7.08.2010

Jelang Final WC 2010


Saya kecewa saat Argentina terseok-seok akhirnya kalah tertinggal 4 gol dari Jerman dalam partai hidup mati memperebutkan tiker ke Semi Final. Messi yang dielu-elukan hanya bisa sedih atas kekalahan pahit itu, namun apa daya.. Kau harus bisa moved on, Mess!! Don't cry Argentina!!
(hahahahha kayak ngomong sama kawan sendiri ya.. *sok akrab*)

Saya kembali kecewa saat Uruguay dilibas Belanda 3-2 dalam partai yang lebih menggigit, hidup mati menuju final! tapi paling tidak Uruguay pulang dengan kepala tegak bangga, karena bisa menampilkan permainan yang tidak membosankan, mengejar ketertinggalan bahkan menjelang menit-menit terakhir sekalipun!! Rasanya jadi pengen jalan-jalan ke Montevideo merasakan kebanggan tumpah ruah di sana..

Namun, semua kekecewaan itu terbayar saat Jerman terjungkal dari dalam pertarungan melawan Spanyol menuju Final!!! Horee.....Horee....Horee....!!!! Spanyol.. ayo sandingkan gelar WC dengan Piala Euro nya!!! dan Thanks Spain for making me sleep deeply last night!! :D

Yahhh... cerita diatas cuman sekedar pengantar bahwa intinya saya tergila-gila dengan tim dari Amerika Latin, dan kurang bersimpati pada negara-negara yang punya kuasa memegang tata kelola dunia ini, maka dari itulah saya senang saat Jerman terjungkal keluar gagal ke Final!! Apalagi saat Amerika Serikat kalah dari Ghana.. hahaha.. rasanya saat itu saya ingin sampaikan kepada negara penguasa itu bahwa benar mungkin hanya di dunia Sepak Bola, keajaiban dan kesempatan bagi negara-negara yang dianggap kelas dua bisa mengalahkan hegemoni kuasa mereka.

Namun apa mau dikata, hanya Uruguay yang mampu menjadi wakil Amerika Latin dalam putaran menuju Final, sampai akhirnya terhenti oleh Belanda yang akan bertemu dengan Spanyol di partai Final.

Di Final ini, saya menjagokan Spanyol dengan beberapa alasan, utamanya karena saya mendukung misi Spanyol untuk menyandingkan gelar juara Euro dengan juara World Cup, kemudian juga karena Spanyol memiliki pola permainan yang tidak eksplosif namun efektif (seperti yang dituturkan oleh DetikSport) dan saya setuju dengan ini, kalau dilihat sekilas ketika dilapangan tim Spanyol bermain dengan sangat sabar dan fokus. Mental lapangannya sudah terbentuk untuk menguasai medan.

Sementara Belanda? Personally, saya simpati dengan negara ini, WC 2010 ini menjadi pencapaian yang paling prestisius negara yang dulu pernah menjajah Indonesia selama 3,5 abad. Buat saya Belanda sudah menang secara pencapaian posisi, namun belum secara mental karena belum ada pengalaman merasakan partai final. Tapi tehnik permainan Sjeneider dan Robben membuat Belanda bisa saja membuka peluang mengimbangi Spanyol. Belanda bermain dengan kompak atas nama Tim, walau belum sesolid Jerman. Paling tidak menurut saya ya hahahha.. :D

Walaupun begitu, Bola itu bulat, tidak bisa diterka. Ingat saat Italy, Perancis dan Inggris tersisih lebih awal? Nama besar dan tim yang bertabur bintang ternyata tidak bisa menjadi jaminan kemenangan. Ada motto yang paling saya ingat dalam dunia sepak bola 'Football for unity', begitu katanya. Jadi sebetulnya kalau begitu tak masalah siapapun yang menang dan siapapun yang harus pulang lebih dulu. Karena kalau dicerna baik-baik maka setiap tim tampil atas nama Unity bukan atas nama negara ini atau itu.

Tapi sayangnya penerapan makna filosofis atas slogan itu sepertinya jauh panggang dari api, didunia ini, tata kelola dunia yang katanya dipegang oleh PBB sebenarnya hanya permainan negara dengan kepemilikan hak veto , terutama Amerika Serikat dengan berbagai kepentingannya. Negara yang dianggap sebagai Polisi Dunia tapi belum bisa mengambil tindakan tegas atas tragedi kemanusiaan yang terjadi di Gaza.

