Kebagian Kesempatan :D


Uhukkk..Uhukkk... (terdengar suara batuk nyaris setiap beberapa belas detik, maklum waktu nulis postingan ini saya sedang sakit batuk, entah demam entah juga masuk angin pokoknya badan terasa gerah sepanjang malam, keringatan gitu sama gatal tenggorokan juga) Uhuk...Uhuk..... Assalamualaikum kawan2.. badan kita boleh saja sakit ya... tapi.. ide kita janganla sampai sakit.. karena dari ide muncul dorongan untuk berbuat, yappp begitu juga dengan saya sekarang ini, tadi waktu dijalanan mau balik ke kos, saya mikir ini enaknya nulis tentang apa ya... banyak nian yang bergelantungan di kepala tapi tak mungkin semua saya buat semua dalam satu malam.. akhirnya pilih2 pilah2 mmm..

Nulis cerita tentang sebuah aktivitas diuar kantor yang sudah saya ikuti sejak Juni 2007 (bulan depan genap dua tahun :D) yaitu sebuah klub publik speaking dan leadership berbahasa inggris namanya The Catalyst Toastmasters Club.. mmhhh.. sebenarnya banyak yang nanyain sih ke saya, "son..son.. Toastmaster itu apaan sih??kegiatannya ngapain aja??"
sebenanya kalo mau dijelasin dengan luas (hehehe karena panjang x lebar = luas :P) saya juga gak begitu mumpuni tapi kalo intinya saja kurang lebih gini, Toastmasters itu adalah sebuah organisasi internasional yang non-profit oriented yang bertujuan memberi kesempatan buat siapapun yang mau untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan leadership melalui program2 yang telah disusun dan dijalankan.. maksudnya dijalankan disini, Toastmasters itu terdiri dari berbagai klub2 yang berjalan sesuai dengan agenda program yang disusun oleh pusatnya (adanya di USA), nah.. di kantor pusat tempat saya kerja ini, klub toastmaster telah didirikan sejak tahun 2002 dan sampe sekarang tetap ada.

kegiatannya menggunakan bahasa inggris, jadi keuntungannya selain dua hal itu tadi (komunikasi dan leadership) saya juga bisa meningkatkan kemampuan bahasa inggris saya, hmmh... sebenarnya sih, saya memang suka bahasa inggris, bahkan lebih saya sukai ketimbang pelajaran akuntansi :P, selain ditunjang juga dengan hobi saya baca buku, jadinya supaya bisa baca buku yang bahasa orang sono itu, makanya kepengen juga ahhh... ngasah terus kemampuan bahasa inggris saya.. sepanjang tahun 2007 sampe awal 2008 saya sempat ikutan kursus bahasa inggris di suatu institusi pendidikan bahasa inggris si daerah Pengadegan, Kalibata.. perkenalan saya dengan lebih intim (^%&^#^$) dengan bahasa inggris dimulai tahun 1998 waktu itu siang2 dirumah waktu baru2nya masih makai seragam putih biru, saya diajak ayah saya buat ndaftar ke tempat kursusan bahasa inggris di daerah saya, Baturaja. begitu selesai ndaftar, minggu depannya da boleh masuk.. jadilah saya datang pake kemeja rapiihhh dimasukin kedalam celana panjang plus pake sepatu dan tas diselempang... saya masih ingat waktu itu, gurunya nyuruh saya ngucapin dalam bahasa inggris bulan kelahiran saya, dan saya jawab:'Septh... themmphh... berrhh...' :P wkwkkwkwkwkkw

nahh... sebenarnya saya juga bahasa inggrisnya gak bagus2 amat, saya yakinla kawan2 diluar sana ada yang lebih bagus dari saya, cuman karena saya ini hobi dan kebetulan ketemu wadahnya di Toastmaster itu, jadilahh... ada peningkatan sedikit demi sedikit alhamdulillah :D, di Toastmaster itu yang mendukung supaya terjadi kemajuan itu sebenarnya adalah suasana pertemuannya yang dibawa santai tanpa beban dan suasana saling dukungnya, minim rivalitas bahasa kerennya, tapi setiap sesama anggotanya saling memberi masukan dan saran tentang gimana2nya supaya bisa lebih baik, apalagi kalo ditambah keinginan yang tinggi dari diri si anggota itu sendiri untuk belajar,maka penerimaan semakin lebih baik dan peningkatannya dapat terasa :D, based on my own experience nih.. hehehhee, terlebih lagi di Toastmasters yang dikantor saya ini terdapat beberapa anggota yang sudah berpengalaman dan selalu bersedia membagi pengalamannya itu, betul2 suatu kesempatan yang mahal jika diukur pake uang, apalagi kalo ingat secara materil biaya untuk ikut club ini bukanlah setara dengan biaya keanggotaan suatu klub golf :P, tapi jauhhh lebih murah dari itu tentunya, karena memang ya orientasinya yang non-profit itu tadi...

