Makrab Kuliah

Catatan ini saya dedikasikan kepada segenap panitia atas segala kontribusi dan pengorbanannya sehingga Malam Keakraban D3 Khusus 2011 ini dapat terlaksana. Bukan kesempurnaan yang diharapkan memang, namun dengan terlaksananya acara ini paling tidak penah ada satu kenangan yang telah kita buat bersama semua kawan baik dari jurusan Akuntansi maupun Pajak Khusus, dari tingkat II dan tingkat III. Juga kepada segenap perwakilan kelas yang telah memberikan pertunjukkan yang menghibur sehingga acara ini menjadi makin berwarna dan semarak serta tidak lupa kepada MC yang menjalankan acara ini dengan sangat menghibur dan hidup.

Makrab, ketika mulai sekitar sebulan lalu acara ini mulai direncanakan oleh Bidang Humas KOMPAK 2011 sampai akhirnya terbentuk kepanitiaan, tentu saja banyak hambatan yang menghadang kelancaran prosesnya, mulai dari padatnya jadwal pemakaian Gedung G, sulitnya berkoordinasi dengan kawan dari jurusan Akuntansi (karena perbedaan jadwal dan padatnya kuliah mereka) dan ditengah banyaknya tugas kuliah serta tanggung jawab pribadi lainnya. Beruntung orang-orang yang duduk dalam kepanitiaan adalah orang yang senantiasa belajar dan berusaha optimis walau keraguan ada juga mencoba menyurutkan semangat, juga ketua Panitia yaitu Arga Eka Wiratama yang patut diberikan 'two thumbs up' karena telah dengan total mencurahkan pikiran, tenaga dan waktunya demi kelancaran acara ini.



Saat mulai memasuki beberapa hari sebelum hari H, ada kecemasan karena belum adanya kepastian mengenai jumlah peserta yang ikut dari jurusan Akuntansi (maklum saja mereka baru selesai libur pasca UAS) padahal jumlah konsumsi sudah disiapkan dengan asumsi mereka akan ikut semuanya, sehingga waktu terjadi pasang surut jumlah peserta, disitulah terjadi ketakutan kalau-kalau biaya yang ada tidak mencukupi, padahal kepantiaan sudah melangkah sampai sejauh ini, bagaimana nanti akan mempertanggungjawabkan uang iuran yang sudah dipungut kalau misalnya memang harus mundur saja? bagaimana juga dengan ekspektasi dari kawan-kawan yang sejak semula memberikan dukungan positif untuk terlaksananya acara ini? Dan memasuki H-2 akhirnya jumlah kepastian keikutsertaan dari kawan-kawan Akuntansi tercatat dan tidak jauh sesuai dengan prediksi dan estimasi kebutuhan biaya. Dan terbayang sudah bahwa Makrab akan dapat berjalan dengan lancar dan meriah.



Di H-1, persiapan Gladi Bersih sudah mulai dijalankan di Gedung G, yang ternyata esok harinya Senin tidak jadi dipakai karena adanya libur nasional bersama, mulai dari pemasangan backdrop dan pencetakan backdrop tambahan, tata letak bangku dan penyusunan alat musik yang disewa dari STAN Music Community (SMC) serta penyimpanan peralatan kecil lainnya juga termasuk untuk main gate nya. Kemudian hari Senin, semenjak tengah hari panitia sudah mulai bersiap-siap, terutama dari tim MC dan Dokumentasi untuk meletakkan sejumlah peralatan fotografi. Begitu pula dengan kedatangan sejumlah perwakilan kelas yang hadir sejak siang untuk melakukan check sound, lalu disusul pihak catering kurang lebih pukul 15.00 WIB. Ada satu hal yang patut dibanggakan disini adalah kemampuan panitia dari tiap bidang untuk menekan biaya untung menghindari defisit sehingga setiap surplus yang ada dapat dialihkan untuk kebutuhan yang lainnya.



Semenjak sore pemasangan main gate lengkap dengan dekorasinya sudah terlihat dengan kesibukan personel dari bidang Acara memasang red carpet, kain hiasan pintu dan lampu penerang gerbang utama tersebut sampai akhirnya jadilah gerbang utama Gedung G begitu menarik perhatian, mencolok dan begitu hidup bahkan ketika dari kejauhan. Didalam, Pihak katering sedang sibuk memasang berbagai hiasan prasmanan sambil check sound tetap berjalan. Sementara itu, backdrop yang baru berwarna merah menyala sudah terpasang lengkap dengan peralatan dokumentasi nya. Dan tidak terasa sudah menjelang 2 jam sebelum acara dimulai.



