9.16.2012

Pulau Kemaro

Ada sebuah pulau di tengah Sungai Musi, sekitar 6 km dari Jembatan Ampera ke arah timur. Pulau Kemaro namanya,dengan ukuran seluas 24 Ha, pulau ini adalah pusat ibadah umat Budha Sumatera Selatan, terutama bila tiba perayaan Imlek. Pagoda 6 tingkat, klenteng serta patung tokoh seputar kepercayaan Budha dibangun di pulau ini.

Saya menunjungi Pulau Kemaro ini bersama dengan 4 orang teman yang kebetulan lagi tugas ke Palembang. Kami menyewa kapal ketek seharga Rp 130.000 untuk perjalanan pulang pergi. Semula harga yang ditaruh adalah Rp 250.000 harus negosiasi alot baru bisa turun.

Waktu tempuh sekitar 30 menit melintasi Sungai Musi, pemandangan tepian kiri kanan cukup beragam, mulai dari sentra pasar 16 Ilir, rumah panggung, kios terapung, anak kecil yang mandi di tepi sungai hingga BUMD PD Pusri Sriwijaya. Arus gelombang lumayan kencang dan hari belum terlalu terik, Wonderful!!

Begitu tiba kami langsung memasuki gerbang klenteng dengan patung naga khas China. Berkeliling di beberapa titik sambil berpoto lalu duduk santai menikmati kelapa muda. Sayangnya, sarana toilet disini tidak bagus, tanpa air dan kurang terawat. Tak lama kami pun pulang.

Karena melawan arus maka jarak tempuh jadi lebih lama. Whatever.. It was nice to be there.. :-) Kemaro Island, Palembang. Semoga bisa jadi lebih unik dan terawat lagi. Because this island is too good too pass up if you visit Palembang anyway.. Enjoy!!

0 komentar:

Post a Comment

Jangan ragu untuk komentar.. :) Dan untuk menjaga komentar spam, mohon isi dulu kode verifikasi nya.. Trims.