4.11.2009

Buat Kawan2 OC :D


Assalamualaikum... kawan2, kemaren itu pas liburan2, pas malem2 lagi belum ngantuk di kamar kos2an, sambil ngelamun tentang yang dulu2 yang pernah saya 'pernah lewati' ,tiba2 saya terdorong buat ngebuka folder2 poto yang saya simpan didalam si Buyung (nama laptop saya :P), kemudian di E:\Poto2\FKOC2007 saya lihat folder FKOC2007, kemudian saya buka sambil pikiran saya melesat mundur (naek mesin waktu ala Doraemon :D) ke akhir tahun 2007, yang dimana saat itu saya ikutan menjadi panitia Forum Komunikasi Operator Console DJP. saat file2 didalam folder itu saya buka, saya perhatikan wajah para peserta yang saya rasa semuanya adalah para OC, saya sambil senyum2 sendiri.. hehehe, rupa2nya inilah wajah2 yang mungkin suaranya sudah beberapa kali atau bahkan sering saya dengar lewat telepon, tapi belum pernah ketemu.. kopdar2...kopdar2 laaa kita.. wkwkwkw :D

buat para pembaca BSE (BlogSiErikson) yang mungkin bukan pegawai DJP, saya ceritakan sedikit tentang apa itu OC (menurut pemahaman saya tentunya, maaf2 ya kalo kurang tepat atau gak tepat sama sekali, tolong ditepatkan :P), jadi OC itu adalah suatu jabatan struktural di Direktorat Jenderal Pajak yang pekerjaan sehari2nya adalah membantu kelancaran operasional kegiatan kantor pelayanan pajak/kantor wilayah dalam bentuk dukungan secara teknis atas hal2 yang berhubungan dengan teknologi yang meliputi: perangkat keras, perangkat lunak, keamanan sistem dan jaringan, sistem informasi, aplikasi, dll.
jadi banyak memang yang dipelajari buat bisa jadi OC ini, yaaa... mulai dari O sampe C lah... makanya saya tahu bahwa dalam hal kemampuan teknis lapangan tentang hal2 yang tadi itu, para OC ini paham betul tentang seluk beluknya.. (gak seperti saya ini tentunya heheheh, jujur x kok? :P, saya mesti banyak belajar dari mereka, karena mereka saban hari ketemu macam2 masalah di lapangan, langsung praktek dan belajar ditempat) ,mulai dari nama hardware atau software terbaru mereka tahu itu, juga tentang spesifikasi ,troubleshooting dan seterusnya dan seterusnya................

tapi dalam postingan ini, bukan itu yang mau disampekan, tapi ide penulisan postingan ini muncul saat saya sedang agak nyadar bahwa posisi saya sekarang di bagian call center sistem informasi KPDJP adalah sebener2nya ni.. adalah perpanjangan tangan mereka.... jadi saya adalah sama seperti mereka, cuman bedanya mereka di KPP saya di kantor pusat, dan bukan tidak mungkin nanti suatu saat saya yang ke KPP mereka yang ke kantor pusat, atau saya yang gabung ma mereka di KPP... entah dimana itu kan... secara NKRI kita tercinta ini luas.. :P
tugas saya di call center itu sebenarnya adalah suatu kondisi yang muncul dengan diterapkannya sistem terpusat untuk database dan sistem aplikasi, sehingga penanganan masalah2 yang muncul dalam dua hal itu harus ditangani oleh orang2 di kantor pusat (ya.. saya ini salah satunya),misalnya untuk sistem informasi ada bagian pelayanan sistem informasi (nama tenarnya lasis),terus antara orang2 di lasis dengan KPP/Kanwil pengguna sistem informasi inilah petugas yang menjadi penghubungnya adalah Operator Console (OC) ituuu... alat2 yang dijadikan sebagai media penghubung itu banyak,ada email, chatting, IP Phone, telepon langsung dan ekstensi dan juga aplikasi online pelaporan. nahh.. secara hanya berkontak2 dengan menggunakan media tanpa ketemu langsung, kadangan karena volume kerjaan yang naeknya secara ekstrim tapi turunnya secara moderat :P, kadang saya gak bisa menjalankan posisi saya sebagai pembantu mereka/pelayan mereka/pendukung mereka/perpanjangan mereka dengan baik.. .. terutama dalam hal menjaga emosi dan kesabaran :( (sekalian dalam postingan ini saya minta maaf ya :D)