Hahaha.. untunglah Penentuan Kemenangan dalam pertandingan Sepak Bola ini ditentukan di lapangan, bukan dari pilihan juri seperti acara Miss Universe yang ada saban tahun, kalau iya mungkin kekuasaan negara pengusa itu akan menyetir siapa yang akan menjadi pemenangnya seperti dianalisa oleh seorang kawan yang tulisanya pernah dimuat di sini. Jadi di dunia Sepak Bola saja, nampaknya hanya bisa makna manis 'football for unity' itu bisa dilihat.

Ahhh.. sudah aahh.. malah bahas ini saya jadinya :). Mending tetap fokus mendukung Spanyol, merindukan sundulan Fayol saat menggasak Jerman kembali berulang! Melihat serangan David Villa atau Fernando Torres!!! Lalu melihat sang piala diangkat tinggi-tinggi dengan penuh kebanggan dalam atmosfer kemenangan!! Agar dunia tahu bahwa masih ada tempat bagi negara manapun didunia ini untuk berkiprah dipanggug internasional tanpa intervensi berbagai kepentingan negara adidaya, dan mungkin suatu saat Sang Garuda kan terbang gagah ke perhelatan itu, amin!!! :D

Salam,
EBAZ _Erikson Bin Asli aziZ_

11 komentar:

  • Elsa says:
    8 July 2010 at 22:51

    son, aku jagoin belanda aja deh...

  • the arrazaq's says:
    9 July 2010 at 09:43

    Awalnya aku jagoin jerman, tapi kenapa juga mesti kalah pas lawan spanyol. Arrrgghh!

    Ya sudah, karena sebel sama Spanyol yang udah ngalahin tim jagoanku Jerman, maka aku dukung Belanda! Hohoho..

    sama deh kayak Elsa. *toss*

  • Erikson says:
    9 July 2010 at 13:29

    @Elsa: yowww.. apa kabar Mbak? thanks da mampir kemari.. Jadi semangat posting neh :) Belanda.. mmhh kita liat nanti apakah dia bakal bikin sejarah dalam PD 2010 atau Spanyol yang bakal bikin dirinya mirip Brazil di PD 1970... ;)

  • Erikson says:
    9 July 2010 at 13:31

    @Irma: yahhh ini sama jg, kirain dapat sekutu, eh g taunya malah pendukung tim oranye.. ;)) *pura2 g liat Yuk Irma dan Mbak Elsa Toss* :P

  • bocahcilik™ says:
    9 July 2010 at 16:38

    Kunjungan kawan..
    Ayo nonton bareng Rik, sekelas?
    Nyari tempat di mana ya?
    #tapi paginya pak Richard is in the house..

  • Santoso Heru says:
    10 July 2010 at 19:36

    waka waka ee
    waka waka ee
    aku dukung indonesia aja lah :))

    Tuker link yoook
    ur link has been added, Son

    my link is http://www.dedaunanhijau.blogspot.com/
    thanks :D

  • Omiyan says:
    12 July 2010 at 12:41

    hahahahha terbukti spanyol menang dengan ciri khas mereka yaitu sedikit gol hehehe

  • Erikson says:
    15 July 2010 at 11:59

    @ucup: nonton ndiri2 aja cup bareng pemirsa sedunia ;))

  • Erikson says:
    15 July 2010 at 13:06

    @HS:indonesia lumayan dpt no 138 dr 170 negara.. mungkin tar bs masuk kualifikasi juga :D
    @omiyan:ya.. Belanda memang susah di tembus pertahannya..

  • Fly^Pucino says:
    20 July 2010 at 13:38

    Aku bahagia Belanda gak menang. HOREEEEE!!!!!!! ;p

  • Erikson says:
    21 July 2010 at 19:47

    @AD: Wah. Aremanita ini mendukung La Fuja Furia rupanya.. ;))

Post a Comment

Jangan ragu untuk komentar.. :) Dan untuk menjaga komentar spam, mohon isi dulu kode verifikasi nya.. Trims.