3.17.2009

Saya Orang mana ya? lalu siapa kakek saya ya? :D



Assalamualaikum, kawan2... hufffhhh.. baru balik kuliah neh.. baru bangeeet, ibarat lontong sayur baru dihidangkan, masih anget2nya :P (wah..parah ne nulisnya sambil kelaperan ne pasti kekekekek), lagi ujian pula kebetulan .. tadi dikelas ngerjain soal2nya sudah dengan mengunakan tenaga2 sisa kehidupan, bentar2 nunduk melototin soal, bentar2 menerawang ke langit ngumpulin ingatan.. ujung2nya nyolek bahu tetangga... 'ssttt.. eh.. no 2 udah belum?liat dong2..' :D wekekekeke :P

dan berhubung erikson sudah niat ma saya sendiri juga ma kawan2 pembaca setia blogsierikson (wa.. parah, PD amat lu son!!, serasa banyak x yang baca ne blog.. :P) buat rutin update blog kesayangan ini, makanya jadilah mutu g mutu cerita yang ditulis, yang penting ditulis, ada jejaknya paling enggak.. ( sambil melamun dan ngomong ma diri sendiri :'iya kemaren aku ngapain aja ya.. kemaren2 nya ada cerita seru apa ya :D'). dan buat yang udah liat2 ke blogsierikson ini, kalau hidupnya mau tenang, kudu isi komennya ya.., percaya deh, siapapun dan dimanapun kawan2 sekalian kalo g ninggalin komen ke blog saya, bakal saya hantu2in... jiakakaka :D, komeng (eh komen) anda adalah kebahagiaan kita (kita?lu sendiri kali son :D), huehuehuee..


jadi selama ini mungkin salah satu pertanyaan yang paling sering saya dengar tentang diri erikson sendiri adalah seputar keanehan nama saya, ya nama saya sendiri, Erikson Wijaya itu nama saya, kalo anak Jakarta nanyanya gini :'eh bokap lu ngidam HP ya waktu nyokap lu hamil elu?' ato kalo yang dari Jawa nanyanya gini :'Erikson, kok nama e aneh tenan mas?artine opo to yo?emang asli ne ndi to mas?' tapi itu entar dulu... ada cerita dibalik nama itu semua, dulu sebenar2nya waktu saya pertama kali nongol ke dunia ne, oleh Bapak saya, saya dinamain (alias dikasih merk :D) Gordon Erika Wijaya, terus rupanya sering sakit, keberatan nama x y?wekekkeke.. jadilah namanya diganti jadi Erik Wijaya, dengan sedikit kompromi dari ibu saya ditambahilah 'son' diujung kata2 Erik, lo kok tau son? ya taulah.. waktu bongkar2 arsip lama, di akte kelahirannya nama2 yang lama itu dicoret, lalu ditulia ma yang baru..
itu tentang sejarahnya...
llau tentang artinya? wah.. terjemahin sendiri deh.. kekekkekeke :D, asal terjemahannya bagus, gpp kok :).. tapi kalo saya sendiri ngartiinya gini :'seorang anak2 laki2 bernama Erik yang hidupnya Jaya seperti Raden Wijaya yang pernah menjadi Raja Kerajaan Majapahit' jiakakaaakak.. nilai narsisnya 99,999!!!


jadi itu tentang sejarah munculnya nama Erikson Wijaya, lalu saya sendiri sebenarnya orang mana sih?nah ini saya bingung juga kalau ditanya soal ini, gimana g bingung coba.. Ibu saya itu campuran, Nenek asli Kebumen (Jawa Tengah) dan Kakek dari Pantai Barat Malabar (India) sementara Bapak, nah ini cukup jelas, baik Kakek dan Nenek dari pihak ayah saya itu asli Baturaja (Sumatera Selatan)., jadi saya sebenarnya orang mana? ya silahkan diputuskan sendiri, tapi kalo ditanya kebanyakan kawan2, saya selalu menjawab, asli dari Baturaja, biasa kalo disana garis keturuan ngikut silsilah Bapak :D.



nah, sekarang ada sedikit cerita tentang dua kakek saya, dari pihak Ibu dan pihak bapak...

Kakek saya dari pihak Ibu, itu asli dari Asia Selatan, India tepatnya didaerah pantai barat malabar, kalo sonoan dikit keliatan dari peta yang dijual2 di bis kota, udah ampir dekat ke Pakistan, perawakannya tinggi, badannya besar, hidungnya mancung.. (la kok saya g ada mancung2nya ya?kekekeke.. ) ,matanya gede (nah kalo yang ini saya ada miripnya :) ) ah udah ah.. kira2 mirip2 amitab bachaaaan!!! :D, (eh mana tau ya rupa2nya saya masih berhubungan keluarga dengan artis2 bollywood kekeke :D), nah.. kakek saya ini dulunya waktu di kampungnya semasa mudanya adalah seorang nelayan yang kemudian sekitar pertengahan tahun 1920an memulai usaha berdagang ke negara asing (dagangannya: baju, kain2 n gitu2lah :P) bersama2 dengan yang sesama mengadu nasib juga, naek kapal layar besar ke Indonesia, tapi kalo kata cerita nenek saya dulu, beliau tidak langsung ke Indonesia tapi singgah dulu ke suatu daerah (Singapura sekarang) nah dari situ usaha berdagangnya dirintis sampai akhirnya merantau ke Indonesia, keliling ke pulau Jawa.. dan entah bagaimana ceritanya kemudian ketemulah dengan Nenek saya yang asli dari Kebumen (Jawa Tengah), konon katanya Kakek saya ini dulu hendak kembali ke negaranya untuk kembali menjadi nelayan, sebab kala itu di negara kita para pedagang sering dikompas oleh para kumpeni2 Belanda..

