Erikson berkata : 'SBY!!!' : "Saya Bukan kiaYi!!!' :P


Assalamualaikum kawan2... well, sudah sejak 1-2 bulan ini sesempat2nya begitu nyampe dikos pas dah malem2 gitu kan.. saya baca buku tentang kisah2 para nabi, bukunya saya beli waktu lagi ada Islamic Book Fair 2009, Februari lalu, nah.. kalo dulu buku2 yang beginian biasa saya beli seharga sama 1000 perak, per cerita per Nabi/Rasul. nah... ini bukunya lengkap,dan ceritanya pun da enggak kayak komik lagi, tapi da macam jurnal bagus.. terus ada kutipan ayat2 Al-qur'an juga, jadi pas bukunya nyeritain kejadian nabi ini yang lagi ini, itu dikasih tau ma bukunya bahwa ini ada ayatnya, di surat ini ayat nomor ini, kemudian setelah lewat beberapa cerita, bagian dari cerita yang saya sukai itu adalah kisah tentang Nabi Yusuf AS, kenapa saya suka??? hehhe.. seru aja nangkep pelajaran tentang kesabaran beliau waktu diceburin ke sumur, diajakin berzina, dipitnah terus dimasukkin penjara, sampe akhirnya jadi pemuka di kerajaan Mesir..

boleh juga sih kalo kawan2 mikirnya bahwa saya ini juga ganteng kayak beliau makanya mau nulis kisah ini,hihihihihi... (tuing...tuing.. sambil melirik senyam senyum ke kiri ke kanan) tapi kepengenan saya g muluk2, cuma mau sharing aja sambil ngetes kemampuan nginget2 hal2 yang sudah dibaca, biar gak lupa, biar g masuk kepala kiri keluar kepala kanan (eh.. gak nyambung ya :P), nah... jadi semua cerita perjalanan beliau ini diawali dengan cerita beliau tentang mimpinya yang dimana dalam mimpinya itu diceritakan bintang2, bulan dan matahari bersujud kepada nya... dan cerita ini diakhiri dengan perwujudan mimpi2 itu jadi kenyataan.

Nabi Yusuf A.S ini adalah putra dari Nabi Yakub.A.S. dan saudara kandungnya adalah bernama Bunyamin (bukan Bunyamin yang icon Betawi ya :D), dirumahnya beliau tinggal bersama-sama dengan saudara2nya yang bukan kandung, namun entah kenapa Nabi Yakub A.S. mencintai beliau dan Bunyamin lebih besar ketimbang kepada anak2nya yang lain,dan ini juga disadari oleh saudara2 yusuf. hingga suatu hari waktu Nabi Yusuf.A.S menceritakan perihal mimpinya itu pada ayahnya, sang ayah memintanya untuk tidak pernah menceritakan mimpinya itu ke saudara2nya, takut diapa2in. tapi saudara2nya tau rupanya, dan kemudian pada suatu saat, mereka ijin pamit ke ayah mereka untuk mengajak Yusuf kecil bermain2 ke luar, dan setelah meyakinkan sang ayah, yusuf kecil pun diijinkan pergi,dan pesan sang ayah, tolong jaga yusuf sebaik2nya..

saat itulah, rupanya saudara2 yusuf ini sudah merencanakan hal2 buruk buat Yusuf, Yusuf kemudian dicopotin bajunya dan diceburin kedalam sumur, bajunya lantas tanpa ada tanda robek atau bekas gigitan sekalipun, dilumuri pake darah hewan kemudian dibawa pulang terus ditunjukkin ke ayah mereka, Nabi Yakub A.S, dan dibilangkan bahwa Yusuf diterkam serigala saat sedang bermain (saya mikir, itu kok sodara2nya gak kepikiran buat gigit2 dulu bajunya ya, biar gak ketahuan banget pura2nya, masa serigalanya baek banget, baju mangsanya dicopot dulu terus baru dimakan... :P), sejak saat itu ayahnya pun sedih bukan buatan, menangiskan hilangnya Yusuf. Yusuf sendiri ketika didalam sumur, setelah dicemplungkan itu rupa2nya ada rombongan pedagang yang mau ngambil air kedalam sumur itu, dan saat tali ember (ember kali ya, abis g tau nama alat jaman dulunya) diceburin, yusuf berpegangan kuat dan waktu ember diangkat, rombongan itu kaget kok yang nongol anak kecil, bukannya ember isi air, dari situ Yusuf selamat dan dia dibawa sebagai budak dari Palestina.



