4.27.2009

Shawsank Redemption


assalamualaikum...mmh..kawan2 mungkin pernah kebayang gak, terkurung dalam penjara (bahasa sopannya: direhabilitasi) selama kurang lebih 20 tahun karena kesalahan yang tidak kita lakukan, tentu saja enggak.. ngapain coba, ngebayangin yang begituan heheheh.... jadi akhir pekan lalu saya nonton film keluaran tahun 1994, yang udah kedua kalinya saya tonton, film ini saya dapetin dari seorang kawan yang punya banyak koleksi. film ini judulnya 'Shawsank Redemption' (kira2 artinya: pelarian diri dari Shawsank), Shawsank adalah nama suatu penjara yang disebutkan difilm itu sebagai penjara tempat pemeran utamanya ditahan, adanya di Amerika Serikat (gak tahu dinegara bagian mana tepatnya :P), dengan setting tahun mulai dari akhir 1940an-1960an...

cerita dimulai saat pemeran utamanya, bernama Andy Dufrense, dimasukkan ke penjara itu tahun 1946 dengan tuduhan pembunuhan menggunakan senjata api (pistol laras pendek), ketika pertama kali masuk ke penjara itu, semua tahanan disana menyambut gembira kawan2 baru mereka, salah satunya Andy. dan diceritakan di film itu bahwa awal2 kehidupan di Shawsank bagi mereka yang baru saja ditahan, adalah kehidupan yang berat dan menakutkan, dimana petugas sipir penjaranya berperilaku beringas dan kasar, dan makanan sehari2 bagi para tahanan tidak cukup pantas untuk disebut sebagai makanan yang sehat, belum lagi tantangan berkelahi dari tahanan senior agar tahanan baru (difilm itu istilahnya New Fish) bisa tunduk. sebagai seseorang dengan kehidupan yang tadinya mapan dan normal, Andy adalah seorang banker dan banyak paham tentang masalah keuangan, Andy Dufrense lebih banyak diam, yang dengan diamnya ternyata menarik perhatian seorang tahanan senior bernama Red...


Red dan Andy kemudian berteman baik, meskipun begitu Red sekalipun tidak pernah tahu bahwa Andy rupanya sedang menyusun rencana untuk melarikan diri dari penjara Shawsank, dengn cara yang tak pernah bisa dibayangkan siapapun saat itu. sementara semua orang di penjara itu mengenal Red sejak lama sebagai seorang yang piawai membawa masuk barang2 apapun yan dibutuhkan tahanan2 didalam penjara, termasuk Andy, asal diberikan imbalan dengan mark-up sekitar 20% untuk barang beresiko tinggi atau beberapa batang rokok saja untuk barang2 tak mengundang curiga. kehidupan di penjara shawsank sangat penuh rutinitas yang membuat semua tahanan diminta untuk mengerjakan hal2 yang positif, seperti;bersih2 lingkungan, menjadi buruh bangunan atau menjadi petugas jaga perpustakaan penjara. karena pada dasarnya kehidupan dipenjara sangat membosankan dan bisa2 membunuh tahanan secara psikis jika mereka dibiarkan diam tak ada kegiatan apapun. kondisi ini membuat Andy dan Red sering bertemu dan berbicara tentang apapun.

suatu hari Andy memintakan Red untuk membawakannya sebuah palu kecil berukuran sekitar 7 inch (i inchi=2,54cm) yang matanya tajam ,beberapa batu bara yang keras dan lembaran2 kertas amplas. Andy mengatakan bahwa ia hendak membuat ukiran2 pion2 catur seperti yang sering mereka berdua mainkan di wakrtu senggang. tanpa curiga, Red membantunya dan tanpa imbalan apapun yang ia minta kepada Andy.di lingkungan sehari2, meskipun tak banyak bicara, Andy memilki banyak teman, dikarenakan ia memiliki kecerdasan lantaran latar belakang pendiidkannya yang memadai, bahkan di penjara Shawsank ia diminta menjadi assisten seorang petugas perpustakaan bernama Brooks Hardley, yang sebebasanya nanti, digantikan oleh Andy sendiri. para petugas sipir penjara juga sering memintakan Andy untuk memberikan saran manajemen keuangan atas penghasilan mereka. yang dengan itu sesekali Andy mendapat hadiah yang kemudian lebih suka ia bagikan ke kawan2nya sesama tahanan, sehingga antar merekapun semakin akrab.