nah.... kalo Kakek saya dari pihak ayah adalah seorang insyiur jenius didikan alam (cie..cie nyontek dari buku mana son..kekekkeke bahasanya ngeri amat :P) , pandai sekali beliau mmebuat banguanan, entah itu rumah. warung, toko atau apalah.. kakek saya ini asli asalnya dari Sumatera Selatan, Baturaja tepatnya.. kata nenek saya malahan kaluarga kami ini, adalah satu dari segelintir orang penduduk yang membuka desa yang kini kami tempati, nama desanya Air Karang, mantap kan??hehhehe ... :D jadi kalau ada kawan2 yang maen2 ke desa air karang ini, percaya g percaya, pastinya tidak ada yang tidak kenal keluargar saya (ya iyalaaaa... emang segede apa sih, namanya juga desa, kikikikikiki :P), nah.. nama air karang ini memang bukan sembarang nama.. jadi disekitar rumah saya disana banyak sekali karang2 besar, kok bisa, wah.. mana ku tau, bahkan disamping rumah saya ada karang besar sebesa mobil sedan, entah datangnya kelempar dari mana, pokoknya waktu dr pertama x saya bisa ngeliat, itu karang sudah ada, lagi2 kata nenek saya, itu karang berasal dari sisa peledakan bukit karang yang diledakkan oleh belanda waktu mau ngebuka jalan baru ke suatu tempat...

nah kalau disimpulkan, kakek saya dari ibu, ini seoarang pedagang dan pelayar, lalu kakek dari pihak ayah, kakek saya adalah seorang ahli bangunan, keterampilan bongkar pasangnya.. yahuddd!!!! lah pertanyaannya kok tak ada satupun dari bakat ini yang menurun ke saya, atau paling enggak yang mirip2 dikitla... (garuk2 kepala, sambil ngimpiin enaknya punya bisnis, kekkeeke :D)

tapi ngomong2 ada kesamaaan antara kakek saya dengan kakek kawan2 sekalian, yaitu sama2 kakek2... :D (tiba2 sadar.. rupanya besok masih musim ujian.. lalu segera
baca2 buku dan berakhir dengan ketiduran... :P)

wassalamualaikum

8 komentar:

  • suwung says:
    17 March 2009 at 07:37

    lho kok masih panjang? harusnya tampilan depanya jadi sedikit

  • Terus Melangkah.. Tatap Hidup Kedepan... says:
    17 March 2009 at 07:46

    nah..itu belum bisa bikin yang 'contiune reading' jadinya gimana tu bang suwung, setingnya gimana ya?dimana settingnya

  • suhairi says:
    17 March 2009 at 08:14

    nama ya....itu salah satu warisan orang tua yang diberikan ke kita sejak kita baru nonggol didunia.
    apalah arti sebuah nama ??? itu pepatah dari negeri sono....tapi tetap saja...nama ada sebuah impian..sebuah tonggak sejarah..sebuah momen ingatan..sebuah tautan mata rantai...yang terlintas di pikiran orang tua ketika kita lahir...
    tak heran...sering kita temui banyak nama-nama yang aneh...ajaib...bahkan lucu..contoh saja...ada anak manusia diberi nama kuwat Slamet , traktor Butar-butar, anakku Lelakiku Hoed, dan lain-lain.
    jangan pernah malu atas pemberian nama orang tua...bisa jadi nama anda..adalah sebuah doa..sebuah kenangan..sebuah momen...yang terindah bagi mereka

  • BRI net says:
    17 March 2009 at 14:10

    wah panjang banget di halaman mukanya?

  • suwung says:
    17 March 2009 at 14:13

    pas lagi nulis... kan ada gambar------ dibagian atas kanan... klik itu sebagai pembatasnya bos

  • Anonymous says:
    18 March 2009 at 11:51

    oooo
    - baru tahu sejarah erik ni -
    ternyata..

    ^_^
    -bunny-

  • Anonymous says:
    14 October 2009 at 07:41

    Pertanyaannya tetap sama Son.. kenapa kau diberi nama Ericson Wijaya???? (teka-teki yang belum terjawab)

    -AD-

  • Erikson says:
    14 October 2009 at 16:46

    @AD: baiklah kalau begitu aku ceritakan dalam postingan khusus nanti suatu saat hehehe.. tunggu tanggal mainnya :)

Post a Comment

Jangan ragu untuk komentar.. :) Dan untuk menjaga komentar spam, mohon isi dulu kode verifikasi nya.. Trims.