kegiatan ini saya datangi di kantor saya, setiap pekan pertama dan ketiga hari Kamis setiap bulannya, jamnya dari jam 11.30 s/d jam 13.00 (ya molor2 dikit juga sih kadangan :D) kegiatannya tersusun dalam agenda, tapi singkatnya yaitu ada Prepared Speech Session (sesi buat ngasih kesempatan anggota menyampaikan speech yang telah diminta untuk dikerjakan di buku panduannya), kemudian adalah Table Topic Session (sesi buat ngasih waktu ke anggota dan tetamu buat maju ngejawab pertanyaan secara dadakan tanpa persiapan) kemudina Evaluation session ya buat mengevaluasi yang maju di Prepared Speech Session itu tadi, nah bagian Evaluation ini yang penting, karena masukan2 dan review skill kita akan disampaikan di sesi itu oleh yang ditunjuk sebagai evaluator, yaitu yang lebih berpengalaman dari yang dievaluasi (ya iyalaaa :P). selain itu selama pertemuan berlangsung selalu akan ada yang megang tugas2 sebagai pengatur waktu, pemerhati tata bahasa dan pembawa acaranya.. dan sadar2 ato enggak selalu ada pelajaran dari setiap tugas yang dipegang itu...seenggak2nya pelajaran buat gak canggung ngomong didepan orang banyak :)

setelah.. 2 tahun saya ikutan klub itu akhirnya membuat senior/sesepuh/kawan2 di klub itu memilih saya untuk menjadi ketuanya untuk periode 2009-2010, mmhh... tadinya agak keberatan juga nerimanya, berat karena takut2 gitu nerima tanggung jawab yang lebih besar, tapi kemudian lantaran "dipaksa" dan diyakinkan kawan2 bahwa tar2nya kita bakal selalu saling bantu membantu, jadilah saya terima juga.. terpikir juga ini mungkin yang namanya kesempatan, sekali lepas tak ada jaminan bisa datang lagi.. tapi ya itu taruhannya tanggung jawab yang lebih besar untuk dijalankan, lama2 saya pikir2kan dalam2 lagi.. tapi sebenarnya dalam tanggung jawab itu tentunya ada pengalaman nah didalam pengalaman tentu ada pelajaran, dengan adanya pelajaran mutu saya naek dong.. ahh itu saja landasan berpikirnya dari dalam diri saya.. setelah itu baru rasa lapang nerimanya.. :D dan beberapa hari lalu saya sempatkan buat bikin pidato inaugurasi terpilihnya saya, buat kawan2 yang mau baca, ini lah kira2:

"Assalamualaikum

It is the catalyst toastmaster club, an English-speaking club, giving me more chances to boost my confidence in public speaking and leadership skill. I joined that club on june 2007, when I was already almost 1,5 years in my work, I knew about it by reading a brochure stickered in the wall-info of my office. Knowing about the schedule and spot, I dared my self to come and saw what toastmaster was. Then I found it interesting and helpful, really.

As the time passed by, now I have already completed several projects demanded in toastmaster, ten speeches for basic manual book and 5 speeches for two different advance manual books, for the advance, I take public speaking and occasional speech. Still, by playing roles in every single meeting conducted, I unconsciously finished my leadership manual book, for all those activities, I deserve for ACB CL (Advance Communicator Bronze Competent Leadership), a title in toastmaster educational and leadership program. Erikson Wijaya, ACB CL, I will be, one step more a head.

On the way that I enjoyed in toastmaster, I have been two times in a contest, the first one was Evaluation speech contest, I joined it on November 2008 and international speech contest that I joined on March 2009. It is the bravery to come forward and gaining more horizons being my concerns for joining a contest, it doesn’t matter whether it will end in a victory or in a lost.

Sometimes I keep asking my self, where the years had gone. I am sure it was just yesterday I was appointed as your vice president of membership, and now you give me a trusteeship to be your club president. Look back on one of the most challenging, rewarding and quickest years of my life, I can honestly say.. it’s been quite a ride!!! :D . well, it is Barrack Hussein Obama being the 44th American president, while doing so, he is creating his own history by presenting himself as the first afro-american president, and it is me standing here before you all as the president of catalyst toastmaster club and while doing this, I am creating my history by being the first guy president in this club :.