jadi kalau misalkan pagi2 angkat telepon jawabannya gini :"Pagi.. SIDJP call center bisa dibantu? (dengan nada lembut sambil teresnyum)" dan kalau rada siangan dikit jawabannya gini :"ya..siang... SIDJP bisa dibantu?(nada datar kurang gairah) :(" atau yang lebih2 lagi kalau da benar2 siang dengan antrian laporan permasalahan yang dah mbanyak, jawabnya gini:"ya halo.. ok masukin aja masalah nya di lasisonline ya.. terima kasih (nada datar dan kesannya cepat2 ingin mengakhiri pembicaraan)".hehhehe.. parah kan? semoga bisa dimaklumi, apalagi kadang2 adakalnya dalam hidup sehari2an saya ini, saya pernah (belakangan malah sering...hehehe) merasa agak2 bosan dengan rutinitas (wahhh...bisa semakin parah lagi parahnya :-|),
padahal sebenernya sih mau dalam kondisi apapun juga mau tak mau mestinya harus selalu sigap dan sopan, secara yang dikantor pusat ini (termasuk saya, red :P) emang digaji tiap bulannya buat ngerjain itu. dan saya paham juga bahwa kawan2 OC itu nyampein masalahnya ke saya, itu bukan kepengenannya mereka, karena dalam hal2/kasus2 tertentu peran mereka adalah menyampaikan masalahnya pegawai2 yang laen2 juga, dan masalah2 laen yang emang gak bisa diselesaikan di tempat mereka.

saya kepikiran juga bahwa dalam kerjaan sehari2 yang saya hadapi adalah orang rumah sendiri (sesama pegawai DJP sendiri maksudnya) jadi masih bisa kalo mau ngulur2 dikit, entar yaa... tunggu ya.... sabar ya... tar dikabarin.... sementara, kawan2 OC dilapangan itu yang dihadapi adalah orang lain, yang bukan sekedar orang lain, tetapi orang lain yang mesti dilayani dan dipenuhi kepengenannya secepat sebaik mungkin, jadi kalo ditimbang2, lebih besar tekanannya ya... mesti bisa bersabar2, manut2, sopan2... (sambil nanya ke diri sendiri..aku bisa gak ya kayak gt?... tapi kayak kata Radja... aku hanyalah manusia biasa (basi!!!) yang tak pernah lepas dari khilaff (dobel basi!!!!) hehehhee...), diam2 saya salut juga pada mereka.. apalagi beberapa yang saya tahu ada diantara mereka yang sudah sekian belas tahun atau bahkan dah duapuluhan tahun jadi OC.. dan dengan beban berat yang mereka hadapi setiap harinya, maka orang2 (saya ini salah satunya) yang dikantor pusat yang judul pekerjaannya adalah melayani KPP/Kanwil harus selalu siap membantu dan mempermudah pekerjaan kawan2 OC di lapangan (bukan berarti harus DL yaa.... membantu itu dalam artian sigap dan sebisa mungkin membantu sebatas kemampuan yang dimiliki, halah2... gaya2 x, kekekke).....

iyalah.. saya niatnya kerja dengan sebaik2nya, apalagi ingat bahwa kerjaan itu adalah amanah dari ALLAH.SWT (sempat dulu diberi nasihat oleh seorang bijaksana, yang pake baju serba putih, janggutnya panjang putih.. pokoknya mirip2 kakek2 bijaksana di film2 silat seperti Wiro Sableng, hihiihihihihihi), tapi ya maaf2 aja ya.. kalo sesekali saya gak melayani dengan sebenar2nya melayani, apalagi dalam bulan ini kayaknya saya bakal sering keluar kantor buat buulak baalik ngurus surat2 menyurat yang ilang waktu di kereta kemaren, sama nyiapin sarat2 buat ikut USM D-III Khusus bulan depan, jadi konsekuensinya kalo sharian dari pagi sayanya keluar, pekerjaan yang mesti dikerjain, jadinya diselesainnya mesti sore atau ampe malem, ... tapi insyaALLAH tetep sebisa2nya dikerjain, hehehe, daripada tar disumpahin ma orang2 KPP gara2 gak ngerjain kasus/kanwil.. wkkwkwkwk :P, dan maaf juga ni, kalo biasanya kawan2 OC langsung tlp ke hp, maka berhubung hp saya ilang dan belum sempat (belum mampu sih sebenarnya, hihihih :P) beli maka saya gak bisa dihubungi... tar kl da ada, insyaALLAH dikabarin,hehehhe.. :D.

