9.08.2011

[Exemplary] Action Needed


Kalau sedang mudik seperti ini, aku sering menjadi petugas penegak disiplin bagi para adik dan ponakan dirumah. Jangan dikira enak ya. Karena peran seperti ini tidak cukup pasang wajah sangar, marah-marah dan kadang memberi hukuman fisik, tapi lebih dari itu ada yang lebih penting yaitu, can i practice what i preach? Sebabnya adalah suatu pepatah lama yang bunyinya kurang lebih seperti ini: "Satu tindakan lebih memberikan keteladanan dari 10 nasihat kata-kata".

Pas mudik kali ini, aku sekalian membawa semua koleksi buku bacaan untuk aku taruh dirumah supaya bisa dibaca keluarga lagipula tidak repot untuk nanti kalau aku mau pindah kos setamatnya kuliah Desember 2011 ini insyaALLAH. Buku-buku ini ada banyak mungkin sekitar 100 lebih. Aku memberi tugas kepada keponakan ku untuk membaca buku yang sesuai minat mereka dan menuliskan pemahaman yang mereka dapat disebuah buku yang aku minta mereka namai "Ringkasan Membaca". Isinya bukan sekedar ringkasan, tapi apa saja pemahaman yang mereka dapat setelah membaca buku tersebut, tidak perlu panjang-panjang asal mereka benar-benar memahami. Sekaligus melatih mereka untuk menulis.

Saat mereka membaca aku menemani sambil membaca juga, karena kurang etis rasanya meminta seseorang menjadi begitu disiplin sementara kita begitu toleran terhadap diri sendiri. Bahkan ketika meminta mereka mengatur jadwal mereka agar hidup lebih teratur dengan melakoni kegiatan yang bermanfaat, aku juga ikut menemani, seperti mencuci piring atau sholat yang kami lakukan secara berjamaah. Ini membuat aku jadi berpikir untuk terus memperbaiki dan konsisten terhadap diri sendiri agar tetap bisa menjadi teladan bagi mereka. Walau aku sendiri sadar aku begitu banyak cela, tapi setidaknya aku sudah mengingatkan dan mengarahkan mereka akan banyak hal yang bermanfaat bagi hidup mereka nanti.

Setiap habis sholat kami berdoa, dan aku juga memberitahukan kepada mereka untuk tidak lupa berdoa khususnya supaya diberi kemudahan dalam mengejar ilmu yang bermanfaat dan menjadi anak yang sholeh/sholehah serta berguna dalam hidup kami.

Semoga ALLAH.SWT menerima doa kami. Amin.

3 komentar:

Post a Comment

Jangan ragu untuk komentar.. :) Dan untuk menjaga komentar spam, mohon isi dulu kode verifikasi nya.. Trims.