5.29.2009

Menit Menit Terakhir: 5 Menit!!


kalo kau mau tau arti penting waktu 5 menit itu?tanyakan pada seseorang yang telah terlambat 5 menit menunggu di halte bus sehingga dia ketinggalan bus yang mau ditumpanginya... nah.. sekarang ada lagi tambahannya yaitu tanyakan juga kepada Erikson yang kemaren ikutan test saringan masuk ke suatu kampus kedinasan sebuah departemen... (jadi..jadi.. apa itu arti pentingnya 5 menit itu son??) well.. assalamualaikum kawan2.. setelah lama menunggu akhirnya kemaren saya ikutan test ujian saringan masuk (lagi :P) di kampus kedinasan sebuah departemen, dari pengumuman yang disebarkan semenjak tengah April lalu, sudah karuan dengan jelas bahwa ujiannya itu dua tahap, yaitu tahap pertama dan tahap kedua (ya iyalahhh.. kalo itu semua juga da tau!!!g akan ada tahap ketiga kalo gitu.. :P)..


disebutkan juga bahwa tahap pertama itu terdiri dari dua sesi yaitu sesi 1 dan sesi 2 (duhh kambuh lagi dahh bego nya, kikikiki, y gak akan ada sesi 3 nya lahh!!), untuk sesi 1 itu mulainya dari jam 8 sampe jam 11 siang untuk pelajaran Test Potensi Akademik dan sesi 2 yaitu dari jam 1 sampe jam 3 untuk pelajaran bahasa inggris, nahh... dengan adanya pembagian jadwal yang semacam ini, saya tu dari sejak kapan tau itu sudah senang, karena setiap waktu yang dijatahkan itu memang diperuntukkan untuk satu mata pelajaran ujian doankk.. pas ujian hari Kamisnya itu, Rabu malam saya langsung ninggalin kantor berangkat buat numpang nginep ditempat kakak kelas saya yang udah duluan kuliah disana.. (dimana sonnn??? disana diujung hatinya yang biru di pelupuk matanya yang bening :P) dan secara besoknya ujian, pas kemaren itu jam 11 malem saya sudah tidur, cuma sedikit belajarnya pada malem itu, sengaja biar besoknya bisa lebih segar karena cukup istirahatnya.. dan setiap waktu yang ada selalu dis4s4kan (baca di sempat sempat kan) berdoa, hehehhehe...

besoknya 28 Mei 2008, hari ujiannya dateng juga.. setelah mendengar kabar bahwa Barcelona menang Liga Champion atas Manchester United, hehehe malamnya tidur gak nonton, saya langsung beres2 mandi dan pakai pakaian yang sudah saya simpan dalam tas buat dipake ujian, minyakin rambut pakai gaya dibediriin, dan masuk2in berkas dan alat ujian kedalam tas saya langsung berangkat ke lokasi ujian, sarapan dulu tentunya (sambil ternganga... harga sarapannya murah banget... da lama gak makan semurah itu, maklum ini kan daerah kampus gt deh, hehheeh), pas sampe di lokasi ujian saya langsung cari bangku, rupanya dapat tempat duduknya di pojok kanan depan, dan banyak juga jumpa kawan2 lama yang ikutan tes juga, cerita2 bentar, ngobrol2 dikit kemudian gak lama dari itu ujian dimulai.. bapak pengawasnya masuk...