hitungan hari dan minggu berlalu, Andy menemui Red untuk memintakan bantua agar bisa dibawakan poster artis wanita berukuran besar agar bisa ia pajang di dinding kamar tahanannya, dan beberapa minggu kemudian poster yang ia pesankan datang, ia pajang segera kemudian poster itu. dalam melaksanakan tugasnya sebagai petugas jaga perpustakaan penjara, Andy melakukan banyak cara agar bisa menambah koleksi buku bacaan penjara itu, ia menulis surat ke yayasan2 yang ada di Negara bagian itu, serta memintakan bantuan donasi agar bisa digunakan untuk memperbaiki kondisi bangunan perpustakaan itu, dalam hitungan bulan koleksi buku2 bantuan pun berdatangan dan donasi juga terus mengalir ke penjara shawsank, namun rupanya, praktik korupsi terjadi di penjara itu, banyak donasi malah digunakan untuk kepentingan pribadi bukan untuk semestinya, dan sebagai petugas perpustakaan sekaligus tahanan, Andy tak bisa berbuat banyak walau ia tahu itu semua.ia hanya bisa menyimpan beberapa bukti penting tindakan korupsi itu kedalam jaket bajunya.

kurang lebih 20 tahun sudah Andy menjadi tahanan di Penjara Shawsank,pada suatu malam,yang menjadi malam terpenting dalam kehidupan Andy sebagai tahanan, Andy mulai menjalankan rencananya utnuk melarikan diri dari penjara Shawsank, beberapa hari sebelumnya ia telah memintakan kepada kawannya tali kuat dan cukup besar berukuran panjang 6 meter dan sebuah kantong plastik, setelah lampu kamar tahanan dimatikan, Andy bertindak. ia memasukkan semua dokumen bukti tindakan korupsi atas penyimpangan dana2 donasi kedalam plastik yang kemudian ia ikatkan di kakinya dengan kuat, lalu dengan pelan ia membuka poster kertas artis wanita didinding kamar tahannya, yang ternyata dibalik poster itu adalah terowongan panjang menuju keluar penjara shawsank, terowongan yang ia kikir dengan menggunakan palu dan batu yang ia dapat dari Red, setiap malam setelah lampu dimatikan, Andy mengikis sedikit demi sedikit dinding itu, dan setiap pagi, pasir2 bekas2 kikisan itu ia simpan didalam celanaya untuk kemudian ia bawa keluar dan dibuang sambil berjalan2 pura2 tak tahu di pelataran lapangan penjara shawsank, tak ada satu orang pun yang tahu bahwa ia merencanakan itu semua selama ini,sekalipun Red teman baiknya.

terowongan yang ia kikis sekitar 20an tahun itu ia telusuri malam itu juga, dengan menggunakan senter, ia melaluinya dan hingga ia pun harus menyusuri terowongan yang dalamnya adalah aliran kotoran2 dan limbah2 penjara shawsank dan akhirnya ia pun bebas setelah rupanya terowongan yang disusurinya mengantarkannya ke jalan keluar diluar penjara shawsank...bravo Andy!!!




keesokan paginya, semua petugas sipir penjara dikagetkan dengan larinya Andy, namun tanpa bekas pelarian yang ada di dalam kamar tahanannya, sehingga ketika poster wanita itu dibuka, baru terungkap bahwa ia melarikan diri melalui terowongan itu, semua tercengang, kemudian semua petugas sipir disibukkan dalam usaha2 menemukan Andy, sementara itu Andy dufrense, telah tiba disuatu kota untuk mengubah penampilannya menjadi seorang dengan pakaian rapi dan berdasi, dan ia sempatkan mengambil semua dokumen2 pentingnya dan kemudian mengantarkan barang2 bukti kejahatan korupsi di penjara Shawsank ke sebuah perusahaan ekspedisi untuk minta dikirimkan ke kantor polisi, waktu pun berlalu, di tahun yang sama, tahun 1967, beberapa bulan setelah Andy melarikan diri, Polisi setempat mendatangi kantor polisi untuk menangkap semua pejabat dan petugas sipir penjara Shawsank yang terlibat korupsi itu, kemudian semua nya digantikan dengan petugas yang baru.

