10.24.2010

Olah Raga Jogging


Dari dulu aku memang hobi jogging, walau memang tidak pasti teratur setiap hari namun rasanya jogging sudah menjadi olah raga favorit yang aku lakukan untuk sekedar menjaga kesehatan dan menyegarkan pikiran..
Entah siapa yang pertama kali menciptakan olah raga jogging ini, yang pasti olah raga ini simpel, tidak perlu modal banyak dan pas buat kantong mahasiswa yang mau hidup sehat juga hemat, kayak aku :D

Waktu SMA, sering kalau sore hari sesudah belajar atau jika sedang tidak ada kesibukan dirumah, aku pergi jogging ke lapangan umum, yg sekarang sudah ganti nama jadi taman kota, kalau sudah dapat 4-5 keliling jogging biasanya memang kecapekan dan nafas tersengal-sengal namun karena dilepas diudara sore yang segar jadinya tidak terasa lagi, malah menikmati.. dan rupanya ini bermanfaat, karena pas ujian praktik mata pelajaran pendidikan jasmani dan kesehatan, yang diujikan adalah jogging ini, di lokasi yang sama dan jam yang sama dengan yang biasa saya lakukan pula.

Pas menjelang lulus SMA pun, saat Ayahku berniat menyuruh saya masuk ke tentara atau semacamnya, aku pernah dengan beliau jogging malam-malam keliling kota Baturaja, malu iya! BT iya! soalnya bukan apa-apa, dilihatin banyak orang.. kalau sore atau pagi tak apa juga, ini malam hari pas orang lagi santai dan nikmatin hidup.
Tapi, kenangan jogging sama beliau itu menjadi kenangan yang tak akan terlupakan.
Saat aku mulai merantau pun, setiap kali aku ditelepon pasti saja yang menjadi pesan terakhir nya adalah:'nak, itu jogging jangan lupa, penting buat kesehatan soalnya..'. Makanya kadang-kadang pas pagi hari aku sering jogging keliling kampus. Kampus ku memang jauh dari pusat kota Jakarta, jadi udara paginya sangat segar dan enak.

Setahu ku olah raga mirip jogging adalah marathon, tehniknya sama, hanya saja kalau marathon itu jarak tempuhnya bisa berlipat-lipat lebih panjang, marathon itu pertama kali tercipta secara tidak sengaja saat salah seorang tentara Persia bernama Philippides yang berlari tanpa henti dari suatu daerah bernama Marathon (lokasi ini adalah sebuah teluk, dimana peperangan tempat ia berjuang terjadi) ke Athena untuk memberitahukan bahwa sisa tentara Kerajaan Persia yang lari karena kalah saat berperang di teluk Marathin akan langsung menyerang Athena di pusat Ibukota disaat daerah gerbang utama di teluk Marathon berhasil dipertahankan.

Waktu jadi anak kos di Jakarta pun kegiatan jogging ini sering aku lakukan, apalagi lokasi tempat tinggalku dekat dengan Gelora Bung Karno, disana biasanya setiap pagi diakhir pekan apalagi kalau pas ada car-free day, aku pergi jogging, biasanya kalau sudah dapat 3-4 putaran, tiba waktunya untuk duduk santai ditepian jalur joggingnya untuk sekedar melihat-lihat atau ikut senam kecil. Pulang kekospun biasanya jalan kaki, karena memang dekat dan biar bisa melihat Jakarta lebih dekat, karena kalau masih sepi, Jakarta masih enak dilihat, sepi dan belum rusuh dan panas. Ketika kini, aku balik lagi ke dunia kampus sebagai mahasiswa, kebiasaan jogging ini menjadi ritual pengisi waktu kosong, biasanya ada suatu yang kurang pas atau kurang nyaman kalau lama tidak jogging.

Jika tiba waktunya mau mendaki gunung, maka jogging yang aku lakukan itu makin tambah intensif, karena berguna untuk persiapan fisik, pertahanan napas dan kekuatan kaki. Karena mendaki gunung tanpa persiapan fisik akan membuat kaki kram saat mendaki dan biasanya nafas pendek dan gampang pusing. Jadi, jogging itu ya jogging, olah raga santai, banyak manfaat baik fisik maupun psikologis selain juga tidak mahal dan gak perlu banyak modal, cuman modal celana, sepatu sama baju aja.. bahaya soalnya kalau jogging gak pakai celana, terancam ditangkap kamtib :D

7 komentar:

  • Elsa says:
    24 October 2010 at 12:19

    aku paling gak suka olahraga Son...
    apalagi jogging... lari lari..
    wadooooooh

  • ninneta says:
    24 October 2010 at 23:19

    Hai,

    Sudah lama aku nggak blogwalking. Karena memang dah lama juga nggak blogging. Hehehehehe.... Datang sekedar menyapa. Semoga dirimu sehat dan selalu bahagia.... dan semoga belum lupa dengan persahabatan kita.

    :)

    Salam,

    Ninneta

  • Mahadi says:
    25 October 2010 at 11:33

    blogwalking,

    biasanya di area jogging pemandangan yang lagi joging juga bagus, hehehe

  • Erikson Bin Asli Aziz says:
    25 October 2010 at 13:36

    @Elsa: kalo jogging ke S'pore mau g mbak? hehehehe olahraga la mbak, sehat itu..

  • Erikson Bin Asli Aziz says:
    25 October 2010 at 13:38

    @Ninneta: hei net.. kabar baek, ya sama2 semoga kamu baek dan sehat selalu ya.. gmn suka jogging jga kan ;))

  • Erikson Bin Asli Aziz says:
    25 October 2010 at 13:39

    @Muhadi:hahaha iya itu salah satu tujuannya juga, secret agenda :)) thanks ya da visit kemari..

  • agusjay55 says:
    11 February 2011 at 17:24

    Saya lagi cari info apakah joging malam bahaya. Salam kenal, siapa tahu bisa membantu.

Post a Comment

Jangan ragu untuk komentar.. :) Dan untuk menjaga komentar spam, mohon isi dulu kode verifikasi nya.. Trims.