6.04.2009

Selamat Mendengarkan, Steve!!!


Sebagian orang melihat sesuatu yang nyata yang belum pernah ia lihat seumur hidupnya, kemudian berkata 'Mengapa???' sementara sebagian orang yang lain melihat dalam mimpinya yang paling liar sesuatu yang tampaknya mustahil dan kemudian ia terbangun dan berkata 'Mengapa tidak????'

Assalamualaikum kawan2.. diri saya yang senang nian belajar bahasa inggris ini kan sebenarnya bahasa inggrisnya masih lah belum ada apa2nya makanya itu tiap kali kalo ada kesempatan buat belajar bahasa inggris diri saya yang suka gonta ganti pewangi badan ini (gonta ganti abisnya jarang ada yang ngefek ma BB, kekkekekke, lagian gak penting nian sonnn!!!) akhirnya tadi malam dapet undangan pertemuan sebuah club bahasa inggris, namanya The British Toastmasters Club yang ada di Jalan Jend Sudirman, Gedung WTC, buat diminta dateng dan pura2nya dapet peran ato tugas sebagai evaluator orang yang nyampekan pidatonya di pertemuan tersebut.. nah secara da sering dapet jatah tugas yang beginian akhirnya saya terima saja, gak apa2.. artinya masih dipercaya orang.. (kesian juga ma yang percaya.. kok percayanya ma diri saya yang suka lupa2 ingat atau ingat2 lupa :P)

akhirnya.. acara pun dimulai dan pas saya mintakan agenda pertemuan akhirnya saya liat bahwa nama saya (entah napa nama saya ditulisnya bukan ERIKSON tapi ERICSSON) dapet tugas jadi evaluator, yang nama speaker yang mau dievaluasinya namanya Steve Bowen.. pas baca nama orang yang mau dievaluasi, saya langsung perasaan gak enak gitulah.. dalam hati saya sambil bertanya2:'makk... namanya barat nian.. jangan2 betul2 orang barat ni.. duh.. kalo beneran iya, susah juga ya...mm gimana ya, apa tukaran aja ya ma yang laen??' terus begitu saya tanyakan ke orang2 sekitar mana yang namanya Steve Bowen, akhirnya dikasih tunjuk, itu dia orangnya, rupa2nya.. bener2 dia itu orang bule beneran, bukan orang asia yang sering selama ini saya temui dalam kegiatan serupa, dan diapun rupa2nya orang barat yang benar2 barat, asalnya dari suatu negara tempat negara inggris itu...ya Inggris asalnya, Walles tepatnya.

Saya langsung gugup, wahh... gimana nih.. gugup, baru sekalinya ini mesti evaluasi, yang dengan kata lain ngomong langsung dengan dia di hadapan belasan orang yang hadir menyampaikan pendapat kita tentang penyampaian pidato/speech dia. karena selama ini yang lazimnya saya kenal itu banyakan, orang India atau China yang memang sudah lama menetap di Indonesia, jadi bahasa inggrisnya masih bisa saya ikuti lebih baik. dan juga selama ini kebanyakan kalo nonton film bahasa inggris gitukan banyakannya nonton film2 USA, yang bahasa inggrisnya yang menurut saya kl emang dia pake tata bahasa yang baik (bukan bahasa slank) itu lebih mudah didengar dan ditangkap maksudnya.. lah iniii.... bahasa inggris orang inggris buat saya susaahhh banget nangkeppnya.. ngomongnya mana cepat, aksennya meliuk2, jadinya entah kuping saya yang konslet entah dia yang kecepeatan ngomong, jadinya saya cuma bisa nangkep awal pembukanya saja selebihnya saya cuma bisa memahami isi pidato dia lewat bahasa tangan dan ekspresi mukanya..