Red, teman baik Andy, masih berstatus tahanan ketika ia menerima sebuah kartu pos dari seorang asing bernama Fort Hancock, dikirim dari Texas, kemudian Red teringat bahwa dulu Andy pernah meminta jika suatu saat Red dibebaskan, agar Red pergi ke Texas untuk mengambil sesuatu yang akan Andy titipkan disuatu tempat, jika Andy dibebaskan lebih dulu, Andy Dufrense selepas ia melarikan diri rupanya telah merubah identitasnya menjadi seorang Fort Hancock, yang beralamat tinggal di Texas, Red kemudian tak lama setelah menerima surat itu, sudah 40 tahun menjadi tahanan di Shawsank, oleh karena itu ia dibebaskan secara bersyarat. sebenarnya Red sendiri tidak mau dibebaskan, ia lebih suka hidup di penjara, karena diluar sana ia belum tentu bisa menjadi apa2, diterima masyarakat dan bergaul seperti orang normal kebanyakan, namun ia masih punya harapan untuk dapat mengambil titipan Andy yang ada di Texas, kemudian ia pergi ke negara bagian itu, lalu disuatu tempat disana, ia menemukan apa yang diititipkan Andy untuknya, yaitu sebuah surat yang memintanya ke suatu kota di Pasifik, tempat dimana Andy sekarang memulai kehidupannya, nama kotanya adalah Zihuatenajo.

mereka akhirnya bertemu kembali, di sebuah kota di Pasifik yang bernama Zihuatenajo, pemandangannya masyaALLAH sangat indah.. lautnya biru, dan pantainya berpasir bersih.. semuanya ternyata bermulai dari harapan, harapan adalah hal yang membuat Andy dan Red tetap hidup untuk hidup yang lebih baik ''harapan adalah hal yang baik, dan mungkin hal yang terbaik di dunia ini..'', kata Andy dalam suatu dialog kepada temannya, Red. dan bagi saya juga, harapan adalah suatu hal yang mendorong agar saya mau tetap berusaha dan berdoa, karena saya yakin bahwa ALLAH.SWT tidak akan menyia2kan doa, usaha dan harapan hamba2NYA, amin :D ... dan semoga kita tidak berputus harapan, ok??? hehhee...

Wassalamualaikum

15 komentar:

  • tembemsokimut says:
    27 April 2009 at 09:20

    wow, keren nih dek. emang kamu g pernah nonton yg percuma ya. gini nih baru film bagus. daripada watchmen. kakak bnyk tutup matany tuh..

  • Erikson says:
    27 April 2009 at 09:31

    hehe, makasih kak Rissa.. :) kalo kak Rissa mau, tar Erikson kirim filenya.. hehe :)

  • Anonymous says:
    27 April 2009 at 11:17

    yupp,,,harapan bisa terjadi ketika memang Allah SWT berkenan,sewajarnya kita memohon apa - apa dan berusaha terhadap yang menjadi impian umat islam bukan hanya kepentingan duniawi semata, dan sangat picik kita menganggap bahwa Allah meridhoi perbuatan buruk kita. Kita menganggap bahwa perbuatan maksiat sebagai ridho Allah SWT, bisa jadi itu karena Allah SWT telah membiarkan kita jatuh kepada angan - angan kesenangan dunia, sehingga setiap perbuatan kita tidak kita cek berdasarkan agama, anggaplah betapa sering masyarakat kita melakukan perbuatan riba dari bank , instansi financing lainya hanya untuk memperoleh apa2 yang kita anggap penting atau darurat,hanya untuk membeli rumah ,kredit motor, dll. Begitu mudahnya kita menghalalkan yang haram hanya karena kebiasaan modern saat ini, bisa saja Allah SWT memberi kemudahan padahal kita bermaksiat akan tetapi ingatlah saudara2ku Allah SWT sebaik2 pembalasan,dan azab Allah SWT sangatlah pedih...jangan hanya kita ingat akan surganya tapi ingatlah nerakanya so harapan boleh diwujudkan dalam jalan yang benar sesuai islam.wallohu'alam

  • Erikson says:
    27 April 2009 at 11:19

    makasih..makasih.. atas komentar dan peringantannya..