ujian dimulai, soal dibagikan.. dan semua peserta yang ada diruangan kayaknya masih terpaku pada jadwal yang diumumkan bahwa ujiannya itu dua sesi, dan memang tidak ada penjelasan sebelumnya sama sekali.. oo.. berarti beneran yang bahasa inggrisnya ngerjainnya disesi dua, jadinya saya pas dibagikan soal langsung isi data lengkap dan mulai ngerjain soal, TPA itu soalnya ada 120 soal.. pelan2 saya kerjain mulai dari nomor urut satu, soal2nya menurut saya..susah2.. lebih susah dari tahun lalu yang pernah saya ikuti.. soalnya panjang2.. angka2nya pun gak cantik2 amat, ngitung2nya jadi lama, bacanya pun butuh waktu lebih.. saya juga udah nyiapin beberapa kerta kosong buat bahan oret2an pas ngerjain yang matematikanya, 4 halaman kertas kosong itu penuh ma oret2an itung2an saya jadinya.. yang gak bisa saya lewatin aja gak dikerjain, maklum soalnya sistem minus, salah satu nilainya -1, hening... gak kerasa saya sudah masuk ngerjain soal nomor 108, tiba2... pengawasnya bilang.. 'ya... waktu tinggal 5 menit lagi..!!!'

saya juga masih tenang2 aja karena saya pikir masih ada sesi 2 jam 1 tar buat yang bahasa inggrisnya, terus tiba2 dari belakang ada kawan yang nanya.. 'pak ada sesi dua kan buat yang bahasa inggris' bapak tu jawab:'gak ada semua diselesaikan sampe jam 11 ini' saya pun jadi kaget akhirnya saya protes:'pak.. bukannya itu dijadwal yang diumumkan ke kami itu ujian hari ini itu ada dua sesi, yang bahasa inggris dijadwalnya itu jam 1 pak' kata bapak tu:'gak ada semua dikerjain sampe jam 11' terus kembali saya protes :'lo..pak sebaiknya bapak cek lagi aja pak!!!' bapak tu bilang lagi :'gak ada kami diberi penjelasan kemaren tu, semuanya sekarang dikerjain sampe jam 11' saya pasrah.. TPA baru dikerjain sampai nomor 108, sementara bahasa inggris belum sama sekali dikerjain, dan bahasa inggris itu ada 59 soal, saya langsung tinggalkan TPA nya langnsung beralih ke bahasa inggris, pas saya buka separoh dari soal bahasa inggris itu adalah soal reading, gak mungkin ini bisa selesai dalam 5 menit, baca textnya yang banyak dan lumayan panjang2 aja itu da gak cukup, akhirnya yang bahasa inggrisnya hanya saya kerjain yang grammar dan error recogniziton nya saja, itung2 semua yang saya kerjain bahasa inggrisnya itu cuma 35 nomor, selebihnya yang reading gak sempat saya kerjain (sedih sangat :( )....

singkat kata singkat cerita saya hanya ngerjain kurang lebih 70% soal yang ada.. mau gimana lagi..tapi paling enggak saya mesti bersyukur bahwa meskipun TPA nya sulit saya bisa ngerjain dan meskipun bahasa inggris nya ngerjain di 5 menit terakhir kurang lebih separohnya saya kerjain.. itu aja, kemudian saya sebaiknya nerima aja, tawakkal dan berserah apapun hasilnya nanti :), yang penting sudah ikhtiar selebihnya biar ALLAH.SWT aja yang nentuin, semoga diberi yang terbaik dan tetap sabar dan semangat, amin..

jadi gitulah arti penting 5 menit bagi Erikson kemaren itu, hehehe..
Wassalamualaikum

32 komentar:

  • Anonymous says:
    29 May 2009 at 08:09

    semoga lulus ya mas...
    amin...

  • Erikson Wijaya Bin Asli Aziz says:
    29 May 2009 at 08:11

    @mas anonim : amin,makasih ya :)

  • deckochan says:
    29 May 2009 at 08:49

    hemm.. salah satu poin kurang koordinasi antara panitia, pengawas, dan peserta.. tapiii... berdo'a aja moga dapet yang terbaik yaa... :)


    btw, kayaknya aku tau gambar yang pertama itu dapet darimana.. heuhuehuee..... :-D

  • Erikson Wijaya Bin Asli Aziz says:
    29 May 2009 at 08:51

    amin... sep, thanks deck :) iya, kurang koordinasi betul keknya..

