Cerita Dari Museum Bank Mandiri


assalamualaikum.. kawan2... sekalian apa kabar?? Kemenangan sesekecil apapun itu, menurut saya adalah kumpulan dari usaha+doa+ijinNYA ALLAH.SWT nah yang pada waktunya dikasih ke kita, dan alhamdulillah hal itu datang ke saya kemaren waktu saya ikutan lomba pidato bahasa inggris tingkat divisi yang diselenggarakan oleh Toastmasters International :D, lokasinya di Museum Bank Mandiri, Jakarta Barat.

pada lomba kemaren itu saya membawakan pidato yang isinya saya ambil dari pengalaman pribadi saya langsung,terus saya tulis dalam bentuk pidato yang judulnya 'Seeing The Unseen' artinya kalau bahasa kita (Melihat yang tak terlihat).. (wah... g mau ah..
emang ngeliat hantu :P hihiihi), saat berdiri diatas panggung, rasanya deg2an, apalagi waktu lampu diruangan itu nyaris gelap dan semua lampu sorot dan tatapan mata cuma tertuju ke saya, persis seperti waktu seorang pianist akan konser tunggal yang nyata2 cuma bertemankan pengalaman, tanpa contekan, tanpa petunjuk2 apa2 kalo ditengah jalan lupa urutan tangga nada yang akan dimainkan :). menjelang urutan nama saya yang dipanggil, sepanjang dalam perjalanan dari kos2an ke lokasi, bahkan beberapa saat sebelum lomba dimulaipun.. gak tau kenapa rasa khawatir dan takut2 kalau blankspot (lupa redaksi kata2 yang akan disampaikan) waktu seperti latihan di depan kawan2 saya, terus saja mengganggu.. (tapi untung saja.. tiap kali bayangan itu datang, dalam hati saya selalu berkata..'ya la... kan aku sudah berusaha, berdoa dan latihan2.. semoga nanti bisa menampilkan dengan usaha yang terbaik, perkara menang ato kalah, aku maunya menang, tapi aku akan menerima apapun :D)


waktu MC memanggil nama dan diikuti dengan judul pidato saya.. kemudian setelah menikmati tepukan tangan dari semua orang yang datang, saya mulai menyampaikan pidato saya, dimulai dengan sebuah dialog kecil agar pembukaanya menarik hingga terus mengalir menyampaikan isinya.. yang saya sampaikan dengan suara yang saya usahakan terdengar dari ujung ke ujung dan dengan bahasa tubuh yang saya tunjukkan beriringan dengan emosi dalam setiap penekanan kalimat2 tertentu yang mengandung pesan dan seruan-seruan. hingga menjelang penutup, saya baru menyadari bahwa lampu yang menandakan waktu minimum penyampaian pidato belum dinyalakan.. (wahhhhh... dari pada undertime dan didiskualifikasi :P, saya mulai berhenti sejenak dan melakukan penambahan2 diluar naskah yang saya tulis agar bisa berimprovisasi dan menembus waktu minimal) walhhasil lampunya pun menyala dan saya langsung menyampaikan kesimpulan isi pidato saya (selamatlah dari diskualifikasi :P)

sepanjang acara berlangsung, saya melihat ke para peserta lainnya dan para undangan yang datang.. secara umum yang datang itu kalo diliat dari wajahnya itu ada tiga: India, China dan Indonesia.. terus baru nyadar juga para saingan saya juga begitu, orang India, China dan saya Indonesia (tapi itu secara tampilan fisik saja, karena secara kewarganegaraan mereka sudah jd WNI, jadi gak akan kena deportasi :)), dan bahasa inggris mereka sudah bagus2, kelihatannya memang jadi bahasa mereka sehari2.. tapi meskipun begitu saya senang bisa bertemu mereka, mereka mudah diajak bergaul dan ramah2.. tapi anehnya pas acara kemaren itu tidak terlalu bernafsu makan, dan saya baru ingat, kalau sudah dalam acara2 seperti ini saya untuk sementara waktu memang sering kehilangan selera makan, tak peduli makanannya seenak apapun, kecuali kalo buatan emak dirumah :) hihihiiihihii :)menjelang pengumuman pemenang, seluruh peserta diminta maju kedepan untuk nerima sertifikat penghargaan, baru kemudian MC mengumumkan pemenangnya... dimulai dari juara III.

kata MC:"The Third Place for the International Speech Contest..............................S..e..e..iii..nggg Theee Unnnsee..ee..n By Erikson Wijayaaa"



saya senang sekali waktu nama saya yang disebut, tadinya bisa tampil dengan baik dan tenang saja saya sudah senang sekali, apalagi ini menang pulang bawa tropi, tropi untuk juara ke III, saya bersukur bisa dapat juara III ini, dan nambah bersukur bahwa ternyata untuk yang Juara II dan I akan kembali diikutkan lomba untuk tingkat District ke Malaysia bulan depan (ya iyallaaaa... secara tiket PP Malaysia-Jakarta dan akomodasinya BS BS/BayarSendiri BayarSendiri :P kan tak ada uangnya..wekekkekek)saat berdiri nerima penghargaan dan tropi itu pikiran saya terbang g tau kemana2, nemuin orang2 yang sudah banyak membantu saya,dan untuk itu, saya bersyukur pada ALLAH.SWT atas kemenangan ini, tanpa IjinNYA ini tak kan mungkin saya dapatkan :), kemudian saya mungcapkan makasih banyak kepada:

-Umak dan Ubak di Baturaja atas doa restunya :)

-Bu Mien Soenari yang sudah membantu mengedit naskah pidato saya dan melatih saya dalam tehnik penyampaian pidato yang inspirasional, Faizal Ahda atas bantuan ajarannya dalam mengucapkan lafal2 kosa kata bahasa inggris, serta kawan2 di The Catalyst Toastmasters Club KPDJP.