pas mbaca di babak yang ini, saya mikirin diri saya, gimana ya kl saya yang diceburin didalam sumur, sedih nian pastinya, jangankan dicemplungin sendirian di dalam sumur, dulu aja pernah sesat ilang dipasar malem waktu kecil, saya nangis2, untung langsung ada yang baik ngeliat saya nangis jadinya langsung dianter ke bagian informasi, jadinya orang tua langsug tenar mendadak waktu nama mereka disiarkan pake TOA bahwa anak2 mereka yang namanya Erikson ditemukan nangis2 ditengah kerumunan rame2nya pasar malam :P

ok, balik lagi keceritanya Nabi Yusuf.A.S., kemudian yusuf dibawa oleh rombongan tadi sebagai budak teruss ke Mesir, nah rupa2nya sampe dipasar, yusuf malah dijual.. secara waktu itu yusuf belum dewasa, jarang ada yang mau beli, dan akhirnya ada juga yang mau beli itupun dengan harga yang murahhhhh... cuman karena hanya dipikir oleh si pembeli bahwa ya.. mana tau yusuf nanti bisa membawa berkah bagi mereka, yang mbeli ini rupanya adalah orang kerajaan mesir dan Yusuf kemudian dijadikan budaknya.. Yusuf ini sangat rajin dan patuh sangat dengan majikannya yang mbeli nya ini, seiring waktu terus berjalan, akhirnya Yusuf tambah dewasa dan wajahnya pun menjadi tampan, sementara di belahan bumi yang lainnya, ayahnya tetap saja sedih penasaran kok yusuf gak balik2 :), hingga akhirnya saking seringnya menangis, mata beliau menjadi buta.. kembali ke yusuf, di kerajaan ia bekerja melayani semua kebutuhan majikannya dan istri majikannya juga, yusuf yang telah tumbuh dewasa yang telah semakin tampan wajahnya, rupanya memikat hati istri majikannya.. hingga suatu hari, Yusuf diperangkap oleh istri majikannya itu, namanya Zulaikha, agar mau melayani 'keinginananya', sebagai pemuda normal tentu saja Yusuf ada keinginan juga, namun karena keimanannya yang kuat, ia mempu mengendalikan diri dan menolak dengan halus ajakan yang ditujukan padanya, namun rupanya Zulaikha gak mau ngerti juga, Yusuf dipaksa, dan Yusuf pun berlari buat menolak ajakan itu, dan saat ia hendak keluar ruangan itu dan membuka pintu, rupanya suami sang majikan sudah didepan pintu dan ngeliat Yusuf, budaknya dan Zulaikha, istrinya sedang berduaan dikamar... Suami Zulaikha adalah orang yang bijak ia tidak langsung menuduh Yusuf, tapi sang istri langsung menuduh bahwa Yusuf lah yang memaksanya berbuat 'itu', sang suami pun tidak langsung percaya, dan ia tau juga bahwa Yusuf tidak bersalah karena ngeliat bahwa bekas robekan baju ada di belakang yusuf bukan didepan, itu artinya ia yang dipaksa dan ia berusaha menolak.

dibagian ini saya sambil mbayangin dan ngukur2 diri, seumpamanya saya yang ada diposisi Yusuf, dijebak seorang wanita dalam sebuah kamar dan ngajak berbuat zina..arrgghh.. jangankan menolak, membayangkannya saja saya sudah tidak kuatt.. apalagi jaman sekarang, semua sudah pada berani, jadi nya saya cuma bisa minta tolong plisssssss.... buat para wanita jagalah aurat kalian, biar saya dan kami kaum adam ini bisa nahan diri dan gak ngeliat yang macam2, karena kalo ngomongin nafsuu.. wahh... saya bukannya gak punya; tapi mau jugalah supaya gimana caranya nafsu itu bisa terkendalikan, bukan dikendalikan!!!

