Memoar Diklat AR

Hidup penuh kejutan. Seperti baru kemarin aku menyoal pekerjaan tengik yang aku geluti, tapi semua sensasi emosi itu raib dalam hitungan hari, yakni saat aku diikutsertakan dalam pendidikan dan pelatihan calon Account Representative di lingkungan Kantor Wilayah Ditjen Pajak Sumatera Selatan dan Kep. Bangka Belitung. AR! Walau belum tahu kapan diangkat, tapi setidaknya ada harapan.

Aku masuk dalam angkatan III beserta 30 orang lainnya. Lumayan sekalian bisa menambah teman baru dari banyak daerah, termasuk dari Tanjung Pandan, kota terjauh dilingkungan kanwil ini. Banyak persiapan awal yang aku susun mulai dari mengunduh materi, mempelajari dan membaca supaya lebih ada gambaran waktu menjalaninya. Diklatnya berlangsung dari 24 s.d 28 Sept kemarin di daerah Sukabangun Kec. Sukarami. Palembang. Kejutan kembali hadir!

Selama diklat berjalan, aku berusaha untuk fokus menimba ilmu bukan nilai, prinsip yang sudah kupegang sejak kuliah kemarin. Fokus perhatian aku satukan selama diklat pada penjelasan tutor dan membaca modul. Sebisanya aku memberanikan diri melawan negative selftalk waktu tidak mengerti dan mengajukan pertanyaan. Agak berat pada awalnya, namun akan nyaman dengan sendirinya. Diklat ini memberi cukup gambaran utuh tentang langkah awal, modal dan persiapan kalau nanti jadi AR.

Selain karena AR, yang membuatku excited adalah karena ini kali pertama aku diklat kembali sejak 6 tahun lalu diklat prajabatan di Depok. Dengan persiapan, sikap optimal dalam menjalani proses dan excitement semasa diklat ternyata kejutan kembali hadir lagi. Aku dinyatakan sebagai peserta terbaik dengan rerata nilai pre-test dan post-test tertinggi sebesar 76,67. Alhamdulillah.

Mungkin sesudah ini kejutan yang benar- benar mengejutkan bisa jadi muncul, kita tidak pernah tahu. Bisa jadi bila nanti diangkat akan ditempatkan di lokasi terjauh yang tidak semua orang mau. Apapun kalau begitu, hidup memang tidak selalu seindah yang kita tata, namun belajar dari pengalaman menyoal pekerjaan tengik hingga diganjar diklat AR dan dihadiahi predikat peserta terbaik, singkatnya, hidup memang penuh kejutan.

Comments

  1. selamat kawan....semoga lekas keluar SK AR-nya ya :)

    ReplyDelete
  2. Tya: Amin. Makasih Tya. Btw blog nya bagus tntg keuangan bgtu. Bermanfaat. :-)

    ReplyDelete
  3. Congratulations, Erick. You're a shining star, keep it up, mate!

    E.D.

    ReplyDelete
  4. @Tour: trims ya. Sukses jg usaha tour nya. Amin..
    @E.D: Thanks a to, mate. It means a lot.

    ReplyDelete

Post a Comment

Jangan ragu untuk komentar.. :) Dan untuk menjaga komentar spam, mohon isi dulu kode verifikasi nya.. Trims.

Popular posts from this blog

Cerita Psikotes Erikson

Paradoksal Jakarta

Nonton Film King