Tips Berpidato Ala Erikson :P


Assalamualaikum.. hehe kawan2.. apa kabar?moga baek2 la ya.. mencari inspirasi itu rupa2nya gak perlu dari orang2 yang pangkatnya tinggi, jabatannya banyak, rumahnya besar, mobilnya berbaris kayak showroom atau malahan pendidikannya sampe luar angkasa, hehehe (kesian amat ya saya, baru umur segini nyadarnya :P) begitu juga kalo kita mau berbagi.. argghh..

.. kalau mesti semaestro Ibnu Sina dulu baru saya mau berbagi ya... jangan2 udah keburu mati sayanya, jadiah deh.. sedapetnya aja asal dapat sesuatu yang bermanfaat sebisa mungkin cari wadah buat numpahin ato ngebagiin pengalaman dan hal2 yang berguna didalamnya, kalo hal itu baek ya kebaekannya bisa dipake semua orang, kalo itu pengalaman paitt.. heheh paling enggak orang2 bisa menghindari biar gak dapet pait2nya itu.. :D

jadi ini seputar tips yang biasa saya pakai kalo suatu waktu dalam suatu kesempatan saya ngomong didepan orang banyak (ya kayak lomba pidato kemaren gitu misalnya :D), ya mungkin beguna buat kawan2 yang sedang ngebaca BSE (BlogSiErikson) ini.. nahhh ini diaa.. tips-tips dan kiats-kiats nya :

1. dari jaman nenek2 kita dulu masih keciiilll ampe sekarang, saya sepakat bahwa yang namanya persiapan+latihan itu adalah kunci utama, jadi saya selalu ngebiasain latihan2 kalo udah tau jauh2 hari bakalan diberi kesempatan ngomong di depan orang banyak, latihannya ya simpel2 aja: tulis naskah yang mau dibacain, terus baca berulang2 ampe hapal (kalo perlu hehehehe... :P), terus kalo udah hapal baru latihan tanpa bawa naskah, coba2 ngomong sendiri didepan kaca, biar tau gimana muka dan gaya2nya kita kalo lagi ngomong (hehehe.. bilang aja g ada kawan lu son, makanya latihannya depan kaca, kekekek :D)

2. kalo udah latihan2 gitu, saya selalu ngegarisbawahin pada kalimat yang mana saya bakal pake emosi yang lebih dalam (emosi itu banyak ya, bisa sedih, gembira, marah, dan sanaksaudaranya laa..) dan pada bagian kalimat yang mana saya mesti pakai bahasa tubuh (body language) yang pas, agar pesan yang disampaikan bisa lebih kuatt.. dan saya juga selalu kembali nguat2in ingatan tentang naskah saya agar gak ada lagi celah buat lupaa.. heheheh

3.menjelang dah dekat2 hari H, jangan sering2 latihan, biasa aja, nikmatin aja.. yakin aja kita kan da latihan2, insyaALLAH ingatlah apa yang mau disampaikan, jadi menjelang hari H itu, bisa kita pake buat ngelakuin hal2 yang kita gemari, bisa nge-jam bareng kawan2, gitaran, baca buku ato apa aja lah yang bisa bikin kita merasa gak terbebani..

4. nahhh yang satu ini saya selalu inget buat untuk tidak lupa berdoa pada ALLAH.SWT agar nanti diberi kemudahan, ketenangan dan kelancaran pas menyampaikan pidato.. hehehe saya juga bedoa begini :'ya ALLAH, karuniailah hambaMU ini kemenangan, namun berikanlah pula hamba ketawakallan atas apaun yang Engkau tetapkan', jadi intinya saya maunya menang, tapi saya mau nerima apapun :), karena initinya buat saya kalo ada ikutan event apa gitukan, gak apa2 kalo gak menang asalkan saya bisa belajar sesuatu, daripada saya menang tapi gak dapat apa2 yang baru, sama2 aja yaa.. kayak buang2 waktu.. :P (halah2.. gaya amat son..son :D)

5. kemudian kalau udah mau nampil, sesaat sebelum mulai ngomong, tarik napas2 dalam2 dulu....sambil senyum lalu lepaskan nafas tadi dan mata tetep ngeliat kedepan.. ke yang nontonin kita, karena bener juga lo.. waku kita ngasih senyum ke mereka dan kalo mereka bales dengan senyum juga, itu ngasih kekuatan dan kePDan buat kita dan nafas yang tadi dalam2 kita isap, dan waktu kita lepaskan, itu mengubah kegugupan menjadi ketenangan... setelah itu berdoa sebentar dalam hati (bismillah...)... mulai deh ngomong....

6.waktu kita ngomong, asalkan kita sudah hapal dan latihan yang cukup, dan dengan ketenangan yang kita da punya.. otomatis tar ngalirnya natural.. kayak kita ngedownload.. lancaarrrrr banget keluarnya.. dan kemudian setelah isi pidato semuanya tersampaikan, yang terpenting itu penutupan, karena penutupan itu isinya adalah kesimpulan dan pesan dari pidato kita.. nah disini kita harus membawakannya dengan energi yang lebih dan kesan yang sedalam mungkin kalo bisa.. agar yang denger bisa inget dengan mudah, dan susah ngelupainnya..



hehehehe..jadi itulah sekilas yang bisa saya bagikan ke kawan2, ya mana tau bisa berguna, jadi kita sama2 saling memberi manfaat ok? o iya kalau kawan2 mau liat naskah pidato saya yang kemaren itu bawakan di lomba, kawan2 bisa buka di blog bahasa inggris saya di http://blogsibujang.blogspot.com judulnya seeing the unseen.

terima kasih kawan2..

wassaalamualaikum

Comments

  1. hikss.. masih sepi hihihiiihi :D

    ReplyDelete
  2. Susilo Bambang Yudhoyono6 April 2009 at 14:08

    Bagus nak erik,lanjutkan terus perjuanganmu..

    ReplyDelete
  3. b_( pak SBY-SBYan niii..

    ReplyDelete
  4. b-( pak SBY-SBYan niii..

    ReplyDelete
  5. Wah saya gak bisa pidato, jangankan pidato... ngomong di muka umum saja gemetar :D

    ReplyDelete

Post a comment

Jangan ragu untuk komentar.. :) Dan untuk menjaga komentar spam, mohon isi dulu kode verifikasi nya.. Trims.

Popular posts from this blog

Melanjutkan Studi di UNSOED

Harapan Hari Tua

Selamat Jalan, Teman!