Saya ijin pulang terlebih dahulu ke ketua Panitia, untuk bersiap ganti baju dan sekalian mencari taplak meja untuk meja tamu undangan, yang saya pinjam dari Ibu Kos saya. Dan ketika akan kembali ke Gedung G, hari sudah gelap yang tidak biasa, pertanda akan turun hujan, dan sepertinya deras. Dalam hati saya berdoa semoga tidak hujan supaya kawan semuanya bisa datang dan acara yang sudah disiapkan ini tidak menjadi sia-sia. Dan setibanya di Gedung G tepat 1 jam sebelum acara dimulai, hujan turun dengan deras. Di saat inilah ketakutan saya memuncak, harapan saya seperti jatuh bebas seperti air hujan jatuh bebas dari langit, tapi saya berusaha sebisanya meyakinkan diri saya sendiri bahwa apapun yang terjadi, kami dari kepanitiaan sudah mempersiapkan yang terbaik, dan mungkin jalan yang terbaik adalah dengan memundurkan waktu pelaksanaan dengan konsekuensi harus meminta pengertian pihak sekuriti kampus mengenai perpanjagan waktu.



Tiba-tiba saya teringat bahwa dalam agama saya Islam,ketika sedang turun hujan adalah waktu yang baik untuk berdoa, lalu setelah selesai sholat Magrib saya berdoa bahwa kalau memang kehendakMu malam ini hujan lebat berkepanjangan sehingga acara akan gagal, maka semoga semua kawan-kawan D3 Khusus dapat memahami bahwa panitia sudah mengupayakan yang terbaik, namun jika memang sudah kehendakMu acara ini dapat terlaksana, maka mohon berikanlah kemudahan dan kelancaran, karena Kau yang paling tahu apa yang terbaik bagi hambaMu, amin ya ALLAH. Dan rupanya 20 menit sebelum acara berlangsung, hujan mulai berhenti dan tamu-tamu mulai berdatangan, and i felt relieved. Alhamdulillah...



Beberapa menit sebelum acara dimulai, 2 band pembuka tampil dari tingkat II Pajak Khusus dengan lagu energik, It's My Life-nya Bon Jovi. Dan berhubung tiga tamu undangan tidak bisa hadir (Kabid Pajak sedang berhalangan karena adanya libur mendadak, Ketua BEM sedang sakit dan Kabid Akuntansi sedang tugas ke Belanda) maka waktu MC membuka pun langsung memanggil ketua Panitia untuk secara resmi membuka acara ini. Adapun MC dalam acara Makrab D3 Khusus 2011 ini: Randy (3B Pajak Khusus), Bayu (3B Pajak Khusus) dan Yemima (2B Akuntansi Khusus). Yang menjadi kejutan lagi kemudian adalah tarian pembuka yaitu tari Tor-Tor tari khas Sumatera Utara yang asik dan easy-listening. Setelah tarian Tor-Tor dilanjutkan dengan dialog singkat dengan saya sebagai ketua KOMPAK 2011 mengenai maksud organisasi KOMPAK dan program-program nya. Sebuah dialog yang hidup karena 3 orang MC ini mampu membuat saya relaxed dan enjoy.



Tidak terasa pelaksanaan acara sudah mulai memasuki pertengahan acara, senangnya karena saya melihat banyak undangan yang terhibur dengan penampilan-penampilan yang dibawakan oleh beberapa kelas-kelas seperti misanya kelas II B Pajak Khusus menampilkan paduan suaralagu daerah dari Sabang sampai Merauke, II A Akuntansi Khusus membawakan penampilan band dengan lagu dari Kerispatih, dan yang memberikan penampilan berbeda adalah kelas 3B Pajak Khusus, mereka menampilkan sebuah dance yang sangat tidak biasa, sebuah dance yang merubah sejumlah orang didalam kelas tersebut menjadi sekumpulan manusia yang kompak, meriah dan atraktif, mereka menamai kelompok dance mereka WADESTA (Wall Desk and Table? kok mirip iklan Kipas Angin ya? :D).



Sambil menikmati penampilan tersebut, semua tamu undangan besantap malam dan ada juga yang berpoto bersama di backdrop yang sudah disediakan, ada dua backdrop yang pertama dengan fotografer khusus dari panitia dan yang satunya bebas dari masing kelas. Tidak lama kemudian acara berlanjut dengan games memeragakan tagline Makrab KOMPAK 2011 (MAKRAB.. Makin Malammm.. Makin Akraabbb.. ssshhh ahhhhhhhh :D) yang dimenangkan oleh Jhon F Sinaga dari 3C Pajak Khusus. Dan acara berlanjut dengan pengumuman juara Turnamen Futsal KOMPAK 2011, ada beberapa penghargaan yaitu: Top Scorer 2011 (Yustinus Hendri Sujatmiko 3B Pajak Kusus), Juara 3 (3C Pajak Khusus), Juara 2 (2B Pajak Khusus) dan Juara 1 (2A Pajak Khusus). Apa cukup sampai disitu? O tidak, karena ada pembagian doorprize dengan hadiah utama adalah sebuah Kipas Angin (dimenangkan oleh Dolly dari 3B Akuntansi Khusus). Barulah kemudian acar dilanjutkan dengan penampilan Band dari kelas 3A Pajak Khusus sekaligus sebagai Band Penutup, Band ini adalah band yang tidak biasa karena kalau dilihat dari vokalisnya saya semula mengira bahwa mereka akan membawakan lagu Pop, namun walau mereka berdua adalah wanita, berjilbab dan bahkan satu diantaranya adalah seorang Ibu Rumah Tangga, mereka menampilkan lagu Rock semua!!! :)).



