1.04.2014

Catatan Awal Tahun

Ini awal tahun dan cerita tetap terus berjalan, mungkin hari kemarin masih menyisakan persoalan. Terbawa lagi sampai saat sekarang, boleh jadi inilah tantangan, namun selalu ada cerita baru di tiap kurun masa yang datang, kita biasa menyebutnya peluang. Peluang dan tantangan adalah anak kandung pergantian waktu. Di setiap pergantian waktu, disitulah biasanya harapan- harapan tentang peluang yang baru mengemuka dan disaat yang sama harapan itu bertarung dengan tantangan.

Perjalanan waktu memotret bagaimana kita meriwayatkan hidup. Riwayat hidup itu yang nanti akan menjadikan kita diingat sebagai siapa dan bagaimana. Meriwayatkan hidup berarti mengisi hidup dengan apapun yang dilihat dapat mewujudkan peluang. Tidak ada satupun dari kita yang tahu seperti apa rupanya masa depan itu. Namun tentu saja Allah. SWT tidak pernah menyia- nyiakan usaha hambaNYA. Ia memberi jalan berupa hal yang mungkin sering kita lewatkan, itulah peluang itu tadi.

Peluang, bisa diartikan kesempatan, atau sederhanya mungkin boleh juga disamakan dengan waktu luang, satu dari dua hal yang kata Nabi Muhammad SAW kerap kita lupa syukuri. Apa yang kita isikan di waktu luang, sepanjang terarah dan berguna, adalah bagian dari upaya mengatasi tantangan. Tantangan yang bagaimana? Tantangan untuk melawan diri sendiri! Sebab terlalu memanjakan diri dapat membuat kita abai, lupa dan jalan ditempat. Dan apa yang kerap kita lakukan dalam mengisi waktu adalah cerminan mau jadi apa dan kemana kita.

Waktu berjalan begitu cepat, mungkin itulah mengapa Allah. SWT sering kali bersumpah Demi Waktu di dalam Al-quran. Pandai kita memanfaatkan waktu, bisa jadi adalah salah satu kunci mengubah harapan menjadi kenyataan. Abai kita terhadap waktu adalah kerugian yang sepatutnya dihindari selain memang hal itu kurang terpuji.

Ebas.
Bangka Belitung.
04 Januari 2014.

0 komentar:

Post a Comment

Jangan ragu untuk komentar.. :) Dan untuk menjaga komentar spam, mohon isi dulu kode verifikasi nya.. Trims.