ko gak nyambung ma tulisan.
    gak jelas!!! hihhiihihi

    ttd
    kumfrunk

  • Erikson says:
    19 June 2009 at 09:14

    hahaha.. g s4 poto2 mas kumfrunk... semua yang terlihat cuma angkaa dan angkaa serta angkaaa lageee wkwkkwkw

  • The Rock says:
    19 June 2009 at 11:21

    Pak SR gambar pak pengawas karna dia ga tega kalau gambar pak Anton lagi merokok waktu di kosan.... Pak Anton....

  • Erikson says:
    19 June 2009 at 11:29

    @The Rock:tekekeh Anton Astari baca komentar The Rock..

  • anton astari says:
    19 June 2009 at 13:37

    ganteeeeeeeeeng sekali yang di foto itu loch...

  • Erikson says:
    19 June 2009 at 13:48

    @anton astari: iya emang ganteng kok..wkwkwkwkkwk

  • suwung says:
    19 June 2009 at 17:49

    harusnya tanya diriku dulu sebelum spikotes bos... ada kuncinya

  • buJaNG says:
    20 June 2009 at 07:30

    Wah lagi ujian juga ta...?

  • mamas86 says:
    20 June 2009 at 07:33

    Weleh.... Tes psikotes to...

  • Erikson says:
    23 June 2009 at 08:01

    @suwung: wkwkkwkw... emang iya om??? entar saya ikutan suwung lagi... peace om!!! ya makasih om.. smeoga saya diberikan yang terbaik, amin.. :D

  • Erikson says:
    23 June 2009 at 08:03

    @bujang: iya jangg.. tanggal 23 juli pengumumannya, doain ya..hehehhe, amin

  • Lia Aulia says:
    20 May 2016 at 16:07

    Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai Psikologi. Perkembangan psikologi manusia sekarang ini harus sangat diperhatikan agar mereka tidak berkembang dengan mental yang salah. Saya memiliki beberapa tulisan sejenis mengenai psikologi yang dapat dilihat di www.ejournal.gunadarma.ac.id

Post a Comment

Jangan ragu untuk komentar.. :) Dan untuk menjaga komentar spam, mohon isi dulu kode verifikasi nya.. Trims.