Beberapa menit lewat pukul 22.00 WIB, acara selesai ditutup oleh MC yang sekaligus pamit undur diri. Beberapa undangan mulai pulang meninggalkan gedung G walau ada beberapa yang masih menyempatkan diri poto bersama. Dan sebagai salah satu dari panitia saya hendak mengucapkan terima kasih banyak kepada semua yang sudah hadir dan semua yang telah membantu kesuksesan acara ini. Tak ada gading yang tak retak, begitu juga dalam segala sesuatu yang dipersiapkan dalam acara ini tentu saja tidak luput dari khilaf dan kekurangan, untuk itu mohon dimaafkan dan semoga ada kenangan Makrab D3 Khusus 2011 tetap menjadi salah satu pengingat bahwa kita pernah menimba ilmu bersama di kampus STAN Jurang mangu ini. MAKRAB.. Makin Malammm.. Makin Akraabbb.. ssshhh ahhhhhhhh :D



Ketika acara selesai maka ada briefing singkat dari Ketua panita untuk bersama-sama membereskan semua peralatan yang harus dikembalikan seperti alat SMC, pot kembang, bongkat gerbang dan pelepasan lampu, saya dengan dorongan sadar saya langsung sujud sukur di lantai Gedung G karena acara ini telah terlaksana dengan segala kemeriahan dan memorinya, bahkan saya masih tidak mempercayai apa yang baru saja terjadi, unbelieveble istilahnya. Dan untuk semuanya saya ucapkan banyak terima kasih: Buat Arga sebagai ketua panitia, Btw, jadi ikut ke Rinjani gak???, Buat Oji Kabid Humas KOMPAK 2011 yang sudah menjalankan program ini hingga terlibat dalam kepanitiaan, Zaki dan Isna dari bidang acara, you two guys really know what to do to make things become more lively!. Buat Anggi dkk yang ngurusin konsumsi, alhamdulillah konsumsinya walau mepet dan bar fixed di hari-hari terakhir, bisa juga terlaksana. Buat Rasyid dkk yang sudah jagain gerbang pas acara berlangsung serta udah nyuruh turun undangan yang naek keatas, btw red carpet nya gak kebakar kan? hahahha... Buat MC: Randy, Bayu dan Yemima We owe you all more than a bunch of thanks. Buat Uya, Fadli dkk dari bidang Dokumentasi: In your hands the proverb saying that 'the picts will speak more than words' will never be impossible... Buat Torang, Kabid saya di Bidang Perlengkapan kabari saja kalau mau balikin peralatan, nanti ku jemput dengan K3 (Kalajengking Kesayangan Kita), anak buah ikut apa kata komandan! :D.



It is impossible for all of us to get along each other easily in one night but if there is one thing we can remember during our time here at college, this Makrab D3 Khusus 2011 will come up brightly in our mind and being a thing we will all have in common.

Comments

  1. pengen banget kurus lagi :( takut entar g bisa naek gunung lagi...

    ReplyDelete
  2. Komenmu itu curhat ya,bang? Hahahhaaa..
    Juni ini banyak banget yg ngajakin ke semeru,sayang sekali..kalo dah nyampe rumah,mustahil dikasih izin keluar akunya *ikut-ikutan curhat juga

    Congratz u kesuksesan acaranya bang..Semoga makin kompak^^..Kan dah tahun terakhir..akur-akur ya,hohoho ^__^*abang ini d3 khusus pajak rupanya,hohoho

    ReplyDelete
  3. @Putri: Semeru? tanggung kl Juni, mending Agustus aja, biar rame dan biasanya banyak acara disana.. iya udah mau tamat ini :)

    ReplyDelete
  4. ciyehhh...mau tamat nih yee,makan-makan yak *plakkkk

    Agustusan yg seru tuh ya..Tapi,berhubung itu Ramadhan jadi di-pending *alesannn

    jangan lupa post detail si Rijani yoooo ^___^

    aku menikmati foto ajalah untuk saat ini,hihihi

    ReplyDelete

Post a Comment

Jangan ragu untuk komentar.. :) Dan untuk menjaga komentar spam, mohon isi dulu kode verifikasi nya.. Trims.

Popular posts from this blog

Cerita Psikotes Erikson

Paradoksal Jakarta

Touring Palembang- Baturaja