akhirnya sampailah si Steve Bowen ini menyampaikan pidato dia, terus sampai hampir 6 menit diapun selesai dan saatnya buat saya membuat evaluasi dari saya kepada si Steve ini, saat membuat evaluasi tertulisnya dan sedikit draft buat disampaikan didepan yang pada hadir, saya sempat mikir.. 'ini gimana ya.. tak nangkapnya aku isi pidato dia, kata2nya pun gak jelas2 nian ku dengar, persis macam nonton DVD bajakan yang suaranya kresek2 dan gak ada teksnya..hiks..hiks..', namun akhirnya saya mikir2 buat apa susah2 saya tangkap isi pidato dia, yang lebih penting mungkin bukan isi pidatonya tapi bagaimana dia menyampaikan pidatonya, nah kalo yang ini yang dievaluasi maka selamat saya dari muka merah lantaran bingung gak keenakan, akhirnya saya buat semua hasil pengamatan mata saya, karena telinga saya gak berfungsi dengan baik waktu dengarkan dia pidato.. dan akhirnya bisa ngomong ke diri saya 'jadi evaluator orang Walles, mengapa tidak?' hehehhe...

Beberapa menit kemudian giliran saya yang nyampaikan evaluasi, alokasi waktu 2-3 menit, saya sampaikan pengamatan saya mulai dari apakah dia berhasil mencapai tujuan pidato dia, susunan pidatonya bagaimana, bahasa tubuh dan kontak matanya ada gak, terus juga penguasaan panggungnya juga,penggunaan suara dan emosinya, sama2 beberapa saran saya yang mungkin bisa dia pake. sama sekali gak saya2 singgung isi pidatonya,hehehhe.. daripada sok2an terus salah ngomong, mending enggak dulu laa.... saya liat disamping saya si Steve itu ngangguk2 aja, entah juga, tak tahu saya apa arti anggukannya, jangan2 sekarang giliran dia yang gak bisa dengar bahasa inggris saya, terus pura2 ngangguk gitulah..wkwkkwkwkkwkwk... dan rupanya karena akhirnya kalo udah aksi biasanya ide2 muncul sendiri maka jadilah saya malah ngomong lebih dari 3 menit, malah nyaris 5 menit.. :P kesian si Steve nya ampe bosan juga saya rasa dia ngangguk2 aja, kekekke...

setelah selesai saya duduk kembali dan menyalami Steve dan kasih balik buku dia, dan berhubung sudah malam juga, begitu pertemua selesai, saya langsung cabut dan sedikit ngobrol ma Steve, dan lagiii.. rupa2nya dia gak ngerti kalo kuping saya susah nangkep akses meliuk2 dia itu, akhirnya setelah pake jerus senyam senyum, lalu pamit pulang, ya.. dari kejadian itu tadi saya agak nyadar juga bahwa bahasa inggrisnya orang2 inggris sana rupanya lebih susah, karena memang itu masih asli logat dan aksesnya kali ya.. dan Alhamdulillah, bagaimanapun juga tadi saya sudah bisa mengatasi ketakutan saya dengan menerima tantangan itu dan belajar darinya.. dan bisa juga ngomong gini dalam hati :'Terima Tantangan??Mengapa Tidak untuk hal yang bisa menjadikan diri saya lebih baik'.


Wassalamualaikum

8 komentar:

  • waknang says:
    5 June 2009 at 08:04

    terima tantangan..??Mengapa tidak..
    two thumbs up bro..
    mngkin lah cak mr bean yo caro nmngnyo yo,
    heehehe

  • Erikson says:
    5 June 2009 at 08:11

    @waknang: yupp.. kiro2 begitula.. yang penting dianya sudah ngangguk pokoknya beres, kekekee :-)

  • UWO says:
    5 June 2009 at 16:52

    wakzkakakakkakaka....
    cak kalo ngomong:
    harry potter --> hewi potchah

    cara penyelamatan diri yg sukses rik, cerdas :D

  • Erikson Wijaya Bin Asli Aziz says:
    5 June 2009 at 17:29

    @uwo: iyo wo,... hihihi :)

  • ajie says:
    5 June 2009 at 22:50

    woh bagus sekali fotony indah sekali pemandangannya

  • Erikson says:
    6 June 2009 at 16:34

    @ajie: itu adanya ke jalan ke arah Bandung, kl mau bolelah kita touring ajie.. :)

  • ajie says:
    6 June 2009 at 21:01

    mau tp yg bayarin sopo bos

  • Erikson says:
    7 June 2009 at 01:01

    @ajie:nanti jie kalo 'proyek' kita cair, wkwkkwkw

Post a Comment

Jangan ragu untuk komentar.. :) Dan untuk menjaga komentar spam, mohon isi dulu kode verifikasi nya.. Trims.