ngomong2, ini ada beberapa poto2 waktu kita FKOC tahun 2007 kemaren, poto2nya rame2 perkelompok bareng dengan Pak Direktur TIP, Sigit Priyadi Pramudito... ini ni poto2nya... silahkan di save as aja deh ya.. (hehe, BSE belum ada fasilitas upload :P)

ada potonya kang waldi (OC MTO bandung), Dolly (OC KPP Padang), dll:


ada potonya galih (OC Kanwil Jakpus), Andi (OC KPP MTO Jaksel), Doddy (MTO Tangerang)


ada potonya ratna (OC Pandeglang), agus (OC Sembar), Yosep (OC Pasar Rebo),dll


ada potonya berkejaran(OC Tambora), yuli (OC MTO Jakbar, Nardo (OC Palmerah), dll


ada potonya lukman (OC Kanwil Jaktim), Joko (OC Bekasi Utara), dll


ada potonya santi (OC Kanwil Jakbar), Dino (OC Balikpapan), dll


ada potonya Arif (eks OC Grogol), didik (OC MTO Jaktim), Budi (OC Cakung),dll..


ada potonya Gede (OC Jatinegara), Beni (OC Kembangan), dll..


atau poto ini, lima orang OC yang paling senior diantara kita semua :D


dari saya secara pribadi selaku salah satu kawan(moga2 aja diakuinnn..wkwkwk :P) dari para OC sekalian, menyampaikan kesalutan atas peran dan amanah yang ditanggung langsung di KPP/Kanwil masing2..tetaplah berjuang dan berkarya, kawan2ku, kakak2ku, abang2ku dan mas2ku sekalian.. hehehhe, semoga kelak ada masanya saya bisa belajar dari kalian, dan kalo ada masalah2 yang sekiranya lasis bisa membantu silahkan jangan sungkan untuk masukin masalahnya ke lasisonline dan tilpun buat konfirmasinya (tentunya sesuai dengan jatah KPP masing2 ya.. kecuali kl Pj KPP nya lagi gak ada, baru dibantuin), nanti sebisanya kita bantuin...

kepada semua OC seIndonesia... Hormaaaaaaaaaaaaaaaaatttttttttttt... Geraaaaaaakkkkkkkkkk!!!!!!!! (Naga Bonar Mode On) hehehhee...

Wassalamualaikum

12 komentar:

  • BulakBalik says:
    12 April 2009 at 16:40

    selamat berjuang para OC, semoga diberi ketabahan dan ketangguhan,amin.., semangat!!!!!!!!!!!! 8-}

  • berkejaran says:
    13 April 2009 at 07:37

    wah kok tag nya arif ( eks oc gropet ) dah resign y

    hormat ke pak erikson dl ah

  • Anonymous says:
    13 April 2009 at 08:36

    kok foto gw gk ada yah son??
    - bunny -

  • Erikson says:
    13 April 2009 at 09:22

    arif, beliau, kemaren sakit, jadi untuk sementara gak jadi OC lagi.. wahhh.. bunny astuti gak ada potonya ya.. hahaha, tar kirim gtalk aja, hehehe :D

  • BU YAN MEDIA says:
    14 April 2009 at 11:36

    erikson..kamu jangan telat yah pelajaran saya..mmuuuaaacchhh...

  • Erikson says:
    14 April 2009 at 12:57

    gak mau ahh.. kalo pelajaran ibu, yang bodoh tambah bodoh, yang pintar tambah pintar.. gak mau ahh.. malas.. masuk jam ibuk..

  • Anonymous says:
    24 April 2009 at 15:58

    wah...poto awal nyo poto2 kita2 waktu diSIDJP
    tapi pembahasan dibawah nya tentang para OC
    hehehe... ^__^
    kita dibahas jG dunk... wekekekeke... ^__^

    Hormat Gerakkk.....!!!!

  • AiReaL says:
    24 April 2009 at 15:59

    uuuuppsss...lupa kasih nama Komen yg diatas...
    FROM AireaL.Umuri BASDAT ^__^

  • merasa panitia FKOC says:
    24 April 2009 at 16:00

    sebagai salah satu panitia FKOC 2007 saya mengajukan protes karena foto saya tidak terpampang di sini...


    btw salut dengan para OC. kalo kita di kantor pusat menangani masalah tertentu aja (spesialis)

    kalo OC harus nanganin semua masalah....

    so, BRAVO buat para OC

  • Erikson says:
    24 April 2009 at 16:54

    hehehe... :) akan ada momen khusus yang ngebahas tentang momen2 awal kita di posko SIDJP, tunggu b ril :)

  • Erikson says:
    24 April 2009 at 16:55

    buat yang mengajukan protes.. protes nanti la kita buat postingan khusus bilmana acara serupa kembali diadakan dan tergabung dalam kepanitiaan yang sama kembali, ok deh..

  • Megi Priyanto Saputro says:
    1 September 2009 at 15:34

    mpsmegi.blogspot.com




    tau code minibanker nya BSE???

Post a Comment

Jangan ragu untuk komentar.. :) Dan untuk menjaga komentar spam, mohon isi dulu kode verifikasi nya.. Trims.