kembali lagi ke Yusuf, kemudian lantaran sesuatu hal dan cerita, akhirnya Yusuf dipenjarakan, jatuhnya sama kayak dipitnah, karena atas tuduhan yang bukan ia lakuin sebenarnya.. tapi bukan Yusuf namanya kalo berputus asa, diceritakan bahwa Yusuf tetap menjadi tawakkal dan yakin akan pertolongan ALLAH.SWT akan datang padanya, secara iman beliau kuat, ia pun tidak mengeluh, justru penjara lebih beliau dambakan ketimbang kehidupan diluar yang banyak tipu muslihat :), di penjara beliau berkenalan dengan dua orang napi, (22nya itu adalah pelayanan kerajaan), ketika didalam penjara, suatu hari orang yang 1 bercerita bahwa ia bermimpi ia kembali menuangkan minuman ke gelas raja, kemudian yang satunya menceritakan bahwa ia bermimpi bahwa ia menaruh nampan makanan diatas kepalanya dan ada burung yang memakanniya dari atas nampan itu, lalu Yusuf pun menceritakan arti mimpi2 mereka itu, Yusuf menceritakan bahwa ke22nya akan dibebaskan namun yang satunya akan dihukum mati karena bersalah dan akan disalib dan burung akan memakanninya mulai dari kepalanya, sementara yang lain akan kembali bekerja di kerajaan, tafsiran yusuf menjadi kenyataan, saat akan mau dikeluarkan yusuf menitip pesan keraja utnuk membebaskan dirinya, karena memang ia tidak bersalah. namun orang2 itu lupa, setan telah bikin mereka lupa :(.

waktu terus berlalu, suatu hari raja mesir bermimpi, dalam mimpinya ia melihat ada tujuh tangkai gandum yang kurus2 dan tujuh tangkai yang gemuk2 serta ia melihat pula ada tujuh ekor sapi yang kurus2 memakan tujuh ekor sapi yang gemuk2, rajapun kebingungan mengartikannya, sang pelayanan yang pernah sepenjara dengan yusuf pun bilang keraja bahwa ia kenal yusuf yang pandai mengartikan mimpi, yusuf pun dipanggil dan diminta mengartikan mimpi raja tersebut, yusuf menjawab bahwa kerajaam mesir akan mengalami masa panen raya yang berlimpah selama tujuh tahu kemudian setelah itu akan datang tujuh tahun masa kemarau, oleh karena itu sebaiknya kerajaan menyimpan baik2 hasil panen tujuh tahun yang berlimpah sbagai persiapan menghadapi kekeringan tujuh tahun berikutnya, yusuf pun akhirnya dibebaskan dan ia menyampaikan dirinya ke raja untuk menjadi bendaharawan kerajaan karena dirinya adalah orang yang pandai berhitung dan berhemat.. Tafsiran mimpi Yusuf benar2 menjadi kenyataan, dan kerajaan mesir selamat dari kekeringan setelah apa yang disarankan Yusuf dijalankan dengan baik oleh kerajaan.

Yusuf telah berjasa bagi kerajaan Mesir, sementara di belahan bumi bagian yang lain, kekringan melanda termasuk di Palestina tempat dimana keluarga Yusuf bermukim, dan untuk menyelamatkan diri dari kekeringan, saudara2 Yusuf datang ke mesir untuk meminta bahan2 makanan dengan membawa sejumlah barang untuk ditukar, saat mereka akan berangkat, Bunyamin, saudara kandung Yusuf tetap tinggal bersama sang ayah. setibanya di Mesir, Yusuf mengenali mereka, namun mereka tidak. ketika makanan akan dibagi ke mereka, Mereka tidak jadi diberi karena Yusuf berkata bahwa mereka harus datang semua saudara2nya agar bisa utuh dalam menerima makanan, padahal sebenarnya tidak demikian, karena ini adalah cara Yusuf agar bisa bertemu dengan adik kandungnya, Bunyamin. saudara2 Yusuf pun kembali ke Mesir dan meminta ijin kepada Nabi Yakub, A.S agar bisa mengajak serta Bunyamin bersama mereka, Nabi Yakub, A.S. menolak, karena beliau takut kehilangan Bunyamin setelah kehilangan Yusuf. namun setelah dipaksa dan diyakinkan oleh anak2nya yang lain, Buyamin pun kemudian ikut serta.

Setibanya, di Mesir, saudara2 Yusuf menukarkan hal2 alakadarnya yang bisa ditukarkan dengan bahan makanan, namun kembali Yusuf berpikir untuk menahan Bunyamin, akhirnya dibuat cara, di karung Bunyamin dimasukkan neraca emas milik kerajaan dan ketika rombongan saudara2 Yusuf dalam perjalalan pulang ke Palestina, kerajaan mengumumkan berita kehilangan itu dan melakukan pemeriksaan dan didapati bahwa di karung Yusuf tersimpan lah neraca itu, rombongan saudara2 Yusuf bersikeras bahwa mereka tidak mencuri, Yusufpun kemudian berkata pada mereka dengan nada mengingatkan masih ingatkah mereka dengan seorang saudara mereka yang dulu pernah mereka buang ke dalam sumur. saudara2 yusuf pun kaget dan juga ketakutan kalau2 mereka akan dihukum balas di Mesir ini apalagi kini Yusuf adalah orang yang berkekuasaan, namun rupanya Yusuf tidak penah dendam dan hanya mendoakan semoga ALLAH.SWT menngampuni mereka, dan meminta mereka untuk segera kembali ke Palestina dengan jangan lupa kembali lagi ke Mesir dengan membawa serta orang tua mereka, Nabi Yakub, A.S.