I will try my best to run my responsibility as president in this club, but it is not only me who is totally responsible for doing so, but it is all about us, the executive committees and the beloved members, by running this club together we can indeed achieve more benefit than expected. The benefit itself Is not about money and property but it is about our own self-development in leadership and communication skill. And much more than that, it is important to show it to our environment that we really have got something useful in our life after joining this club, these things will make others feel encouraged and grow their willingness to come and see what toastmaster is. Let them feel the benefit we ever got by themselves, and make them sure that we and they all have same opportunity to be good at communication and leadership, just invite them, those who live closely in our environment, but don’t force them, let them come by bringing also their curiosity and willingness, not with a coercion. Because there is no coercion in joining toastmaster and toastmaster is not a commercial club :D .

Giving support among members is an essential thing in toastmaster, never be hesitant to offer some feedbacks to us as fellow members, and I am sure that everybody here has their own time where they feel in down and missing encouragement to come and deliver speech, in this condition, we all here have a lofty duty to offer she/he an aid and inspire her/him to get a new idea to deliver a speech, because it is not good for us to leave our members friends behind too far while we keep creating our own advancement. The catalyst toastmaster club is very lucky club, we may never realize that, because we have our legendary toastmasters such as: Ibu Rosite Taufieq, Ibu Mien Soenari, Ibu Elly Juniarti, and many others who are so good at communication that we learn from them, also we have Muhammad Faizal Ahda who is very good at English grammar. We will really miss great opportunity if we don’t take our time to learn from them, they are our friend, they are here to share their skill, right? Even what I have in mind in my this presidency is I will make two regular-special sessions that I would like to call them as Speech Clinic and English Grammar Review so that those persons I mentioned above would have their time to assist us about the things that they good at.

Ok, friends.. it is our time to run this club with more optimism and beliefs that we can gain more benefit for ourselves and do not forget to share it with others outside there by showing how those skill are really helpful for our life.. Thank You :D

Wassalamualaikum"

begitulah kira2.. cerita singkat perjalanan saya 2 tahun ini di Catalyst Toastmasters Club, semoga kesempatan atas pengalaman2 yang saya dapatkan ini bisa membuat jadi lebih baik dari sisi emosional dan kontrol diri, maklum kalo yang namanya jadi ketua itu harus bisa mengetuai diri sendiri dulu baru ngetuain orang lain, memimpin diri sendiri dulu baru mimpin orang lain... mungkin kesabaran saya sekarang masih dibawah rata2, tapi insyaALLAH seiring waktu bisa naek terus mejadi mendingan :D amin ..

Wassalamualaikum

Comments

  1. ikutan exist..
    poto paling bawah yg moto saya..

    ReplyDelete
  2. eh... ada cahyoedi, blogger dari wordpress :P

    ReplyDelete
  3. wah ikutan klub bahasa inggris yo,
    gaptek ak soal bhs inggris, susah...
    cocok itu bro klu tar buat nyari S2 luar negeri hehehe

    ReplyDelete
  4. iya gal.. ikut aku.. kalo kau mau ikut datang aja, hehehhe lumayan buat belajar,nanti kita belajar brg2 :D

    ReplyDelete
  5. wakzkakaka...
    kirain toastmaster itu apanya toaster... (dasar wo...otakmu memang tak bisa jauh dr makanan)

    inauguration speech ya? ewh ewh ewh...dah seperti Mr.Obama saja...

    kongratulasyiong bung erik :)

    ReplyDelete
  6. yoi woo.. Erikson's Inauguration Speech kira2 judulnya.. heheheh :))

    ReplyDelete
  7. moron :
    makan2 Son,,dah jadi ketua,,
    hahhahha,
    meutia aja lah
    ga usah jauh2,,,

    ReplyDelete
  8. oo bole juga pad.. tunggu kabar aja ya kalian :D

    ReplyDelete
  9. faisalfirman.blogspot.com15 May 2009 at 17:30

    Congrats ya Rik....
    bener Te O Pe Be Ge Te deh....
    semoga bisa jadi pemimpin yang amanah yaa....

    jgn lupa makan2 atas kesuksesan kali ini... hihii

    ReplyDelete
  10. thanks chal.. amin, :) makan2 hehehe... boleh chal di lantai 5 ini ada Aqua galon banyak kalo mau..kekekekke

    ReplyDelete
  11. cihui..

    sukses trus brada..

    ReplyDelete
  12. Wi,.erik keren euy,.Hadi pengen toast bread deh,..halah,..^_^
    Keep on fighting yah,..Ganbatte

    ReplyDelete
  13. roti panggang ya tiex?waw.. enak dong... iya banyakan juga mikir ini apa artinya yaa.. kok ada toast2nya segala :P trims tik :D

    ReplyDelete

Post a Comment

Jangan ragu untuk komentar.. :) Dan untuk menjaga komentar spam, mohon isi dulu kode verifikasi nya.. Trims.

Popular posts from this blog

Cerita Psikotes Erikson

Paradoksal Jakarta

Nonton Film King