  • tyouto says:
    27 April 2009 at 13:14

    Prison Break- nya Maykel Sekopil yang lagi booming itu dapi inspirasi dari sini nih rik, maka pantaslah film ini dapet ranking 1 di IMDB :)
    GRAN TORINO dah nonton? ceritanya bagus, tentang kakek amerika veteran perang vietnam, yang dimasa pensiun nya harus bertetangga dan melindungi tetangga nya yang keturunan vietnam :X , cuma banyak kata-kata yang aje gile seperti F**K =))

  • Anonymous says:
    27 April 2009 at 13:17

    wah salut ama nih film alur cerita banyak memberi pelajaran ama kita. bahwa penjara adalah bukan akhir dari segala, disana kita bisa bersosialisai dan mengenal berbagai karakter, tapi yang baik kita ambil,bahwa persahabatan bisa timbul dimana saja tidak mengenal ruang dan waktu, tapi seyogyanya jangan sampai kita memanfaatkan untuk hal hal yang menguntungkan kita sendiri, persahabatan adalah saling berbagi, saling memberi serta saling menerima bukan hanya untuk satu pihak saja.Intinya : Dalam persahabatan mutlak kejujuran dan keterbukaan.

  • Erikson says:
    27 April 2009 at 13:23

    masa sih??? Prison break terinspirasi dari sini ya.. waa, gt rupanya.. lagian emang ini film lama sih ya, jadi orang2 juga da gak akan kepikiran lagi... GRAN TORINO?belum tyo.. boleh la bagi2 ya..

  • Erikson says:
    27 April 2009 at 13:25

    betul mas anonim.. 'bahwa penjara adalah bukan akhir dari segala, disana kita bisa bersosialisai dan mengenal berbagai karakter, tapi yang baik kita ambil,bahwa persahabatan bisa timbul dimana saja tidak mengenal ruang dan waktu', thanks ya..

  • suwung says:
    27 April 2009 at 15:05

    sengkon kartakah?

  • Erikson says:
    27 April 2009 at 15:11

    apa itu artinya wung?

  • Aku says:
    27 April 2009 at 16:41

    ;) Asslmlkm, om
    promosinya resensi film ini sampe dimuat di status GTALK! tak kirain beneran eh...film ternyata
    terlepas dari itu ulasannya detil dan tajam sama kayak promonya....
    btw tak tunggu di server, kiriman filenya.....bravo BlogSiErikson
    Wassalam

  • Erikson says:
    27 April 2009 at 16:47

    waalaikumussalam, berbakat ya jadi resensor, kekekeke.. :)

  • linkgha says:
    28 April 2009 at 08:06

    Semalem baru nonton ,,, Not Bad tapi Ending nya gampang di tebak

  • Erikson Wijaya Bin Asli Aziz says:
    2 May 2009 at 05:55

    bagi orang yang daya analisisnya tinggi semacam om lingga ini, film ini memang masih tergolong mudah buat menebak endingnya.. :O

  • UWO says:
    4 May 2009 at 10:13

    jadi inget film ESCAPE FROM SOBIBOR.
    film bertema "kabur dari penjara" pertama yg saya tonton waktu jaman "kecil2 kog sdh insomnia",hehehe..
    film produksi 1987, tp saya tonton kira2 jaman SD, di TVRI tengah malam.
    untuk ukuran film jaman dulu, film tsb tergolong sadis sekaligus mengharukan.

    siapa tahu bung erik tertarik utk menonton dan merensensinya....
    sekedar contekan, it's not a happy ending movie.

    based on true story lho...

Post a Comment

Jangan ragu untuk komentar.. :) Dan untuk menjaga komentar spam, mohon isi dulu kode verifikasi nya.. Trims.