-Anton Astari atas pinjaman Sepatunya, Ihwan Nasution atas pinjaman Giordano Keramatnya (maenn x ahh!!! :P), Waknang yang sudah mendengarkan saya latihan dan pinjaman celana panjang hitamnya, dan Acek atas stimulus dananya sehingga sektor riil bisa bergerak...halah2 :P

-dan orang2 yang telah tanpa sepengetahuan saya membantu mendoakan saya. :D, dan kepada kawan2 yang sudah membaca BSE ini juga saya ucapkan terima kasih banyak, ditunggu komennya ya :P

Kepada kawan2 sekalian saya ingin menyampaikan satu pesan dari saya: Keberserahan dan Tawakkal setelah Berusaha adalah Ketenangan yang tak Terkira.. Kadang kita sedih, bahagia, marah atau tertawa.. jalani saja karena semua ada untuk kita ambil hikmahnya..(saya gak lagi ceramah yaa.. bukan juga sedang kampanye... :P)

Wassalamualaikum

P.S
----
disini tersenyummm... disatu diri ku melamunnn.. terang disisi gelap ku merenung.. arahhh menuntunkuu...
sadari langkahkuuu... dicela bumi kuterpakuuu... mencari arti hidupkuu yang baruu.. relakan nafaskuuuu...
ku menunggu datang terang.... biarkan gelap menghilanggg... roda membawakuuu....
Kini kubiarkan masa lalu tertinggalll... tanpa beban aku meninggalkan belakangggg... (Masa Lalu Tertinggal, Peter Pan)


Comments

  1. wueee..
    selamat ya rikk,
    exist nii,,
    hitss!! ^o^

    ditunggu prestasi selanjutnya :)

    ReplyDelete
  2. mano naskah pidato yang bikin kao menang itu? aku mau cingo

    ReplyDelete
  3. Macam nerima oscar ya son ^_____^ saya haturkan terima kasih kepada bal..bla..bla .....xixixi but congratz for you..!! moga bisa lebih baek lagi...ciao...

    ReplyDelete
  4. selamat ya rik atas rizki yang telah Allah limpahkan... semoga apa yang diraih dapat memacu prestasi dan tetap rendah hati....
    btw, di link dong speech nya?...
    biar kita serasa mendengarkan kau berpidato...qeqeqe

    ReplyDelete
  5. LUAR BIASA...

    "Semua Pasti Ada Waktunya"...

    ReplyDelete
  6. Selamat ya...

    kirain mau nyeritain jalan2 ke museum bank Mandiri

    ---Ranu Pemberantas NPWP Ganda---

    ReplyDelete
  7. amin, makasih mbak dan buat semuanya :), hehheh, file rekaman speechnya tar gtalk aja deh, mau upload g bisa2 ni..

    ReplyDelete
  8. waw, keren, selamat son. moga2 terus maju up up nyari yg dapat beasiswa rik biar bisa ke LN

    berkejaranGaLogin

    ReplyDelete
  9. amin, hehehe :D makasih bung berkejaranGaLogin

    --Erikson--

    ReplyDelete
  10. selamat buat kawan sikok ni, Erikson wijaya, atas keberhasilannyo menyabet juara dalam event tsb. tetap lanjutkan,dan kembangkan serta pertahankan prestasi mu Nak...
    Tinggal gek amen ado event pemilihan gitaris KPDJP terbaik, kau biso ikut jugo yo, masuk ke nominasi jadi lah..
    hahahahha..
    selamat bung erikson Irama..!!!!

    ReplyDelete
  11. MANTEP! ERIK PANCEN OYE! tar anakku bilang, "yah, ini om erik yg anter ayah hujan2 nambal ban keliling kantor pusat itu yah?" hahahaha..

    SELAMAT!

    ReplyDelete
  12. Selamat Atas Prestasi yg di capai , keep seeing the unseen to get your Goal hehehe ...
    Salut wat Erikson si pemuda sumatra rantauan yang menjelajah sudut-sudut dunia untuk mencari pengalaman, pemuda yang memiliki cita-cita untuk dapat memberi manfaat bagi sesama, bagi lingkungan dan keluarganya... :D

    Turut Berbahagia,
    M.Ahyar HQ

    ReplyDelete
  13. Selamat ya mas Erikson, btw narasi speechnya kok gak dirilis di blognya......siapa tau merupakan cikal bakal menjadi pidato ke 101 yang mengubah dunia :)

    btw, hadiahnya laptop ya ? keren donk....

    ReplyDelete
  14. selamat ya don...sorry gak bisa liat erik...tapi blog erik kan di baca hehehhehe

    ReplyDelete
  15. waw..wew...wow, selamat buat pak erik yah, anak baturaja yg tersesat dijakarta,...semoga sukses pak erik..

    pesan dari qu...klo bawa kendaraan jgn kebut2 yah...atut

    ReplyDelete
  16. siap mas/mbak anonim, insyaALLAH g ngebut2 lagi, sayang belum kawin soalnya.. heehhee :)

    -Erikson-

    ReplyDelete
  17. GREAT man......

    terus berkarya...!!!!

    ReplyDelete
  18. Salut Mas....Salut...acung jempol....

    Deni (Paralayang)

    ReplyDelete
  19. :) selamat Erikson Wijaya...
    I'm really proud of you. You really take the advantage of toastmasters learning program.
    Congratulation Bro!

    ReplyDelete

Post a Comment

Jangan ragu untuk komentar.. :) Dan untuk menjaga komentar spam, mohon isi dulu kode verifikasi nya.. Trims.

Popular posts from this blog

Teka Teki Silang (TTS)

Musim Kemarau Panjang

Satu Lilin Dua Cerita