9.23.2011

Teka Teki Silang (TTS)


Adalah Arthur Wyne yang dianggap sebagai penemu Teka Teki Silang pada 21 Desember 1913 dan saat itu bentuknya sederhana dan mudah dimainkan. Sudah beberapa minggu ini aku mulai mencoba mengisi waktu luang dengan bermain TTS. Lumayan menghibur dan berguna, mengalihkan perhatianku ke hal yang lebih bermanfaat dari sekedar memikirkan hal lalu yang tidak enak diingat. Atau kalau sedang suntuk dari membaca dan kegiatan kuliah.

Seperti Scrabble, sudah lama juga aku menggemari TTS ini sebetulnya, mulai dari iseng menjawab rubrik Asah Otak di koran KOMPAS (tapi TTS disini sulit sehingga ada yang mempelesetkannya menjadi Teka Teki Sulit) atau kalau sedang iseng waktu pulang les SMP dulu membeli kacang rebus yang biasanya dibungkus lembaran TTS bekas. Banyak kosa kata yang biasa aku dengar namun baru aku pahami maknanya melalui TTS ini, seperti demosi, erata, kolaborasi, krida dan maulana.

TTS juga menyelamatkanku dari kejenuhan macet 15 jam di Merak mudik kemarin, seperti ada semacam penyaluran emosi dan kepenatan dengan lepas habis, tanpa sisa, plong. it makes me feel relieved. Dan tanpa sadar aku menambahi koleksi kosa kata yang berguna sebagai bekal blogging atau kegiatan lainnya. Bahkan ada rumor, kegiatan mengisi TTS dapat mencegah dari kepikunan karena faktor usia karena membuat otak tetap dibuat dalam keadaan "bekerja".

Henry Brodaty, Profesor Psikogeriatik dari Universitas New South Wales mengatakan bahwa di fase usia lanjut, otak dihadakan pada pilihan untuk digunakan atau dinonaktifkan. TTS adalah salah satu jalan untuk tetap membuat otak digunakan.


Latihan dan Ujian tanpa beban, begitu kata Heru Triatmono dalam sebuah tulisan yang mengulas mengenai salah satu manfaat TTS ketika menyebutkan pendapatnya. Dan memang begitu kurang lebih yang aku rasakan. Enjoy tanpa ada tekanan untuk bersaing memperebutkan apapun, selain untuk menjadi lebih baik dari diri sendiri dihari yang lalu. sebuah keadaan yang betul betul saya inginkan. Stres menjadi lebih dapat diminimalisir karena dikelola dan disalurkan dengan cara yang membuat diri menjadi lebih positif. Mungkin kalau ada kesempatan harusnya aku ucapkan terima kasih kepada Arthur Wyne, tokoh yang dianggap sebagai penemu TTS.

P.S:
-----
Gambar diambil dari sini melalui google

3 komentar:

Post a Comment

Jangan ragu untuk komentar.. :) Dan untuk menjaga komentar spam, mohon isi dulu kode verifikasi nya.. Trims.