  • cahyoedi says:
    29 May 2009 at 09:13

    ternyata masih sama..
    orang2 sekre ga profesional..
    sabar aja son..
    yg penting dah berusaha yg terbaik..

  • berry says:
    29 May 2009 at 09:18

    kayaknya semuanya tertipu deh sama pengumuman yg d web itu, kebanyakan ngerjain bhs inggris 5 menit terakhir, hihihhihihi,lagian itu soal, banyak banged sih bacaaanya, ada-ada ajah, mana waktunya satu soal ga nyampe satu menit gitu, y sudahlah, apa mau di kata, heuheu
    tapi koq tuh sempet2nya d foto gitu si, heuheuheeuhue
    bikin mupeng, tau gtu kmrn aq juga minta d fotoin sama bapak pengawasnya, heuheu

  • Erikson Wijaya Bin Asli Aziz says:
    29 May 2009 at 09:22

    @cahyoedi: begitula mas.. kurang koordinasi, banyak yang kacau jadinya.. sepp2 betul mas :)

  • Erikson Wijaya Bin Asli Aziz says:
    29 May 2009 at 09:23

    @berry:wah.. berry juga kena ya rupanya, iya kayaknya semua deh..

  • UWO says:
    29 May 2009 at 09:29

    wuahhhh...saya aja yg baca ikut terpancing esmosi kalo keadaannya kayak gitu.

    ga bisa itu, ga bisa seenaknya gitu...
    pokoknya eike ga terima bo'! apa maksudnya coba nek? emang kita apa pun bo'? cuih cuih cuiwih. najis tralala deh awh.

    ngehehehe...pisss..

    Allah SWT will always give you all the best, rik ;)

  • Erikson Wijaya Bin Asli Aziz says:
    29 May 2009 at 09:35

    ai... begitulah wo.. cuman mau gimana lagi.. amin, thanks wo..

  • rerere says:
    29 May 2009 at 09:48

    wuaaaw, kok nggak dibilang dari awal ya.. kalo bahasa inggris dijadikan dalam sesi yang sama..

    jadi inget dulu waktu tes stan di gelora bung karno, gw nggak sadar kalo soalnya sistem minus, setengah jam sebelom waktu habis gw udah selesai, udah pengen pulang, soalnya pegel ujian di GBK (ga ada mejanya gt loo)

    akhirnya karena ga boleh keluar sebelom waktu habis, gw baca2 lagi soalnya dan baru sadar kalo soalnya sistem minus...

    hapus2in deh semua yang nggak yakin,pas bagian bahasa inggris belom sempet dihapus udah keburu habis waktunya

    hihihihi
    tapi diterima kaaan masuk STAN
    hihihiihi

    so, dont worry erikson, kalo emang rejeki ga kemana2

  • waknang says:
    29 May 2009 at 09:49

    tetep semaangat bro
    semoga lulus n mendapatkan yang terbaik

    ok bro..

  • Erikson Wijaya Bin Asli Aziz says:
    29 May 2009 at 10:08

    @rerere: iya mas betul.. don't worry be happy :) hehehhe

  • Erikson Wijaya Bin Asli Aziz says:
    29 May 2009 at 10:08

    @WN :sepp hhehhehe

  • Anonymous says:
    29 May 2009 at 10:09

    dian says,,,
    Rezeki? Gak ada yg tau Rik...

    ikhlas dan berdoa aja...

    Cheers ^_^

  • Erikson Wijaya Bin Asli Aziz says:
    29 May 2009 at 10:21

    iya yan.. Erikson berusaha ikhlas dan berdoa aja.. cheers..