di Palestina, sekembalinya saudara2 Yusuf tanpa Bunyamin telah membuat Nabi Yakub,A.S. semakin bersedih, beliau pun hanya bisa berpasrah dan menyerahkan segaalanya pada ALLAH.SWT kemudian setelah sampai di rumah, saudara2 Yusuf menceritakan segalanya, tentang Yusuf, tentang penahanan Bunyamin dan permintaan Yusuf mengajak ayahnya ke Mesir, dan tak lupa juga mereka menyerahkan kain gamis Yusuf untuk diusapkan ke wajah sang ayah, dan kemudian sang ayah pun kembali dapat melihat dan mereka sekeluarga pun kembali bersama2 menempuh perjalanan ke Mesir. setibanya di Mesir kemudian begitu melihat ayah, ibu dan saudara2nya telah sampai, Yusuf langsung memeluk sang ayah dan juga ibunya dan kemudian menaikkan mereka untuk duduk di singgasana dan juga memuliakan saudara2nya. dan ia juga tak lupa berdoa, namun doanya bukan mengenai jabatan atau kekayaan namun permintaan agar kelak jika ia meninggal, dapat meninggal dalam keadaan Islam. seluruh keluarag Yusuf pun menghormati Yusuf dan Yusuf pun juga memuliakan mereka.

nahhh... saya banyak paham dari kisah perjalanan hidup nabi Yusuf, A.S., terutama setiap keburukan yang ia alami tidak pernah ia anggap sebagai akhir hidupnya atau buru2 melihat bahwa hidupnya akan segera berakhir dengan kemalangan, alur hidupnya tetap ia jalani dengan sabar dan iman, hingga akhirnya tersingkap bahwa awal diceburkannya Yusuf ke dalam sumur adalah rangkaian ketetapan ALLAH.SWT untuk mengangkat derajatnya suatu saat kelak sebagi pemuka kerajaan Mesir, saya jadinya juga tidak mau berburuk sangka pada keputusan ALLAH.SWT dalam hidup saya, sebagaimana pada kisah Yusuf, insyaALLAH ada juga kebaikan buat saya, ya... saya nggak tau kan, yang pastinya indah pada waktunya.. hehehehe.. persis seindah ketika Nabi Yakub A.S. dipertemukan lagi dengan putranya, Nabi Yusuf,A.S. pada saat itu Nabi Yakub,A.S. benar2 sudah pasrah dan tawakkalkan semuanya pada ALLAH.SWT hingga kemudian akhirnya mereka dipertemukan lagi :).

dan yang saya perlu contoh juga adalah kekuatannya untuk melawan godaan wanita yang benar2 kuat perangkapnya sampai akhirnya dia dipenjara yang rupanya merupakan jalan awal baginya buat bisa masuk menduduki posisi bendaharawan kerajaan mesir. saya selalu saja berdoa agar bisa menahan diri terhadap godaan yang pernah dilakukan wanita yang waktu itu menggoda Yusuf.A.S ataupun kalo suatu saat berhadapan dengan godaan semacam ini, semoga saja iman saya kuat,amin. :D

wassalamualaikum

Comments

  1. pertamaxxx dulu ahhhhh :P

    ReplyDelete
  2. "kerajaan mengumumkan berita kehilangan itu dan melakukan pemeriksaan dan didapati bahwa di KARUNG YUSUF tersimpan lah neraca itu" (paragraf 11), mungkin maksudnya karung Bunyamin??

    kog tidak ada bagian cerita ketika pesona ketampanan nabi Yusuf AS sampai membuat gadis2 tersepona hingga tak sadar mengiris jarinya sendiri? ngehehehe...

    Nabi Yusuf AS aquwh padamuwh...

    PS: tenang waknang...aquwh masih padamuwh jg kog...

    ngahahahha...

    ReplyDelete
  3. nah,, wok jeli ni sekali matamu.... terima kasih atas ralatnya :), kembali woo... aku padamu....

    ReplyDelete

Post a Comment

Jangan ragu untuk komentar.. :) Dan untuk menjaga komentar spam, mohon isi dulu kode verifikasi nya.. Trims.

Popular posts from this blog

Teka Teki Silang (TTS)

Musim Kemarau Panjang

Satu Lilin Dua Cerita