  • Kawan Erik yg Cool says:
    29 May 2009 at 10:25

    Sama dengan aq tahun kemarin riksoon..
    Gara gara tak punya jam tangan kaget pas pengawasnya bilang,"10 menit lagi dikumpul yaaa...!!!Padahal Bahasa Inggris blm dikerjakan sama sekali.
    Ya semoga eriksooooooon lulussss

  • Erikson Wijaya Bin Asli Aziz says:
    29 May 2009 at 10:29

    @KAWAN ERIK YANG COOL : iya tapi laen kondisinya ini g masuk akal jumlah soal ama jumlah waktu, padahal da jelas2 jadwal bahasa inggris itu sesi dua, g gabung ma TPA.. kl dipisah insyaALLAH cukup waktunya tu.. cuman mau gmn lg, hehhehe.. thanks doanya ya kawan...

  • tiex says:
    29 May 2009 at 16:45

    Loh, koq bisa githu rik? Wah ga adil banget,..tp sabar dan semangat yah,..Semua peserta juga ngalamin kan,..semangat
    Tiex doakan yang terbaik buat erikson,..

  • Erikson Wijaya Bin Asli Aziz says:
    29 May 2009 at 16:56

    g tw tik..iya semua,amin... makasih y tik, kemaren juga seruangan dengan kawan Titik, si Anggi..

  • kupinx says:
    29 May 2009 at 17:48

    sama rik, aku ngerjain bahasa inggris 30 menit terakhir.. haduh.. reading luput semua.. tapi insyaAlloh rik , itu soal kan emang ga diharuskan jawab semua, apalagi nebak, insyaAlloh kalo Qodar sudah menentukan, kita ga akan jauh dari Kampus Biru. AMIN!

  • Erikson Wijaya Bin Asli Aziz says:
    29 May 2009 at 17:52

    AMIN! insyaALLAH kak, semoga kita ketemu lagi di Kampus Biru.. :D

  • Anonymous says:
    29 May 2009 at 18:10

    moron
    payah,,,,
    masak ga ada koordinasi gitu,,,
    tapi tenang aja dek erikson
    karena semuanya yg ikut ujian merasakan hal sama
    smoga dek erikson lulus
    ;)

  • Erikson Wijaya Bin Asli Aziz says:
    29 May 2009 at 18:15

    @moron: begitula pad.. mau cemana lagi hehe semuapun gitu juga.. amin .. makasih banyak doanya ya pad..

  • Ary Prabowo says:
    30 May 2009 at 11:12

    Wah mas. Kok bisa gitu ya. kemarin setau saya, kuliah jam 8 sampai jam 1 ditiadakan. Kuliah saya pun diundur jam 2 katana.
    Tapi ternyata paginya ada jarkom jam 11 kuliah.
    Saya pikir ini kekeliruan penyelenggara deh. Berdoa yang terbaik aja mas erikson. AMin

  • Cebong Ipiet says:
    30 May 2009 at 16:46

    lagi tes kerja yak...smg lolos

  • Erikson says:
    31 May 2009 at 10:43

    @Ary Prabowo: amin.. makasih mas Ary, iya kemungkinan ada kekeliruan penyelanggaraan dari panitia..

  • Erikson says:
    31 May 2009 at 10:44

    @Cebong : iya ni bong,amin.. thanks y bong doanya..hehehe

  • gdhoy says:
    1 June 2009 at 07:45

    Biasa itu son....
    bisa jadi pengalaman.
    di Indonesia apa sih yang ga mungkin.

  • Erikson says:
    1 June 2009 at 07:58

    @gdhoy: iya hehehhe.. tapi semoga aja ada hikmahnya dibalik itu semua dan tetap diberikan hasil yang terbaik,amin.. hehhe

  • imelda siagian says:
    5 June 2009 at 16:08

    semoga sukses ya dek son...

  • Erikson Wijaya Bin Asli Aziz says:
    5 June 2009 at 16:36

    @imelda: makasih kak imelda :)

Post a Comment

Jangan ragu untuk komentar.. :) Dan untuk menjaga komentar spam, mohon isi dulu kode verifikasi nya.. Trims.